Carisinyal / Selebgram / 10 Cara Membuat Profil Instagram yang Menarik dan Unik

10 Cara Membuat Profil Instagram yang Menarik dan Unik

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 November 2019

Seorang selebgram yang populer dengan jumlah follower juga likers yang banyak merupakan hal yang bisa dibilang mudah namun juga sulit. Untuk menggaet follower, tentu ada beberapa hal yang harus dilakukan. Salah satunya adalah memperlihatkan profil yang menarik dan juga unik.

Memiliki profil instagram yang menarik juga perlu beberapa tips dan trik. Maka dari itulah, kali ini Carisinyal akan memberikan paparan untuk cara membuat profil Instagram menarik dan juga kreatif. Kira-kira bagaimana caranya? Apakah sulit? Langsung saja temukan tipsnya di artikel berikut ini.

10 Cara Membuat Profil Instagram yang Menarik

1. Desain Profil Sebagus Mungkin

membuat desain profil yang keren

* sumber: www.idownloadblog.com

Hal paling pertama yang harus Anda lakukan yakni mendesain profil dengan tema yang keren. Pastikan Anda memiliki tema khusus yang unik dan menggambarkan diri Anda. Misalnya, Anda hobi melakukan travelling, maka Anda bisa mengambil tema travelling ke dalam profil Anda.

Tentukan warna serta gambar yang pas untuk profil Instagram Anda. Anda juga bisa merapihkan profil Instagram dengan menggunakan aplikasi foto grid. Aplikasi foto grid akan sangat membantu Anda dalam mengupload satu foto yang telah dibagi ke beberapa bagian.

Menggunakan aplikasi foto grid ini juga bisa mempercantik profil Anda lho. Ketika para followers melihat profil di Instagram Anda, maka hal yang pertama kali bisa dilihat adalah keunikan. Pasalnya, foto grid akan menampilkan potongan satu foto secara teratur.

Sebelumnya, Kami menyarankan Anda untuk memilih warna foto yang sesuai. Saat ini warna pastel menjadi salah satu pilihan favorit. Anda bisa melakukan mix and match warna dengan foto yang akan Anda upload. Namun harus tetap disesuaikan tema yang ada di profil Instagram Anda ya.

2. Bikin Bio yang Menarik

1 membuat bio instagram yang bagus

* sumber: smallbiztrends.com

Setelah Anda menentukan tema profil yang menarik untuk diperlihatkan pada followers, saat ini beranjak pada biodata yang ada di Instagram. Jangan anggap remeh bio yang tercantum pada Instagram. Jika Anda menuliskan bio dengan asal-asalan, mungkin followers tidak akan merasa tertarik.

2 membuat bio instagram yang bagus

* sumber: smallbiztrends.com

Pastikan bio yang Anda tulis pada Instagram harus menggambarkan siapa diri Anda. Juga, Anda harus membuat bio yang sesuai dengan tema Instagram Anda. Pastikan untuk menuliskannya secara singkat, padat, namun jelas.

3 membuat bio instagram yang bagus

* sumber: www.stereo-head.com

Gunakan kata-kata menarik namun tidak terlalu panjang. Anda bisa menggunakan quote singkat atau bahkan kata-kata yang unik buatan Anda sendiri. Hindari penggunaan emote yang terlalu banyak. Boleh menggunakan emoticon hanya jangan terlalu berlebihan. Itulah salah satu cara membuat profil Instagram menarik.

3. Tambahkan Link

Seperti yang diketahui bahwa Instagram hanya bisa mencamtumkan link pada bio saja. Jadi, Anda hanya mendapatkan kesempatan untuk mempromosikan blog, channel youtube, atau link pribadi lainnya dengan mencantumkannya di bio.

Jangan khawatir untuk mencantumkannya. Pasalnya, followers akan lebih mengenal siapa Anda dari link yang Anda berikan. Hal ini juga bermanfaat untuk mempromosikan akun Anda lainnya. Biasanya, link yang dicantumkan di bio berupa channel Youtube ataupun Vlog.

4. Buat Caption yang Keren

cara membuat profil instagram menarik membuat caption instagram yang keren

* sumber: www.business2community.com

Tidak hanya bio pada Instagram saja yang harus diperhatikan. Pasalnya, caption di setiap update foto Instagram juga harus dipikirkan secara baik-baik. Pastikan caption yang dibuat harus sesuai dengan foto juga tema profil Instagram Anda.

Tidak perlu membubuhkan terlalu banyak kata untuk caption. Cukup menggunakan kata-kata yang singkat, padat, namun menarik. Anda juga bisa menambahkan caption berupa quote yang unik dan menarik. Tak perlu repot mencari kata-kata untuk quote, pasalnya Anda bisa menggunakan beberapa aplikasi quote terbaik yang Kami rekomendasikan, klik di sini untuk aplikasi quote terbaik.

Beberapa aplikasi quote terbaik yakni bisa ditemukan di Tumblr, Pinterest atau bahkan Quotes Book. Pada aplikasi pinterest, Anda bisa menemukan kata-kata unik dan menarik dengan cara mencarinya menggunakan hashtag.

Begitupun dengan Tumblr, Anda hanya perlu mencarinya dengan menggunakan hashtag. Hashtag bisa disesuaikan dengan quote yang ingin dicari. Misalnya, Anda menginginkan quote dengan tema travelling, maka Anda bisa mencarinya dengan menggunakan hashtag #travelling.

Sedangkan aplikasi Quotes Book merupakan sebuah fasilitas yang menyediakan berbagai macam kata-kata menarik yang ada di buku. Anda hanya perlu masuk ke dalam aplikasinya dan carilah kata-kata yang bagus untuk caption Instagram.

5. Gunakan Hashtag yang Menarik

Gunakan hashtag yang menarik

* sumber: blog.artifacia.com

Jika Anda sudah menemukan caption yang sesuai, maka langkah selanjutnya Anda bisa memilih hashtag yang mudah untuk dicari oleh followers. Seperti yang diketahui, hashtag menjadi salah satu hal yang bisa membuat Instagram Anda dilihat oleh orang banyak.

Pengguna Instagram selalu menggunakan hashtag untuk mencari gambar yang sesuai. Maka dari itulah, pada foto Instagram Anda harus menyertakan hashtag yang mudah untuk dicari orang lain. Namun, jangan terlalu banyak menambahkan hashtag pada caption foto.

Anda hanya perlu menambahkan hashtag yang berhubungan dengan foto dan juga diri Anda. Hashtag yang berlebihan justru membuat followers malas melihat foto yang Anda update. Jadi, pastikan Anda untuk tidak melakukan spamming terhadap hashtag yang akan digunakan.

6. Kurangi Foto Selfie

kurangi foto selfie

* sumber: thepreviewapp.com

Mengapa harus mengurangi foto selfie pada Instagram Anda? Pasalnya, terlalu banyak selfie terkadang membuat para followers bosan. Followers biasanya lebih menyukai foto pemandangan atau foto-foto yang terkesan aesthtetic juga kekinian.

Anda boleh menampilkan foto Anda, namun usahakan foto Anda memiliki background yang menarik. Misalnya, background pada saat sedang berlibur ke pantai atau background gravity yang unik. Hal tersebut lebih memiliki nilai aesthetic tersendiri di mata para followers Anda lho.

7. Update Foto dengan Warna yang Senada

Update foto dengan warna yang senada

* sumber: thepreviewapp.com

Agar feed Instagram lebih menarik dan kekinian, cobalah untuk mengupload foto dengan warna yang senada. Tidak perlu memiliki warna yang sama persis, hanya cukup padukan dengan warna yang enak dipandang. Misalnya, Anda bisa memadukan warna coklat tua dengan coklat yang agak muda.

Atau Anda juga bisa memadukan beberapa warna yang berbeda. Warna yang berbeda juga harus memiliki estetika. Misalnya Anda bisa memadukan warna pink pastel, hijau pastel, dan juga warna putih. Ketika Anda memposting foto dengan warna yang senada, maka feeds Anda akan lebih menarik di mata para followers.

8. Pilihlah Foto yang Akan Diupload

Pilihlah foto yang akan diiupload

* sumber: heleneinbetween.com

Memilih foto yang akan diupload merupakan salah satu cara membuat profil Instagram menarik. Pasalnya, foto yang tidak sesuai dengan tema profil Instagram akan membuat feeds menjadi berantakan. Misalnya Anda mengambil tema Instagram dengan warna yang cerah.

Namun secara tiba-tiba Anda mengupload foto dengan warna yang gelap. Hal tersebut akan membuat feeds Instagram menjadi tidak enak dipandang. Sebab, Anda mengupload foto dengan tema yang terlalu kontras. Maka dari itulah, memilih foto yang akan diupdate harus benar-benar dipikirkan ya.

9. Gunakan Filter Foto yang Sama

Gunakan filter foto yang sama

* sumber: thepreviewapp.com

Mengapa harus menggunakna filter foto? Hal ini akan membuat feeds Anda akan tetap terlihat menarik dan memiliki warna yang senada. Terkadang Anda memiliki foto dengan tingkat cahaya yang berbeda. Tingkat cahaya yang berbeda itu akan membuat feeds Anda menjadi berantakan meskipun foto yang Anda upload merupakan foto aesthtetic.

Maka dari itulah, bantuan filter sangat dibutuhkan sebagai salah satu cara membuat profil Instagram menarik. Dengan menggunakan filter, Anda bisa menampilkan gambar yang berbeda namun dengan warna yang terlihat senada. Hal ini juga akan membuat feeds di Instagram lebih menarik perhatian para followers lho. Jadi, pastikan Anda memilih satu filter untuk setiap foto yang akan diupdate di Instagram ya.

10 Suka dengan Apa yang Dilakukan

Suka dengan Apa yang Dilakukan

* sumber: id.pinterest.com

Mungkin terdengar sepele, namun ini juga bisa menjadi salah satu cara membuat profil Instagram menarik. Pasalnya, jika Anda menyukai apa yang Anda lakukan, maka hasilnya akan lebih maksimal. Mempercantik feeds Instagram memang bisa menambah followers.

Namun, Anda juga bukan sekedar mencari kepopuleran semata. Usahakan Anda melakukannya dengan senang hati dan sesuai dengan hobi Anda. Jika Anda melakukannya karena hobi, hal tersebut bisa menjadi nilai plus sendiri di mata followers Anda.

Itulah tadi ulasan mengenai 10 cara membuat profil Instagram menarik. Anda bisa melakukannya step by step atau menjadikannya referensi. Nah, Anda juga bisa menggunakan aplikasi yang biasa dipakai selebgram untuk membuat feeds lebih menarik lagi. Bagaimana menurut Anda?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Satu pemikiran pada “10 Cara Membuat Profil Instagram yang Menarik dan Unik”

  1. makasii kak masukannya.. saya lagi cari info gimana caranya pakai template dari pinterset biar penampakan ig saat pakai 9square tampak cantik. apa kakak bisa membantu?

Tinggalkan komentar