carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Tips Trik / 10 Cara Mendapatkan Jaringan 4G LTE dengan Mudah

10 Cara Mendapatkan Jaringan 4G LTE dengan Mudah

Ditulis oleh Listiorini - Diperbaharui 22 September 2019

Di era modern seperti ini, Internet sudah seperti kebutuhan yang tidak dapat dilepaskan bagi kalangan pengguna smartphone. Tak heran, banyak operator juga berbondong-bondong selalu mengupgrade fasilitas internet untuk kenyamanan para konsumennya.

Namun, pernahkah Anda kesal dengan jaringan internet yang terlalu lemah?Mungkin saja hal tersebut terjadi karena Anda belum menggunakan fasilitas jaringan internet 4G.

Seperti yang diketahui, untuk saat ini jaringan terkuat di Indonesia adalah 4G. Nah, bagi Anda yang sangat membutuhkan jaringan internet 4G, Kami akan memberikan 10 tips untuk cara mendapatkan jaringan 4G. Penasaran? Berikut simak ulasan dari Carisinyal sampai akhir artikel ya!

1. Gunakan HP 4G

cara mendapatkan jaringan 4g Gunakan HP 4G

* sumber: www.voicendata.com

Sebelum menjajaki pada tips lainnya, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa HP atau smartphone yang Anda gunakan sudah dibekali oleh fasilitas 4G. Jika HP tersebut belum disematkan fasilitas 4G, maka kemungkinan Anda tidak akan bisa mendapatkan jaringan internet 4G.

Saat ini sudah banyak sekali HP 4G LTE dengan harga terjangkau. Nah, jika Anda belum memiliki layanan 4G pada ponsel maka Anda bisa mengganti ponsel Anda dengan smartphone yang memiliki layanan jaringan internet 4G. Dengan begitu, Anda bisa menikmati kelancaran berselancar di dunia maya dengan jaringan 4G. Sudahkah Anda menggunakan HP 4G?

2. Ganti Kartu SIM 4G

Ganti Kartu SIM 4G

* sumber: www.4gsim.co.uk

Selain harus memperhatikan HP berjaringan 4G, Anda juga perlu memastikan bahwa kartu SIM yang digunakan sudah support dengan jaringan 4G. Jika Anda belum menggunakan kartu SIM berjaringan 4G maka Anda tidak bisa menikmati fasilitas internet 4G.

Jadi, Anda harus memastikan dan mengecek apakah kartu SIM sudah support 4G atau belum. Biasanya, kartu SIM terbaru saat ini semuanya sudah support dengan jaringan 4G. Jika belum, maka Anda bisa menghubungi pihak operator pusat dari kartu SIM yang Anda gunakan untuk kemudian di upgrade dengan kartu SIM yang support 4G. Selamat mencobanya ya.

3. Pastikan Wilayah Sudah Tersedia Jaringan 4G

* sumber: thedailynewnation.com

Ada kalanya ketika sudah menggunakan HP 4G dan juga kartu SIM 4G namun sinyal 4G masih tetap lemah dan justru tidak ada. Hal tersebut bisa terjadi karena lokasi Anda belum tersedia jaringan 4G. Maka dari itulah, Anda juga perlu memastikan bahwa lokasi Anda sudah didukung oleh jaringan 4G. Ada beberapa lokasi yang belum support dengan jaringan 4G misalnya di daerah pegunungan.

Di Indonesia sendiri, belum semua wilayah tersedia jaringan 4G. Biasanya jaringan 4G tersedia di kota-kota besar. Namun, ada juga beberapa kota yang sudah terintegrasi oleh jaringan 4G. Jadi, salah satu cara mendapatkan jaringan 4G adalah memastikan lokasi sudah didukung oleh sinyal 4G atau belum.

4. Gunakan Paket Internet 4G

Gunakan Paket Internet 4G

* sumber: cekdaftarpaket4g.blogspot.co.id

Hal yang harus diperhatikan sebelum Anda menikmati fasilitas jaringan 4G adalah pada paket internetnya. Akan sangat percuma jika Anda sudah menggunakan HP dan kartu SIM 4G dengan lokasi yang tercover jaringan 4G jika Anda tidak menggunakan paket internet 4G.

Jika Anda tidak menggunakan paket internet 4G maka secara otomatis jaringan 4G pun tidak akan bisa dinikmati oleh Anda. Jadi, Anda harus memastikan bahwa paket atau kuota internet Anda adalah paket khusus 4G. Kini, hampir semua operator di Indonesia sudah menyediakan faislitas paket data untuk jaringan 4G. Nah, Anda tinggal memilih paket data 4G sesuai dengan kebutuhan Anda ya.

5. Gunakan Alat Penguat Sinyal

Gunakan Alat Penguat Sinyal

* sumber: www.banggood.com

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa terkadang jaringan 4G tiba-tiba melemah bahkan menghilang meskipun semua fasilitas 4G telah tersedia. Solusi lainnya untuk mendapatkan jaringan 4G adalah dengan menggunakan alat penguat sinyal.

Alat ini bertujuan untuk memperkuat sinyal internet Anda. Tenang saja, untuk menggunakan alat ini tidak perlu ribet, pasalnya rata-rata alat penguat sinyal menyuguhkan alat berupa nirkabel atau tanpa kabel. Juga, dengan menggunakan alat ini diklaim bisa memperlancar jaringan internet Anda.

Namun, Anda harus memilih alat penguat sinyal dengan jenis 4G. Jika Anda memilih alat penguat sinyal jenis lainnya maka kemungkinan Anda tidak bisa mendapatkan sinyal 4G. Alat penguat sinyal ini rata-rata dibandrol sekitar 300 – 500 ribuan.

6. Ubah Pengaturan HP Menjadi 4G

Ubah Pengaturan HP Menjadi 4G

* sumber: www.androidpit.com

Jika Anda sudah memiliki HP dengan fasilitas 4G namun masih tetap tidak bisa menggunakan fasilitas tersebut, maka cara mendapatkan jaringan 4G lainnya adalah dengan mengubah pengaturan sinyal menjadi 4G / LTE. Anda bisa mengaktifkan sinyal 4G di bagian setting atau pengaturan yang ada di ponsel masing-masing.

Cara mengubahnya cukup mudah, pertama Anda kunjungi “Settings” pada ponsel Anda. Kemudian, pilihlah menu “Mobile Network.” Lalu Anda bisa klik “Preferred network type” untuk mengubah jaringan internet menjadi LTE. Setelah itu Anda bisa menikmati jaringan 4G dengan HP Anda. Sangat mudah bukan?

7. Gunakan Aplikasi Network Signal Speed Booster

Gunakan Aplikasi Network Signal Speed Booster

Selain alat penguat sinyal, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi penguat sinyal yang tersedia secara gratis di PlayStore. Salah satu aplikasi penguat sinyal tersebut bernama Network Signal Speed Booster. Aplikasi gratis ini diklaim mampu untuk menguatkan dan melancarkan sinyal atau jaringan internet Anda.

Jadi, Network Signal Speed Booster ini menjamin penggunanya tidak akan menghadapi permasalahan sinyal lemot. Tak hanya itu saja, Network Signal Speed Booster ini sudah diunduh oleh lebih dari 80.000 kali pengunduh di PlayStore. Juga, banyak sekali respon positif dari pengguna aplikasi Network Signal Speed Booster. Mau? Download aplikasinya di sini.

8. Pastikan Baterai HP Terisi Penuh

Pastikan Baterai HP Terisi Penuh

* sumber: computerhoy.com

Salah satu masalah yang bisa menghambat jaringan 4G adalah kurangnya daya baterai pada HP. Pasalnya untukmencari sinyal, HP juga membutuhkan energi atau daya baterai yang cukup besar. Jika HP Anda lowbat atau tidak terisi penuh, ada kemungkinan HP tidak bisa mencari jaringan 4G secara optimal.

Maka dari itulah Kami sarankan untuk mengisi penuh baterai HP sebagai salah satu cara mendapatkan jaringan 4G. Selain itu juga, Anda bisa menghemat baterai dengan cara menutup aplikasi yang sudah tidak terpakai. Atau, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Greenify untuk menghemat baterai. Jangan lupa, untuk cek cara menggunakan Greenify dengan membacanya di artikel ini.

9. Jangan Memblokir Antenna HP

* sumber: www.wilsonamplifiers.com

Memang HP canggih saat ini memiliki antenna HP yang sudah tertanam di dalam HP-nya. Namun, masih ada beberapa HP yang memiliki antenna di luar HP. Nah, bagi pengguna HP dengan antenna yang terpasang di bagian luar maka Kami menyarankan untuk tidak menutupi antenna tersebut.

Sebab, antenna tersebutlah yang bertugas mencarikan sinyal 4G. Jika antennanya tertutup maka besar kemungkinan Anda akan kesulitan untuk mendapatkan sinyal 4G dengan lancar. Jadi, pastikan Anda tidak menutupi bagian antenna pada HP untuk cara mendapatkan jaringan 4G.

10. Rapihkan Ruangan

Rapihkan Ruangan

* sumber: www.signalboosters.com

Cara mendapatkan sinyal 4G dengan mudah lainnya adalah merapihkan ruangan. Jika Anda di dalam sebuah ruangan yang berantakan dengan banyak barang dimana-mana, maka Kami sarankan untuk merapihkannya. Kemungkinan, sinyal 4G Anda terganggu dengan banyaknya barang yang berserakan.

Dengan banyaknya barang yang ada dalam sebuah ruangan hal tersebut justru akan menghambat jalur sinyal 4G. Sinyal tersebut akan melakukan jalur yang lebih rumit karena selalu tertabrak dengan objek-objek yang berantakan. Jadi, pastikan ruangan Anda rapih agar bisa mendapatkan sinyal 4G yang optimal ya.

Nah itulah tadi 10 cara mendapatkan sinyal 4G dengan mudah. Anda bisa mencobanya satu persatu sesuai dengan situasi, kondisi, dan kebutuhan. Jika Anda memiliki cara lainnya, silahkan bagikan di kolom komentar ya. Selamat mencoba!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram