Carisinyal / Cara Membuat Instagram di Laptop dan PC

Cara Membuat Instagram di Laptop dan PC

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Maret 2019

Instagram adalah salah satu media sosial untuk berbagi foto atau video. Dewasa ini, semakin banyak orang yang tertarik untuk memiliki akun Instagram. Mereka ingin berbagi foto momen-momen tertentu kepada teman-temannya atau sekedar stalking akun Instagram populer.

Tak hanya untuk kesenangan belaka, Instagram juga bisa dimanfaatkan untuk mengais rupiah. Sebagai contoh, ada begitu banyak akun online shop yang ada di Instagram. Online shop tersebut menjual pakaian, aksesoris, makanan, sampai dengan jasa tertentu.

Beberapa akun juga selalu mem-posting humor lucu atau kabar-kabar terbaru untuk meraup banyak pengikut (followers). Semakin banyak followers, maka semakin banyak yang tertarik untuk memasang iklan berbayar di akun tersebut.

Sayangnya, Instagram hanya bisa dinikmati oleh pengguna perangkat Android, iOS dan Windows Phone. Jadi, pengguna perangkat lain yang tidak menggunakan ketiga sistem operasi tersebut harus gigit jari karena tidak bisa menggunakan Instagram termasuk para pengguna laptop dan PC.

Akan tetapi, kali ini Carisinyal akan memberi solusi agar Anda bisa menggunakan Instagram di laptop atau PC. Nah, bagi Anda yang ingin memiliki aplikasi Instagram, silakan ikuti cara membuat Instagram di laptop dengan mudah atau PC yang kami bagikan berikut ini.

Instal BlueStacks

Sebelum menginstal aplikasi Instagram di komputer, maka Anda harus membuat komputer Anda bekerja seperti perangkat Android terlebih dahulu. Untuk menjadikannya seperti Android, Anda harus memasang aplikasi yang bernama BluesStacks karena Anda tidak bisa menginstalnya tanpa BlueStacks.

aplikasi Android untuk PC bluestacks

Pertama, Anda harus mendownload BlueStacks dan diinstal di laptop atau PC. Sekedar informasi, BlueStacks adalah emulator Android untuk komputer. Meskipun ada beberapa pilihan emulator Android lainnya, BlueStacks merupakan yang paling easy-to-use.

Pastikan laptop atau PC Anda sudah menggunakan sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, atau Windows 8. BlueStacks nantinya akan menggunakan ruang sebesar 800 MB di komputer Anda. Ya, kapasitas emulator ini memang terbilang besar karena BlueStacks akan membuat komputer Anda bisa beroperasi layaknya sebuah perangkat Android.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memastikan spesifikasi laptop atau PC yang digunakan sudah memenuhi kriteria untuk menginstal BlueStacks. Minimal komputer Anda harus menggunakan prosesor 1 GHz atau lebih. Untuk membuat BlueStacks dapat bekerja dengan baik dan minim lag, pastikan RAM komputer Anda sebesar 2 GB atau lebih.

Jika Anda sudah yakin bahwa spesifikasi komputer Anda sudah memenuhi kriteria untuk menginstal BlueStacks, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Download emulator Android ini di komputer Anda melalui situs resmi BlueStacks
  2. Setelah file BlueStacks berhasil diunduh di komputer Anda, instal BlueStacks dengan menekan menu Continue di bawah tulisan selamat datang berserta beberapa syarat dan ketentuan yang ditampilkan setelah Anda membuka file.
  3. Beri tanda centang di menu App Store Access dan App Notification. Lanjutkan dengan klik di tombol Install. Proses instalasi akan berjalan. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama tergantung dengan spesifikasi komputer Anda.
  4. Jika proses instalasi selesai, maka Anda akan dibawa ke halaman utama BlueStacks. Di halaman tersebut akan ada rekomendasi game dan aplikasi yang paling banyak diunduh di BlueStacks. Abaikan saja karena Anda akan menginstal Instagram terlebih dahulu.

Instal Instagram di Laptop atau PC

Finally, BlueStacks sudah terpasang pada laptop atau PC Anda. Emulator yang satu ini memungkinkan Anda mengunduh berbagai aplikasi di perangkat Android. Akan tetapi, sebaiknya Anda fokus terlebih dahulu untuk menginstal Instagram. Berikut adalah cara membuat Instagram di laptop atau PC melalui BlueStacks:

  1. Pada halaman utama BlueStacks, ketik ‘Instagram’ di search bar yang berada di sebelah kanan atas
  2. Setelah hasil pencarian keluar, klik ‘Install’ di sebelah ikon aplikasi Instagram
  3. Kemudian, layar akan menampilkan pilihan dimana Anda ingin mengunduh aplikasi Instagram. Pilihannya adalah 1Mobile, GetJar, Amazon Apps Store, dan Google Play Store.
  4. Apabila Anda ingin mengunduh aplikasi Instagram tanpa mendaftar, maka Anda bisa memilih 1Mobile atau GetJar. Akan tetapi, jika Anda ingin mengunduh Instagram melalui Amazon Apps Store atau Google Play Store, maka Anda harus memiliki akun terlebih dahulu di Amazon atau Google Play Store.
  5. Jika sudah memilih, maka lanjutkan dengan klik tombol Install
  6. Proses instalasi akan berjalan sesuai dengan spesifikasi komputer dan kecepatan internet Anda. Setelah proses instalasi selesai, maka Anda bisa langsung menggunakan aplikasi Instagram

Cara Menggunakan Instagram di Laptop

cara membuat instagram di laptop dengan mudah

Sayangnya, Anda harus memiliki akun terdaftar dulu di Instagram untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut. Berbeda dengan Facebook dan Twitter yang memungkinkan Anda untuk melihat profil seseorang tanpa harus sign up terlebih dahulu, Instagram mengharuskan penggunanya untuk memiliki akun resmi agar dapat menikmati semua fitur yang ada.

Itu tak jadi masalah, karena Anda kini sudah memiliki aplikasi Instagram di komputer. Berikut adalah cara menggunakan Instagram bagi pemula melalui laptop atau PC:

  1. Buka aplikasi Instagra melalui BlueStacks
  2. Jika sudah memiliki akun Instagram silakan log in dengan memasukkan username dan password. Apabila belum, Anda bisa log in dengan akun Facebook atau memilih menu sign up yang ada di bagian bawah
  3. Pilih sign up with email atau menggunakan akun Facebook
  4. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikutnya sesuai dengan pilihan Anda
  5. Anda akan menerima konfirmasi yang dikirim melalui email untuk mengaktifkan akun Instagram yang baru dibuat
  6. Setelah melakukan konfirmasi, Anda bisa menggunakan Instagram untuk follow akun lainnya atau upload foto dan video

Nah, itulah langkah-langkah cara menggunakan Instagram di laptop dan PC. Karena tidak semua orang menggunakan perangkat Android, iOS, dan Windows Phone, cara membuat Instagram di laptop ini sangat membantu siapapun untuk bisa menggunakan Instagram.

Selain Instagram, Anda juga bisa menginstal BBM atau Path di komputer Anda, lho! Silahkan simak tutorial ini untuk cara memasang BBM di komputer dan tutorial ini untuk cara memasang Path. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

2 pemikiran pada “Cara Membuat Instagram di Laptop dan PC”

  1. Waah, makasih yaa…. membantu banget, seneng nemuin blog kaya giniiii seneng banget 🙂

  2. Min, numpang tanya dong, ini bisa dibuat ngirim dm gak? Tapi bisa dibuat ngepost gitu kan?

Tinggalkan komentar