carisinyal web banner retina
Untuk update harga HP terbaru klik di sini
Carisinyal / Tips Trik / Tips Android / Inilah Cara Termudah Menambah Kapasitas RAM di HP vivo

Inilah Cara Termudah Menambah Kapasitas RAM di HP vivo

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 7 Juni 2021

Bagi kamu pengguna HP vivo, suka kesal kah kalau ingin memasang aplikasi berkapasitas besar tapi ternyata tidak bisa? Hal tersebut seringkali terjadi karena munculnya masalah pada RAM yang ada di HP vivo milikmu.

RAM atau Random Access Memory alias Memori Akses Acak adalah sebuah wadah yang dipakai untuk menyimpan data dari program-program beroperasi, lalu diproses oleh SoC.

Program-program yang berjalan tersebut termasuk data sistem operasi dan berbagai aplikasi. Lalu, kenapa RAM pada HP vivo milikmu tidak bisa memasang aplikasi berkapasitas besar?

Besar kemungkinan karena ruang penyimpanannya sudah kehabisan kapasitas. HP vivo sendiri pada dasarnya telah menyuguhkan banyak pilihan RAM mulai dari yang terkecil hingga terbesar.

Contohnya vivo Y91 dan vivo Y53 yang dibekali dengan RAM berukuran 2 GB. Lalu, penyematan RAM 3 GB bisa ditemukan pada vivo Y12s dan vivo Y20.

Hingga RAM paling terbesar yang dimiliki vivo saat ini adalah berukuran 12 GB, kamu dapat melirik vivo X60 Pro atau vivo iQOO. Semakin besar RAM maka memungkinkan HP vivo milikmu dapat mengangkut aplikasi yang berat.

Pertanyaan berikutnya yang sering ditanyakan oleh para pengguna HP vivo adalah "Bagaimana solusi untuk mengatasi RAM yang sudah menipis kapasitasnya?"

Cara terbaik adalah dengan membeli HP vivo terbaru dengan kapasitas RAM yang jauh lebih besar. Namun, jangan khawatir jika belum berencana beli perangkat baru karena kamu dapat menambah RAM HP vivo dengan mudah.

Cara Menambah Kapasitas RAM di HP vivo

Dalam menambah kapasitas RAM pada HP vivo terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan. Nah, kali ini Carisinyal akan memaparkan satu per satu metode termudah untuk membantu kamu menambah kapasitas RAM pada HP vivo milikmu yang sudah mulai penuh. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini:

1. Melalui Kode Rahasia

Perlu diketahui bahwa cara ini tidak berlaku untuk semua model vivo. Bagaimanapun kamu bisa mencobanya terlebih dahulu menggunakan metode ini.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka menu pengaturan.
  • Selanjutnya, pergi ke menu pengaturan aplikasi. Di sini kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang telah terpasang pada perangkat dan berapa sisa kapasitas RAM yang ada pada HP vivo milikmu.
1 RAM vivo a
Sumber: Erbadz TV
  • Setelah mengetahui sisa kapasitas RAM pada HP vivo milikmu, dilanjutkan dengan pergi menu panggilan.
  • Ketiklah kode berikut pada keyboard HP vivo yaitu *#*#2017168#*#*.
1 RAM vivo b
Sumber: Erbadz TV
  • Tidak lama akan muncul sebuah halaman yang menampilkan pilihan ukuran RAM. Bahkan kamu juga bisa memilih ukuran ROM dan sinyal pada halaman tersebut. Supaya pikiran kamu tidak mengawang, berikut gambaran dari tampilan halaman tersebut.
1 RAM vivo c
Sumber: Erbadz TV
  • Selepas menentukan kapasitas RAM yang diinginkan, tinggal pilih tombol setuju dan secara otomatis HP vivo milikmu akan melakukan restart.
  • Untuk memastikan apakah RAM pada HP vivo telah bertambah kapasitasnya, kamu bisa menuju ke menu pengaturan seperti langkah awal sebelumnya. Perlu diingat kembali bila cara ini tidak berjalan sesuai harapan berarti kode rahasia ini tidak berlaku pada model HP vivo milikmu.

2. Via Menu Tentang Ponsel

Apabila cara sebelumnya tidak dapat digunakan pada HP vivo milikmu, Carisinyal punya alternatif lain untuk menambah kapasitas RAM pada HP vivo. Langsung saja simak dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Tahapan awal yang harus kamu lakukan ialah menuju ke menu Pengaturan atau Settings di HP vivo. Bagi kamu yang belum tahu bahwa menu ini biasanya berlogo seperti gerigi.
  • Baru setelah itu kamu cari menu bernama Pengaturan Lainnya. Pada bagian ini kamu akan berjumpa dengan beberapa menu lagi mulai dari tentang ponsel, pengelola aplikasi, VPN, dan masih banyak lagi.
2 RAM vivo a
  • Lalu, kliklah Tentang Ponsel. Di sini kamu akan disuguhkan mengenai dapur pacu yang diusung oleh HP vivo kepunyaanmu.
  • Pilihlah Versi Perangkat Lunak, kemudian tekan versi perangkat lunak sebanyak dua kali.
2 RAM vivo b
  • Selepas melakukan penekanan dua kali, kamu harus kembali ke halaman Pengaturan Lainnya dan scroll ke bawah untuk memilih menu Opsi Developer.
  • Pada laman Opsi Developer, pastikan untuk mematikan Opsi Pengembangan. Masih di laman Opsi Developer, berikutnya kamu tekan Layanan yang Sedang Berjalan.
  • Di tampilan Layanan yang Sedang Berjalan, kamu akan berjumpa dengan dua kolom yaitu Proses Berjalan dan Proses di Tembolok. Setiap kolom menghadirkan deretan aplikasi yang terpasang pada HP vivo punyamu.
  • Cobalah terlebih dahulu menuju kolom Proses Berjalan. Lalu, tekan ikon salah satu aplikasi yang ada pada kolom tersebut. Kemudian, kamu akan diantar menuju dua pilihan dari pengaturan aplikasi yang dipilih sebelumnya yaitu Berhenti dan Laporkan Sebagai.
2 RAM vivo d
  • Tekanlah opsi Berhenti, maka secara otomatis aplikasi yang beroperasi pada HP vivo tersebut tidak akan terhitung ke kapasitas RAM. Lakukan terus pada beberapa aplikasi berikutnya. Begitu pun pada kolom Proses di Tembolok, lakukan langkah yang sama yakni klik deretan aplikasi satu persatu dan dilanjutkan dengan menekan tombol Berhenti.
  • Baru setelah itu kapasitas RAM dari HP vivo pun akan semakin lega dan siap menampung aplikasi berukuran berat lagi.

3. Metode Pengelolaan Izin Aplikasi

Metode ini hampir sama seperti sebelumnya hanya saja ada sedikit perbedaan dalam menekan menu. Yuk, langsung saja simak uraian tentang cara menambah kapasitas RAM pada HP vivo berikut ini:

  • Seperti biasanya kamu harus mengunjungi menu pengaturan pada HP vivo kepunyaanmu.
  • Setelah masuk ke menu tersebut, dilanjutkan dengan pergi ke opsi Pengaturan Lainnya.
3 RAM vivo a
  • Di halaman Pengaturan Lainnya, carilah pilihan Pengelolaan Izin.
  • Setelah mengklik Pengelolaan Izin, kamu akan bertemu dengan beberapa opsi seperti Mulai otomatis, Jendela melayang, Pintasan Desktop, Tampilan di layar kunci, dan beberapa lainnya. Kemudian, kamu diharuskan untuk menekan opsi Mulai Otomatis.
3 RAM vivo b
  • Selepas menekan Mulai Otomatis, kamu akan berhadapan dengan ikon aplikasi-aplikasi yang berjalan di HP vivo. Beberapa aplikasi kemungkinan beroperasi tanpa sepengetahuan kamu yang menjadi faktor kapasitas RAM menjadi menciut.

