carisinyal web banner retina

Cara Memperluas Jangkauan Kampanye di Media Sosial

Ditulis oleh Imma - Diperbaharui 24 November 2021

Memasarkan produk dengan merek ritel memang dapat sangat menguntungkan namun juga melelahkan. Dengan basis pelanggan yang sangat dinamis, mengawasi perubahan preferensi mereka dan menghadirkan merek Anda secara berbeda akan menjadi tantangan tersendiri.

Kesalahan terbesar yang sering dilakukan adalah dengan hanya mengandalkan tampilan produk iklan saja dimana ini merupakan sifat komunikasi satu arah. Di era kepuasan instan saat ini, bergantung pada komunikasi satu arah saja dapat berdampak negatif bagi sebuah merek.

Oleh karena itu, Anda bisa membuat konten video dan menyajikannya di platform yang mudah dijangkau oleh para pelanggan sehingga Anda dapat berinteraksi langsung.

Dengan media sederhana namun kuat dari berbagai platform sosial, Anda dapat memanfaatkan koneksi langsung ini dengan pelanggan Anda untuk keuntungan Anda. Jadi, baik Anda membuat video profesional untuk produk iklan atau video cepat yang dibuat di editor video online seperti InVideo, kekuatan ada di tangan Anda.

Ketersediaan editor video online yang mudah membuat seluruh proses menjadi cepat, mudah, namun terjangkau; yang penting adalah seberapa relevan, dan kuat konten Anda. Dan ini adalah poin pertimbangan yang sangat penting.

Jadi, keluarlah dari dunia penjualan produk komersial yang ketinggalan zaman dan integrasikan ke dalam strategi media sosial Anda. Anda akan terkejut dengan pertumbuhan eksponensial ROI Anda!

Pertanyaan berikutnya yang jelas dan sangat kritis untuk setiap pemasar yang bekerja dengan merek ritel adalah bagaimana menguasai permainan media sosial dan kemudian menguasainya.

Dan seperti yang disadari banyak orang, metode penjualan produk iklan sederhana tidak berfungsi lagi. Jadi, berikut adalah beberapa langkah penting yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan jumlah visit dan interaksi di laman media sosial Anda.

1. Pahami Pelanggan

Cara Memperluas Jangkauan Kampanye di Media Sosial 1

Memahami pelanggan merupakan hal yang paling penting dalam strategi Pemasaran Media Sosial Anda. Sebelum terjun langsung ke arena, luangkan sedikit waktu dan pahami pelanggan Anda.

Apa yang mereka cari? Apa perjalanan pelanggan yang khas? Seberapa besar mereka bergantung pada tampilan produk iklan dan pemasaran tradisional? Kapan mereka beralih ke media sosial, dan platform media sosial mana yang terutama mereka gunakan? Informasi apa yang mereka cari di saluran sosial yang tidak mereka dapatkan dari media lain?

2. Buat Konten yang Relevan

Cara Memperluas Jangkauan Kampanye di Media Sosial 3

Setelah Anda mengenal pelanggan Anda, pastikan Anda memasukkan kebutuhan mereka dalam strategi media sosial Anda. Platform yang berbeda melayani segmen audiens yang berbeda, dan itu membutuhkan komunikasi pemasaran Anda untuk disesuaikan dengan mereka.

Tetapi apakah itu berarti membuat konten unik sebanyak media yang ada? Tidak semuanya! Anda cukup menggunakan kembali konten yang sama untuk platform yang berbeda. Editor video online yang tersedia secara luas adalah sekutu terbesar Anda di sini.

Yang Anda butuhkan untuk memastikan bahwa konten video yang Anda buat memiliki konsep yang relevan dan memenuhi kebutuhan klien Anda yang belum terpenuhi. Kemudian menyesuaikannya agar sesuai dengan platform yang berbeda adalah pekerjaan sederhana dengan editor video online yang kuat seperti InVideo.

3. Buat Konten yang Menarik

Cara Memperluas Jangkauan Kampanye di Media Sosial 5

Menggunakan konten video memang diakui efektif dalam menarik perhatian pelanggan. Namun, Anda harus terus berkreasi agar konten video yang Anda sajikan bukan hal yang itu-itu saja sehingga membuat penonton bosan.

Anda perlu memadukan konten video dengan gambar yang menarik perhatian, tagline yang attarctive, dan opsi lain yang membuat pelanggan Anda ingin terus datang kembali.

Ingat, semakin menarik konten Anda, semakin banyak pelanggan Anda, ingin berinteraksi dengan merek Anda. Anda mungkin ingin memukau audiens Anda dengan produk iklan yang memiliki nilai produksi yang sangat estetis, yang terkadang dapat berhasil.

Namun, bahkan video cepat dan pendek yang dibuat menggunakan editor video online bagus untuk media sosial selama Anda berpartisipasi dalam topik yang sedang tren.

4. Merespon Kritik & Saran

Cara Memperluas Jangkauan Kampanye di Media Sosial 7

Karena setiap pemasar dengan pengalaman minimum akan memberi tahu Anda, pelanggan mungkin tidak tertarik untuk memberikan umpan balik positif kepada Anda. Tetap saja, ketidaknyamanan sekecil apa pun akan membuat mereka meninggalkan Anda yang negatif.

Dan di dunia media sosial instan, hal ini meningkatkan hal-hal negatif secara eksponensial. Masalah terbesar adalah, tidak mungkin untuk menghentikan semua pelanggan Anda, sepanjang waktu, meninggalkan umpan balik negatif. Sebaliknya, disarankan untuk mengawasi dan mengakui jika ada masalah yang dilaporkan.

Respon dan tindakan cepat dari merek sangat membantu dalam membangun kredibilitas. Beberapa merek mendapatkan keterlibatan yang luar biasa berkat pengakuan cerdas atas keluhan oleh departemen layanan pelanggan mereka!

5. Selalu Update

Cara Memperluas Jangkauan Kampanye di Media Sosial 9

Penempatan waktu yang salah dalam penempatan produk iklan merupakan masalah besar yang sering terjadi dimana pelanggan menjadi terasa terganggu. Alhasil, mereka mungkin akan melewatkan pesan yang ingin Anda sampaikan dan biaya promosi yang Anda keluarkan hanya terbuang sia-sia.

Namun, tidak demikian dengan media sosial. Sebaliknya, pesan yang pernah muncul di media sosial bersifat "menempel", dan orang-orang lebih mudah untuk mengingatnya.

Penyampaian pesan yang baik dapat sangat memengaruhi ingatan audiens. Pastikan Anda memanfaatkan hal ini untuk keuntungan Anda. Misalnya, Anda dapat menambahkan GIF atau cukup buat video pendek dan cepat dengan editor video online pilihan Anda.

Apa pun yang Anda pilih, pastikan pelanggan mendengar pesan positif tentang bisnis Anda secara berulang kali hingga mereka dapat mengingatnya.

6. Bangun Kepercayaan

Cara Memperluas Jangkauan Kampanye di Media Sosial 11

Faktor utama dalam keterlibatan yang lebih tinggi dan adopsi merek menggunakan media sosial adalah karena pelanggan sadar bahwa merek tersebut tidak dipromosikan oleh seseorang yang mungkin atau mungkin tidak percaya pada produk.

Misalnya, dalam produk iklan, orang yang mempromosikan merek mungkin bukan seseorang yang dapat berhubungan dengan pelanggan. Di sisi lain, orang-orang dan pemberi pengaruh yang mempromosikan suatu merek adalah orang-orang biasa yang dapat lebih banyak berhubungan dengan pelanggan.

Jadi, cobalah libatkan influencer dan pengguna media sosial untuk membangun kepercayaan pada merek bisnis Anda. Hal ini dilakukan demi menjangkau pelanggan yang jauh lebih banyak.

7. Pro Aktif & Responsif

Cara Memperluas Jangkauan Kampanye di Media Sosial 13

Bayangkan diri Anda sebagai pelanggan. Anda sedang duduk dan menonton tayangan produk iklan di televisi. Anda mungkin memiliki pertanyaan tentang produk atau pesan yang ingin disampaikan.

Lantas, bagaimana Anda dapat menjangkau mereka? Apakah cukup hanya dengan menerima tanggapan melalui email? Tentu saja tidak.

Dengan adanya media sosial, semuanya menjadi lebih mudah. Anda dapat langsung berdiskusi dan saling merespon satu sama lain. Keterlibatan aktif dan respon yang baik dari pemilik bisnis inilah yang membuat pelanggan mengikuti bisnis Anda di media sosial. Ini adalah kekuatan besar yang dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan.

8. Mampu Beradaptasi

Cara Memperluas Jangkauan Kampanye di Media Sosial 15

Anda mungkin sangat bangga dengan penempatan produk iklan terbaru atau kampanye baru yang Anda jalankan, tetapi pelanggan Anda mungkin tidak terlibat di dalamnya.

Di sisi lain, Anda akan melihat bahwa keterlibatan audiens akan tampak lebih tinggi pada video dengan durasi yang cepat dan video yang memiliki konten menarik dengan mengandalkan sedikit bantuan dari editor video online.

Oh ya, jangan lupa untuk melibatkan pelanggan dalam membangun merk bisnis Anda. Beri ruang untuk mendengarkan apa yang diinginkan audiens. Buatlah konten video yang sedang banyak dibicarakan dan "related" dengan para audiens Anda.

Jika Anda sudah berhasil membuat sesuatu yang disukai oleh para audiens, maka mereka akan dengan sendirinya setia menunggu untuk konten Anda selanjutnya.

Ingat poin terpenting yaitu memahami kebutuhan pelanggan, penempatan kpromosi pada waktu yang tepat, sampaikan pesan yang jelas, dan berikan jaminan bahwa Anda tidak hanya mendengarkan tetapi juga menanggapi masukan dan keluhan dari mereka. Dan media sosial adalah wadah yang hebat untuk memfasilitasi itu semua.

Untuk dapat menjangkau dan berinteraksi langsung dengan pelanggan di media sosial Anda, Anda dapat melakukan beberapa hal diantaranya dengan menempatkan produk iklan bernilai produksi tinggi, atau video pendek unik yang dibuat dengan editor video online berkualitas.

Jika para pelanggan dapat menjangkau dan berinteraksi dengan Anda, mereka akan memberi tahu Anda apa yang mereka inginkan. Dan jika Anda mendengarkan pelanggan Anda, mereka akan membawa teman dan keluarga mereka!

Anda dapat mencoba membuat beberapa video basic yang dibuat dengan editor video online seperti InVideo dan lihat bagaimana hasilnya. Respon dari audiens akan membantu Anda dalam menjalankan strategi media sosial yang solid dan Anda pun dapat menguasai pemasaran melalui platform ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram