carisinyal web banner retina

Cara Membuat Stop Motion Video Di Android dan iOS

Ditulis oleh Carisinyal - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Kreativitas dapat dituangkan dalam bentuk apa saja, salah satunya adalah dengan membuat video stop motion. Stop motion merupakan salah satu bentuk kreativitas yang unik karena mampu menjadikan gambar statis menjadi hidup dalam sebuah video.

Saat ini banyak orang membuat video stop motion untuk berbagai keperluan, dari mulai ucapan ulang tahun hingga anniversary pernikahan. Pada awalnya, membuat video stop motion ini cukup sulit karena Anda harus menguasai software editing video yang ada di komputer.

Akan tetapi kini semuanya telah berubah dengan kehadiran perangkat Android dan iOS. Ya, saat ini terdapat banyak aplikasi Android dan iOS yang menawarkan cara membuat stop motion video dalam waktu yang sangat singkat.

Langkah-langkah pembuatannya juga sangat mudah sehingga dapat digunakan oleh para pemula ataupun yang sudah mahir. Nah, berikut Carisinyal akan mengulas beberapa aplikasi terbaik untuk membuat stop motion video di Android dan juga iOS.

iStopMotion

iStopMotion merupakan salah satu aplikasi stop motion terbaik yang ada saat ini. Ha tersebut dapat dimaklumi mengingat aplikasi ini menyediakan berbagai macam fitur premium seperti exposure control, white balance lock, adjustable movie speed, dan integrasi dengan layanan iCloud.

Anda dapat melakukan editing video stop motion secara manual untuk mendapatkan efek yang benar-benar diinginkan. Jika tidak punya waktu banyak, maka Anda juga dapat menggunakan mode otomatis yang akan langsung menyusun beberapa foto menjadi video yang artisitik.

cara membuat stop motion video iStopMotion

Sayangnya aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk perangkat iPad saja. Namun Anda dapat menggunakan iPhone sebagai remote camera. Dengan begitu iPhone berfungsi sebagai alat pengambil gambar dan iPad sebagai perangkat untuk editingnya.

Aplikasi iStopMotion ini harus dibeli seharga $9.99 jika Anda ingin menggunakannya. Harga tersebut cukup pantas untuk fitur premium yang ditawarkannya. Dengan begitu aplikasi ini lebih cocok digunakan bagi Anda yang ingin melakukan editing secara serius dan bukan untuk iseng-iseng saja.

Frameographer

StudioNeat dikenal sebagai perusahaan yang cukup handal dalam membuat sesuatu yang berkaitan dengan kamera iPhone. Setelah sebelumnya merilis camera stand adapter bernama Glif iPhone, kini mereka juga merilis aplikasi Frameographer.

Frameographer merupakan aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat video stop motion. Meskipun tidak memiliki fitur white balance lock, aplikasi menyuguhkan fitur fokus dan exposure yang sangat berguna. Selain itu Anda juga dapat menambahkan lagu dari iTunes sebelum mempublikasikannya.

frameographer

Aplikasi Frameographer ini bekerja hanya dengan menggunakan satu perangkat iPhone sehingga Anda harus benar-benar teliti ketika menggunakannya. Pasalnya terlalu banyak gerakan akan membuat gambar yang diambil menjadi kurang fokus.

Aplikasi ini juga sudah menyuguhkan fitur filter sehingga Anda dapat membuat tampilan video stop motion menjadi lebih berwarna. Aplikasi ini memiliki tampilan yang cantik dan sederhana sehingga mudah mudah untuk digunakan oleh pemula sekalipun. Aplikasi Frameographer ini hanya tersedia di iPhone dan dibanderol seharga $2.99 bagi Anda yang ingin mengunduhnya.

Stop-Motion - Lite

Stop Motion Lite merupakan aplikasi Android yang dapat merekam video stop motion, animasi, dan juga claymation. Untuk menggunakannya Anda hanya tinggal mengatur scene, kemudian ambil frame, lalu atur dan ulang berkali-kali.

Jika semuanya sudah beres, aplikasi ini akan secara langsung mengumpulkan berbagai frame tersebut menjadi sebuah video MOV. Video tersebut dapat Anda simpan di galeri, upload ke YouTube, ataupun ditonton dengan media player semacam VLC.

Clayframes

Dibandingkan dengan aplikasi yang lainnya, Clayframe dapat disebut sebagai yang paling simpel dalam urusan tampilan antarmuka. Ya, aplikasi ini hanya menyediakan 4 buah tombol tanpa adanya tombol untuk mengontrol exposure, white balance, dan lainnya.

Meskipun begitu, aplikasi ini tetap dapat Anda gunakan untuk membuat video stop motion dengan sempurna. Aplikasi ini juga memiliki fitur sound activation sehingga Anda dapat mengambil gambar dengan tepukan, siulan, dan lainnya.

clayframes

Dengan begitu Anda tidak perlu banyak menyentuh kamera yang dapat menimbulkan gerakan-gerakan yang tidak diperlukan. Terdapat juga fitur timed shutter jika Anda ingin mengambil gambar berdasarkan waktu yang telah ditentukan.

Video stop motion yang dibuat oleh aplikasi Clayframes ini dapat diunggah langsung ke YouTube atau disimpan dalam format AVI. Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk perangkat Android dan bisa Anda unduh melalui Play Store di link ini.

Lapse It

lapse-it

Meskipun namanya mengindikasikan bahwa aplikasi ini hanya memiliki fitur time lapse, namun Lapse It juga ternyata memiliki mode stop motion yang cukup menarik. Aplikasi ini memiliki banyak efek dan juga mendukung berbagai macam format output.

Lapse It memiliki tampilan yang sederhana namun terlihat professional. Berbagai macam fitur mumpuni juga sudah tersedia di aplikasi ini termasuk fitur untuk melakukan rotasi. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis untuk Android melalui Google Play Store. Jika ingin mendapatkan fitur yang lebih banyak, maka Anda juga bisa membeli versi berbayarnya seharga $1.99.

Funmotion (Stop Motion Clip)

Cara membuat stop motion video selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Funmotion (Stop Motion Clip). Aplikasi yang hanya tersedia untuk sistem operasi Android ini sangat mudah untuk digunakan karena tampilannya yang sangat bersahabat.

Untuk membuat sebuah video stop motion Anda hanya tinggal menekan dan menahan jari Anda di layar smartphone untuk merekam video. Selanjutnya Anda hanya tinggal menekan berkali-kali untuk mengatur videonya. Jika sudah selain, tekan tombol ceklis untuk menyimpan video tersebut.

Stop Motion Maker - KomaDori L

Aplikasi terakhir yang dapat mengolah video stop motion adalah Stop Motion Maker - KomaDori L. Aplikasi buatan octoroid ini menyuguhkan mode manual dan otomatis untuk pengambilan gambar. Terdapat juga fitur preview untuk melihat hasil sementara dari video yang kita buat.

Video stop motion yang sudah jadi dapat disimpan dalam formt AVI dan motion-jpeg. Selain itu Anda juga dapat menyimpan gambar yang diambilnya dalam format JPEG dan PNG. Aplikasi ini tersedia dalam versi lite dan berbayar. Versi lite-nya tersebut dapat diunduh secara gratis di sini.

Itulah 7 aplikasi Android dan juga iOS yang menyediakan kepada Anda cara membuat stop motion video yang mudah dan cepat. Silahkan pilih aplikasi yang sesuai dengan perangkat yang Anda miliki. Jika Anda sudah mahir dan ingin mengeditnya secara manual, maka Anda dapat menggunakan aplikasi editing video terbaik yang pernah kami ulas di artikel ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram