carisinyal web banner retina
Untuk update harga HP terbaru klik di sini
Carisinyal / Aplikasi / Cara Mudah Membuat Website Toko Online Secara Gratis, Cuman Pake HP

Cara Mudah Membuat Website Toko Online Secara Gratis, Cuman Pake HP

Ditulis oleh Hilman Mulya Nugraha - Diperbaharui 25 Mei 2021

PERHATIAN

ARTIKEL SPONSOR avana permanen link

Saat ini ada banyak layanan jual beli online yang bisa Anda gunakan. Ada yang berbentuk situs atau aplikasi lokapasar (marketplace), ada yang dalam bentuk media sosial, dan ada juga yang memiliki situs sendiri untuk berjualan.

Ada juga pemilik bisnis yang menggabungkan semua konsep tersebut. Ia memiliki tempat untuk berjualan, memiliki media sosial untuk berjualan, punya toko di marketplace, dan juga memiliki situs sendiri yang dibangun secara profesional.

Konsep usaha yang menghadirkan semua layanan tersebut umumnya merupakan usaha yang sudah bisa dibilang stabil secara penghasilan. Atau kalau pun baru mulai, usaha tersebut memiliki modal atau investasi yang besar.

Tentu tidak semua yang punya usaha punya privilege bermodal besar. Tidak sedikit pengusaha yang memualai usaha atau bisnis dengan modal kecil. Barangkali Anda salah satunya.

Anda punya produk yang ingin dijual. Anda berjualan di marketplace dan media sosial. Masalahnya, Anda tidak puas berjualan di kedua tempat tersebut. Anda ingin membangun sebuah situs untuk jualan Anda.

Sayangnya, Anda punya kendala dari segi dana. Kalaupun dana ada, Anda harus punya pengetahuan soal pembuatan situs yang untuk belajarnya tentu tidak satu atau dua hari.

Masalah ini bisa diatasi dengan berbagai layanan situs atau website gratis. Masalahnya, tidak semua layanan tersebut sesuai dengan Anda yang butuhkan.

Terlebih Anda membutuhkan situs yang fokus untuk jualan produk, harga terjangkau, dan tentu saja mudah digunakan. Satu hal lagi, bisa dibuat menggunakan hp. Hal ini sangat penting karena saat ini lebih banyak orang memakai Hp dibandingkan teknologi lainnya.

Permasalahan tersebut ternyata ada solusinya. Ada sebuah cara bikin website online shop di hp gratis. Yah, Anda tidak salah dengar. Ada cara agar Anda bisa membuat website atau situs toko online dengan gratis dengan ponsel saja.

Cara Membuat Website Toko Online di HP Secara Gratis

Cara membuat website atau situs toko online dengan gratis melalui Hp, bisa dengan mudah diikuti lewat langkah-langkah berikut ini.

1. Masuk ke link ini.

2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda.

3. Silakan daftar memakai akun Google atau Facebook. Saya pribadi mendaftar memakai akun Facebook.

4. Setelah terdaftar, akan ada tampilan untuk membuat toko Anda di AVANA.

5. Di bagian ini, Anda perlu mengisi nama Anda, nama toko, dan kategori toko yang ingin Anda jual. Saya tes memakai nama LokaGraha. Nama toko ini nantinya yang bakal jadi alamat situs toko online Anda.

6, Jangan lupa untuk mencantumkan email dan nomor telepon Anda. Anda juga bisa langsung memilih untuk menghubungkan dengan halaman Facebook.

7. Jangan lupa setelah itu, pilih “buat toko” yang terlihat pada bulatan warna kuning.

8. Setelah toko dibuat, langkah selanjutnya adalah untuk unggah produk di toko yang telah Anda buat. Contohnya saya unggah produk laptop. Anda tinggal tambahkan nama produk, harga, beratnya, ketersediaannya (stok), SKU, dan keterangan produknya. Contohnya seperti gambar di bawah ini.

9. Anda pun diminta untuk mengintegrasi layanan AVApaly. Anda bisa menonaktifkan jika memang tidak dibutuhkan.

10.. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda. Sebagai contoh, saya membuat toko online di AVANA dengan alamat lokagraha.avana.asia.

Alamat situs tersebut nantinya yang bakal jadi alamat ke toko online Anda. Anda cukup membuat alamat situs yang sesuai dengan nama atau produk Anda. Tentu saja, Anda juga bisa dengan mudah memakai nama-nama lain selama masih tersedia.

11. Setelah selesai, Anda bisa melengkapi informasi di toko online Anda. Anda juga bisa mengakses berbagai fitur yang ada di AVANA.

Pembuatan situs toko online di AVANA ini sangat mudah. Pendaftaran bisa dilakukan di web browser di PC ataupun ponsel, bahkan tanpa perlu mengunduh aplikasinya. Namun, AVANA juga menyediakan aplikasi yang bisa diunduh di Google PlayStore dan App Store.

Fitur-fitur di AVANA

AVANA hadir sebagai sarana memudahkan pengusaha memiliki website toko online dengan mudah dan gratis. Namun, layanan gratis AVANA terbatas. Beberapa fitur unggulan banyak yang tidak hadir.

Secara pengalaman penggunaan sebenarnya fitur di versi gratis sudah cukup mumpuni. Contohnya adalah fitur seperti Facebook Pixel Extension yang berguna untuk beriklan di Facebook. Fitur ini hadir di versi gratis.  Ada juga fitur sistem pembayaran terrntegrasi memakai AVApay dan metode pengiriman terintegrasi dengan JNE.

Yang menarik, adalah fitur integrasi dengan fitur marketplace di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Lewat fitur tersebut, Anda tidak perlu repot unggah produk satu-satu ke media sosial. Cukup melalui AVANA. 

Selain itu, ada fitur terintegrasi dengan Google Analytics. Sebagai sebuah situs, tentu Anda perlu melihat performa dari situs Anda lewat Google Analytics. Karena itu, fitur ini sangat dibutuhkan. Sayangnya, fitur gratis di AVANA hanya bisa unggah foto maksimal 10 saja. Tentu bagi Anda yang punya produk banyak, alangkah baiknya memakai layanan berbayar. Ada paket Beginner dan ada paket Business.

Tersedia juga paket enterprise yang harga dan fiturnya bisa disesuaikan. Perbandingan paket gratis dan berbayarnya  yang lebih lengkap bisa disimak pada tautan ini.

Pada paket berbayar, ada fitur menarik seperti fitur SEO yang akan sangat berguna untuk mendatangkan pengunjung ke toko online Anda. Ada juga fitur pelatihan Digital Marketing yang tentunya bakal berguna dalam strategi berjualan di dunia online.

Yang menarik, di paket berbayar, ada WhatsApp Commerce yang bisa digunakan untuk menjawab layanan soal produk Anda di WhatsApp. Tersedia juga fitur masking domain. Fitur ini bakal berguna sebagai identitas.

Nantinya alamat yang tampil bukan lagi berdomain utama avana.asia tetapi domain Anda yang khusus, semisal LokaGraha.com, bukan Lokagraha.avana.asia lagi.

Dengan berbagai fitur yang ditawarkan tersebut, AVANA jadi solusi yang menarik bagi banyak orang, terutama pemula yang ingin punya website toko online dengan harga murah, bahkan gratis. Saya mengapresiasi kehadiran AVANA karena menghadirkan kemudahan bagi banyak orang dalam membuat toko online.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram