Carisinyal / Cara Membuat Poster Dengan Photoshop dan CorelDraw

Cara Membuat Poster Dengan Photoshop dan CorelDraw

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Carisinyal kali ini akan membahas cara membuat poster dengan Photoshop dan CorelDraw dengan mudah. Kenapa membahas hal ini? Karena masih banyak yang kurang paham tentang cara membuat poster dan brosur padahal caranya cukup mudah untuk dilakukan.

Hal ini juga dimaksudkan agar Anda, sebagai pembaca Carisinyal tidak kesulitan jika ada tugas atau pekerjaan yang berhubungan dengan membuat brosur dan poster. Anda memang bisa menggunakan jasa profesional untuk tugas ini. Tetapi jika Anda bisa membuat sendiri tentu akan lebih menghemat anggaran bukan? Nah, sekarag mari kita bahas satu persatu cara pembuatannya.

Cara membuat Brosur dengan CorelDraw

Pertama akan dibahas cara membuat poster dan brosur di CorelDraw. Sebenarnya poster dan brosur tidak terlalu beda jauh. Yang membedakan mungkin hanya di ukuran saja. Hal tersebut bisa diatur oleh Anda sesuai kebutuhan. Nah, sekarang mari bahas cara membuat brosur di CorelDraw.

  • Tentukan Ukuran

Karena di CorelDraw ini yang akan dibuat adalah brosur, maka Anda perlu membuka dokumen dengan tipe kertas A4. Jika Anda akan membuat poster, Anda bisa menyesuaikan tipe kertasnya. Tipe kertas yang dipilih adalah A4, 21 cm x 29.7 dengan posisi portrait. Untuk mengaturnya, Anda cukup memilih bagian Layout kemudian “PageSetup” (untuk CorelDraw 11).

cara membuat poster dengan coreldraw

  • Kreasikan Desainnya

Langkah selanjutnya adalah memilih rectangle yang ada di sebelah kiri. Buatlah rectangle tersebut dengan ukuran yang sama dengan ukuran kertas. Kemudian Anda bisa memberikan warna pada rectangle tersebut. Sebagai contoh, gambar ini diberikan warna biru.

cara membuat brosur dengan Photoshop

Anda bisa berkreasi dengan langsung memasukkan gambar dan teks. Tapi Anda juga bisa mengkreasikannya dengan curvess dan lainnya. Selanjutnya, Anda bisa memasukan teks. Mengingat ini adalah brosur, maka teks yang dihadirkan adalah teks informatif. Contohnya teks promo Carisinyal berikut ini.

cara membuat brosur dengan coreldraw

Untuk lebih memperindah brosur, Anda bisa memasukkan gambar dengan cara melakukan import gambar di bagian files. Tentu gambar yang Anda masukan haruslah memiliki kaitan dengan informasi yang ingin disampaikan.

  • Simpan file

Setelah semuanya selesai, Anda bisa menyimpan file kerja Anda dengan cara save dengan format default dari CorelDraw. Dengan format ini, Anda masih bisa mengutak-ngatik kembali file kerja Anda. Sementara jika Anda ingin menyimpan file tersebut ke dalam bentuk JPEG dan format gambar lainnya, Anda perlu memilih eksport.

Cara Membuat Poster dengan Photoshop

Photoshop merupakan salah satu  aplikasi desain terbaik yang ada saat ini. Nah, kali ini Carisinyal akan membahas cara membuat poster dengan Photoshop. Tenang saja, Anda yang belum terbiasa dengan Photoshop juga pasti mudah memakai cara ini. Cara yang akan diberikan ini adalah cara dasar dalam membuat poster. Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk langsung praktek.

  • Buat File Baru

Pertama, Anda harus membuat file baru dengan memilih “New File”. Kemudian berilah nama file yang akan Anda buat tersebut. Untuk contoh ini saya akan memberikan nama “Poster” sebagai contohnya. Setelah itu, Anda harus mengatur ukurannya sesuai dengan ukuran poster yang ingin Anda buat.

Dalam contoh ini saya menggunakan ukuran A3. Ukuran A3 merupakan ukuran standar sebuah poster sederhana. Selain ukuran yang sudah disediakan, Anda juga dapat mengaturnya dengan ukuran yang Anda buat sendiri. Ukuran tersebut terdiri dari Width, Height, Resolutio, serta Color Mode. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa lihat pada gambar berikut ini.

cara membuat poster dengan Photoshop

  • Atur Desainnya

Selanjutnya, Anda perlu menghilangkan tanda kunci pada bagian layer background. Caranya adalah dengan cara klik 2x pada layer tersebut kemudian pilih OK. Tambahkan background agar poster menjadi menarik. Anda bisa memilih warna background dengan cara memilih atau mengklik ikon warna. Anda pun bisa memasukkan gambar tertentu pada bagian background.

Setelah itu, Anda perlu menambahkan beberapa gambar dan atur sendiri sesuai yang Anda inginkan. Anda juga perlu membuat shape dengan warna yang sesuai dengan tema poster yang akan dibuat. Atur juga tampilan lainnya agar desain poster Anda terlihat menarik, misalnya dengan mengatur pewarnaannya agar memiliki satu kesatuan.

  • Tambahkan Teks

Anda juga harus memasukkan teks untuk memperjelas informasi yang ingin disampaikan. Caranya, Anda hanya tinggal memilih Horizontal Type Tool untuk memasukan teks. Untuk lebih memperindah teks, berilah warna atau efek pada teks tersebut. Untuk memberi efek, Anda cukup memilih bagian blending options. Anda juga bisa berkreasi dengan shape pada bagian teks sesuai dengan kreativitas Anda.

  • Simpan File

Jika sudah selesai, Anda bisa memperlihatkannya ke teman Anda dan minta pendapatnya. Jangan lupakan juga untuk menyimpan file tersebut. Anda bisa menyimpannya dengan format PSD agar nantinya bisa diedit kembali. Jika Anda ingin menyimpan dalam format gambar jadi, Anda perlu menyimpannya dalam format JPEG, PNG, atau yang lainnya.

Alternatif Software untuk Membuat Poster

Pada dasarnya, tutorial di atas merupakan panduan dasar. Jika Anda ingin membuat desain yang lebih rumit, Anda perlu menguasai kedua program desain tersebut. Anda juga sebenarnya bisa mengerjakan desain poster dan brosur tidak dengan CorelDraw dan Photoshop.

Ada banyak program alternatif lain yang bisa Anda gunakan. Program-program tersebut bahkan menawarkan kemudahan dibandingkan CorelDraw dan Photoshop. Berikut beberapa program alternatif yang bisa Anda coba untuk membuat poster dan brosur.

  • Poster Designer

Program ini merupakan program untuk membuat poster yang sangat cocok digunakan untuk pemula. Bahkan program ini menyediakan template sehingga Anda tidak perlu repot-repot mendesain dari awal. Sayangnya program ini tidaklah gratis.

  • Posteriza

Program yang bisa Anda dapatkan di www.posteriza.com ini merupakan program poster yang juga cocok untuk pemula. Menariknya, program ini tersedia gratis. Selain itu, ukurannya juga sangat kecil. Hanya ada kekurangan dari program ini, yakni pilihan menu yang sedikit. Tapi tentunya hal ini bisa menjadi kelebihan untuk Anda yang tidak mau dipusingkan dengan banyak fitur atau tool yang tidak berguna.

  • Photoscape

Program ini sebenarnya adalah program alternatif edit foto. Namun, Anda juga bisa membuat poster dan brosur dengan program ini. Hanya saja penggunaan posternya akan lebih maksimal jika Anda lebih banyak menggunakan sumber gambar berupa foto.

  • Posterini

Posterini bukanlah program. Posterini adalah situs yang memungkinkan Anda untuk membuat poster secara online. Yang menarik dari situs ini mungkin lebih ke hiburannya. Pasalnya, Anda bisa mengirim foto Anda untuk menjadi cover sebuah majalah. Anda bisa mengunjungsi situs ini di sini.

Informasi tentang cara membuat poster dengan Photoshop dan CorelDraw ini semoga membantu Anda, terutama untuk Anda yang memang akan membuat brosur dan poster. Anda juga yang sedang mencari software alternatif untuk membuat poster dan brosur, semoga terbantu dengan empat software rekomendasi yang telah dijelaskan di atas.  Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. nice post kunbal ppns.ac.id 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *