carisinyal web banner retina
Carisinyal / Tips Trik / Cara Memperpanjang Masa Aktif IM3, Simpati, XL, dan 3

Cara Memperpanjang Masa Aktif IM3, Simpati, XL, dan 3

Ditulis oleh Carisinyal - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Di jaman sekarang ini, penggunaan panggilan telepon dan SMS tampaknya mulai ditinggalkan oleh pengguna smartphone. Ya, panggilan telepon kini sudah digantikan dengan voice call via internet dan SMS juga tergusur oleh layanan chatting atau instant messaging.

Kedua layanan tersebut secara tidak langsung berpengaruh pada penggunaan pulsa. Saat ini banyak pengguna smartphone yang langsung membeli paket internet sehingga pulsa utama mereka jarang digunakan. Tidak ada tambahan pada pulsa utama juga secara otomatis membuat masa aktif kartu tidak bertambah.

Bisa jadi Anda saat ini menjadi salah satu pengguna smartphone dengan pulsa menumpuk namun sering bermasalah dengan sempitnya masa aktif. Hal tersebut tentu menjengkelkan karena kita harus membeli pulsa hanya untuk menambah masa aktif tersebut.

Nah maka dari itu kali ini Carisinyal akan mengulas beberapa tips dan trik untuk cara memperpanjang masa aktif IM3, Simpati, dan operator yang lainnya. Bagaimanakah caranya? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Memperpanjang Masa Aktif IM3

Yuk ketahui terlebih dahulu bagaimana cara memperpanjang masa aktif kartu IM3.

1. Menukarkan Pulsa

Menukarkan Poin

Terdapat empat cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk dapat menambah masa aktif dari kartu keluaran Indosat ini. Cara yang pertama adalah dengan menukar pulsa yang Anda miliki dengan tambahan masa aktif. Caranya cukup kirim SMS ke 555 dengan kode di bawah ini:

  • Kirim “Aktif3” untuk tambahan masa aktif 3 hari seharga Rp 2.000
  • Kirim “Aktif14” untuk tambahan masa aktif 14 hari seharga Rp 5.000
  • Kirim “Aktif30” untuk tambahan masa aktif 30 hari seharga Rp 10.000

2.  Menerima Tambahan Pulsa dari Pengguna Kartu Indosat

Menerima Tambahan Pulsa dari Pengguna Kartu Indosat

* sumber: voucherpulsa.blogdetik.com

Cara yang selanjutnya adalah dengan menerima tambahan pulsa dari pengguna kartu IM3 atau kartu Indosat yang lainnya seperti Mentari dan Matrix. Caranya cukup dengan mengirim SMS berformat Transferpulsa <spasi> nomor tujuan <spasi> nominal pulsa, lalu kirim ke 151.

Tarif untuk mengirim SMS ke nomor tersebut adalah Rp 600, dan pastikan juga Anda memiliki sisa pulsa minimal Rp 5000 untuk dapat menggunakan layanan ini. Berikut adalah durasi masa aktif yang akan Anda dapatkan dengan layanan ini:

  • Transfer pulsa Rp 5.000 – Rp 10.000 = 3 hari
  • Transfer pulsa Rp 10.000 – Rp 20.000 = 7 hari
  • Transfer pulsa Rp 20.000 – Rp 50.000 = 15 hari
  • Transfer pulsa Rp 50.000 – Rp 100.000 = 22 hari
  • Transfer pulsa Rp 100.000 – Rp 150.000 = 30 hari
  • Transfer pulsa Rp 150.000 ke atas = 45 hari

3. Menukarkan Poin

Menukarkan Pulsa

Cara selanjutnya adalah dengan menukar poin senyum dan poin plus-plus yang Anda miliki. Pertama-tama silahkan cek terlebih dahulu berapa poin yang Anda miliki dengan mengirim SMS berformat POIN ke 7887. Jika Anda memiliki poin di atas 25, maka Anda bisa menukarnya dengan masa aktif dengan cara:

  • Kirim “MA 25” ke 7887 untuk masa aktif 1 minggu
  • Kirim “MA 50” ke 7887 untuk masa aktif 2 minggu
  • Kirim “MA 75” ke 7887 untuk masa aktif 3 minggu
  • Dan seterusnya berlaku kelipatan 1 minggu setiap 25 poin

4. Menggunakan Fitur Paket Hebat IM3

Dan untuk cara memperpanjang masa aktif IM3 yang terakhir adalah dengan menggunakan fitur Paket Hebat IM3. Namun, sebelum Anda memanfaatkan fitur ini, pastikan nomor IM3 Anda terdaftar untuk fitur Paket Hebat IM3. Anda bisa mendaftarkannya dengan cara ketik REG (spasi) Hebat dan kirim ke 2020.

Sedangkan untuk memperpanjang masa aktifnya, Anda hanya perlu mengetikan Hebat dan langsung kirim ke 888. Nah, untuk mengirimkan SMS tersebut akan dikenakan biaya sebesar Rp 500. Namun, jika Anda ingin berlangganan bisa langsung ketikan format LGN dan kirim ke 888 dengan biaya Rp 500.

Cara Memperpanjang Masa Aktif Simpati

Cara Memperpanjang Masa Aktif Simpati

* sumber: caramembelii.blogspot.co.id

Untuk para pengguna Simpati dan Kartu AS, Telkomsel kini memberikan cara untuk memperpanjang masa aktif untuk para konsumennya. Namun Anda bisa membeli pulsa terlebih dahulu. Pasalnya, cara ini sudah berlaku mulai 20 Februari tahun 2017 silam.

Ada beberapa penawaran untuk memperpanjang masa aktif dan semuanya akan memotong pulsa. Jika Anda sudah memiliki pulsa, Anda bisa menentukan perpanjangan masa aktif dengan mengetikan *999#. Kemudian Anda pilihlah opsi nomor 4 "Paket Lain." Setelah itu pilihlah nomor 8 "Promo Lain." Lalu pilihlah lagi nomor 8 "Layanan Lain."

Di dalam "Layanan Lain" kemudian Anda bisa memilih nomor 3 "Paket Masa Aktif." Secara otomatis Telkomsel memberikan 3 pilihan masa aktif. Berikut adalah tambahan masa aktif yang akan Anda dapatkan berdasarkan nilai pulsa yang dibeli:

  • Pulsa Rp 5.000 untuk masa aktif 7 hari
  • Pulsa Rp 15.000 untuk masa aktif 30 hari
  • Pulsa Rp 30.000 untuk masa aktif 90 hari

Cara Memperpanjang Masa Aktif XL

cara memperpanjang masa aktif im3

Memperpanjang masa aktif di kartu XL sangatlah mudah, dan harga yang ditawarkannya juga cukup terjangkau. Anda hanya tinggal menghubungi *123*8484# lalu memilih paket yang ditawarkan. Anda juga dapat menghubungi *123# lalu pilih opsi mPulsa, kemudian pilih perpanjang masa aktif. Berikut adalah daftar paket untuk perpanjangan masa aktif tersebut:

  • Masa aktif 3 Hari seharga Rp 2.000
  • Masa aktif 7 Hari seharga Rp 5.000
  • Masa aktif 30 Hari seharga Rp 15.000
  • Masa aktif 90 Hari seharga Rp 30.000
  • Masa aktif 360 Hari seharga Rp 100.000

Cara Memperpanjang Masa Aktif 3 (Tri)

Cara Memperpanjang Masa Aktif 3 (Tri)

* sumber: www.teknozia.com

Beberapa waktu yang lalu operator Three sempat memberlakukan masa aktif selamanya bagi para penggunanya. Sayangnya, kebijakan tersebut kini telah dihapus dan diganti dengan tambahan masa aktif 1 hari untuk pulsa Rp 1000.

Harga tersebut tentu terbilang cukup mahal. Namun Anda tidak usah kecewa karena kita bisa mengakalinya dengan membeli paket paket internet Always ON (AON). Paket AON tersebut akan secara otomatis memperpanjang masa aktif kartu Anda sesuai dengan paket yang Anda beli. Berikut adalah daftar paketnya:

  • Always ON 30 hari seharga Rp 10.000
  • Always ON 6 bulan seharga Rp 35.000
  • Always ON 1 tahun seharga Rp 50.000

Untuk mengaktifkan paket Always On tersebut Anda hanya tinggal mengakses *123*3*1# lalu pilih paket yang diinginkan. Anda juga dapat membelinya melalui aplikasi Bima Tri atau membeli voucher fisiknya di konter terdekat.


Selain memperpanjang masa aktif, dengan paket Always ON tersebut Anda juga dapat mengakses 11 situs populer secara gratis. Sebelas situs populer tersebut di antaranya adalah BBM, Twitter, Facebook, Google, Detik, Kaskus, Klik BCA, Kompas, OLX, Vivanews, dan Okezone.

Nah itulah berbagai tips dan trik untuk memperpanjang masa aktif dari berbagai operator seluler di Indonesia. Cara memperpanjang masa aktif IM3, Simpati, XL, dan Tri di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dari kebijakan masing-masing operator.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram