Carisinyal / Tips Internet / 3 Cara Memilih Hosting yang Bagus untuk Bisnis Online

3 Cara Memilih Hosting yang Bagus untuk Bisnis Online

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Di dunia modern seperti saat ini, bisnis online adalah hal yang sangat lumrah. Dengan adanya internet, seseorang bahkan bisa mendirikan bisnis tanpa perlu bangunan fisik. Semuanya dikelola secara online dan mereka bisa langsung melakukan produksi hingga pengiriman dari rumah.

Beberapa bisnis online membutuhkan situs web untuk mengembangkan dan melebarkan sayap bisnis mereka. Dengan situs web, calon pelanggan bisa dengan mudah mengenali produk yang hendak mereka beli tanpa batasan waktu seperti halnya toko fisik. Itu karena situs web dapat diakses selama 24 jam tanpa libur dari berbagai belahan dunia.

Membangun situs web yang bagus dan dapat diandalkan membutuhkan sumber daya yang bagus pula. Namun, kata bagus tidak selamanya berarti mahal. Dengan biaya yang terjangkau, Anda sudah bisa membuat sebuah situs web untuk bisnis online yang terlihat profesional.

Salah satu sumber daya yang dibutuhkan untuk membangun situs web adalah hosting. Ini bisa dikatakan sebagai lapak virtual yang bisa Anda sewa untuk membangun situs web untuk bisnis online Anda. Dibanding dengan menyewa lapak fisik untuk lokasi bisnis fisik, menyewa hosting untuk situs web bisnis online terbilang sangat murah.

Lalu bagaimana cara memilih hosting yang bagus untuk bisnis online? Berikut adalah beberapa tips dari Carisinyal yang bisa Anda aplikasikan.

1. Ketahui Tipe Hosting yang Anda Butuhkan

* sumber: pxhere.com

Sebelum siap memilih hosting, sebelumnya Anda harus mengetahui dulu tipe hosting yang Anda butuhkan. Jika misalkan bisnis online Anda masih kecil namun Anda ingin memiliki situs web, Anda bisa memilih layanan hosting berbagi.

Menggunakan layanan hosting berbagi berarti Anda akan berbagi server yang sama dengan pengguna lain. Karena sumber daya server terbagi di antara begitu banyak situs, kinerja terkadang menurun seiring pertumbuhan situs web Anda.

Tipe hosting berbagi memiliki harga yang terjangkau. Jika Anda belum punya modal yang cukup untuk layanan yang lebih tinggi, tidak ada salahnya untuk memilih hosting berbagi. Anda masih dapat meningkatkan layanan ke versi yang lebih tinggi jika sewaktu-waktu situs web Anda mengalami peningkatan lalu lintas pengunjung.

Jadi, dengan mengetahui tipe hosting yang Anda butuhkan, Anda bisa memberikan pengalaman yang baik kepada calon pelanggan yang mengunjungi situs web bisnis online Anda. Perlu diingat bahwa situs web yang bagus akan memberikan kesan yang bagus, begitu pun sebaliknya.

Sebagai informasi tambahan, paket hosting berbagi biasanya memiliki beberapa pilihan. Pastikan Anda mempertimbangkan harga, dukungan atau support, kapasitas penyimpanan, dan kinerja sebelum memilih salah satunya. Fitur lain yang bisa Anda pertimbangkan adalah opsi domain gratis, website builder, dan upgrade hardware.

Selain paket hosting berbagi yang direkomendasikan bagi situs kecil dan menengah, Anda juga dapat memilih layanan yang lebih tinggi untuk situs yang lebih besar, seperti hosting VPS (Virtual Private Server) yang menawarkan lebih banyak fleksibilitas untuk situs yang berkembang cepat serta hosting khusus yang menawarkan sumber daya dan keamanan server maksimum.

2. Tentukan Jenis Situs yang Anda Bangun

* sumber: www.jetorbit.com

Sama seperti bagaimana jumlah lalu lintas yang diharapkan atau beban server memengaruhi jenis paket hosting yang ingin Anda temukan, jenis situs web Anda akan menentukan fitur mana yang paling penting untuk dimiliki. Beberapa penyedia hosting, misalnya, mempromosikan fungsionalitas eCommerce sementara yang lain berkonsentrasi pada blogging dan optimisasi mesin pencari.

Jika misalkan situs web untuk bisnis online masih seputar blogging (hanya berisikan konten-konten mengenai bisnis Anda atau informasi terkait lainnya), maka sebaiknya Anda memilih hosting WordPress. Hal itu karena WordPress adalah salah satu CMS (perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi isi dari suatu situs web) yang paling populer dan mudah digunakan di dunia.

Setiap penyedia layanan hosting biasanya menawarkan pemasangan WordPress. Hanya dengan satu klik Anda sudah bisa menggunakan layanan ini. Jika Anda masih baru dengan WordPress, Anda dapat memilih penyedia yang memberi penawaran yang lebih lengkap (tidak hanya instalasi saja), seperti upgrade hardware, penyimpanan dan bandwidth tidak terbatas, program yang sudah dipasang sebelumnya, dan keahlian dan dukungan WordPress khusus.

3. Pilih yang Berpengalaman dan Terpercaya

Agar situs web Anda tidak mengalami banyak kendala, Anda harus memilih penyedia layanan hosting yang sudah berpengalaman dan terpercaya. Pilihlah penyedia layanan hosting dengan pengalaman minimal 5 tahun. Waktu tersebut terbilang cukup untuk mengetahui kualitas layanannya.

Lalu, Anda mengecek alamat bisnis mereka secara online melalui peramban. Penyedia layanan hosting yang terpercaya akan menampilkan lokasi fisik bisnis mereka di internet, dengan alamat yang jelas (tidak fiktif) dan nomor aktif yang bisa dihubungi.

Penyedia layanan hosting yang telah berpengalaman dan terpercaya pasti memiliki banyak pelanggan. Beberapa di antaranya meninggalkan jejak dengan memberikan ulasan di internet. Jika mereka menerima banyak ulasan positif, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan layanannya.

Salah satu penyedia layanan hosting di Indonesia yang sudah dipercayai oleh banyak pengguna adalah Jetorbit. Dengan pengalaman lebih dari 6 tahun, Jetorbit adalah salah satu penyedia layanan hosting murah dan WordPress hosting Indonesia terbaik yang dapat Anda pilih untuk membangun situs bisnis online Anda.

Harga yang ditawarkan Jetorbit sangat bervariasi. Hanya dengan Rp 12 ribuan per bulan, Anda sudah bisa memiliki hosting dengan bandwidth tidak terbatas dengan dukungan SSD dan konektivitas DC terbaik yang menjamin kehandalan situs. Selain itu, mereka juga menawarkan server yang kuat berbasis Intel E5 dengan jaringan yang cepat (rata-rata uptime-nya adalah 99%). Dan masih banyak lagi penawaran terbaik yang diberikan oleh Jetorbit.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *