carisinyal web banner retina

Inilah Cara Mudah Mengganti Nama Bluetooth di HP Xiaomi

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Bluetooth menjadi salah satu fitur yang selalu hadir di sebuah HP, termasuk Xiaomi. Hal itu karena fungsinya yang cukup penting. Misalnya, dengan menggunakan Bluetooth ini, Anda bisa menghubungkan HP Xiaomi Anda dengan perangkat lain seperti HP lain, laptop, komputer, smart watch, dan sebagainya.

Menghubungkan perangkat dengan perangkat lain memiliki tujuan yang beragam. Namun, salah satu yang sering dilakukan adalah agar keduanya tersinkronisasi atau untuk mengirim dan menerima file. Soal kecepatan memang tidak akan lebih cepat dari media transfer lain, apalagi jika ukuran file yang dikirim termasuk besar.

Namun, Bluetooth ini memiliki satu keunggulan yaitu tidak memerlukan koneksi internet. Jadi, jika sinyal HP sedang sulit atau bahkan tidak ada, Anda bisa memanfaatkan Bluetooth untuk sekadar mentransfer file. Meski begitu, karena Bluetooth tidak membutuhkan jaringan internet, maka Anda harus menghubungkannya terlebih dahulu secara manual.

Nah, agar tidak terjadi kesalahan saat proses menghubungkan, ada baiknya Anda mengganti nama Bluetooth terlebih dahulu. Jika masih bingung bagaimana caranya, tidak usah khawatir. Sebab dalam artikel ini, tim Carisinyal akan memaparkan bagaimana cara mengganti nama Bluetooth di HP Xiaomi dengan mudah.

Cara Mengganti Nama Bluetooth di HP Xiaomi

mematikan iklan xiaomi

Sebagai informasi, HP yang digunakan dalam artikel ini adalah Xiaomi Redmi Note 10S. HP ini sudah menggunakan sistem operasi Android 12 dan antarmuka MIUI 13.0.9. Meski begitu, cara yang harus dilakukan tidak akan jauh berbeda dari HP Xiaomi lainnya. Nah, agar lebih jelas, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memasuki Setelan pada Bluetooth. Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan.
cara ubah tampilan indikator baterai
  • Salah satunya adalah melalui aplikasi Setelan dengan membuka aplikasinya langsung atau melalui bar notifikasi.
cara mengganti nama bluetooth hp xiaomi
  • Setelah itu, pilih menu “Bluetooth” untuk masuk ke setelannya.
cara mengganti nama bluetooth hp xiaomi
  • Selain cara tersebut, Anda juga bisa memasuki setelan tersebut dengan lebih cepat.
  • Caranya adalah dengan membuka bar notifikasi sistem, kemudian tekan lama pada ikon Bluetooth.
  • Setelah itu, setelan Bluetooth akan langsung terbuka.
  • Selain menekan lama, Anda juga bisa menekan nama “Bluetooth” yang berada di bawah ikon.
cara mengganti nama bluetooth hp xiaomi
  • Kemudian pilih “Setelan lanjutan”.
cara mengganti nama bluetooth hp xiaomi
  • Nah, setelah berhasil memasuki setelan Bluetooth, Anda bisa menekan “Nama perangkat” untuk mengganti nama Bluetooth Anda.
cara mengganti nama bluetooth hp xiaomi
  • Setelah itu, silakan tulis nama yang Anda inginkan. Disarankan untuk menggunakan nama yang unik, agar tidak sama dengan nama Bluetooth miliki orang lain.
  • Setelah itu tekan tanda centang yang berada di sebelah kanan atas.
  • Selesai, nama Bluetooth Anda berhasil diganti.

Cara Menghubungkan Bluetooth dengan Perangkat Lain

cara menghilangkan iklan di HP xiaomi ganti lokasi

Setelah berhasil mengganti nama Bluetooth agar mudah ditemukan. Sekarang, Anda bisa langsung mencoba menghubungkan dengan perangkat lain melalui Bluetooth. Agar lebih mudah dalam menghubungkan dengan perangkat lain, Anda bisa menyimpan Bluetooth perangkat tersebut terlebih dahulu.

Adapun cara yang harus dilakukan sangat mudah. Agar lebih jelas, berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memastikan Bluetooth di kedua perangkat tersebut menyala.
cara mengganti nama bluetooth hp xiaomi
  • Anda bisa mengaktifkannya dengan cepat melalui bar notifikasi hingga berwarna biru, atau melalui setelan HP Anda.
  • Setelah itu, tekan lama pada ikon Bluetooth agar masuk ke setelan Bluetooth.
cara mengganti nama bluetooth hp xiaomi
  • Tunggu beberapa saat hingga perangkat menemukan perangkat Bluetooth yang dituju. Jika sudah ada, silakan tekan nama perangkat tersebut.
cara mengganti nama bluetooth hp xiaomi
  • Setelah itu, Anda akan dimintai persetujuan untuk tindakan selanjutnya yaitu dengan memblokir, batal, atau pasangkan.
  • Silakan pilih “Pasangkan” untuk memasangkan baik dari HP Xiaomi Anda atau dari perangkat lain yang dituju.
cara mengganti nama bluetooth hp xiaomi
  • Jika sudah berhasil terpasang, nama perangkat Bluetooth tersebut akan masuk ke daftar perangkat yang terpasang atau tersimpan. Dengan begitu, Anda bisa menghubungkan dengan lebih mudah nantinya.

Cara Mengubah Nama Perangkat Bluetooth yang Tersimpan

Anda juga bisa mengubah nama perangkat yang sudah terhubung, loh. Cara ini bisa dilakukan agar Anda tidak keliru atau agar lebih mudah Anda kenali. Tenang saja, pengubahan nama ini sifatnya hanya sepihak, jadi nama tersebut tidak akan berubah di perangkat aslinya.

Agar lebih jelas, silakan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Untuk bisa melakukan hal ini, Anda harus memasuki setelan Bluetooth terlebih dahulu. Anda bisa gunakan beberapa cara yang telah disebutkan sebelumnya.
cara mengganti nama bluetooth hp xiaomi
  • Setelah masuk ke setelan Bluetooth, tekan ikon panah yang mengarah ke kanan di sebelah nama perangkat.
cara mengganti nama bluetooth hp xiaomi
  • Untuk mengganti nama perangkat tersebut, silakan pilih “Ganti nama”.
cara mengganti nama bluetooth hp xiaomi
  • Anda bisa dengan bebas mengganti nama perangkat tersebut sesuai keinginan Anda. Setelah itu, tekan tombol “Oke” untuk menyimpan perubahan.
  • Nama perangkat tersebut akan berubah di HP Xiaomi Anda, tetapi tidak di HP perangkat tersebut.

Nah, demikianlah pemaparan mengenai bagaimana cara mengganti nama Bluetooth di HP Xiaomi. Tidak hanya mengganti nama perangkat sendiri, Anda juga bisa mengganti nama perangkat lain yang sudah tersimpan. Pengubahan ini hanya bersifat sepihak, jadi fungsinya hanya untuk memudahkan Anda dalam mengingat perangkat tersebut saja.

Selain itu, menyimpan perangkat Bluetooth lain terlebih dahulu bisa memudahkan Anda dalam menghubungkan kedua perangkat tersebut. Sebab, ketika ingin menghubungkan, Anda tidak perlu mencari dan memasangkannya terlebih dahulu. Tetapi bisa langsung memasangkannya.

Meski kecepatan transfer dari Bluetooth ini terbilang lemah, keberadaannya tetap penting untuk beberapa perangkat. Apalagi untuk Anda para pekerja yang sering menggunakan perangkat elektronik. Kini, sudah mulai banyak perangkat yang memiliki koneksi Bluetooth, mulai dari mouse, keyboard, earphone atau earbuds, smart watch, dan sebagainya.

Keberadaan Bluetooth ini benar-benar membantu dalam memudahkan aktivitas. Sebab, dengan adanya Bluetooth ini, Anda tidak perlu lagi repot dengan kabel yang ada di perangkat tersebut. Selain berbicara soal Bluetooth, kami juga memiliki beberapa ulasan terkait tips HP Xiaomi seperti cara hide aplikasi, cara mengunci aplikasi, dan sebagainya. Sampai di sini dulu penjelasan kali ini, selamat mencoba.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram