carisinyal web banner retina
Carisinyal / Tips Trik / 3 Cara Mudah Membuat Layar Laptop Menjadi 2 Bagian

3 Cara Mudah Membuat Layar Laptop Menjadi 2 Bagian

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 22 April 2021

Hampir semua pengguna laptop atau PC Windows untuk bekerja seringkali dihadapkan pada situasi di mana mereka harus membuka beberapa aplikasi sekaligus atau istilahnya multitasking. Situasi ini membuat para pengguna berharap ada fitur yang bisa memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Untungnya, saat ini telah dikembangkan satu fitur yang disebut dengan split screen.

Fitur split screen bagi pengguna laptop atau PC yang punya layar lebar akan sangat berguna dalam mendukung produktivitas dengan mengoptimalkan cakupan area layar monitor. Bagi kamu yang belum mengetahui cara mengaktifkannya multitasking layar dan cara membagi jendela pada layar menjadi dua bagian, silahkan dilanjut membaca artikel ini.

Apa Itu Split Screen?

Sumber: www.pixabay.com

Fitur yang memungkinkan pengguna membagi jendela program ini mulanya diperkenalkan pada Windows 7. Dalam prakteknya, dua jendela tersebut akan mengisi setengah layar laptop atau PC. Ini sangat bermanfaat ketika kamu harus memindahkan file dari folder atau tempat satu ke tempat lainnya.

Fitur ini pula berguna saat kita ingin membandingkan dua dokumen. Sekarang, fitur split screen ini telah dikembangkan dan ditingkatkan lagi kegunaannya pada Windows 10. Hal ini terlihat dari kemampuan untuk menambahkan tiga atau empat jendela sekaligus.

Sejak kehadiran windows 10, para pengguna laptop dan PC dimanjakan dengan berbagai fitur baru yang mempermudah pekerjaan pemakaiannya. Misalnya saja fitur split screen yang ditengarai menjadi sebuah solusi bagi para multitasker yang biasa bekerja dengan banyak hal dalam satu waktu.

Hadirnya fitur membagi layar ini membuat pengguna dapat mengatur multi layar dengan rapi. Fitur ini memungkinkan kita mengoperasikan layar agar bisa memuat dua atau lebih jendela aplikasi dalam waktu yang sama tanpa membiarkan layar mengambang di atas tampilan desktop.

Di samping itu, fitur ini juga memungkinkan perpindahan aplikasi dilakukan dengan gampang tanpa direpotkan dengan menutup dan membuka layar berulang-ulang saat diperlukan. Misalnya ketika kamu sedang mengetik sambil berselancar di dunia maya.

Adanya fitur membagi layar ini tentu sangat berguna bagimu. Karena kamu bisa atur mesin pencari dan lembar untuk mengetik secara berdampingan.

Mengaktifkan Fitur Split Screen di Windows

Pada dasarnya Windows 10 pun secara default sudah mengaktifkan fitur ini. Akan tetapi akan lebih baik jika kamu memastikan terlebih dahulu apakah pengaturan multitasking pada Windows yang memungkinkan layar membuka beberapa aplikasi dalam satu layar sudah aktif atau belum. Jika belum kamu bisa ikuti langkah berikut ini.

  • Pilih ikon yang berbentuk roda gigi, klik Start, lalu masuk ke pengaturan. Bisa pula gunakan pintasan keyboard dengan cara menekan tombol Win+I secara bersamaan.
  • Klik opsi System pada layar pengaturan tersebut.
  • Pada bagian kiri layar terdapat opsi menu, klik opsi Multitasking.
  • Di bawah Work With Multiple Windows, aktifkan fitur Snap Windows.

Fitur ini bisa kamu gunakan pada semua versi Windows 10. Tapi, lebih disarankan penggunaannya pada versi terbaru, minimal versi di atas Creators Update. Oh ya, pastikan pula spesifikasi laptop atau PC mendukung fitur ini. Jangan sampai nanti saat digunakan muncul efek crash akibat kelebihan beban memori.

Cara Membagi Jendela Program Aplikasi

Pada Windows 10, fitur split screen sudah dirancang sedemikian rupa sehingga pengguna akan semakin dimudahkan dengan pembagian layar yang banyak ini. Keterbatasan multitasking split screen pada versi sebelumnya sudah disempurnakan agar lebih baik pada versi Windows 10 ini.

Di bawah ini ada beberapa cara menggunakan fitur split screen yang bisa digunakan. Masing-masing menawarkan kemudahan dan keunggulan yang pastinya akan sangat berguna untuk mempercepat proses pengerjaan.

1. Cara Membagi Dua Jendela Aplikasi dalam Satu Layar

Sumber: www.thewindowsclub.com

Nah, ketika semua fitur multitasking sudah aktif, kamu bisa mencoba menggunakan fitur split screen sekarang. Pertama-tama kita akan mengulas terlebih dahulu bagaimana caranya membagi jendela dua aplikasi dalam satu layar sekaligus. Perhatikan langkah-langkah berikut ini ya.

  • Awali langkah ini dengan meluncurkan semua program atau aplikasi yang ingin kamu gunakan untuk muncul pada split screen. Lalu, ke tepi layar.
  • Ketika pointer mencapai tepi layar, nanti akan muncul persegi yang berkedip yang merupakan sebuah patokan ukuran jendela yang akan dimunculkan. Ukuran jendela akan terbagi secara otomatis.
  • Semua program lain yang sedang aktif akan dimunculkan pada sisi layar yang berlawanan dan ukurannya lebih kecil dari layar yang telah ditempatkan pada sisi pertama.
  • Pilih salah satu aplikasi atau program lain yang kamu butuhkan untuk mengisi layar di samping yang berlawanan.
  • Ukuran tampilan jendela aplikasi atau program tersebut bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Kamu bisa membuat jendela di sisi kanan lebih besar, dan lebih jendela aplikasi di sebelahnya lebih kecil dari jendela aplikasi di sebelah kiri atau sebaliknya. Sesuaikan saja.

Dua jendela aplikasi masih kurang? Perlu jendela lebih banyak untuk mempermudah proses pekerjaanmu? Tenang, kamu bisa kok menambahkan dua jendela lagi dalam satu layar sekaligus.

Fitur split screen yang telah dikembangkan pada Windows 10 bisa memuat jendela dalam grid 2x2. Caranya hampir sama hanya saja terdapat beberapa langkah tambahan. Lebih lengkapnya, yuk ikuti penjelasan berikut.

  • Pilih salah satu jendela program terbuka yang kamu perlukan.
  • Gulirkan jendela pertama ke tepi layar. Kamu bisa menempatkannya ke tepi layar kiri atau kanan, bisa pula ke bawah atau ke atas layar.
  • Ketika pointer sampai di tepi layar, nanti akan muncul garis bantu yang berkedip berbentuk persegi panjang. Ia adalah patokan batas layar yang akan dimunculkan.
  • Untuk mengisi tiga kolom lainnya, tarik jendela program selanjutnya dengan cara yang sama.
  • Ketika kamu melepaskan mouse, akan terlihat dua jendela program di sisi kanan.
  • Di sisi kiri, kamu bisa menambahkan dua jendela program atau aplikasi agar seluruh layar dipenuhi dengan empat jendela aplikasi.
  • Jika kamu ingin memasang pin pada empat jendela tersebut, geser title bar ke arah sudut kiri atas.
  • Klik program yang tersisa untuk menyematkan di sudut kiri bawah layar.
  • Jika kamu ingin menutup jendela yang telah dibagi tersebut, kamu bisa kapan saja menggeser jendela tersebut dari tepian layar.

2. Cara Membagi Jendela Aplikasi dengan Pintasan Keyboard

Sumber: www.flickr.com/photos/mac-minimalist/

Jika kamu ingin yang lebih praktis, kamu bisa menggunakan fitur split screen tersebut dengan menggunakan tombol kombinasi pada keyboard. Tekan kombinasi tombol ini untuk melancarkan operasi yang kamu inginkan. Tombol-tombol kombinasinya adalah sebagai berikut.

  • Tombol Win + Tombol Panah Kanan. Pindahkan jendela aplikasi ke layar di sebelah sisi kanan.
  • Tombol Win + Tombol Panah Kiri. Pindahkan jendela aplikasi ke layar di sisi kiri.
  • Tombol Win + Tombol Panah Kanan + Panah Atas. Pindahkan jendela aplikasi ke kanan atas.
  • Tombol Win + tombol Panah Kiri + Panah Atas. Pindahkan jendela aplikasi ke layar di sebelah kiri atas.
  • Tombol Win + Tombol Panah Kanan + Panah Bawah. Pindahkan jendela aplikasi ke layar di sebelah kanan bawah.
  • Tombol Win + Tombol Panah Kiri + Panah Bawah. Pindahkan jendela aplikasi ke layar yang ada di sebelah kiri bawah.

3. Cara Membagi Jendela Program Menggunakan Aplikasi

Ada satu cara lagi yang bisa kamu gunakan untuk membagi jendela program, yaitu dengan memasang aplikasi split screen khusus untuk laptop. Beberapa pengembang menciptakan aplikasi ini untuk kamu yang kesulitan menggunakan fitur default split screen pada komputermu. Aplikasi split screen yang bisa kamu unduh di antaranya sebagai berikut.

WindowGrid

Sumber: www.windowgrid.net

Aplikasi ini dirancang agar kamu tidak kesulitan menata jendela program yang sedang aktif digunakan di Windows dengan cepat dan efektif. Aplikasi ini memberikan fungsi terhadap tombol kanan mouse yang biasanya tidak berfungsi ketika kamu memindahkan jendela program.


WindowGrid menyajikan beberapa keunggulan, di antaranya adalah kontrol sederhana yang tidak merepotkan penggunaan, portable dan proses instalasi yang praktis, dapat mengupdate otomatis, tidak mengganggu, tampilan kisi yang dapat disesuaikan. Unduh di sini aplikasinya.

Altdrag

Sumber: www.geckoandfly.com

Aplikasi split screen berikutnya yang memudahkan kamu membagi jendela program adalah dari Alt+Drag. Aplikasi ini bekerja dengan mudah pada laptop. Fungsinya tak jauh beda dengan aplikasi di atas yang sebelumnya telah dibahas, yaitu untuk memindahkan jendela program.

Aplikasi ini dapat digunakan pada perangkat laptop atau PC Windows 10 MacOS, dan Linux. Bagi kamu yang menggunakan Windows versi lama, aplikasi ini masih bisa digunakan. Kamu tidak akan repot lagi dengan proses buka tutup program. Aplikasinya bisa kamu unduh pada link ini.

Spectacle

Sumber: www.spectacleapp.com

Spectacle hadir untuk mengakomodir kebutuhan kamu yang ingin menggunakan fitur split screen dengan cara yang sangat mudah. Aplikasi ini bekerja dengan baik memindahkan jendela program dan merubahnya dengan mudah.

Kemudahan lain yang ditawarkan dari aplikasi ini adalah kontrol jendela program dengan manfaat pintasan keyboard sederhana yang bisa disesuaikan dengan keinginan kamu. Mudah ya? Silahkan unduh Spectacle jika kamu membutuhkannya.

Demikian pembahasan mengenai cara membagi jendela aplikasi laptop menjadi dua sampai empat bagian. Semoga bermanfaat ya. Jika kamu punya tips lain mengenai membagi jendela layar laptop, kamu bisa bagian tips tersebut di kolom komentar. Sekian informasinya. Sampai jumpa pada bahasan selanjutnya. Selamat mencoba.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram