Carisinyal / Backup & Recovery Android / 10 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

10 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Oktober 2018

Siapa yang pernah secara tidak sengaja menghapus data atau file penting dari perangkat Android? Pasti sangat panik bukan? Nah, kali ini Anda tidak perlu panik lagi karena Carisinyal akan mengulas beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di Android tersebut.

Beberapa cara mengembalikan file terhapus di Android berikut ini sangat mudah dan simpel. Terlebih lagi smartphone Android saat ini selalu terkoneksi dengan berbagai macam cloud storage. Anda bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk mengembalikan file yang terhapus secara tidak sengaja. Yuk simak berikut ulasannya.

10 Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android

1. Menggunakan Google Photos

Pengguna Android mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya Google Photos. Aplikasi yang dibesut oleh Google ini selain bisa menyimpan berbagai macam foto juga bisa mengembalikan file yang terhapus dari HP Anda lho. Anda bisa mengembalikannya dalam sekejap mata.

google photos 1

Caranya sangat mudah , Anda hanya perlu masuk ke dalam aplikasi Google Photos. Kemudian Anda cek pada fitur “Trash.” Nah, dalam fitur “Trash” akan menampilkan semua file yang pernah Anda delete. Untuk mengembalikannya, Anda hanya perlu klik simbol “panah” di samping simbol “tempat sampah.” Secara otomatis file Anda akan kembali.

google photos 2

Tidak hanya dapat mengembalikan file yang terhapus di Android, pasalnya Google Photos mampu mengembalikan semua file yang tersimpan di “trash” selama 60 hari ke belakang. Mudah bukan?

2. Menggunakan Google Drive

cara menggunakan google drive

Masih dengan aplikasi besutan Google, kali ini Google Drive yang akan membantu Anda untuk mengembalikan file yang terhapus. Cara kerja Google Drive ini tidak jauh berbeda dengan Google Photos. Anda hanya perlu mengecek di bagian “trash” untuk mengembalikan semua data yang hilang.

Juga, Google Drive ini bisa diakses baik lewat ponsel maupun PC. Jika Google Photos dapatkan memulihkan data sampai 60 hari ke belakang, maka Google Drive memiliki slogan “limited time.” Tidak diketahui pasti batas waktu tang tepat untuk menyimpan data. Jika Anda ingin mengetahui cara menggunakan Google Drive, silahkan cek artikel ini.

3. Menggunakan Aplikasi DiskDigger

DiskDigger Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Android

Jika kedua aplikasi Google sebelumnya menawarkan sebuah konsep penyimpanan cloud storage, maka kali ini Anda bisa menggunakan aplikasi. Adalah DiskDigger, sebuah aplikasi yang bisa Anda download secara gratis di PlayStore dengan klik di sini. Dalam aplikasinya, DiskDigger diklaim mampu mengembalikan data yang hilang dengan mudah.

Anda tidak perlu repot untuk menyimpannya di cloud storage, pasalnya DiskDigger siap mencari data yang hilang di kartu memori internal maupun kartu memori eksternal. Juga, Anda tidak perlu melakukan root pada HP Android untuk menikmati segala fasilitas DiskDigger ini. Kelebihan lainnya, DiskDigger dapat menyortir data berdasarkan ukuran ataupun juga tanggal. Cukup lengkap bukan?

4. Menggunakan Software Recuva

cara mengembalikan file yang terhapus recuva

Masih belum berhasil mengembalikan data yang hilang? Mungkin cara mengembalikan file yang terhapus di Android satu ini bisa sangat membantu Anda. Namun, cara yang satu ini harus dilakukan melalui PC / laptop. Sebab, cara yang satu ini memanfaatkan sebuahsoftware bernama Recuva.

Dalam aplikasinya, Recuva ini diklaim mampu mengembalikan data yang hilang di ponsel Android. Anda bisa mengembalikan data yang hilang di bagian memori eksternal maupun memori internal.

Caranya mudah, Anda hanya perlu menyambungkan ponsel ke PC / laptop, kemudian ikutilah langkah-langkah yang diarahkan oleh Recuva. Jika Anda ingin mencoba menggunakan Recuva bisa langsung download software-nya di sini.

5. Mengembalikan Data Game

Google Play Games

Pernahkah Anda kehilangan data game yang sudah disimpan / saved game? Pasti akan sangat menjengkelkan ketika kehilangan data game yang sudah tersimpan. Terlebih lagi jika permainan sedang asyik-asyiknya. Sangat malas jika harus mengulangnya dari nol. Namun ada juga cara untuk mengembalikan data game yang hilang lho.

Bagaimana caranya? Jika Anda pengguna Android yang sangat aktif bermain game, pasti Anda memiliki aplikasi Google Play Games. Dengan aplikasi Google Play Games ini diklaim dapat melakukan sinkronisasi data yang ada di HP dengan data game yang tersimpan. Namun, terkadang cara ini tidak begitu akurat. Jadi, pastikan Anda melakukan penyimpanan data game di Cloud Storage juga ya.

6. Mengembalikan Email yang Terhapus

aplikasi untuk membuka email Gmail

Bagi Anda yang sangat sering menggunakan fasilitas surat elektronik atau email, mungkin Anda pernah mengalami kehilangan email yang sangat penting. Nah, kali ini Anda tidak perlu panik ataupun khawatir akan kehilangan email penting tersebut selamanya. Pasalnya, Carisinyal akan memberikan solusi untuk menemukannya.