Oleh karena itu, agar memberikan ruang yang banyak pada RAM HP vivo maka kamu harus menonaktifkan aplikasi tersebut dengan menggeser tombol biru ke kiri untuk menjadikan tombol tersebut berubah warna ke abu.

3 RAM vivo c
  • Kamu bisa menonaktifkan beberapa aplikasi saja jika merasa RAM pada HP vivo milikmu sudah pulih seperti semula.

4. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain cara-cara yang sudah dipaparkan di atas, kamu juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menambah kapasitas RAM pada HP vivo milikmu. Penasaran aplikasi apa yang digunakan untuk menambah kapasitas RAM? Jawabannya ada di bawah ini sekaligus dengan tutorialnya:

  • Terlebih dahulu kamu menuju Play Store dan mencari aplikasi RAM Booster.
  • Sesudah kamu menemukan aplikasi tersebut, jangan lupa untuk mengunduh dan memasangkannya pada HP vivo.
5 RAM vivo b
  • Aplikasi tersebut akan langsung menunjukkan persentase penggunaan ruang penyimpanan dan penggunaan RAM secara keseluruhan. Langkah yang bisa kamu lakukan adalah menekan tombol dengan logo roket di dalamnya juga terdapat besaran ruang yang dapat dibersihkan.
  • Sesaat kemudian aplikasi pun akan bekerja dan menghapus cache data dari semua aplikasi yang terpasang pada HP vivo.
5 RAM vivo a
  • Voila, RAM dari ponsel vivo milikmu sudah kembali lega ditandai dengan jumlah cache nol KB dan siap mengunduh aplikasi lain dengan kinerja yang semakin baik.

5. Tambah RAM Lewat Root

Untuk menambah RAM dengan menggunakan cara ini, pastikan bahwa HP vivo milikmu sudah dilakukan Root terlebih dahulu. Juga bisa dikatakan kalau cara ini lebih rumit daripada metode sebelumnya.

  • Setelah memastikan HP vivo milikmu sudah di-root, langkah berikutnya adalah mengunduh aplikasi bernama MemoryInfo & Swapfile Check.
  • Berikutnya pasang aplikasi tersebut dan beri akses SuperUser.
  • Lalu, secara otomatis pada bawah layar akan muncul Start ramexpander test here.
4 RAM vivo a
  • Dilanjutkan kamu akan bertemu dengan dua opsi yaitu SD-card atau Ext SD-card, terus pilihlah salah satu.
  • Selepas memilih salah satu dari dua opsi tersebut, nanti akan muncul Click for Result.
  • Apabila layar ponsel vivo milikmu keluar tulisan Congratulations, maka kamu berhak melanjutkan ke sesi selanjutnya. Sebaliknya jika bukan tulisan Congratulations, kamu tidak meneruskan metode ini untuk menambah kapasitas RAM pada HP vivo.
4 RAM vivo b
  • Kemudian, unduh aplikasi kedua yaitu Roehsoft RAM-Expander (SWAP) dan pasang pada HP vivo punyamu dengan memberikan akses Root.
  • Diteruskan dengan menekan menu Optimal Value.
  • Tidak lupa untuk mengaktifkan juga tombol Autorun, yang bertujuan supaya fitur tersebut otomatis beroperasi saat HP vivo menyala.
  • Terakhir, barulah mengklik tombol Swap Activ untuk menambah RAM pada HP vivo.

Itulah tadi cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah kapasitas RAM pada HP vivo punyamu. Kamu bisa menggunakan salah satu dari cara di atas untuk memperluas ruang penyimpanan. Menurutmu cara mana yang lebih mudah dan cocok diimplementasikan pada model vivo milikmu?

Bagi kamu punya cara lain untuk menambah kapasitas RAM pada HP vivo, tidak perlu sungkan untuk ceritakan di kolom komentar! Supaya kamu mendapatkan wawasan luas seputar tips dan trik seputar ponsel lainnya, jangan lupa untuk ikuti terus Carisinyal, yah!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram