Carisinyal / Aplikasi / Tips Aplikasi / Cara Mengembalikan Instagram yang Dihack dengan Cepat

Cara Mengembalikan Instagram yang Dihack dengan Cepat

Ditulis oleh - Diperbaharui

Penggunaan sosial media Instagram sudah bukan hal yang asing lagi di kalangan pengguna smartphone. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan Instagram dan salah satunya adalah menjadi selebgram dengan ribuan bahkan ratusan ribu followers. Namun, kadang ada saja orang tak bertanggung jawab meretas akun Instagram untuk mengambil keuntungan pribadi.

Tak jarang akun Instagram dengan followers yang banyak akan menjadi sasaran para hacker untuk mengambil akun tersebut. Nah, lantas bagaimana cara menanggulanginya? Ada beberapa tips dan trik cara mengembalikan Instagram yang dihack. Berikut Kami akan mengulas beberapa tips dan triknya di artikel ini. Tetap stay tune sampai akhir artikel ya!

Cara Mengembalikan Akun Instagram yang Dihack

1. Laporkan ke Pusat Pelayanan Instagram

Pusat pelayanan Instagram merupakan sebuah fitur dimana akan membantu para pengguna Instagram dalam mengatasi permasalahan pada akun Instagramnya. Pusat pelayanan ini juga akan membantu dan memaparkan mengenai cara mengembalikan Instagram yang dihack. Berikut langkah-langkah untuk mengembalikan akun yang telah dihack:

1. Kunjungi halaman website pusat layanan Instagram. Instagram memiliki sebuah website khusus dimana siap membantu para pengguna akun Instagram yang memiliki masalah. Layanan ini bisa Anda kunjungi dengan klik di sini.

2. Setelah Anda mengunjungi halaman websitenya, maka website tersebut akan menampilkan beberapa pilihan. Nah, untuk Anda yang mengalami pembajakan akun Instagram maka Anda bisa langsung klik dan pilih opsi “Pusat Privasi dan Keamanan.”

cara mengembalikan instagram yang dihack Menggunakan Pusat Pelayanan Instagram 1

Pada halaman tersebut akan memberikan penjelasan mengenai keamanan akun Instagram setiap individu. Tak hanya itu saja, bahkan ada juga penjelasan mengenai kiat keamanan, dan penjelasan lainnya yang akan membantu para pengguna Instagram.

3. Setelah itu langkah selanjutnya adalah memilih opsi “Melaporkan Sesuatu.” Pilihan ini akan menunjukan bahwa akun Instagram Anda bermasalah dan harus segera dilaporkan kepada pihak Instagram. Dengan begitu, pihak dari Instagram akan langsung menindaklanjuti permasalahannya.

Menggunakan Pusat Pelayanan Instagram 2

4. Jika Anda sudah memilih opsi “Melaporkan Sesuatu” maka secara otomatis website tersebut akan menampilkan beberapa permasalahan umum. Di sana tertera beberapa pilihan seperti Akun yang dibajak, Akun Penyamaran, Anak di Bawah Umur, Akun Kebencian, dan lain-lain.

Menggunakan Pusat Pelayanan Instagram 3

Nah, Anda bisa langsung klik “Akun yang Dibajak.” Dengan mengklik opsi tersebut, maka Instagram akan membantu dan menjelaskan tata cara mengembalikan Instagram yang dihack. Juga, Instagram akan memberikan paparan mengenai keamanan dari akun Instagram Anda.

5. Setelah Anda memilih opsi “akun yang dibajak” maka Instagram akan menampilkan dua opsi yakni “Akun saya yang mengirim konten tanpa izin” dan “Sepertinya akun saya diretas.” Nah, di sini Anda bisa langsung klik “Sepertinya akun saya diretas.”

Menggunakan Pusat Pelayanan Instagram 4

6. Jika Anda sudah memilih opsi tersebut, maka Instagram akan memberikan 3 pilihan untuk mengambalikan akun Anda. Pilihan pertama adalah mengganti password akun Instagram melalui email. Pilihan kedua, Anda bisa “membatalkan akses” yang artinya Anda tidak akan melakukan apapun. Pilihan terkahir, Anda bisa memanfaatkan “autentikasi dua faktor.”

Menggunakan Pusat Pelayanan Instagram 5

Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda. Lebih mudah jika Anda mengganti password akun IG melalui email. Caranya mudah hanya perlu klik pada “ubah kata sandi” atau “e-mail pengaturan ulang kata sandi.” Jika sudah selesai maka secara otomatis Instagram akan mengirimkan email kepada Anda.

Menggunakan Pusat Pelayanan Instagram 6

Sedangkan untuk fitur keamanan “Autentikasi dua faktor” adalah fitur kemaanan dimana Instagram akan selalu mengirimi SMS setiap kali ada pergantian kata sandi pada akun Instagram Anda. Cara mengaktifkan kemanan ini bisa ikuti langkah berikut ini:

  • Buka profil kemudian klik simbol titik tiga (biasanya terletak di bagian pojok kanan atas.)
  • Kemudian, Anda bisa langsung scrolling down dan klik Autentikasi Dua Faktor
  • Lalu, aktifkan fitur kemanan Autentikasi Dua Faktor tersebut
  • Berikutnya, Instagram akan meminta nomor telepon / HP yang digunakan untuk Instagram
  • Selanjutnya, Instagram secara otomatis akan mengirimi kode melalui SMS ke no yang Anda daftarkan

2. Gunakan Menu “Akun penyamaran”

Cara yang satu ini juga cukup ampuh untuk mengembalikan akun Instagram yang telah dihack. Dalam aplikasinya, Instagram memiliki sebuah fitur dimana Anda bisa melaporkan sebuah akun penyamaran. Dengan fitur ini, Anda bisa melaporkan bahwa akun yang dihack merupakan akun penyamaran. Dengan begitu, secara otomatis Instagram akan langsung menghapus akun tersebut.

Namun, untuk menggunakan layanan akun penyamaran ini Anda harus mengisi formulir yang telah disediakan oleh pihak Instagram. Anda harus mengisi formulir tersebut dengan benar dan tidak dibuat-buat. Jika Anda mengisinya dengan benar, maka akun yang dihack akan langsung terhapus. Beginilah caranya:

1. Langkah pertama Anda bisa mengunjungi pusat pelayanan Instagram dengan klik di sini. Kemudian langsung klik pada menu “Pusat Privasi dan Keamanan.”

Gunakan Menu “Akun penyamaran” 1

2. Selanjutnya Anda bisa langsung pilih dan klik “Melaporkan Sesuatu.”

Gunakan Menu “Akun penyamaran” 2

3. Langkah berikutnya setelah mengklik menu “melaporkan sesuatu” maka secara otomatis akan muncul beberapa menu lainnya. Menu-menu yang ada pada fitur tersebut salah satunya adalah “Akun Penyamaran.” Nah, Anda hanya perlu mengklik bagian “Akun Penyamaran.”

Gunakan Menu “Akun penyamaran” 3

4. Setelah itu akan muncul beberapa pilihan. Nah, Anda bisa memilih bagian Apa yang dapat saya lakukan jika ada orang yang menyamar sebagai saya di Instagram?

Gunakan Menu “Akun penyamaran” 4

5. Lalu, akan muncul paparan dari Instagram mengenai ketentuan dan hal-hal yang harus dilakukan sebelum melaporkan akun penyamaran. Jika Anda sudah memahaminya dan menyetujui semua ketentuan yang diberikan oleh Instagram, Anda bisa langsung klik “Isi formulir ini.”

Gunakan Menu “Akun penyamaran” 5

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mengembalikan Instagram yang dihack dengan fitur “akun Penyamaran” maka Anda harus mengisi sebuah formulir yang telah disediakan secara khusus dari pihak Instagram. Isilah pertanyaan sesuai yang ditanyakan oleh Instagram, jika sudah selesai Anda bisa langsung klik “Kirim.”

Hal-hal yang Harus Dilakukan Setelah Melaporkan ke Instagram

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui setelah Anda mengirimkan laporan resmi mengenai akun Instagram yang dihack. Anda perlu memahaminya dan harus bersabar untuk menunggu konfirmasi dari Instagram. Berikut Kami paparkan beberapa hal yang harus diketahui setelah melaporkan akun Instagram yang dihack:

1. Akun Instagram Akan Hilang

Akun Instagram akan hilang

* sumber: www.splitshire.com

Ya, hal pertama yang dilakukan oleh pihak Instagram setelah menerima laporan Anda adalah menghapus akun Instagram Anda. Akun Instagram atau username yang Anda pakai untuk Instagram tidak akan bisa ditemukan dalam fitur pencarian.

Jadi, Anda tidak perlu panik ketika akun Instagram Anda hilang. Ini merupakan langkah pertama dari pihak Instagram untuk melindungi akun Instagram yang dihack. Jadi, tunggulah dan bersabar untuk konfirmasi lanjutan dari pihak Instagram ya.

2. Rutin Mengecek E-mail

* sumber: naldzgraphics.net

Nah, seperti cara yang telah dipaparkan di atas bahwa Instagram akan selalu menanyakan e-mail Anda dan otomatis Instagram akan selalu menginformasikan kelanjutan dari akun Instagram Anda melalui e-mail. Semua informasi mengenai akun Instagram Anda akan dikirim melalui e-mail. Jadi, Kami sarankan untuk selalu mengecek e-mail.

3. Bersabar

Bersabar

* sumber: www.stilldrinking.org

Jika Anda sudah mengikuti semua prosedur yang diberikan oleh Instagram, kini Anda hanya tinggal menunggu dengan sabar. Biasanya Instagram akan memproses laporan 4 atau 7 hari setelah Anda melapor kepada pihak Instagram.

Nah itu tadi tips dan trik untuk cara mengembalikan Instagram yang dihack. Setiap Anda melakukan hal tersebut, pihak Instagram mungkin akan langsung menghapus akun Anda. Jadi, pastikan Anda mendaftarkan akun Instagram dengan e-mail dan nomor HP yang benar. Selamat mencoba ya!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Listiorini
Do the Best Go Fight Win!

Leave A Comment