Caranya sangat mudah, di sini Kami mendemonstrasikan dengan menggunakan Gmail. Pertama, Anda hanya perlu masuk ke dalam aplikasi email. Kemudian, Anda klik fitur “Trash” yang ada di bagian samping kiri. Secara otomatis Gmail akan menampilkan semua email yang sempat terhapus.

Sedangkan bagi Anda pengguna Outlook For Android maka Anda hanya perlu mengklik fitur “Deleted Items” dan secara otomatis semua email yang terhapus akan ditampilkan. Anda bisa menggunakan cara yang sama untuk bentuk email lainnya seperti Yahoo dan lain-lain.

7. Mengembalikan Data Lagu yang Hilang

Google Play Music

Google memberikan kemudahan untuk Anda pengguna Android. Anda bisa mengembalikan foto yang hilang dengan menggunakan Google Photos. Juga, Anda bisa mengembalikan file yang hilang dengan memanfaatkan aplikasi Google Drive. Bahkan, Google juga menyediakan Google Play Games untuk mengembalikan data game yang hilang.

Nah, kali ini Anda juga bisa mengembalikan data lagu yang hilang dengan bantuan dari Google, lebih tepatnya menggunakan Google Play Music. Namun, untuk mengembalikan lagu yang hilang di Google Play Music, Anda perlu melakukannya lewat PC / laptop. Namun sayangnya Google Play Music ini kurang efektif, sebab Google Play Music Web tidak tersedia untuk Negara Indonesia.

Jadi, Kami menyarankan untuk menyimpan atau mengupload lagu-lagu Anda ke Google Drive. Biarkan Google Drive menyimpan semua file lagu Anda. Nah, jika lagu yang ada di HP terhapus maka Anda bisa mendownload ulang di Google Drive. Bagi Anda pengguna aplikasi Spotify, Anda juga bisa mengembalikan playlist lagu yang terhapus dengan mengunjungi Spotify Web Version.

8. Mengembalikan Data yang Sudah Diunduh

ES File Explorer File Manager

Aplikasi seperti Recuva dan juga DiskDigger tidak bisa mengembalikan data yang baru saja diunduh. Sebab, dalam perangkat Android, semua data yang baru diunduh akan disimpan secara otomatis di file tertentu. Nah, untuk mengembalikan data yang sudah diunduh tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi ES File Explorer File Manager.

Aplikasi yang sudah diunduh oleh lebih dari 4 juta kali pengunduh ini memiliki kelebihan dimana Anda bisa mendapatkan kembali data yang sudah Anda unduh. ES File Explorer File Manager juga diklaim bisa menemukan semua data tersebut dengan cepat tanpa perlu menunggu lama. Mau? Download aplikasinya di sini.

9. Mengembalikan Kontak Telepon yang Hilang

Google Contact

Cara mengembalikan file yang terhapus di Android dengan mudah yakni dengan menggunakan Google Contact. Cara yang satu ini memang dikhususkan untuk Anda yang kehilangan atau tidak sengaja menghapus nomor telepon kerabat, teman, atau orang penting.

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengunjungi Google Contact melalui PC / laptop. Kemudian Anda bisa langsung klik “more” lalu pilihlah “restore contact.” Jika sudah mengklik “restore contact” maka secara otomatis semua kontak akan kembali seperti semula. Mudah bukan? Untuk melakukan hal ini, disarankan untuk menggunakan Google Contact dengan Old Version.

10. Melakukan Backup Pada Semua Data

Dumpster

Ada istilah mencegah lebih baik dari pada mengobati, ternyata pepatah tersebut juga berlaku bagi pengguna Android. Pasalnya, Anda lebih baik untuk melakukan Backup data sebelum Anda kebingungan mencari data yang sudah hilang. Sebab, terkadang aplikasi pengembali data pun tidak sempurna dan kurang efektif.

Anda bisa memanfaatkan cloud storage untuk melakukan backup setiap data yang ada di ponsel Android Anda. Salah satu aplikasi penyedia jasa menyimpan Backup data Anda adalah Dumpster. Aplikasi ini siap menampung berbagai macam data dari Android Anda. Juga, Anda tak perlu khawatir akan kehilangan data penting. Mau? Download aplikasi Dumpster di sini.

Nah itulah berbagai macam cara mengembalikan file yang terhapus di Android secara mudah. Kini Anda tidak perlu khawatir lagi kehilangan data yang sangat penting jika secara tidak sengaja menghapusnya. namun ingat, selalu lakukan backup data penting agar Anda tidak kehilangan file tersebut di masa mendatang.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

10 pemikiran pada “10 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android”

  1. kalo khusus video gimana caranyaa????

  2. terima kasih bimbingannya gan. sangat membantu…

  3. saya udah coba sambungin pake USB, di cek file nya di komputer udah ada tapi waktu make aplikasinya kenapa file dari USB saya ga ada ya?

  4. Agak ribet ya… banyak sekali foto aku yg ke hapus n kembali utuh kira* bisa ngga yak …. cara yg lebih simple ada ngga

  5. Min, gimana caranya kalo files yang hilang di memori internal ?

  6. Mohon informasi lengkap. Gan. Aku nih punya rekaman di hp terhapus. Aku sangat butuhkan. Bisa yah!

  7. foto saya terhapus di memori internal, dan itu sebelum download google foto.. kira-kira masih bisa dikembalikan gak ya ?

  8. Min, downloads recuva nya di Pc atau di HP?? Soalnya saya g sengaja hapus video buat penelitian.. mohon bantuannya.

    • sebenarnya untuk video agak sulit karena umumnya HP harus di-root dulu, tapi coba dulu aja salah satu cara di atas

Tinggalkan komentar