carisinyal web banner retina

5 Langkah Mudah Menambah Kapasitas RAM di HP itel

Ditulis oleh Ananda Ganesha M

Di antara seluruh komponen-komponen yang ada di smartphone Android, RAM menjadi salah satu yang terpenting. Tanpa RAM yang memadai, performa ponsel untuk melakukan aktivitas sehari-hari pun jadi terganggu.

Apalagi sekarang sudah banyak aplikasi-aplikasi dan game berat yang membutuhkan RAM tinggi. Pernah mengalami aplikasi yang mendadak keluar sendiri? Atau pernah mengalami berpindah-pindah aplikasi, lalu salah satunya ada yang harus mengulang dari awal? Nah, ini diakibatkan dari kapasitas RAM yang terlalu kecil.

Dulu, kapasitas RAM 2 GB, 3 GB, dan 4 GB mungkin masih terbilang cukup untuk menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar. Namun, rasanya RAM 4 GB saja sudah tidak lagi cukup, setidaknya perlu RAM 6 GB dan RAM 8 GB untuk standar tahun 2024 ke atas.

Untung saja, masa sekarang tidak sulit menemukan ponsel murah dengan RAM besar. Contohnya ada itel RS4, ponsel seharga Rp1 jutaan yang dibekali RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 128 GB.

Tidak sampai di situ, RAM pada mayoritas ponsel itel juga masih bisa diperluas secara virtual dengan fitur bernama MemFusion. Bahkan pada itel RS4 yang saya punya, fitur MemFusion ini sudah otomatis menyala dari pabrikannya tanpa perlu di-setting-setting lagi.

Apa itu pentingnya RAM pada HP Android? Dan bagaimana cara MemFusion bekerja? Bagaimana cara mengaktifkan fitur penambah RAM pada ponsel itel? Semua akan saya bahas pada penjelasan dan langkah-langkah di bawah ini.

Apa itu RAM?

itel rs4

RAM yang merupakan singkatan dari Random Access Memory adalah komponen smartphone untuk dijadikan tempat penampungan sementara. Beda dengan penyimpanan internal yang fungsinya untuk menyimpan file secara permanen, RAM hanya dapat menyimpan data sementara dari aplikasi atau sistem yang dijalankan.

Semakin banyak aplikasi smartphone yang dibuka, maka semakin besar pula data sementara yang mesti ditampung oleh RAM. Oleh karena itu, ponsel dengan RAM kecil akan sering kali menutup aplikasi di latar belakang, lantaran data sementaranya sudah terhapus akibat ruang tersisa tidak muat.

Adapun beberapa fungsi RAM pada smartphone Android antara lain:

  • Memperlancar aktivitas multi-tasking.

Dengan RAM besar, jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang jadi lebih banyak. Saat berpindah-pindah aplikasi, Anda pun tidak perlu repot menunggu aplikasi lain dibuka dari awal lantaran langsung berlanjut dari aktivitas yang terakhir dilakukan.

  • Mempercepat kinerja game.

Selain performa chipset, besaran dan tipe RAM juga menentukan seberapa lancar game yang dimainkan. Untuk game open-world seperti Genshin Impact yang banyak memakan RAM, jelas dibutuhkan RAM besar agar game tidak lagging alias tersendat-sendat.

  • Membuka aplikasi dengan cepat.

Tak hanya dapat menyimpan aplikasi terbuka di latar belakang dengan lebih lama, RAM yang besar juga dapat membuat pembukaan aplikasi untuk pertama kali jadi lebih cepat. Ini karena data dan instruksi aplikasi yang tertampung di RAM tidak mesti "berdesak-desakkan" dengan data dari aplikasi lain.

Nah, mengingat betapa pentingnya RAM dalam menunjang aktivitas sehari-hari di smartphone, berbagai brand pun memutuskan untuk membuat fitur penambah RAM.

Tapi, penambahan RAM ini berbeda dengan laptop yang bisa ditambah secara fisik (menyematkan tambahan RAM di slot tambahan yang tersedia). Alih-alih secara fisik, penambahan RAM di HP Android terjadi secara virtual, alias dengan "meminjam" sebagian kapasitas dari memori internal. Lho, kok bisa? Simak penjelasan berikut ini.

Apa itu MemFusion (Fitur Penambah RAM)?

itel rs4

Pada merk smartphone di bawah naungan Transsion Holdings seperti itel, Infinix, dan Tecno, fitur penambah RAM secara virtual dinamakan "MemFusion" atau "Memory Fusion".

Sesuai namanya, fitur tersebut "mem-fusion" alias menggabungkan kapasitas RAM dengan sebagian kecil dari memori penyimpanan internal.

Beberapa merk HP lain juga punya fitur yang sama namun dengan nama berbeda. Contohnya seperti OPPO yang punya fitur RAM Expansion, vivo dengan fitur Extended RAM, realme dengan fitur DRE (Dynamic RAM Expansion), Samsung dengan fitur RAM Plus, dan Xiaomi dengan fitur bernama Memory Extension.

Pada itel RS4 yang memiliki RAM fisik 8 GB pada tipe LPDDR4x, ponsel ini menyediakan beberapa opsi virtual RAM yakni RAM 3 GB, 5 GB, dan 8 GB. Secara default alias kondisi awal, MemFusion otomatis menyala menggunakan RAM virtual 5 GB.

Saat menggunakan MemFusion sebanyak 5 GB, ini artinya ada sebanyak 5 GB dari kapasitas memori internal yang dialokasikan sebagai RAM virtual. Hal yang sama juga berlaku pada kapasitas 3 GB atau 8 GB.

Biasanya, besaran opsi RAM virtual pun tidak akan melebihi kapasitas RAM asli dari suatu HP. Misalnya itel RS4 hadir dengan RAM 8 GB, ya besaran RAM virtual yang diizinkan pun maksimal di 8 GB.

Maka dari itu, jangan heran jika pernah melihat toko HP yang memamerkan spesifikasi "RAM 8 GB + 8 GB" pada ponsel Android. Sebab, ini bukan berarti HP tersebut punya RAM 16 GB, melainkan RAM asli (fisik) 8 GB serta tambahan RAM virtual sebanyak 8 GB.

Nah, apakah RAM virtual ini punya performa yang sama dengan RAM fisik? Jawabannya: tidak. Sebab, RAM virtual sendiri hanya terpakai pada kondisi darurat, yakni saat kondisi RAM aslinya sudah "kepenuhan" oleh data-data sementara dari aplikasi.

Adapun peran RAM virtual di sini lebih condong kepada memori pasif. Di saat RAM asli yang berperan sebagai memori aktif ini sudah "melegakan" sebagian kapasitasnya, barulah data-data di RAM virtual dipindahkan ke RAM fisik.

Jadi, jangan heran jika keberadaan RAM virtual tidak begitu membuat performa HP terasa bertambah. Bisa jadi, aktivitas yang Anda lakukan di HP memang masih bisa didukung dengan RAM fisik, sehingga RAM virtual ini pun, secara teknis, tak terpakai.

Lagi pula, yang paling berpengaruh dalam kinerja RAM memindahkan data bukanlah dari keberadaan RAM virtual, melainkan jenis RAM dan juga kapasitas aslinya.

Contohnya seperti RAM LPDDR4x yang pastinya bisa lebih cepat mentransfer data ketimbang LPDDR4 dan LPPDR3. Pada HP flagship, ada juga jenis LPDDR5 dan LPDDR5x yang punya kecepatan lebih tinggi lagi.

Cara Menambah RAM pada HP itel

itel rs4

Menggunakan layanan MemFusion akan menjadi hal bermanfaat untuk bisa meningkatkan performa HP keseluruhan. Namun, sayangnya opsi untuk menggunakan fitur ini cukup "terkubur" di dalam menu pengaturan. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan MemFusion.

1. Klik Ikon "Settings"/Pengaturan

memilih ikon pengaturan pada laman home screen itel rs4

Melalui Home Screen atau App Drawer, Anda perlu mengetuk (tap) pada ikon pengaturan (Settings) yang ditunjukkan dengan gambar roda gigi.

Apabila ikon tersebut sulit ditemukan, Anda bisa membuka App Drawer (usap ke atas dari posisi Home Screen/beranda) lalu ketikkan kata "Settings" pada kolom pencarian. Anda juga bisa mengakses menu "Settings" melalui Quick Settings yang tersedia bersebelahan dengan panel notifikasi.

2. Gulir (Scroll) ke Bawah Lalu Pilih "Special Function"

memilih opsi special function pada laman pengaturan itel rs4

Fitur MemFusion terletak di dalam menu Special Function. Jadi, untuk mengaksesnya dari menu Settings, Anda perlu scroll ke bawah hingga menemukan opsi Special Function dan melakukan tap sekali pada menu tersebut.

3. Pilih Opsi "MemFusion"

memilih opsi memfusion untuk menambah ram virtual pada itel rs4

Di dalam menu Special Function, terdapat beragam fitur-fitur unik yang bisa meningkatkan pengalaman Anda dalam menggunakan smartphone.

Fitur-fitur unik yang tersedia adalah Smart Panel untuk menampilkan sidebar dari ujung layar, Dual App untuk menghubungkan dua akun di aplikasi yang sama, hingga Social Turbo yang berisikan macam-macam fitur medsos.

Lalu, di dalam opsi Special Function juga tersedia fitur bernama MemFusion. Ketuk pada opsi MemFusion untuk menambahkan RAM pada smartphone.

4. Tap atau Ketuk pada Tulisan "MemFusion"

mengaktifkan fitur memfusion pada menu pengaturan (settings) pada itel RS4

Kemudian, menu akan menampilkan toggle untuk mengaktifkan MemFusion. Ketuk pada menu tersebut sehingga bulatan berwarna putih berada di sebelah kanan.

Pada itel RS4, secara default, besaran virtual RAM yang dialokasikan adalah 5 GB. Namun, Anda bisa memilih besaran RAM virtual menjadi 3 GB atau 8 GB.

5. Pilih Set Virtual RAM untuk Tentukan Besaran Virtual RAM yang Diinginkan

memilih besaran kapasitas yang dialokasikan untuk ram virtual pada itel rs4

Jika ingin memilih besaran alokasi RAM virtual yang berbeda, lakukan ketuk/tap pada tulisan Set Virtual RAM. Kemudian, akan muncul tiga opsi berbeda yang bisa Anda pilih.

Misalnya, saya ingin berpindah dari RAM 5 GB menjadi 8 GB, tinggal ketuk saja opsi "8GB" untuk menyeleksinya. Lalu, pilih Modify and restart untuk melanjutkan.

Nah, selanjutnya tinggal tunggu ponsel selesai melakukan restart dan Anda pun sudah berhasil menambahkan RAM secara virtual. Mudah sekali, bukan?

Kini setelah Anda berhasil menambah RAM pada HP itel, tidak perlu lagi khawatir aplikasi terjadi force close saat melakukan multi-tasking. Meski begitu, sebenarnya sih penambahan RAM ini tidak benar-benar diperlukan apabila ponsel itel Anda sudah pakai RAM 8 GB. Semoga bermanfaat, ya!

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram