carisinyal web banner retina
Carisinyal / Tips Trik / Cara Membuat Soal Online di Google Form dengan Mudah

Cara Membuat Soal Online di Google Form dengan Mudah

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 30 Januari 2021

Selain Google Drive dan G-Mail, Google punya beberapa layanan lain yang dapat dipakai oleh para penggunanya. Sebut saja seperti Google Docs atau Google Documents, Google Meet, Google Hangouts, Google Class, Google Form dan masih banyak lagi.

Nah, di masa pandemi seperti ini, banyak sekali sekolah, kampus maupun kantor yang tidak beroperasi. Sehingga, tak sedikit dari mereka yang menggunakan layanan-layanan Google ini untuk aktivitas kerja, sekolah dan perkuliahan online.

Salah satu layanan yang paling sering digunakan saat ini adalah Google Form. Biasanya para guru dan dosen menggunakan Google Form untuk membuat soal online. Pada pembahasan kali ini, Carisinyal akan membahas mengenai cara membuat soal online di Google Form dengan Mudah. Simak langsung saja ulasan berikut untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Cara Membuat Soal Pilihan Ganda

Nah, pertama-tama, kami akan membahas tentang cara membuat soal-soal pilihan ganda di Google Form. Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka Google Form

cara membuat soal online di google form 2

Step pertama yang harus Anda lakukan adalah masuk ke Google Form-nya. Anda bisa langsung search di Google atau masuk lewat Google Dokumen. Kalau Anda masuk lewat Google Dokumen, silakan klik tiga garis di sudut kiri atas layar, kemudian piilih opsi 'Formulir'.

cara membuat soal online di google form 2

Nah, jika Anda searching lewat Google, silakan klik tautan yang menuju ke Google Form. Setelah halamannya terbuka, pilih opsi 'Buka Google Formulir'.

2. Buat Judul dan Deskripsi Soal

Setelah  masuk ke halaman Google Form-nya, silakan klik kotak dengan panah bertuliskan 'Kosong' untuk membuat soal online dengan Google Form. Nah, nantinya akan ada tampilan seperti pada gambar di atas. Silakan isikan judul dan deskripsi soal online yang akan Anda buat.

3. Buat Soal Pilihan Ganda

Kalau Anda sudah mengisikan judul dan deskripsi soal, sekarang waktunya untuk membuat soal online-nya. Pastikan bentuk soalnya sudah pilihan ganda, ya. Kalau sudah, silakan isi pertanyaan yang akan dijadikan soal, beserta poin pilihan gandanya.

Jika Anda mau menambahkan gambar pada soal, silakan klik ikon 'Tambahkan Gambar' yang ada di samping pertanyaan. Hasilnya akan tampak seperti pada gambar di atas.

Oh iya, di Google Form juga terdapat toolbar dengan banyak pilihan opsi lain seperti penambahan bagian soal, video, judul dan deskripsi soal dan opsi pertanyaan. Anda juga dapat mengimpor pertanyaan untuk soal dari PC/ Laptop.

Cara Membuat Soal Esai

Tidak hanya soal berbentuk pilihan ganda, Anda pun dapat memanfaatkan Google Form untuk membuat soal esai online. Berikut langkah-langkah membuat soal esai dengan Google Form.

1. Membuat Soal dengan Jawaban Pendek

Cara membuat soal esai jawaban pendek atau short answer gampang banget, lho. Silakan klik ikon panah di dalam toolbar untuk menambahkan soal baru.

Setelahnya, form untuk pertanyaan baru akan muncul. Untuk membuat soal esai dengan jawaban pendek, silakan pilih opsi 'Jawaban Singkat' seperti tampak pada gambar. Selanjutnya, Anda tinggal mengisikan soal di kolom pengisian soal.

Oh iya, kalau Anda mewajibkan soal ini harus dijawab atau diisi, silakan klik tombol bertuliskan 'Wajib diisi' yang ada di bagian bawah kolom soal.

2. Cara Membuat Soal dengan Jawaban Panjang

Next, kami akan mengulas tentang cara membuat soal esai dengan jawaban panjang atau jawaban berupa paragraf. Langkah-langkahnya sebenarnya tak terlalu berbeda. Silakan klik ikon panah untuk membuat soal baru.

Setelah itu, ganti bentuk soal dengan cara meng-klik opsi bentuk soal tadi. Kemudian pilih 'Paragraf'. Kalau sudah, silakan isikan soal di kolom soal seperti biasa.

Cara Memberi Nilai Pada Jawaban Soal

Nah, ketika soal sudah selesai dikerjakan, sudah pasti kita akan memberikan nilainya, bukan? Kalau soal yang Anda buat bukan berbentuk kuis yang dapat dinilai secara otomatis, maka Anda harus mengecek satu demi satu jawaban atau tanggapan yang diberikan pada soal-soal online tersebut. Berikut langkah-langkah memberi nilai pada jawaban soal di Google Form.

1. Buka Opsi Pengaturan

Langkah pertama, buka opsi pengaturan yang ada di sebelah tombol 'Kirim', tepatnya di pojok kanan atas layar.

2. Jadikan Soal Sebagai Kuis

Selanjutnya, Anda hanya perlu menjadikan soal-soal yang sudah dibuat tadi ke dalam bentuk kuis. Silakan buka tab untuk kuis seperti pada gambar di atas, kemudian klik tombol dengan tulisan 'Jadikan ini sebagai kuis'. Anda juga dapat mengatur perilisan nilai dan opsi lainnya yang dapat dilihat oleh responden. Kalau sudah, silakan simpan pengaturannya.

3. Isi Kunci Jawabannya

Nah, setelah selesai, Anda dapat menambahkan kunci jawaban pada soal yang telah dibuat. Silakan klik opsi 'Kunci jawaban' yang berada di bawah soal.

Kemudian, isi jawaban yang benar  di kolom yang tersedia. Jangan lupa juga untuk mengisikan jumlah poin untuk jawaban yang benar. Contohnya, seperti yang tertera pada gambar di atas.

Kalau sudah, silakan simpan perubahannya dengan cara meng-klik tombol 'Selesai'. Oh iya, penambahan kunci jawaban ini berlaku untuk beberapa macam soal seperti pilihan ganda, jawaban singkat, dan dropdown. Sementara untuk soal lain seperti soal dengan jawaban yang panjang atau paragraf, Anda dapat memberikan tanggapan berupa masukan pada setiap jawaban yang diberikan.

Cara Membagikan Soal & Melihat Hasil Jawaban Soal Online

Setelah selesai dibuat, sudah pasti soal-soal tersebut perlu dibagikan pada para responden Nah, berikut tata cara pengiriman atau pembagian soal online yang dibuat dengan menggunakan Google Form.

1. Pengiriman via Email

Untuk bisa mengirim atau membagikan soal online yang sudah dibuat, silakan klik tombol berwarna ungu dengan tulisan 'Kirim' yang ada di bagian pojok kanan atas layar.

Setelah Anda mengklik tombol tersebut, akan ada perintah untuk memilih opsi pengiriman soalnya. Jika Anda ingin mengirimkan lewat e-mail,  silakan klik ikon bergambar pesan seperti pada gambar di atas. Setelahnya, Anda bisa langsung mengirimkan soal. Silakan klik tombol 'Kirim yang berada di pojok kanan bawah dialogue box.

2. Membagikan Soal dengan Link

Selain mengirim via e-mail, Anda pun dapat membagikan soal dengan link atau tautan. Caranya, klik ikon link yang ada di sebelah ikon e-mail, lalu salin link atau tautannya dengan cara meng-klik tombol 'Salin'. Selanjutnya, Anda tinggal membagikan link soalnya saja.

3. Melihat Hasil Pengerjaan Soal

Nah, setelah soal selesai dikerjakan, Anda dapat melihat hasil pengerjaan soal dari responden. Caranya sangat mudah. Pertama, buka dulu halaman respons yang ada di sebelah halaman pertanyaan. Pilih opsi 'Ringkasan' untuk melihat rangkuman jawaban dan nilai dari responden secara keseluruhan.

Atau, Anda bisa memilih opsi 'Pertanyaan' untuk melihat respons berdasarkan pertanyaan yang sudah diajukan. Dan kalau Anda ingin melihat respons atau jawaban secara individual, Anda cukup memilih opsi 'Individual' saja.

Untuk beberapa opsi jawaban, Anda dapat menentukan pemberian nilai secara manual. Anda juga bisa merilis skor dan mengirimkan hasilnya pada responden melalui e-mail.

Demikian pembahasan dari Carisinyal mengenai tata cara membuat soal online di Google Form. Jika Anda memiliki tips seputar cara pembuatan soal online ini, silakan sampaikan melalui kolom komentar yang tersedia di bawah, ya.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram