carisinyal web banner retina

Penyebab dan Cara Mengatasi WhatsApp yang Lemot dengan Mudah

WhatsApp menjadi aplikasi yang sangat populer dan paling banyak digunakan pada masa kini. Terlebih lagi setelah BBM (BlackBerry Messenger) sudah tidak bisa digunakan, WhatsApp menjadi pilihan pertama untuk berkomunikasi dengan teman, kerabat, atau pengguna WhatsApp lainnya.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena WhatsApp memiliki fitur yang cukup lengkap untuk berkomunikasi. Selain itu, aplikasi ini terrgolong mudah digunakan oleh semua pengguna smartphone atau bahkan bisa melalui PC.

Tentang WhatsApp dan Fitur-fiturnya

WhatsAppSumber: Pixabay

Sampai artikel ini tayang, WhatsApp berhasil menempati posisi pertama di Google Play sebagai aplikasi paling populer dalam kategori komunikasi dan posisi pertama di App Store dalam kategori jejaring sosial.

Selain itu, pada bulan Februari 2022 ini tercatat bahwa WhatsApp telah digunakan dan diunduh sebanyak lebih dari 5M kali di seluruh dunia. Hal tersebut menandakan bahwa WhatsApp memang telah menjadi salah satu aplikasi wajib untuk dimiliki.

Seperti yang dibicarakan sebelumnya, WhatsApp memiliki fitur-fitur yang sangat lengkap untuk berkomunikasi dan berbagi informasi dengan sangat cepat. Fitur-fitur tersebut misalnya dapat mengirim pesan teks, pesan suara, gambar, video, dokumen, dan berkas-berkas lainnya.

WhatsApp juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan suara atau panggilan video agar komunikasi menjadi lebih lancar. Bahkan, panggilan video pada WhatsApp telah mengalami peningkatan yaitu mampu melakukan panggilan video hingga 8 orang secara bersamaan.

Selain fitur-fitur yang telah disebutkan, masih banyak fitur yang bisa digunakan dalam WhatsApp untuk membantu para penggunanya dalam berkomunikasi. Sehingga para pengguna smartphone atau PC akan betah dalam menggunakannya.

Bisa dibilang WhatsApp telah menjadi aplikasi pokok bagi sebuah smartphone karena digunakan hampir setiap hari terutama bagi orang Indonesia. Tapi, bagaimana jika terjadi masalah pada WhatsApp misalnya kinerjanya yang menjadi lambat atau lemot?

Penyebab WhatsApp Lemot dan Cara Mengatasinya

tips update whatsapp

Ya, di balik fitur-fiturnya yang lengkap dan kebermanfaatannya dalam membantu berkomunikasi bahkan sampai digunakan hampir setiap hari, aplikasi WhatsApp tidak jarang mengalami masalah yang sedikit merepotkan.

Masalah yang sering ditemukan pada aplikasi ini adalah lemot atau kinerjanya yang melambat baik itu ketika membuka aplikasi, mengirim pesan, melihat status, dan lain sebagainya.

Jika mengalami masalah-masalah seperti itu, Anda tidak perlu merasa khawatir lagi. Karena dalam artikel ini, kami akan mencoba membantu Anda dalam mengatasi aplikasi WhatsApp yang menjadi lemot atau kinerjanya melambat dengan memberikan kemungkinan-kemungkinan masalah yang terjadi pada WhatsApp sehingga menjadi lemot dan cara-cara untuk mengatasinya.

1. Versi WhatsApp Telah Usang

Sebagai aplikasi chatting terpopuler dan paling banyak digunakan, tentu saja developer atau pihak WhatsApp selalu berusaha memberikan pengalaman terbaik ketika menggunakan aplikasinya. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan selalu memberikan update atau pembaruan yang berfungsi untuk mengatasi isu-isu masalah yang dialami para penggunanya.

Pada dasarnya, WhatsApp memiliki fitur untuk memperbarui versi aplikasi dengan sendirinya atau secara otomatis ketika harus diperbarui.

Namun, fitur tersebut mungkin saja tidak sengaja mati ketika kita menyalakan mode hemat daya baterai atau semacamnya sehingga WhatsApp tidak lagi bisa melakukan pembaruan secara otomatis.

Meskipun WhatsApp akan memberikan pemberitahuan berupa notifikasi ketika terdapat pembaruan, terkadang kita justru tidak mendapatkan notifikasi pembaruan untuk aplikasi WhatsApp tersebut atau malah lupa untuk melakukan pembaruan karena terus menundanya.


Tapi tidak perlu khawatir, karena kita bisa sesekali melakukan pengecekan di Google Play Store untuk Android dengan cara sebagai berikut:

whatsapp usang__1

Buka Google Play Store, klik ikon akun yang tersambung dengan Google Play di sebelah kanan atas.

whatsapp usang_

Setelah muncul jendela baru, pilih “Kelola aplikasi & perangkat”.

whatsapp usang 3_

Dalam bagian Ringkasan akan muncul tulisan “Update tersedia” jika terdapat aplikasi yang bisa diperbarui. Jika ingin memperbarui semua aplikasi yang tersedia sekaligus, bisa langsung menekan tulisan “Update semua”, namun jika ingin memperbarui beberapa aplikasi saja tekan tulisan “Lihat detail”.

whatsapp usang 4_

Cari aplikasi WhatsApp lalu tekan tombol “Update” yang ada di samping kanan dari nama aplikasi tersebut.

2. Cache WhatsApp menumpuk

Jika aplikasi WhatsApp yang Anda gunakan dalam versi terbaru tetapi masih lemot, penyebab selanjutnya yang mungkin terjadi adalah cache yang dimiliki WhatsApp telah menumpuk. Hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab dari melambatnya kinerja WhatsApp Anda.

Penghapusan cache pada aplikasi tertentu bisa dibilang aman, karena tidak akan membuat akun yang ada di aplikasi tersebut menjadi keluar atau log out. Untuk menghapus cache pada aplikasi WhatsApp cukup mudah.

Cache memang tidak akan terhapus secara permanen atau akan kembali setiap Anda menggunakan WhatsApp. Namun, dengan melakukan langkah ini maka beban pada aplikasi WhatsApp akan berkurang dan akan berjalan dengan lancar. Berikut adalah cara untuk menghapus cache pada aplikasi WhatsApp:

Masuki info aplikasi dari WhatsApp. Terdapat dua cara untuk memasuki info aplikasi WhatsApp, pertama Anda harus masuk ke pengaturan telepon cari dan pilih “Aplikasi”, setelah itu cari WhatsApp dalam pengelolaan aplikasi. Cara kedua adalah dengan menekan lama ikon WhatsApp pada halaman utama, lalu pilih info aplikasi.

cache menumpuk_

Setelah memasuki Info aplikasi, pilih “Hapus data” yang berada di bawah bagian kanan.

cache menumpuk 2_

Langkah terakhir adalah dengan memilih “Bersihkan cache.

3. Memori Penyimpanan Internal Hampir Penuh

Ketika memori penyimpanan internal hampir penuh atau sudah penuh, aplikasi-aplikasi mungkin tidak akan berjalan dengan lancar. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menghapus beberapa file yang ada baik itu gambar, video, atau audio yang sudah tidak diperlukan.

Selain itu, dengan menghapus setiap gambar, video, dokumen, atau audio yang kita kirimkan melalui WhatsApp yang tersimpan otomatis ke dalam penyimpanan internal akan mengurangi beban pada aplikasi dan bisa memberikan sedikit ruang penyimpanan smartphone kita. File yang terkirim tersebut bisa ditemukan dan dihapus dengan cara sebagai berikut:

memori internal penuh_

Buka file manager yang ada pada smartphone Anda lalu cari folder WhatsApp yang berada di bagian penyimpanan internal. Buka folder Media.

memori internal penuh 2_

Pilih folder yang berisi media berupa gambar, video, dokumen, audio, dan media lainnya.

memori internal penuh 3_

Buka folder yang bertuliskan “Sent” yang ada di dalam folder-folder tadi.

memori internal penuh 4_

Lalu, pilih semua dan hapus.

4. Banyak Percakapan Lama yang Tertimbun dalam Aplikasi

Penyebab WhatsApp menjadi lemot selanjutnya adalah banyaknya percakapan-percakapan yang berada dalam aplikasi WhatsApp. Hal tersebut tentu saja menjadi salah satu penyebabnya, terlebih lagi jika percakapan tersebut terdapat banyak sekali obrolan dan media-media yang dikirimkan.

Untuk mengatasi hal tersebut, yang harus Anda lakukan adalah menghapus percakapan-percakapan tersebut baik itu percakapa pribadi atau percakapan grup yang ada.

percakapan lama_

Di dalam aplikasi WhatsApp, pilih beberapa percakapan yang akan dihapus. Setelah berhasil memilih, klik ikon tempat sampah yang berada di bagian kanan atas.

percakapan lama 2_

 Pilih tulisan “Hapus” untuk menghapus percakapan-percakapan tersebut.

Perlu diperhatikan, ketika akan menghapus percakapan tersebut akan ada konfirmasi untuk memutuskan apakah media yang ada di dalam chat tersebut juga harus dihapus atau tidak.

Jika ingin menghapusnya, biarkan centang yang ada di sampung tulisan “Hapus media di chat ini”, namun jika tidak ingin menghapus media yang ada di dalamnya maka hapus centang tersebut dengan menekannya.

5. Smartphone Terlalu Lama Menyala dan Bekerja

smartphone terlalu lama menyala_

Kemungkinan terakhir dari penyebab WhatsApp menjadi lemot adalah smartphone Anda terlalu lama menyala atau digunakan tanpa adanya waktu istirahat. Hal seperti itu bisa saja terjadi, terlebih lagi jika suhu pada smartphone mengalami kenaikan dan menjadi panas.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda hanya perlu mematikan daya smartphone Anda untuk sementara atau cukup melakukan restart atau refresh agar tindakan yang dilakukan sebelumnya bisa diproses dengan maksimal dan WhatsApp berjalan dengan lancar seperti semula.

Itulah beberapa kemungkinan masalah yang menjadi penyebab WhatsApp Anda menjadi lemot atau kinerjanya melambat.

Jadi, bagaimana sekarang, apakah terdapat perbedaan setelah melakukan cara-cara yang dijelaskan di atas? Jika Anda memiliki tips lainnya untuk mengatasi lemot pada WhatsApp atau memiliki kritik dan saran yang ingin disampaikan, silakan bagikan kepada kami di kolom komentar, ya.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram