carisinyal web banner retina

Inilah Cara Menampilkan Persentase Baterai HP Infinix

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Tampilan persentase baterai pada sebuah HP merupakan hal yang penting dan tidak penting. Maksudnya adalah para pengguna HP, termasuk Infinix, memiliki dua anggapan yang berbeda. Sebagian menganggap persentase baterai tersebut sebagai hal penting, sedangkan sebagian lagi tidak.

Lagi pula, keduanya tidak ada yang benar-benar salah dan bebas untuk memilih. Tampilan baterai yang tidak menampilkan persentase membuatnya lebih simpel. Untuk mengetahui berapa sisa baterai bisa diprediksi dengan sisa grafik atau warna grafik tersebut. Sedangkan jika persentase ditampilkan, pengguna HP jadi lebih mudah untuk melihat sisa baterai.

Di sisi lain, tidak jarang juga pengguna HP, termasuk Infinix yang masih kebingungan cara menampilkan persentase baterai tersebut. Jika Anda salah satunya, tidak perlu khawatir. Sebab dalam artikel ini, tim Carisinyal akan memaparkan bagaimana cara menampilkan persentase baterai di HP Infinix.

Cara Menampilkan Persentase Baterai di HP Infinix

Cara yang harus dilakukan untuk menampilkan persentase baterai di HP Infinix ini tidak terlalu sulit. Terdapat dua cara yang akan dipaparkan pada artikel kali ini. Pertama, Anda bisa menampilkan persentase baterai melalui Settings. Kedua adalah dengan memanfaatkan bantuan dari aplikasi pihak ketiga.

1. Menampilkan Persentase Baterai HP Infinix Melalui Settings

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melalui Settings. Sudah hal yang umum untuk sebuah HP memiliki fitur ini. Yang membedakan hanyalah tampilan ikonnya saja. Nah, jika Anda ingin menampilkan persentase baterai di HP Infinix, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

cara mengganti nada dering alarm infinix
  • Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja membuka aplikasi “Settings” terlebih dahulu. Anda bisa membukanya langsung atau melalui bar notifikasi yang berbentuk seperti baut.
cara menampilkan persentase baterai hp infinix
  • Setelah itu, gulir ke bawah untuk mencari menu “Power Marathon”. Silakan tekan menu tersebut.
cara menampilkan persentase baterai hp infinix
  • Kemudian, pilih menu “Battery settings” yang ada di bagian bawah.
cara menampilkan persentase baterai hp infinix
  • Dalam menu tersebut, terdapat beberapa setelan yang bisa dimanfaatkan.
  • Untuk menampilkan persentase baterai, silakan tekan toggle di samping nama “Battery percentage” hingga berwarna hijau.
  • Jika berhasil, Anda akan melihat persentase baterai di dalam ikon baterai. Persentase tersebut memberikan informasi sisa baterai yang dimiliki oleh HP Infinix Anda.

2. Cara Menampilkan Persentase Baterai HP Infinix Melalui Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk menampilkan persentase baterai, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikas-aplikasi ini sebenarnya cukup banyak ditemukan di Google Play Store. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun alias gratis untuk mendapatkan aplikas-aplikasi tersebut.

Meski begitu, tim Carisinyal sudah merangkum beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan. Menariknya, aplikasi ini tidak hanya akan menampilkan persentase baterai saja, tetapi juga memelihara kesehatan baterai HP Infinix Anda. Agar lebih jelas, silakan simak sampai habis, ya.

  • AccuBattery
accubattery_Sumber: Google Play

Aplikasi pertama yang kami rekomendasikan adalah AccuBattery. Aplikasi ini mampu menampilkan persentase baterai yang berbeda. Pasalnya, aplikasi ini menampilkan persentase berupa angka yang berada di dalam lingkaran. Lingkaran tersebut merupakan grafik dari baterai sesuai persentase yang ditampilkan.

Hal lain yang menarik dari aplikasi ini adalah tidak hanya mampu menampilkan indikator saja. Ia juga dibekali berbagai fitur yang menarik dan berguna bagi kesehatan baterai HP Infinix Anda.

Salah satu fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah berbagai informasi terkait baterai. Anda bisa menemukan informasi penggunaan baterai, kecepatan dalam mengisi daya, discharge status, penggunaan baterai rata-rata, dan sebagainya.

Bahkan, Anda juga akan melihat kesehatan baterai dan estimasi baterai akan habis. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan kapan waktu pengecasan selanjutnya yang paling optimal.

  • Battery Saver-Booster&Cleanup
cara menampilkan persentase baterai hp infinix battery saver

Aplikasi selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah Battery Saver-Booster&Cleanup. Sesuai namanya, aplikasi ini memiliki berbagai fitur menarik di dalamnya. Salah satunya adalah menghemat baterai, mengoptimalkan, bahkan membersihkan sampah yang tidak digunakan di penyimpanan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, baterai HP Infinix Anda akan dipelihara dengan baik. Fitur lain yang dimiliki oleh aplikasi ini di antaranya Battery Cooler, Virus Scan, Notification Cleaner, Deep Cleaning, Power Saving Mode, dan sebagainya.

Soal tampilan persentase baterainya, aplikasi ini tidak terlalu berbeda dari tampilan biasa. Tampilan di bagian bilah statusnya berbentuk batang baterai dengan angka di dalamnya. Namun, Anda bisa menambahkan informasi terkait baterai pada widget HP Infinix Anda. Anda bisa meilih berbagai bentuk dan ukuran dengan bebas.

  • Battery Guru: Battery Health
cara menampilkan persentase baterai hp infinix battery guru

Aplikasi lain yang juga menarik soal pengelolaan baterai adalah Battery Guru: Battery Health. Soal tampilan, aplikasi ini cukup mirip dengan aplikasi AccuBattery. Ia menampilkan indikator baterai dengan persentase berupa angka. Selain itu, persentasenya juga dikelilingi oleh grafik baterai berbentuk lingkaran, sesuai dengan sisa baterai HP Infinix Anda.

Sementara itu, aplikasi ini juga memiliki fitur lain yang tidak kalah menari. Salah satunya adalah fitur yang memberikan informasi mengenai riwayat pemakaian baterai. Dengan begitu, Anda bisa melihat aplikasi atau aktivitas apa saja yang menguras baterai HP Infinix Anda.

Selain itu, ada juga fitur lainnya, mulai dari estimasi waktu sisa baterai, kecepatan pemakaian, suhu baterai, penggunaan rata-rata baterai, dan sebagainya.

Anda juga bisa mengoptimalkan kesehatan baterai menggunakan aplikasi ini. Bahkan, Anda akan mendapatkan informasi secara langsung terkait suhu baterai, batas pengisian daya optimal, hingga penggunaan baterai yang tidak normal.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menampilkan persentase baterai di HP Infinix. Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Sebab aplikasi-aplikasi tersebut biasanya menawarkan fitur lain untuk kesehatan baterai HP Infinix Anda.

Sebagai informasi, HP yang digunakan untuk kebutuhan artikel ini adalah Infinix Hot 12i. HP ini menggunakan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka XOS v7.6.0. Namun, jika Anda menggunakan HP Infinix tipe lain, tidak masalah. Sebab cara yang dilakukan tidak akan jauh berbeda.

Sekian dulu pembahasan untuk kali ini. Anda bisa melihat beberapa pembahasan mengenai tips dalam menggunakan HP Infinix, Xiaomi, Samsung, dan HP lainnya. Selamat mencoba.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram