carisinyal web banner retina

Inilah Berbagai Cara Mudah untuk Memformat SD Card

Ditulis oleh Syuri KN - Diperbaharui 23 Maret 2021

Sudah tidak asing bukan dengan SD Card, kartu yang menjadi pilihan untuk tempat penyimpanan eksternal? SD Card atau yang sering juga disebut Micro SD ini umumnya digunakan pada gadget, entah itu smartphone ataupun tab. Gunanya untuk menambah kapasitas memori internal yang terbatas pada gadget, meskipun begitu kartu SD tetap saja bisa penuh. Makanya, kamu perlu tahu bagaimana cara memformat Micro SD tersebut.

Di pasaran kamu bisa menjumpai dengan mudahnya beragam SD Card dengan kapasitas 8 GB, 16 GB, 32 GB bahkan lebih. Terkadang tanpa sadar pengguna menyimpan data secara berlebihan hingga menyebabkan kartu tersebut mencapai batas maksimal.

Ada pula virus atau beberapa data corrupt yang menyusahkan kita dalam mengakses SD Card, cara paling efektif untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan format. Berikut ada beberapa langkah yang dapat kamu ikuti untuk membersihkan kartu SD secara aman dan mudah, mari simak lengkapnya!

1. Format SD Card Melalui Smartphone

Inilah Berbagai Cara Mudah untuk Memformat SD Card 1Sumber: https://gadgetren.com/2018/03/02/cara-memformat-kartu-sd-di-android-dan-laptop
*

Secara umum, semua smartphone sudah dilengkapi fasilitas format micro SD dan cara pertama ini tergolong praktis. Langkah-langkah format di tiap smartphone juga tidak jauh berbeda dan biasanya dapat ditemukan di menu Pengaturan.

Setelah itu, cari dan pilih menu Storage atau Penyimpanan Smartphone. Di sana kamu bisa melihat jumlah total, sisa maupun yang tersedia dari memori internal dan eksternal tersebut, cara terakhir yang kamu lakukan adalah pilih bagian memori eksternal. Nanti kamu akan menemukan pilihan Format SD Card atau Micro SD dan klik pilihan Format SD Card, tunggu hingga proses format selesai dan kartu SD kamu sudah seperti baru lagi.

2. Format SD Card Melalui Aplikasi

Masih dengan mengenakan smartphone, kamu juga bisa memformat memori eksternal melalui aplikasi pihak ketiga dan berikut ini adalah salah satu yang kami rekomendasi.

  • Erase SD Card (Tanpa Root)
Inilah Berbagai Cara Mudah untuk Memformat SD Card 3
*

Ketika meng-install aplikasi ini melalui Play Store atau klik di sini, pengguna smartphone dapat memformat dan memperbaiki SD yang error. Langkahnya sangat mudah, cukup buka aplikasi Erase SD Card dan pilih memori eksternal.

Jika sudah hanya dengan satu kali click Erase SD Card saja, kartu SD kamu akan terformat dan bersih seperti semula. Cukup mudah bukan? Kabar baiknya untuk menggunakan aplikasi ini, smartphone tidak diharuskan dalam kondisi rooted.

  • Paragon EXFAT, NTSF & HF+
Inilah Berbagai Cara Mudah untuk Memformat SD Card 5Sumber: https://www.paragon-software.com/ru/free/exfat-ntfs-fat32-hfs-android
*

Aplikasi kedua yang bisa kamu pakai adalah Paragon EXFAT, NTSF & HF+, sayangnya untuk memasang aplikasi ini smartphone kamu wajib di-root. Namun kelebihannya, aplikasi ini memiliki tingkat keberhasilan format dan memperbaiki SD Card lebih tinggi dibanding Erase SD Card.

Kelebihan lainnya, semua format data memori eksternalmu dapat terbaca tanpa terkecuali. Bahkan, untuk cara memformatnya juga mudah. Kamu hanya perlu menjalankan aplikasi Paragon EXFAT, NTSF & HF+ lalu pilih SD Card dan tentukan format yang kamu butuhkan, apakah format EXFAT, NTSF atau HF+.

3. Format SD Card melalui PC (Windows)

Inilah Berbagai Cara Mudah untuk Memformat SD Card 7Sumber: https://gadgetren.com/2018/03/02/cara-memformat-kartu-sd-di-android-dan-laptop
*

Cara ini digunakan oleh sebagian orang yang smartphonenya tidak mendukung memori eksternal, kartu SD yang digunakan error dan susah diformat karena terkena virus, atau mereka yang hanya lebih nyaman memformat melalui komputernya.

Meskipun ada kalanya gagal, cara format SD Card ini tidak ada salahnya untuk dicoba jika kamu gagal memformat SD Card melalui smartphone ataupun aplikasi pihak ketiga. Berikut langkah-langkah mudahnya:

1. Pertama-tama, kamu harus menghubungkan kartu SD atau Micro SD tersebut pada komputer atau laptop, bisa dengan memakai slot yang tersedia atau mengenakan perangkat penghubung lain seperti adaptor SD ke USB atau card reader.

2. Pastikan kembali kartu memorimu terhubung dan terdeteksi, selanjutnya pilih menu Start dan Computer. Jika kamu menggunakan Windows 10, kamu bisa membuka File Explorer dengan Windows + E.

3. Jika sudah tampak tampilan drive dari kartu SD di bagian My Computer atau This PC, silahkan klik kanan dan pilih menu Format lalu tunggu hingga tab Format muncul.

4. Selanjutnya di sana kamu cari opsi Capacity dan Allocation Unit Size untuk melihat kapasitas kartu tersebut, lalu cari menu File System. Sejenak mungkin kamu akan bingung karena tersedia berbagai pilihan format, antara lain:

Inilah Berbagai Cara Mudah untuk Memformat SD Card 9
  • FAT 32, format memori paling lama yang dapat dibaca dari beragam perangkat. Namun kapasitasnya cukup terbatas hanya 32 GB dan biasanya digunakan untuk SD Card dengan kapasitas yang lebih kecil.
  • NTFS, format memori paling baru untuk data sistem Windows yang memiliki kapasitas tidak terbatas dan cocok dibaca dari perangkat berbasis Windows.
  • exFAT, format memori yang bisa terbaca di perangkat Windows maupun Mac OS. Kapasitas format ini juga diketahui tidak terbatas.

5. Pilih format yang kamu butuhkan, jika kamu bingung kami sarankan untuk memakai format FAT32.

6. Kalau sudah, buka opsi Format lalu aktifkan opsi Quick Format jika ingin memformat secara cepat dan SD Card yang kamu format tersebut tidak bermasalah. Sebaliknya, apabila SD Card itu bermasalah sebaiknya non aktifkan opsi Quick Format untuk melakukan format secara menyeluruh dan memperbaiki komponen kartu yang rusak.

7. Lalu klik Start, tunggu hingga muncul peringatan hapus data dan selanjutnya pilih OK untuk memulai proses format. Tunggu sampai muncul keterangan Format Complete yang menandakan proses format selesai, terakhir pilih OK untuk menutup proses format.

4. Format SD Card Melalui Mac OS

Inilah Berbagai Cara Mudah untuk Memformat SD Card 11Sumber: https://www.macobserver.com/tips/quick-tip/how-to-format-sd-card-mac
*

Solusi terakhir dalam format SD Card ini dasarnya serupa dengan langkah-langkah format melalui PC berbasis Mac OS, kamu harus menghubungkan kartu SD pada Mac OS melalui slot maupun menggunakan adaptor atau card reader pada port USB. Jika sudah siap, bisa ikuti langkah-langkah berikut:

1. Apabila sudah dipastikan terhubung, buka Finder dan pilih menu GO di sisi atas layar, selanjutnya klik Utilities.

2. Lalu klik Disk Utility dua kali dan pilih SD Card milikmu, jangan lupa tentukan format memori yang kamu butuhkan.

3. Kemudian, lanjutkan dengan pilih Erase untuk memulai proses format.

Inilah Berbagai Cara Mudah untuk Memformat SD Card 13

Fyi, ada berbagai macam format di Mac OS, yakni Mac OS Extended (Journaled) untuk format default, Mac OS Extended (Journaled, Encrypted) untuk format yang terenkripsi, Mac OS Extended (Case Sensitive, Journaled) untuk format berdasarkan nama, Mac OS Extended (Case Sensitive, Journaled, Encrypted) untuk tiga gabungan format.

Lalu ada juga MS DOS (FAT) untuk format Mac OS dan Windows yang kapasitasnya terbatas hanya 4 GB. Sedangkan ExFAT untuk format Mac OS dan Windows yang kapasitasnya tidak terbatas.

6. Selesai memilih salah satunya, sekarang kamu bisa tunggu hingga proses format selesai dan SD Card milikmu akan kosong seperti baru.

5. Format SD Card Melalui Command Prompt

Inilah Berbagai Cara Mudah untuk Memformat SD Card 15
*

Kalau cara ini kamu pasti sudah tahu ya harus mengenakan PC atau Komputer, sama halnya langkah-langkah sebelumnya kamu juga harus menghubungkan SD Card melalui slot, bisa juga memakai card reader atau adaptor yang lain ke port USB. Beginilah caranya:

1. Apabila terdekteksi sudah terhubung maka yang pertama harus dilakukan, buka Command Prompt (CMD) dengan Windows + R.

2. Lalu pada tampilan Command Prompt, tulis FORMAT H:/FS:FAT32 untuk memulai proses format pada SD Card yang error. Jika tidak ada permasalahan pada kartu, gunakan FORMAT E:/FS:FAT32 dan FORMAT F:/FS:FAT32 sesuai partisi HDD di PC.

3. Selanjutnya tunggu hingga format SD Card itu terselesaikan.

Demikian beberapa cara format SD Card yang kami rekomendasikan, kamu dapat lakukan sesuai kebutuhan mau itu melalui smartphone, PC, Mac OS, Command Prompt ataupun aplikasi pihak ketiga.

Secara keseluruhan langkah-langkahnya sangat mudah dilakukan, kalau kamu lebih suka yang mana? Semoga informasi dari Carisinyal ini bermanfaat dan kamu tidak lagi bingung saat menemui kendala dalam memformat Micro SD, ya. Selamat mencoba!

Menu

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram