Ditulis oleh - Diperbaharui 18 November 2018

Tahukah Anda aplikasi terbaru dari Line yang bernama [email protected]? [email protected] adalah aplikasi khusus untuk membuat akun official. Aplikasi ini diluncurkan setahun yang lalu dan sudah mendapat banyak sambutan positif dari netizen, khususnya pengusaha online shop.

Akun official bisa digunakan untuk online shop yang ingin berkomunikasi secara lebih mudah dengan pelanggannya, komunitas tertentu, dan masih banyak lagi. Anda bisa memiliki lebih dari 1 akun official [email protected] dalam satu aplikasi saja.

Hal ini tentu berbeda dengan syarat dan ketentuan aplikasi Line standar yang hanya menyediakan 1 akun saja untuk setiap perangkat. Dengan kata lain, Anda tidak bisa memiliki 2 akun Line dalam satu perangkat Android pada aplikasi yang lama tersebut.

Cara Membuat Official Account Line

cara membuat official account line

Nah, bagi Anda yang saat ini memiliki online shop namun masih bingung bagaimana cara membuat official account Line, maka kali ini Carisinyal akan mengulasnya untuk Anda. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Download aplikasi [email protected] sesuai dengan jenis perangkat Anda. Download [email protected] di iPhone atau iPad melalui App Store. Sementara itu, bagi pengguna Android bisa mengunduh aplikasi ini di Google Play Store.

1. Setelah terpasang di perangkat Anda, segera buka aplikasi [email protected], lalu klik “Start [email protected]” untuk membuat akun official Anda.

Cara Membuat Official Account Line 1

2. Anda bisa membuat akun Official Line ini dengaan menggunakan akun Line. Jika Anda sudah memiliki akun Line, silahkan klik “Start with LINE.”

Cara Membuat Official Account Line 2

3. Silahkan langsung klik “Allow.”

Cara Membuat Official Account Line 3

4. Kemudian, Anda bisa klik “Create Account.”

Cara Membuat Official Account Line 4

5. Lalu, Anda bisa tuliskan nama akun Official Line. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menentukan bentuk bisnisnya dan segala hal detail mengenai akun [email protected] yang ingin Anda buat. Jangan lupa untuk memasanga foto juga ya. Jika sudah selesai langsung klik “Register.”

Cara Membuat Official Account Line 5

6. Jika sudah selesai maka langkah selanjutnya adalah mencentrang semua terms and conditions. Lalu, Anda bisa langsung klik “NEXT.”

Cara Membuat Official Account Line 6

Nah, kini Anda sudah memiliki Official Line Account. Anda bisa mengaatur tampilan dan setting akun Anda di menu ‘Manage’. Pastikan pengaturan yang Anda buat sudah sesuai dengan keinginan Anda. Setelah menerapkan cara membuat official account Line, mungkin Anda masih bingung menggunakan aplikasi ini. Nah, Anda bisa masuk ke menu ‘Help’ untuk membaca petunjuk penggunakan [email protected]

akun resmi line

Di dalam aplikasi ini Anda bisa membuat greeting message untuk menyambut pengguna LINE yang baru saja menambahkan akun Anda sebagai temannya. Pesan yang Anda buat bisa berupa ucapan selamat datang, ucapan terima kasih, dan sebagainya.

Untuk membuatnya, Anda hanya tinggal masuk ke menu “Reply Mode” – “Greeting Message”. Di sana, silahkan hapus pesan default-nya lalu ganti dengan pesan yang ingin Anda sampaikan. Pastikan pesan yang Anda buat cukup singkat, padat, dan juga jelas.

Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk membalas chat yang masuk, Anda Anda juga bisa membalasnya secara otomatis dengan fitur auto reply message. Caranya buka menu “Reply Mode” – “Auto Reply Message” lalu tulis berbagai pesan balasannya.

Cara Membuat ID Line

Cara Membuat ID Line

Setelah mengunduh aplikasi ini di perangkat Android atau iOS dan Anda telah menyelesaikan proses registrasi, nantinya Anda akan memperoleh ID yang fungsinya mirip seperti pin BBM. Orang lain yang ingin mengikuti akun Anda bisa langsung menginvite ID Anda tersebut.

Sayangnya, ID asli dari [email protected] umumnya berbentuk kombinasi acak dari huruf dan angka sehingga sangat sulit diingat dan kurang bagus untuk dipromosikan. Namun Anda juga bisa membuat ID sendiri sesuai dengan keinginan Anda.

Untuk melakukan kustomisasi ID dari [email protected], Anda harus berlangganan Premium ID dan Monthly Plan di menu ‘Business Store’. Anda akan dikenakan biaya $12. Pembayaran dapat dilakukan melalui Line Pay yang bisa didownload di Google Play Store.

Untuk sementara ini, Line Pay hanya dapat digunakan oleh pemegang kartu kredit VISA/Mastercard. Hal ini sangat kontras dengan cara pembayaran di aplikasi LINE yang menyediakan payment method melalui kartu debit dan pulsa.

Setelah Anda mendapatkan ID, baik ID awal atau premium, Anda bisa segera mempromosikan ID tersebut di jejaring sosial lainnya. Semakin gencar Anda berpromosi, maka semakin banyak jumlah Followers pada akun [email protected] Anda.

Tips Menggunakan Aplikasi [email protected]

aplikasi lineat

Dewasa ini, sudah banyak online shop yang memanfaatkan aplikasi [email protected] ini. Hal ini sangat membantu untuk membedakan akun Line untuk keperluan bisnis dan komunitas dengan akun Line pribadi yang biasa digunakan untuk chatting dan video call dengan orang-orang terdekat. Ada beberapa tips sukses untuk berjualan melalui akun [email protected], antara lain adalah:

  • Isi data dan gunakan foto yang sesuai dengan jenis usaha Anda. Hindari mengosongi foto dan data karena itu membuat calon pembeli merasa tidak yakin
  • Jangan sembarangan membuat promosi voucher di [email protected], karena pihak Line akan menyelidiki keaslian dari voucher gratis atau diskon yang banyak tersebar di akun Line
  • Usahakan membalas pesan dari calon pembeli secara cepat, jika Anda sedang tidak memegang smartphone, Anda bisa mengatur settingnya di Times Available 1-on-1 Chat

Perkembangan jaman yang semakin maju membuat pengusaha bisnis online harus mengikuti tren yang sedang ada. Pebisnis online harus menyediakan beberapa pilihan kontak untuk memudahkan pelanggan menghubungi mereka.

Oleh karena itu cara membuat official account Line ini sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis online atau komunitas tertentu. Selamat mencoba dan semoga sukses!