carisinyal web banner retina

Begini Cara Mengetahui Siapa yang Memblokir Instagram Kita

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 25 April 2021

Instagram dan semua jejaring media sosial mempunyai fitur yang bisa memblokir pengguna. Apapun jenis alasannya, fitur ini membuat seseorang pengguna tidak bisa mengakses dan menerima notifikasi dari orang akun yang memblokir tersebut. Akun pengguna yang diblokir kadang kala tidak menyadari bahwa ia telah ditutup aksesnya terhadap akun lain.

Ini disebabkan karena aplikasi Instagram tidak akan memberikan notifikasi terkait pemblokiran tersebut. Namun, ini ada baiknya sebab jika Instagram memberikan informasi mengenai pemblokiran yang dilakukan suatu akun, maka akan memicu sebuah pertengkaran. Tapi, tetap saja ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui siapa yang telah memblokir kita di Instagram.

1. Cari Profil Pengguna di Menu Search Bar

Begini Cara Mengetahui Siapa yang Memblokir Instagram Kita 1

Cara paling awal untuk mengetahui blokir Instagram adalah dengan mengecek profil Instagram pengguna. Masukkan nama akun pengguna di kolom pencarian Instagram. Jika kamu melihat profil Instagram berserta Feed yang diunggahnya, maka itu artinya Instagram-mu tidak diblokir olehnya.

Cara tersebut berlaku pada akun yang diatur dalam pengaturan publik. Namun, jika akun berada pada pengaturan pribadi maka kamu hanya akan melihat notifikasi di akun tersebut “Akun Ini Pribadi,” tetapi kamu masih bisa melihat jumlah pengikut dan mengikuti yang dimiliki akun tersebut.

Namun, jika profil sama sekali tidak ditemukan, termasuk unggahan pada Story, maka kemungkinan besar pengguna akun tersebut sudah men-deactivate akunnya atau akunmu memang sudah diblokir.

Selain itu, kamu bisa juga mencari profilnya dari tag unggahan. Namun, jika kamu tidak bisa menemukan akun tersebut sejak awal, kemungkinan besar akunmu diblokir. Atau bisa jadi pengguna sudah menghapus akunnya.

2. Memeriksa Profil

Begini Cara Mengetahui Siapa yang Memblokir Instagram Kita 3

Saat seseorang memblokir pengguna, Instagram tidak akan menghapus komentar atau tag ada unggahan lama di profil pengguna. Oleh sebab itu, jika kamu tidak bisa menemukan akun pengguna di kolom pencarian, kamu bisa coba mengakses akun tersebut dari kolom komentar dan tag foto.

Jika profil tersebut menampilkan jumlah unggahan tetapi unggahan tersebut tidak ada, bersabarlah sepertinya akunmu memang sudah diblokir oleh pengguna tersebut.

3. Tidak Bisa Kirim DM dan Menulis Komentar

Begini Cara Mengetahui Siapa yang Memblokir Instagram Kita 5
Sumber: www.pixabay.com

Cara lain untuk memastikan akunmu tidak diblokir adalah dengan mengirimkan pesan langsung atau DM. Apabila kamu masih bisa mengirimkan pesan singkat melalui fitur Direct Message atau DM ke akun seseorang, itu tandanya akunmu masih aman, tidak diblokir.

Pasalnya jika kamu masih bisa mengirimkan pesan melalui fitur tersebut, bisa saja terjadi kesalahan pada akunmu atau ada masalah dengan akun pengguna tersebut. Dan itu tidak terkait masalah pemblokiran.

Ini berlaku dengan kolom komentar. Nah, jika kamu masih bertanya-tanya apakah akunmu diblokir oleh pengguna tersebut kamu bisa coba menulis komentar di unggahan pemilik akun yang ingin kamu cek.

Perhatikan apakah komentar yang kamu berhasil tampil di unggahan akun pengguna tersebut atau tidak. Jika akunmu diblokir tentu saja komentar yang kamu tinggalkan pada unggahannya tidak akan muncul.

4. Cek Melalui Website

Begini Cara Mengetahui Siapa yang Memblokir Instagram Kita 7

Cara lain untuk memastikan akunmu diblokir atau tidak adalah dengan mengeceknya via web browser Instagram. Pertama, buka profil akun pengguna, kemudian masukan tautan Instagram.com/nama akun yang ingin kamu cek.

Jika muncul notifikasi “Maaf, laman ini tidak tersedia”, itu berarti akun Instagram-mu sudah terblokir. Namun, masih ada kemungkinan bahwa pengguna tersebut telah mendeaktivasi akun Instagramnya.

Untuk itu kamu bisa mengeceknya dengan menggunakan mode Incognito. Kemudian, buka akun profil tersebut melalui tautan.

5. Follow Ulang

Begini Cara Mengetahui Siapa yang Memblokir Instagram Kita 9
Sumber: www.pixabay.com

Lakukan percobaan ini untuk memastikan apakah akunmu terblokir atau tidak. Caranya adalah dengan memfollow ulang akun tersebut. Jika akun milikmu diblokir kamu tidak dapat memfollow ulang akun tersebut.

Sebaliknya, jika akunmu masih bebas dari blokir, kamu masih bisa melakukan follow ulang dan masih bisa melihat unggahannya termasuk Story dan unggahan dalam tag.

6. Buat Akun Baru

Begini Cara Mengetahui Siapa yang Memblokir Instagram Kita 11

Cara di atas masih belum bisa akurat dalam memastikan akun Instagram-mu diblokir atau tidak. Pasalnya ada kemungkinan akun orang tersebut berada dalam mode nonaktif, baik itu secara permanen atau sementara. Masih ada cara lain yang bisa kamu coba agar lebih yakin.

Cara selanjutnya adalah dengan membuat akun baru yang tidak pernah berinteraksi dengan akun pengguna yang sedang kamu cek. Untuk mengeceknya, buka profil pengguna dari akun kedua yang baru kamu buat.

Namun, jika kamu hanya memiliki satu akun, kamu bisa ikut membuka akun Instagram orang tersebut untuk dibuka di akun temanmu. Hasilnya, jika akun temanmu masih bisa mengakses akun tersebut itu berarti akunmu memang diblokir olehnya. Namun, jika akun tersebut tidak ditemukan, bisa dipastikan akun tersebut sudah dinonaktifkan.

7. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Begini Cara Mengetahui Siapa yang Memblokir Instagram Kita 13

Saat akunmu diblokir, kamu mungkin tidak akan langsung menyadari saat itu juga. Biasanya kamu akan menyadarinya saat kamu sudah tidak melihat unggahan atau Story akun tersebut dalam waktu lama.

Atau bisa juga ketika kamu mengirimkan pesan melalui fitur Direct Message kepadanya, tetapi kamu menemukan profilnya menjadi tertutup. Itu adalah ciri bahwa lain bahwa Instagram kamu telah diblokir oleh pengguna lain.

Tapi ada cara yang lebih efektif, yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Jika kamu pengguna iOS, kamu bisa gunakan aplikasi Followers Track For Instagram.

Sementara untuk kamu pengguna ponsel Android, kamu bisa dapatkan aplikasi Statusbrew. Aplikasi ini memungkinkan kamu mengelola media sosialmu dengan lebih mudah dan praktis. Cara untuk mengetahui siapa yang memblokir kamu di Instagram adalah sebagai berikut:

  • Login dengan menggunakan akun Instagram-mu.
  • Klik pada akunmu tersebut.
  • Akun tersebut akan disinkronkan dengan aplikasi Statusbrew ketika kamu login.
  • Saat akun Instagram dimuat, klik pada menu tab New Unfollowers. Nah, daftar ini akan menampilkan semua akun unfollower-mu.
  • Untuk akun yang telah memblokir akun Instagram-mu, akun tersebut akan menolak sehingga kamu harus kembali ke aplikasi Instagram dam mencari nama profil pengguna yang telah menghalangi aplikasi memuat daftar unfollower tersebut.
  • Aplikasi akan membentuk deretan akun yang tidak bisa dideteksi oleh Statusbrew. Dan akun yang tersortir tersebut adalah akun yang telah memblokir kamu. Dari sanalah kamu mengetahui akun siapa yang telah memblokir kamu di Instagram.

Demikianlah cara untuk mengetahui akun siapa yang telah memblokirmu di Instagram. Dan kamu bisa melakukan cara-cara tersebut agar yakin dan menemukan siapa yang telah melakukan pemblokiran.

Pemblokiran akun seseorang memang bukanlah sebuah tindakan kriminal. Pasalnya itu adalah hak setiap orang ketika kenyamanan dan keleluasaannya dalam menjelajahi media sosia menjadi tergganggu. Namun, tetap saja meninggalkan tanda tanya dan perasaan tidak baik saat melihat akun Instagram kita diblokir.

Terlepas dari masalah yang memicu pemblokiran akun, rasanya kalau tidak terlalu mendesak, biarkan saja akses terhadap media sosial kita terbuka. Pasalnya memblokir sebuah akun media sosial sama saja dengan memutuskan komunikasi pertemanan.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram