carisinyal web banner retina
Carisinyal / Tips Trik / 10 Cara Mengatasi Kecanduan Game Online yang Patut Dicoba

10 Cara Mengatasi Kecanduan Game Online yang Patut Dicoba

Ditulis oleh Erika Erilia - Diperbaharui 2 April 2021

Di era digital seperti sekarang ini, game online termasuk hiburan yang sangat digemari oleh banyak orang. Sayangnya, tak sedikit yang mulai kecanduan hingga melupakan hal-hal penting di sekitarnya, mulai dari kesehatan fisik, pekerjaan, hingga tak mau bersosialisasi.

Bermain game memang tidak dilarang, tapi jika sudah kecanduan, ada baiknya mulai melakukan perbaikan demi mengatasi ketergantungan dengan game online yang mungkin memiliki pengaruh buruk. Nah, bagaimana cara mengatasinya? Coba ikuti beberapa tips yang sudah dirangkum Carisinyal di bawah ini.

1. Buat Jadwal Bermain Game Online

*Sumber: Canva

Orang yang sudah kecanduan memang tidak bisa langsung berhenti atau meninggalkan game online kesayangannya. Tapi jika memang berniat untuk berhenti, setidaknya ia bisa mengurangi intensitas bermainnya. Salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan membuat jadwal bermain game secara ketat.

Sebagai contoh, bila selama ini kamu bisa sampai seharian di depan gadget, sekarang kamu hanya boleh bermain game online selama 5 jam setiap harinya. Jangan lupa tentukan juga pukul berapa kamu boleh memainkan game tersebut. Yang terpenting adalah jadwal ini harus dipatuhi.

Kamu pun harus membiasakan diri untuk disiplin dan mematuhi jadwal yang sudah dibuat. Bila sudah terbiasa, kamu bisa mengurangi lagi waktu bermainmu. Bila awalnya hanya boleh bermain game selama 5 jam, coba kurangi lagi menjadi 3-4 jam setiap harinya. Lakukan secara bertahap sampai kamu benar-benar lepas dan tidak bergantung pada game tersebut.

2. Jauhkan Diri dari Gadget

*Sumber: www.inc.com

Orang yang kecanduan game online biasanya karena ia terbiasa memegang gadget, entah itu smartphone, tablet, atau laptop. Jadi ketika kamu mulai kecanduan dan ingin berhenti, mulailah menjauhkan diri dari gawai apapun.

Salah satu caranya adalah dengan menaruh gadget di luar kamar. Saat sedang bersantai di kamar, kamu mungkin cenderung memegang smartphone atau gawai lainnya dan secara otomatis membuka aplikasi game. Mulai sekarang, coba biasakan diri untuk tidak memegang gadget setiap saat agar tidak merasa ketergantungan.

3. Potong/Kurangi Budget Bermain Game

*Sumber: www.contemporarystaffing.com

Bagi orang yang sudah kecanduan, mengeluarkan banyak uang demi game online adalah hal yang sudah biasa. Jika kamu termasuk tipe gamer seperti ini dan berniat ingin berhenti, satu-satunya cara untuk mengatasi rasa kecanduan adalah dengan memangkas budget yang digunakan untuk game online.

Kamu harus disiplin dalam mengatur keuangan dan berani menahan diri agar tidak membelanjakan uangmu untuk hal-hal yang berkaitan dengan game. Bahkan bila perlu, kamu bisa minta bantuan keluarga atau orang yang kamu percaya untuk ikut mengelola uangmu, sehingga dia pun bisa mengontrol pengeluaranmu.

4. Ganti Gadget dengan Spek Biasa

*Sumber: www.multigadget.insure

Beberapa game online diketahui membutuhkan fasilitas pendukung yang memadai, mulai dari gadget dengan spesifikasi gahar hingga jaringan internet cepat demi menghindari lag. Maka cara ampuh untuk mengatasi kecanduan game adalah dengan menghilangkan berbagai fasilitas pendukungnya.

Jika selama ini kamu memakai smartphone atau komputer dengan spek tinggi agar bisa leluasa bermain game, ganti semua perangkatmu dengan spesifikasi yang biasa-biasa saja. Kalau memungkinkan, batasi penggunaan internet di rumah, baik itu jumlah kuota maupun kecepatannya.

Intinya, hilangkan semua fasilitas pendukung game online. Dengan fasilitas yang terbatas dan sangat minim, kamu pun akan kesulitan memainkan game sehingga perlahan-lahan mulai meninggalkannya. Perlu diingat bahwa melakukan perubahan seperti ini pasti akan terasa berat, tapi sangat patut dicoba demi lepas dari ketergantungan game online.

5. Jangan Cari Informasi Apapun Tentang Game Online

*Sumber: www.theglobeandmail.com

Seorang gamer biasanya selalu mengikuti informasi apa saja yang berhubungan dengan game yang sedang ia mainkan, misalnya tentang update versi game terbaru atau event-event tertentu. Yang perlu kamu tahu, membaca info-info seperti ini hanya akan memperbesar keinginan untuk bermain game.

Apalagi kalau ada update game baru yang lebih seru atau ada event yang menawarkan hadiah menggiurkan, pasti hasrat untuk bermain game akan semakin menggebu-gebu. Karena itu kalau kamu sedang berusaha mengatasi kecanduanmu, sebaiknya jangan pernah membaca atau mencari info apapun terkait game tersebut.

6. Explore dan Tekuni Hobi Lainnya

*Sumber: www.liveabout.com

Salah satu cara ampuh untuk mengatasi kecanduan game online adalah dengan menekuni hobi lain yang bisa lebih menguntungkan. Mulai sekarang, coba pikirkan hobi atau bidang apa yang sedang kamu minati selain game, lalu tekuni dengan serius agar kamu bisa melupakan keinginanmu untuk bermain game online.

Jika kamu merasa tidak punya hobi lain atau belum tahu ke mana arah minat dan bakatmu, mulailah untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba hal-hal baru. Dengan cara seperti ini, siapa tahu kamu bisa menemukan minatmu di bidang lain yang mungkin jauh lebih bermanfaat dan mengasyikkan dari sekadar bermain game.

7. Habiskan Waktu Bersama Teman dan Keluarga

*Sumber: www.servingjoy.com

Saat sudah kecanduan game, kamu mungkin sudah lupa dengan dunia sekitar. Karena itu, menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat bisa jadi cara ampuh untuk mengalihkan perhatianmu dari game online. Cobalah meluangkan waktu untuk mengobrol dengan keluarga atau pergi hangout bersama teman-teman.


Lakukan kegiatan yang mengasyikkan agar perhatianmu benar-benar teralihkan dari game. Nikmati kebersamaan dengan mereka dan lupakan sejenak tentang semua hal yang berhubungan dengan game online. Lakukan hal ini secara rutin sampai kamu terbiasa berinteraksi dengan orang lain tanpa harus memikirkan game.

8. Kurangi Intensitas Mengobrol dan Bertemu dengan Teman Sesama Gamer

*Sumber: www.plentifun.com

Bergaul dengan sesama gamer otomatis akan semakin membuatmu tenggelam ke dalam dunia game, pasalnya topik utama obrolan pasti selalu mengarah ke game yang kalian mainkan. Jadi kalau kamu sedang berusaha untuk mengatasi kecanduanmu, tak ada salahnya untuk mengurangi interaksi sosialmu dengan sesama gamer.

Hal ini bukan berarti kamu harus benar-benar putus kontak dengan mereka. Tetaplah berteman baik, hanya saja kurangi intensitas pertemuan kalian. Kalaupun bertemu, usahakan cari topik obrolan lain dan tidak mengungkit-ungkit soal game, karena membicarakan game hanya akan memperkuat rasa candumu terhadap game online.

9. Sibukkan Diri dengan Pekerjaan

*Sumber: www.earth.com

Buat kamu yang sudah bekerja, ada baiknya mengalihkan perhatianmu ke pekerjaan demi menghilangkan kecanduanmu terhadap game. Sebisa mungkin sibukkan diri dengan pekerjaan dan selesaikan semua tugas yang belum terselesaikan. Untuk melakukan hal ini tentunya membutuhkan motivasi yang cukup kuat.

Pertama, yakinkan diri bahwa menyibukkan diri dengan pekerjaan akan jauh lebih bermanfaat ketimbang main game. Kedua, buatlah target atau deadline pribadi yang berkaitan dengan pekerjaan, hal ini akan sangat membantu memotivasi diri kamu sendiri agar bisa lebih giat bekerja.

10. Uninstall Game Secara Total

*Sumber: www.9gag.com

Cara yang dianjurkan untuk mengatasi kecanduan game online adalah prosesnya harus dilakukan secara perlahan atau bertahap. Tapi jika kamu punya tekad kuat dan keberanian yang lebih, cara yang satu ini boleh saja dicoba.

Dengan menghapus semua aplikasi game di gadget, kamu otomatis akan berhenti memainkan game online dan lebih fokus pada hal lainnya. Jika mau cara yang lebih ekstrem lagi, kamu bisa menghapus akun atau karakter di dalam game yang kamu mainkan. Dengan demikian, kamu benar-benar terbebas dari game online yang selama ini membelenggumu.

Itulah 10 cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi kecanduan game online. Yang terpenting adalah kamu memiliki niat untuk berhenti, karena cara sebagus dan seampuh apapun tidak akan berhasil kalau kamu tidak memiliki tekad yang kuat. Selamat mencoba tips-tips di atas dan semoga kamu berhasil mengatasi kecanduanmu terhadap game online.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram