carisinyal web banner retina

Begini Cara Mencari Grup di Telegram yang Mudah dan Praktis

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 21 Agustus 2021

Telegram adalah salah satu aplikasi perpesanan yang saat ini sedang digandrungi. Apalagi sejak WhatsApp memberlakukan kebijakan baru yang dinilai kurang efektif bagi pengguna, banyak penggunanya yang beralih ke Telegram. Telegram menyuguhkan kenyamanan dan kelebihan yang menjadi nilai plus dari aplikasi yang perdana diluncurkan di bulan agustus 2013 ini.

Sama seperti WhatsApp, Telegram mempunyai fitur grup yang mana proses perpesanan bisa lebih teratur. Grup di dalam Telegram mempunyai fitur dan jenis yang berbeda. Nah, inilah yang akan kami ulas melalui artikel ini. Jadi, jangan berhenti membacanya, ya. Kamu akan menemukan informasi detail dari chat grup Telegram dan cara mencari grupnya. Berikut ini informasinya.

Tentang Grup Telegram

Begini Cara Mencari Grup di Telegram yang Mudah dan Praktis 1Sumber: pixabay.com

Ketika pengguna membuat akun Telegram, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih foto profil dan membuat nama pengguna. Selanjutnya kamu bisa memulai obrolan dan mencari grup. Namun, perlu kamu ketahui bahwa grup Telegram tidak sama dengan grup pada aplikasi perpesanan lainnya.

Banyak orang menyangka bahwa Telegram mirip dengan WhatsApp. Namun, jika ditelisik lebih dalam Telegram sangat berbeda. Aplikasi perpesanan ini mempunyai lebih banyak keunggulan. Dari daya tampung anggota, fitur dan bot yang digunakan.

Salah satu keunggulan dari Telegram adalah adanya grup dan kanal yang bisa digunakan oleh pengguna. Pengguna bisa bergabung dengan grup mana pun yang sesuai dengan minat. Tapi perlu diperhatikan bahwa setiap grup mempunyai aturan masing-masing.

Aturan-aturan dalam grup akan dijelaskan oleh admin yang memiliki akses penuh dalam grup. Ia dapat menambah dan mengeluarkan anggota di dalam grup. Ketika seorang pengguna baru bergabung dengan grup, biasanya ada aturan yang dibuat pinned post.

Macam-macam Karakteristik Grup Telegram

Begini Cara Mencari Grup di Telegram yang Mudah dan Praktis 3

Fitur paling utama dari aplikasi Telegram adalah mengirim pesan termasuk di dalamnya gambar, video, dokumen dan mengirim lokasi. Di dalam Telegram pun terdapat grup yang membuat obrolan lebih tersegmentasi.

Berbeda dari WhatsApp, grup di dalam Telegram terbagi menjadi beberapa jenis, yakni Grup Pribadi, Super Grup Pribadi dan Grup Super Publik. Yang membedakan dari ketiga jenis grup Telegram tersebut adalah metode akses dan kebebasan mengidentifikasi grup oleh pengguna.

Grup Pribadi adalah sebuah grup chat multi pengguna yang bisa menampung sampai 100.000 anggota pada saat yang sama. Untuk masuk menjadi anggota grup pribadi Telegram, ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu oleh admin dan oleh anggota yang telah mempunyai izin konfigurasi.

Super Grup Pribadi Telegram merupakan obrolan multi pengguna yang daya tampung anggotanya bisa mencapai 100.000 orang. Untuk bergabung dengan grup ini, pengguna harus ditambahkan oleh admin langsung.

Perbedaan Chat Super Grup Pribadi dengan Chat Grup Pribadi adalah adanya admin yang bisa memoderasi dengan memasang pin atau menghapus pesan.

Admin juga memiliki akses untuk menghapus dan melakukan tindakan lain terhadap chat dan pengguna yang dirasa mengganggu. Super Grup Pribadi tidak bisa diidentifikasi oleh pengguna melalui aplikasi Telegram.

Agar bisa menjadi bagian dari grup ini, admin harus menambahkan kontak tersebut dan pengguna harus menerima undangan berupa tautan yang dibuat oleh admin tersebut.

Terakhir, ada Grup Super Publik. Karakter grup ini sama dengan karakter grup pribadi tapi cara identifikasi grupnya berbeda. Super Grup Publik hanya bisa diidentifikasi dengan menggunakan aplikasi Telegram dan mesin pencari internal.

Cara Mencari Grup dan Gabung di Grup Telegram Tanpa Diundang

Begini Cara Mencari Grup di Telegram yang Mudah dan Praktis 5

Nah, kamu sudah memahami masing karakteristik chat grup di Telegram. Sekarang kita mulai memasuki bagian terpenting dari artikel ini: cara mencari grup di Telegram. Dari penjelasan di atas sudah bisa dipastikan kalau pengguna hanya bisa mengidentifikasi satu grup secara terbuka.

Sementara sisanya hanya bisa dilakukan oleh admin dan anggota grup yang mempunyai izin konfigurasi. Mencari grup di Telegram bisa dilakukan dengan beberapa cara. Berikut ini penjelasannya.

1. Mencari Grup Telegram Via Mesin Pencari Google

Kelebihan lain dari Telegram dibandingkan aplikasi perpesanan lainnya adalah ketersediaan grup chat bagi pengguna mana pun yang ingin bergabung di dalamnya. Artinya setiap pengguna bisa mencari grup mana saja sesuai dengan minat, baik itu grup game, musik dan film.

Dalam prosesnya, pengguna bisa memanfaatkan smartphone atau PC. Nah, berikut informasi cara mencari grup dan gabung di Telegram via Google.

  • Buka tab mesin pencari Google. Pengguna bisa gunakan PC atau laptop.
  • Pada kolom pencarian, ketik site:t.me (spasi) tema grup. Misalnya, kamu ingin mencari grup yang berisi tentang informasi drama Korea atau Kpop. Maka, formati pencariannya adalah: site:t.me kpop.
  • Setelah itu akan muncul hasil pencarian grup yang berkaitan dengan kata kunci yang kamu masukkan di mesin pencarian tadi. Selanjutnya, pilih grup yang menurutmu paling menarik.
  • Selanjutnya akan muncul notifikasi untuk untuk membuka pencarian melalui aplikasi. Pilih View In Telegram. Nantinya akan muncul hasil pencarian berupa nama grup, jumlah anggota dan akun media sosial.
  • Pilih Join Grup.
  • Bila berhasil masuk, kamu akan melihat isi grup, nama-nama anggota dan chat yang pernah ada dalam grup tersebut.

2. Mencari Mencari Grup Via Telegram Smartphone

Cara selanjutnya bisa diterapkan pada smartphone berbasis Android dan iOS. Sayangnya, hasil pencarian via aplikasi Telegram tidak sebanyak hasil pencarian melalui mesin pencari Google. Pasalnya hasil yang ditampilkan biasanya berupa grup berbayar.

Untuk kamu yang mencari grup Telegram gratis tanpa diundang, kamu bisa ikut beberapa langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi Telegram. Kamu bisa mengunduh aplikasi Telegram via Google Play Store.
  • Ketuk ikon tiga garis yang ada di sudut sebelah kiri. Kemudian, tap Kontak.
  • Pilih menu Cari Pengguna Sekitar. Letaknya ada di bawah menu Undang Teman. Gulirkan ke bawah sampai kamu menemukan berbagai macam grup yang tersedia.
  • Pilih grup yang kamu minati. Lalu, tap Bergabung.
  • Jika prosesnya berhasil, kamu akan melihat isi grup. Gulirkan ke atas untuk melihat isi obrolan sebelum kamu bergabung.
  • Selesai.

Tips Mencari dan Bergabung di Grup Telegram Tanpa Diundang

Informasi ini tidak kalah penting dibandingkan dengan informasi utama yang telah dijelaskan di atas. Nah, dalam mencari dan bergabung dengan grup Telegram, kamu perlu memperhatikan beberapa hal.

Berikut ini kami sudah merangkum tips bagi pengguna yang ingin bergabung di dalam sebuah grup Telegram tanpa diundang. Simak informasinya, ya.

  • Perhatikan jumlah anggota. Kuantitas anggota dalam sebuah grup tidak menjadi kualitas grup tersebut.
  • Pastikan grup yang kamu ikuti mempunyai informasi yang berkaitan dan bermanfaat untuk kamu. Perhatikan pula tujuan grup tersebut apakah sudah sesuai dengan yang kamu cari atau tidak.
  • Hindari bergabung dengan grup berbayar yang memasang tarif tinggi dengan informasi yang tidak masuk akal.
  • Saat mencari sebuah grup Telegram dengan menggunakan format site:t.me, pastikan kamu menuliskan tema grup secara detail dan jelas sehingga hasil pencariannya pun akan ditampilkan secara lengkap.

Nah, itulah beberapa cara mencari grup di Telegram tanpa diundang. Jadi, kesimpulannya adalah pengguna bisa mencari grup mendapatkan informasi yang mereka cari tanpa menunggu undangan atau mendapatkan tautan dari adminnya langsung. Pengguna bisa menemukan dan bergabung dengan grup yang sesuai dengan minat asal menaati aturan dan kebijakan yang berlaku di grup.

Meskipun terlihat mudah dan praktis, namun ada baiknya pengguna tidak mencari sembarang grup dan mengikuti untuk sekadar iseng. Ada baiknya perhatikan tujuan dan manfaat yang bisa didapatkan dari bergabung dengan sebuah grup Telegram. Semoga informasinya bermanfaat.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram