carisinyal web banner retina

3 Cara Membulatkan Angka di Microsoft Excel

Ditulis oleh Linda

Microsoft Excel adalah aplikasi yang sangat berguna dalam mengolah data numerik. Salah satu kemampuan dasar namun penting dari Excel adalah kemampuan untuk membulatkan angka. Membulatkan angka bisa sangat berguna, terutama saat Anda bekerja dengan data keuangan atau statistik yang memerlukan tingkat presisi tertentu.

Nah, bagi teman-teman yang masih belum memahami cara memanfaatkan fitur tersebut, Carisinyal akan membahas beberapa metode yang dapat digunakan untuk membulatkan angka di Excel, yang meliputi penggunaan tombol increase & decrease decimal, menu format cells, dan berbagai rumus.

Menggunakan Tombol Increase & Decrease Decimal

Cara paling sederhana untuk membulatkan angka di Excel adalah dengan menggunakan tombol "Increase Decimal" dan "Decrease Decimal". Tombol-tombol ini terletak di ribbon pada tab "Home". Berikut adalah cara menggunakannya:

  • Pilih sel yang angkanya ingin Anda format.
  • Klik pada tab “Home” di Ribbon.
  • Temukan grup “Number” pada Ribbon.
  • Untuk menambahkan desimal, klik “Increase Decimal” (tombol dengan simbol 0.00>0.000). Untuk mengurangi desimal, klik “Decrease Decimal” (tombol dengan simbol 0.000>0.00).

Menggunakan tombol ini memungkinkan Anda secara visual mengatur jumlah desimal tanpa mengubah nilai sebenarnya dari angka tersebut, yang hanya mempengaruhi cara angka ditampilkan.

Menggunakan Menu Format Cells

Jika Anda memerlukan lebih banyak kontrol atas cara angka dibulatkan dan ditampilkan, menggunakan menu "Format Cells" adalah pilihan yang tepat. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menerapkannya:

  • Pilih sel atau rentang sel yang ingin Anda format.
  • Klik kanan dan pilih “Format Cells”, atau tekan Ctrl+1.
  • Di dalam dialog “Format Cells”, klik tab “Number”.
  • Pilih kategori “Number” dan atur jumlah desimal yang diinginkan. Anda juga dapat memilih kategori lain seperti “Currency” atau “Accounting” untuk format khusus.

Menu ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk mengatur jumlah desimal, tetapi juga menawarkan berbagai opsi formatting lainnya, termasuk pemformatan mata uang dan persentase.

Menggunakan Rumus Excel

Untuk membulatkan angka dengan lebih spesifik atau sesuai dengan kriteria tertentu, Excel menyediakan beberapa rumus yang sangat efektif. Berikut adalah tutorial dari masing-masing rumus beserta penjelasan fungsinya:

1. ROUND

Rumus =ROUND(angka;num_digits) membulatkan angka ke jumlah desimal yang ditentukan. Contoh: =ROUND(3.14159;2) akan memberikan hasil 3.14.

2. ROUNDUP

Rumus =ROUNDUP(angka;num_digits) selalu membulatkan angka ke atas, menuju nilai yang lebih positif. Contoh: =ROUNDUP(3.14159;2) akan memberikan hasil 3.15.

3. ROUNDDOWN

Rumus =ROUNDDOWN(angka;num_digits) selalu membulatkan angka ke bawah, menuju nilai yang lebih negatif. Contoh: =ROUNDDOWN(3.14159;2) akan memberikan hasil 3.14.

4. TRUNC

Rumus =TRUNC(angka;num_digits) menghapus digit setelah desimal tanpa membulatkan, efektif memotong angka. Contoh: =TRUNC(3.14159;2) akan memberikan hasil 3.14.

Membulatkan angka di Excel bisa dilakukan dengan beberapa cara, masing-masing dengan keunggulannya sendiri.

Baik menggunakan tombol increase & decrease decimal untuk penyesuaian cepat, menu Format Cells untuk kontrol yang lebih detail, atau rumus seperti ROUND, ROUNDUP, ROUNDDOWN, dan TRUNC untuk kebutuhan yang lebih spesifik, Excel menawarkan fleksibilitas yang luar biasa dalam pemrosesan dan presentasi data numerik.

Menguasai teknik-teknik ini dapat membantu Anda dalam membuat laporan dan analisis data yang lebih akurat dan profesional.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram