Carisinyal / Tips Internet / Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Internet dengan Mudah?

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang Dari Internet dengan Mudah?

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Di tengah kondisi perekonomian yang tidak menentu seperti sekarang, setiap orang dituntut untuk tetap berupaya membuat dapur mereka mengepul. Tentu ini bukan perkara mudah mengingat persaingan yang semakin tinggi dan tantangan yang harus dilalui semakin banyak.

Saat kondisi di lapangan sudah mulai sempit, kesempatan untuk meraih pundi-pundi rupiah juga jadi lebih sulit. Namun, jangan khawatir karena kesempatan masih terbuka lebar? Di mana? Internet!

Ya, internet adalah dunia yang sangat luas yang kini bisa dijangkau oleh banyak orang, terutama generasi milenial. Setiap hari semakin banyak orang yang menggantungkan hidup dari internet karena di sana terdapat banyak peluang untuk mengais rezeki. Bahkan peluang itu semakin terbuka lebar setiap harinya.

Siapa saja yang punya kemauan pasti bisa dengan mudah mendapatkan uang dari internet. Lalu apa saja peluang-peluang yang tersedia? Berikut adalah beberapa cara mendapatkan uang dari internet yang kini banyak digandrungi orang-orang untuk mencari nafkah.

1. Menjadi YouTuber

YouTuber

* sumber: pixabay.com

Saat ini YouTube adalah platform berbagi video yang paling populer di dunia. Entah sudah berapa banyak video yang telah diunggah ke YouTube, namun orang-orang yang menikmati konten YouTube semakin banyak jumlahnya. Bahkan tak sedikit mereka yang melupakan televisi dan beralih ke YouTube karena di sana terdapat banyak tontonan yang lebih menarik dan berkualitas.

Jika Anda punya kemampuan untuk tampil dihadapan banyak orang, Anda dapat mencoba kesempatan untuk menjadi seorang YouTuber. Misal, jika Anda lulusan institusi keguruan yang ingin mendapatkan penghasilan sampingan di luar menjadi tenaga pengajar, Anda dapat membuat konten pendidikan di YouTube.

Atau jika Anda suka memasak, Anda dapat membuat konten memasak di YouTube. Begitu juga dengan kemampuan atau hobi lainnya. Anda dapat merekam aktivitas Anda lalu mengunggahnya ke YouTube agar ditonton oleh orang lain. Setelah saluran Anda dimonetisasi dan mendapat banyak tayangan, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari YouTube.

Selama konten yang Anda unggah tidak merugikan orang lain atau kelompok, tidak bertentangan dengan hukum dan norma yang berlaku, tidak membahayakan, dan dampak-dampak buruk lainnya, Anda sah-sah saja untuk mencari rezeki di YouTube. Apalagi jika konten Anda bermanfaat, bukankah itu baik bagi Anda?

2. Menjadi Selebgram atau Instagrammer

Jadi Selebgram

* sumber: www.pikrepo.com

Jika YouTube khusus di video, maka Instagram khusus di foto (Anda juga bisa berbagi video di Instagram, namun dalam durasi yang terbatas). Nah, di Instagram Anda bisa menjadi seorang selebgram atau Instagrammer yang membagikan konten-konten menarik dan bermanfaat, baik dalam bentuk foto maupun video singkat.

Setelah Anda mendapatkan banyak pengikut, Anda bisa mulai menghasilkan uang dari Instagram. Anda tidak bisa memonetisasi akun Instagram Anda. Yang ada adalah Anda menjadi sponsor produk orang lain atau perusahaan dan mereka membayar Anda sesuai dengan kesepakatan.

Anda tidak mencari sponsor, melainkan mereka yang datang kepada Anda. Jika akun Instagram Anda memiliki banyak pengikut, biasanya sponsor akan tertarik untuk memasarkan produk mereka melalui akun Instagram Anda. Semakin banyak pengikut maka penawaran bisa semakin tinggi.

Lalu bagaimana agar bisa mendapatkan banyak pengikut di Instagram? Ada banyak cara untuk melakukannya, seperti membuat konten yang unik (konten personal maupun non-personal, seperti konten tentang pendidikan, teknologi, dll) dan menarik (khususnya secara visual), membangun personal branding, menggunakan tagar populer dalam setiap deskripsi postingan, dan lain sebagainya.

Seperti halnya menjadi YouTuber, Anda juga dituntut untuk berbagi konten yang positif di Instagram. Selain bermanfaat bagi diri sendiri, hal itu juga akan bermanfaat bagi orang lain khususnya pengikut Anda. Sekali Anda memposting hal negatif, karir Anda mungkin akan langsung meredup.

3. Menjadi Blogger

Blogger

* sumber: www.pikrepo.com

Jika Anda tidak suka tampil di hadapan banyak orang, peluang ini cocok untuk Anda. Anda dapat berkarya lewat tulisan di blog atau situs pribadi atau menjadi tenaga penulis bagi situs orang lain. Ini bisa menjadi pekerjaan paruh waktu yang menyenangkan dan tidak melelahkan, baik secara fisik maupun mental.

Anda dapat memulai dengan membuat blog pribadi menggunakan layanan Blogger dari Google (gratis) atau WordPress.org (berbayar). Untuk pemula kami sarankan membuat blog dengan Blogger. Anda hanya membutuhkan email (Gmail) aktif untuk dapat menggunakan layanan Blogger. Sementara WordPress.org disarankan untuk mereka yang ingin lebih serius membangun blog atau situs.

Kedua-keduanya bisa Anda monetisasi dengan Google AdSense atau program-program periklanan yang lain. Tentu saja Anda tidak bisa langsung melakukan hal ini. Anda harus membangun blog atau situs Anda terlebih dahulu agar mendapat banyak kunjungan. Semakin tinggi angka kunjungan, maka kesempatan monetisasi semakin besar, sehingga peluang mendulang banyak rupiah semakin tinggi.

Selain dari iklan, Anda juga mungkin mendapatkan uang dari tulisan sponsor. Ya, ada banyak perusahaan yang memasarkan produk mereka melalui konten tulisan di blog atau situs terkenal. Anda bisa memasang tarif sesuai dengan kondisi situs Anda. Penawaran pastinya akan dipengaruhi oleh angka kunjungan dan impresi (beberapa calon pengiklan biasanya menanyakan jumlah impresi situs Anda) sehingga Anda harus lebih giat membangun blog atau situs Anda.

Jika Anda belum siap membangun sebuah blog atau situs, Anda masih dapat menjadi penulis di situs lain. Karena konsumsi digital semakin tinggi, maka profesi penulis di sebuah situs juga semakin dibutuhkan. Anda bisa menulis sesuai dengan kategori atau niche yang Anda sukai, semisal pendidikan, teknologi, otomotif, dan lain sebagainya.

Ada banyak situs yang membuat lowongan penulis tetap maupun paruh waktu dengan bayaran yang tidak sedikit (cek peluang tersebut di situs atau akun sosial media mereka). Atau Anda dapat menawarkan jasa menulis di sejumlah platform pekerjaan paruh waktu atau freelance.

Sekali lagi, tulisan yang Anda buat tidak boleh berisikan hal-hal yang merugikan, merendahkan, atau menghina orang lain maupun kelompok atau berisikan hal-hal yang bertentangan dengan hukum dan norma yang berlaku di masyarakat. Semua itu harus Anda hindari agar situs Anda dapat terus berjalan dan menghasilkan uang. Hal lain yang harus Anda jauhi jika ingin sukses menjadi seorang penulis adalah plagiarisme atau penjiplakan tulisan orang lain.

Nah, itulah beberapa cara mendapatkan uang dari internet dengan mudah. Selain kemauan yang kuat, kunci sukses lain untuk menjalani profesi-profesi di atas adalah kreatif. Dengan kreatif, Anda bisa membangun brand Anda sendiri dengan baik tanpa merugikan orang lain.

Adakah cara mudah lainnya untuk mendapatkan penghasilan dari internet? Tentu saja ada, bahkan banyak. Isi tulisan ini bersumber dari Cryptoharian. Anda dapat menemukan peluang-peluang mendulang rupiah dari internet lainnya di situs tersebut.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *