Carisinyal / Tips Trik / Tips Laptop / 10 Cara Memilih Laptop Gaming yang Bagus dan Berkualitas

10 Cara Memilih Laptop Gaming yang Bagus dan Berkualitas

Ditulis oleh - Diperbaharui

Trend laptop gaming semakin meningkat. Hal ini terbukti dari banyaknya produsen laptop yang menghadirkan seri laptop gaming dengan nama khusus sendiri. Selain itu, turnamen game semakin banyak diselenggarakan. Peran media sosial juga cukup berpengaruh dalam meningkatkan pentingnya penggunaan laptop untuk gaming.

Fenomena ini membuat laptop gaming populer. Di banyak toko online maupun ritel khusus laptop dan komputer banyak yang menjajakan laptop gaming dari berbagai produsen dengan berbagai varian. Banyaknya varian ini tentu akan membuat banyak orang bingung. Barangkali termasuk Anda.

Untuk memilih laptop gaming sebenarnya tidak perlu bingung karena laptop untuk gaming sudah punya tipe khusus. Ya, meskipun masih ada pengguna yang memaksakan menggunakan laptop biasa, misalnya laptop untuk mahasiswa kemudian dipaksa untuk main game, tentu ini tidak baik.

Karena itu untuk agar Anda tidak salah dalam membeli laptop gaming, berikut Carisinyal hadirkan 10 cara memilih laptop gaming yang bagus dan juga handal.

10 Cara Memilih Laptop Gaming yang Bagus

1. Dana / Budget

uang

* sumber: pixabay.com

Sebelum membeli, cara memilih laptop gaming yang paling utama adalah mempersiapkan dananya terlebih dulu. Dana untuk membeli laptop gaming cukup tinggi. Umumnya mulai 10 jutaan ke atas. Nah, jika Anda punya estimasi dana dibawah 10 juta sebaiknya pikir-pikir dulu. Kalau tidak menabunglah terlebih dulu.

Jika Anda tidak mempermasalahkan dana untuk membeli laptop gaming, maka poin ini tidak perlu Anda perhatikan. Tentu saja karena Anda bisa memilih laptop gaming terbaik dan sesuai dengan Anda tanpa memperhitungkan harga.

2. Perhatikan Tipe VGA pada Laptop

GEFORCE 750M

* sumber: videocardz.net

Tips berikutnya adalah memerhatikan VGA atau kartu grafis yang digunakan pada laptop gaming. Untuk poin ini sebaiknya Anda fokus pada teknologi VGA dan pada seri VGA tersebut. Jangan fokus pada VRAM atau memori pada VGA. Meskipun VRAM untuk gaming juga penting, tapi VRAM lebih berpengaruh pada desainer grafis bukan gaming

Selanjutnya perhatikan seri VGA tersebut. Umumnya angka pertama adalah penomoran seri generasi VGA tersebut. Misalnya NVIDIA GeForce 920M. Angka 9 adalah generasi VGA tersebut dikembangkan, artinya VGA tersebut merupakan generasi ke-9. Dua angka terakhir yakni “20” menunjukan semacam skor performanya.

Contoh kasus, laptop A menggunakan VGA NVIDIA GeForce GT 920M. Laptop B menggunakan NVIDIA GeForce GT 750M. Secara performa, laptop B memiliki kinerja grafis yang lebih baik karena memiliki skor 50, tapi laptop B menggunakan teknologi pengembangan kartu grafis generasi lama. Sementara laptop A memiliki generasi VGA terbaru meskipun skornya kecil.

Untuk mendapatkan kinerja gaming yang baik, tentu Anda perlu mempertimbangkan dua digit angka terakhir pada produk VGA. Dan tentu akan lebih baik jika Anda memilih VGA teknologi terbaru dan memiliki skor yang tinggi.

3. Prosesor yang Digunakan

APU RYZEN

Saat membeli laptop gaming, kadang prosesor sering tidak terlalu dipentingkan. Wajar memang, hanya saja perlu diingat bahwa prosesor saat ini memiliki peran yang juga penting dalam mendukung bermain game. Kenapa? Karena prosesor sekarang sudah memiliki grafis terintegrasi sendiri. Contohnya prosesor APU Ryzen untuk laptop yang AMD kembangkan.

Prosesor yang memiliki grafis terintegrasi, tentu bisa bekerja secara bergantian dengan kartu grafis di laptop. Misalnya untuk main game, kartu grafis yang bekerja, tetapi untuk proses mengetik maka pengolah grafis pada prosesor yang akan bekerja. Sistem ini tentu akan membuat laptop lebih bekerja secara efektif dan efisien.

Karena itu pilihlah prosesor yang memiliki kinerja baik dan tentunya prosesor tersebut merupakan generasi terbaru. Satu hal yang perlu diingat adalah tidak memilih laptop untuk gaming dengan prosesor tipe ULV atau prosesor hemat daya karena tentu tidak akan optimal.

4. RAM pada Laptop

RAM SODIMM CORSAIR

* sumber: www.youtube.com

Rata-rata gaming zaman sekarang membutuhkan RAM lebih besar, paling sedikit RAM 4GB. Umumnya game bagus membutuhkan spesifikasi RAM 8GB. Untuk itulah, pilihlah laptop yang memiliki minimal RAM 8GB. Syukur-syukur ada dana lebih memilih RAM 16GB.

Jika dana terbatas, Anda bisa membeli RAM 4GB. Namun pastikan ada slot tambahan. Gunanya, jika nanti Anda punya dana, Anda bisa menambah RAM, baik RAM 4GB maupun RAM 8GB.

5. Desain Laptop

ASUS ROG

* sumber: www.geeky-gadgets.com

Desain dan dimensi adalah hal penting yang juga perlu Anda perhatikan dalam memilih laptop. Mengapa hal ini penting? Pertama, karena meskipun kadang spesifikasi gahar, tapi bobotnya berat dan desainnya kurang baik, tentu akan membuat Anda kurang suka.

Perhatikan desain laptop gaming tersebut. Cari tahu juga bobot dan dimensinya. Ini penting, mengapa? Jika Anda sering berpergian dan butuh laptop gaming, tentu Anda perlu mencari laptop gaming dengan desain yang agak tipis atau bisa dibilang lebih portabel. Jika Anda lebih sering di rumah, tentu membeli laptop dengan bobot yang lebih berat juga tidak terlalu masalah.

6. Media Penyimpanan

hdd ssd

* sumber: www.ultrabookreview.com

Media penyimpanan pada laptop juga perlu Anda perhatikan. Cari tahu Anda butuh laptop dengan tipe penyimpanan Hard Disk (HDD) atau Solid State Drive (SSD). Tipe penyimpanan SSD memiliki kinerja yang lebih baik dan cepat juga sangat nyaman untuk main game. Tapi umumnya, SSD memiliki kapasitas yang kecil. Kalaupun ada SSD dengan kapasitas besar, harganya mahal.

HDD kinerjannya memang lebih lambat dibandingkan SSD. Tapi HDD memiliki kapasitas yang besar. Nah, jika Anda akan memainkan game dengan ukuran file yang tak terlalu besar tentu memilih laptop dengan SSD lebih baik. Jika game yang Anda mainkan memiliki file yang besar maka laptop HDD bisa jadi pilihan.

7. Perhatikan Ukuran Layar Laptop

screen laptop gaming

* sumber: gadgets.ndtv.com

Poin selanjutnya adalah tentang layar pada laptop. Jika Anda butuh laptop dengan layar yang lebih lebar, maka pilihlah laptop dengan ukuran layar 15 sampai 17 inch. Jika Anda tidak terlalu masalah dengan layar dan dana juga terbatas, laptop gaming dengan layar 14 inch juga sudah cukup lumayan bagus.

8. Keyboard

Untuk tips cara memilih laptop gaming selanjutnya adalah memperhatikan keyboard yang ada pada laptop gaming. Pilihlah laptop gaming yang memiliki keyboard dengan backlit.

Perhatikan juga apakah keybord tersebut cocok untuk Anda saat main game atau tidak? Jika Anda membeli di ritel, sebaiknya cobalah telebih dahulu keyboard pada laptop tersebut. Jika dirasa nyaman saat ditekan tuts-nya, maka pilihlah laptop tersebut.

9. Memiliki Banyak Port

port laptop

Pilihlah laptop yang memiliki pilihan port yang banyak. Contoh tipe-tipe port seperti USB 2.0 dan USB 3.0 port. Tentu port HDMi dan D-SUB juga perlu dicek. Siapa tahu Anda akan menghubungkan laptop gaming Anda dengan monitor yang lebih lebar. Kalau ada port thunderbolt di laptop tersebut dan Anda membutuhkannya, jangan ragu untuk membelinya.

10. Garansi Laptop

cara memilih laptop gaming laptop gaming MSI

* sumber: dtec-computers.com

Poin terakhir untuk cara memilih laptop gaming yang perlu Anda perhatikan adalah garansi dari laptop tersebut. Tiap produsen laptop memiliki masa garansi yang berbeda-beda. Ada yang garansinya hanya 1 tahun. Jika Anda takut laptop Anda rusak dalam 2 tahun ke depan, carilah laptop gaming dari vendor yang menawarkan garansi 2 tahun lebih.

Bagaimana dengan 10 tips memilih laptop gaming tersebut? Semoga Anda terbantu dan tidak kesulitan lagi dalam memilih laptop gaming. Jika Anda memiliki tips lainnya, silakan bagikan dengan kami di kolom komentar.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Hilman Mulya Nugraha
Content writer since 2013. Has worked as a content manager. Blogger since 2011. Find me at my personal blog: Hilmangraha.com or Twitter/Instagram: @hilmangraha.

Leave A Comment