Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Siapa di sini yang tidak menggunakan aplikasi WhatsApp untuk chatting-an? Sepertinya susah untuk menemukan pengguna ponsel pintar yang tidak menggunakan aplikasi berkirim pesan berwarna hijau ini. Selain mudah dan ringan digunakan, WhatsApp juga memiliki banyak fitur yang sangat membantu.

Salah satu fitur terbaru yang dikeluarkan WhatsApp adalah penggunaan sticker. Selain sudah terdapat banyak pilihan sticker untuk berkirim pesan, WhatsApp juga membolehkan penggunanya untuk membuat sticker sendiri dengan foto atau gambar sendiri juga!

Tentu pembuatan sticker ini tidak bisa langsung dilakukan di dalam aplikasi WhatsApp, melainkan harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Pengguna hanya perlu menyiapkan foto atau gambar yang background atau latarnya sudah dihapus dan gambar tersebut berformat PNG. Jika sudah siap, maka foto tersebut bisa langsung dijadikan sticker dan dikirim ke sahabat di WhatsApp.

Sangat mudah sekali untuk membuat sticker ini. Jika kamu tertarik melakukannya, kamu dapat mengikuti cara membuat sticker di WhatsApp ala Carisinyal berikut ini. Sudah siap? Ayo lakukan!

Cara Pertama Membuat Sticker di WhatsApp

1. Download Aplikasi Background Eraser

Background Eraser

Langkah awal untuk memulai membuat sticker di WhatsApp adalah dengan mengunduh aplikasi edit foto yang mampu menghapus latar belakang atau background foto yang ingin dijadikan sticker. Caranya cukup pergi ke toko aplikasi dan cari aplikasi yang bernama Background Eraser.

Setelah ditemukan, segera unduh dan pasang di ponsel pintarmu. Aplikasi ini sangat ringan (1,8 MB) dan sudah digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna di Play Store. Jika belum juga ditemukan, unduh aplikasinya di sini.

2. Download Aplikasi Personal Stickers for WhatsApp

Sticker for WA

Selanjutnya kamu bisa mengunduh dulu aplikasi pihak ketiga yang bisa memindahkan foto atau gambar yang ingin kamu jadikan sticker ke WhatsApp. Aplikasi tersebut bernama Personal Stickers for WhatsApp yang bisa kamu unduh di sini (sangat ringan, hanya berukuran 1,6 MB di Play Store).

3. Jalankan Aplikasi Background Eraser

Background E

Langkah ketiga untuk membuat sticker di WhatsApp adalah menjalankan aplikasi penghapus latar belakang foto. Pilihlah sebuah foto yang ingin dijadikan sticker lalu hapuslah background-nya dengan menggunakan aplikasi ini.

Hapuslah background foto yang kamu pilih serapi mungkin. Jika kamu memiliki Pen Stylus, kamu bisa menggunakan alat tersebut untuk menghapus latar foto agar terlihat lebih baik. Jika tidak, gunakan saja jarimu dan lakukanlah sebagus mungkin.

Ukuran penghapus yang terdapat pada aplikasi Background Eraser ini dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Foto atau gambar yang sedang diedit juga bisa diperbesar agar proses penghapusan lebih detail lagi.

Jika foto sudah selesai dihapus latarnya, kemudian simpan. Format foto yang dibutuhkan WhatsApp untuk membuat sticker adalah PNG, dan aplikasi Background Eraser ini akan otomatis menyimpan foto dalam format tersebut. Buatlah minimal 3 foto untuk dijadikan sticker.

Catatan:

Penghapusan background foto juga dapat dilakukan dengan aplikasi lain semisal Adobe Photoshop atau sejenisnya. Melakukan kegiatan ini di layar yang besar (seperti tablet) akan sangat mudah dan menyenangkan. Selain itu, aplikasi pengedit foto profesional memiliki fitur yang lebih lengkap sehingga kamu bisa memodifikasi foto sebaik mungkin.

4. Buka Aplikasi Personal Stickers for WhatsApp

Personal Sticker

Setelah punya beberapa foto atau gambar (minimal 3 buah ya) yang backgroundnya dihapus, bukalah aplikasi yang sudah diunduh kedua, yaitu Personal Stickers for WhatsApp. Pada tampilan aplikasi, pilih menu ‘Add’. Kemudian tunggu beberapa saat hingga sticker sudah tersedia di WhatsApp.

5. Bagikan Sticker ke Keluarga WhatsApp-mu

Sticker WA

Untuk mengecek apakah sticker-mu sudah siap digunakan atau belum, kamu bisa mencoba membuka tombol pesan di aplikasi WhatsApp, pilihlah orang yang ingin kamu chat, lalu klik ikon emoji di sebelah kiri kotak pesan. Lihatlah ke bagian bawah lalu klik ikon sticker di sebelah ikon GIF. Jika sticker yang kamu buat sudah ada di sana, kamu bisa menggunakannya saat itu juga.

Selain membuat sticker gambar orang, kamu juga bisa membuat sticker logo. Contohnya membuat sticker logo Carisinyal. Langkahnya bisa dilakukan seperti cara di atas, hanya saja objeknya bukan tetapi logo. Berikut contoh sticker logo Carisinyal di WhatsApp.

sticker logo carisinyal whatsapp

Sticker yang sudah kamu buat juga bisa dihapus jika diperlukan. Caranya klik ikon plus di sebelah kanan menu sticker yang sedang kamu buka, kemudian klik ‘My Stickers’ dan pilih sticker yang kamu ingin hapus dari WhatsApp atau bisa langsung dibuang seluruhnya dengan menekan ikon tong sampah.

Itulah cara yang sangat mudah untuk bisa membuat sticker di WhatsApp. Waktu yang diperlukan juga tidaklah lama. Namun jika ingin menghasilkan sticker yang bagus, foto sumbernya juga harus bagus dan editing latar foto juga harus rapi.

Jika kamu sudah sering melakukan editing foto pastinya hal ini bisa dengan mudah kamu lakukan. Editing juga bisa dilakukan di komputer agar lebih leluasa yang kemudian hasilnya disimpan ke dalam memori ponsel.

Cara Kedua Membuat Sticker di WhatsApp

Ternyata ada cara lain lagi untuk membuat sticker di WhatsApp. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Unduh Aplikasi Sticker Maker di Play Store

SM

Pertama kamu harus mengunduh aplikasi Sticker Maker di Play Store. Aplikasi ini juga terbilang ringan untuk dipasang di ponsel pintar. Kesulitan mencari aplikasi ini? Download saja di sini.

2. Jalankan Aplikasinya

Sticker Maker

Selanjutnya kamu tinggal menjalan aplikasi di atas. Saat kamu berada di tampilan utama aplikasi, pilih menu ‘Create a new stickerpack’ lalu berinama bagian tersebut. Misal sticker yang ingin dibuat adalah sticker buah-buahan maka kamu bisa memberi nama stickerpack-nya ‘Buah-Buahan’ dan nama pembuatnya adalah namamu.

3. Buat Hingga 30 Sticker

30 Stickers

Kemudian akan muncul bagian tampilan yang berisi kotak sticker yang bisa kamu isi. Pilihlah foto atau gambar dari galeri ponselmu atau mengambilnya langsung dengan kamera lalu tambahkan ke dalam stickerpack yang tersedia.

Foto yang dipilih bisa hingga 30 biji plus satu untuk tray icon. Aplikasi ini mengharuskanmu memasukan tiga foto plus satu untuk tray icon agar bisa dibuat sticker di WhatsApp.

Gambar yang sudah dipilih dari galeri hanya bisa dipotong saja dengan aplikasi ini (dipilih bagian foto atau gambar yang ingin dijadikan sticker).

Jadi, sebaiknya foto atau gambar yang ingin dijadikan sticker harus diedit menggunakan dahulu menggunakan aplikasi pengedit foto yang memiliki alat lengkap (kok jadi ribet ya! Tergantung sih).

StickerMaker

Nah jika seluruh gambar sudah siap untuk dijadikan sticker dengan aplikasi Sticker Maker ini, maka kamu tinggal mem-publish-nya dan menambahkan ke WhatsApp. Setelah selesai, silahkan cek aplikasi WhatsApp menggunakan langkah-langkah seperti di atas.

Itulah cara lain dalam membuat sticker di WhatsApp. Cara yang kedua sepertinya lebih cepat, hanya saja foto yang ingin dijadikan sticker harus sudah diedit sebaik mungkin. Namun, jika ingin mendapatkan hasil sticker yang bagus, kamu bisa mengaplikasikan cara yang pertama.

Jangan lupa untuk meng-update aplikasi WhatsApp-mu ke versi yang paling baru untuk bisa menikmati fitur sticker ini. Paling mudah adalah dengan download/update WhatsApp terbaru langsung dari situs resminya, Whatsapp.com/Android.

Kedepannya mungkin akan ada banyak fitur menarik lagi di WhatsApp. Jadi, agar tidak ketinggalan hal-hal menarik dari WhatsApp, lakukanlah pembaharuan saat update aplikasi terbaru sudah muncul.

Baca juga artikel menarik lainnya tentang 10 Cara Mengatasi WhatsApp Pending dengan Mudah dan Cepat.