Carisinyal / Play Store / 8 Cara Memperbaiki Play Store yang Rusak dengan Mudah

8 Cara Memperbaiki Play Store yang Rusak dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Play Store adalah tempat untuk mendownload berbagai aplikasi Android yang sudah dilisensi oleh Google. Saat ini terdapat jutaan aplikasi dan juga game yang bisa Anda download secara gratis ataupun dibeli dengan harga tertentu.

Mengunduh aplikasi di Play Store juga lebih aman dibanding mengunduhnya dari situs lain. Pasalnya, mendownload aplikasi yang bukan dari Play Store dapat meningkatkan risiko gadget Anda terinfeksi virus atau malware. Namun, bila Anda selalu mengunduh aplikasi dari Play Store, maka gadget Anda aman dari ancaman aplikasi yang mengandung virus.

Sayangnya, terkadang aplikasi Play Store yang kita gunakan sering kali mengalami masalah. Permasalahan yang kerap kali terjadi pada Play Store di antaranya adalah no connection alias tidak ada sambungan, tidak bisa dibuka, dan tidak bisa download aplikasi yang Anda inginkan.

Nah, apabila Play Store Anda rusak atau error, Anda tidak perlu khawatir karena kali ini Carisinyal akan memberikan beberapa cara memperbaiki play store yang rusak tersebut. Apa sajakah itu? Berikut tips dan trik lengkapnya.

  1. Bersihkan Cache

cara memperbaiki play store bersihkan cache

Terlalu banyak cache dapat mengakibatkan Play Store tidak dapat bekerja dengan baik. Solusinya adalah dengan menghapus cache. Sekedar informasi, cache adalah tempat penyimpanan data sementara sehingga data tersebut dapat diambil dengan cepat tanpa perlu di refresh ulang.

Cara membersihkan cache: Buka Settings > Apps > All > Google Play Store > Tekan Menu ‘Clear Cache’

  1. Bersihkan Data

Apabila Play Store tidak dapat berfungsi seperti biasa, itu berarti mungkin Anda harus membersihkan sebagian data yang ada di Play Store. Namun, cara ini membuat pengaturan Play Store akan kembali seperti semula. Tampilan Play Store akan terlihat seperti belum pernah digunakan sebelumnya.

Cara membersihkan data di Play Store: Buka Settings > Apps > All > Google Play Store > Tekan Menu ‘Clear Data’

  1. Uninstall Update

uninstall update play store

Tidak semua update software itu membawa dampak yang lebih baik. Bisa jadi update versi terbaru Play Store membuatnya tidak bisa berfungsi dengan baik karena kurang kompatibel dengan perangkat Anda. Maka dari itu, cobalah melakukan uninstall update Play Store Anda.

Play Store Anda mungkin akan kembali ke versi awal dan Anda juga harus kembali memasukan informasi login. Namun, Anda dapat mengupdate ulang Play Store tersebut di halaman resmi Google Play Store atau APK Mirror jika ingin kembali menggunakan versi terbaru.

Cara uninstall update Play Store: Buka Settings > Apps > All > Google Play Store > Tekan Menu ‘Uninstall Updates’

  1. Hapus Data dan Cache Di Google Play Services

Pernahkah Anda merasa bahwa Play Store adalah jantung bagi perangkat Android Anda? Jika ya, maka nafas dari Play Store adalah Google Play Services. Baik Play Store dan Google Play Services tersinkron satu sama lain.

Jadi, permasalahan yang terjadi pada Play Store bisa saja disebabkan karena data dan cache di dalam Google Play Services terlalu banyak. Maka dari itu, menghapus data dan cache Google Play Services juga menjadi salah satu cara memperbaiki Play Store yang harus Anda coba.

Cara hapus data dan cache di Google Play Services: Buka Settings > Apps > All > Google Play Services > Tekan Menu ‘Clear Cache’ dan lanjutkan dengan ‘Clear Data’

  1. Instal Versi Terbaru Google Play Store

Versi Play Store yang terlalu out of date dapat membuat penyedia aplikasi resmi dari Google tersebut menjadi lemot atau tidak dapat bekerja sama sekali. Bahkan, Anda tidak bisa mengunduh aplikasi dari Play Store yang sudah ‘kadarluarsa’ ini. Salah satu caranya mengatasinya adalah dengan mengupdate Play Store Anda ke versi yang terbaru.

  1. Atur Ulang Google Account Di Perangkat Anda

Setelah mencoba semua cara tetapi Play Store masih tidak dapat berfungsi dengan baik, mungkin Anda harus mengatur ulang Google Account yang Anda gunakan untuk Play Store tersebut. Pertama, Anda harus menghapus Google Account Anda, kemudian nanti Anda akan mengatur ulang kembali.

Cara hapus Google Account: Buka Settings > Accounts > Pilih Google Account > Tekan Menu ‘Remove’ atau ikon bergambar tempat sampah

Cara menambahkan Google Account: Buka Settings > Accounts > Add Account > Pilih Google dan ikuti langkah selanjutnya

  1. Aktifkan Download Manager

download manager

Masih tidak bisa mengunduh aplikasi dari Play Store? Cek dulu apakah Download Manager di perangkat Anda sudah diaktifkan. Karena jika Download Manager masih dalam keadaan non-aktif, maka Play Store pun akan berhenti bekerja.

Cara mengaktifkan Download Manager: Buka Settings > Apps /  Application Manager > All Download Manager

Periksalah apabila Download Manager belum diaktifkan, segera set tombol untuk mengaktifkan Download Manager tersebut

  1. Lakukan Reset Data Perangkat

factory reset android

Cara ini merupakan cara terakhir jika Anda sudah merasa stucks dan tidak bisa mengembalikan Google Play Store dengan cara apapun. Namun, risiko dari cara ini adalah semua data Anda bisa hilang. Alangkah baiknya jika Anda melakukan back up data terlebih dahulu sebelum melakukan cara ini.


Cara back up data: Buka Settings > Backup & Reset > Pastikan menu ‘Back up my data’ sudah aktif > Pilih akun untuk menyimpan data

Pada langkah selanjutnya, Anda bisa memilih ‘Factory Data Reset’ dan konfirmasi. Tampilan perangkat Anda akan terlihat seperti baru. Untuk mengembalikan semua data, Anda hanya perlu log in kembali dengan akun yang tadi digunakan untuk menyimpan data.

Pada umumnya, Play Store dirancang sebagai penyedia aplikasi resmi yang minim kerusakan. Namun, tetap saja ada orang-orang yang pernah mengalami kerusakan Google Play Store di smartphone ataupun tablet Android mereka.

Penyebab kerusakan Play Store sendiri sangatlah beragam, mulai dari pengaturan yang salah ataupun terkena virus. Bagi Anda yang sering oprek perangkat Androidnya, kerusakan tersebut bisa ditimbulkan oleh aplikasi-aplikasi semacam freedom, lucky patcher, ataupun custom ROM yang belum stabil.

Nah, jika Play Store Anda tidak dapat berfungsi dengan baik, cobalah cara memperbaiki Play Store yang rusak di atas ini sebelum membawa perangkat Anda ke tempat service atau ahlinya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

4 Responses

  1. saya paistor saya di non aktif kan

  2. whatsap saya kadarluwasa harus di update tapi play store nya rusak

  3. Akun saya tidak bisa dibuka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *