Carisinyal / Aplikasi Edukasi / Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Ruang Guru di Android

Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Ruang Guru di Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 September 2018

Tidak perlu pergi ke tempat les untuk belajar, kini, aplikasi Ruang Guru hadir sebagai salah satu solusi cerdas untuk para anak yang ingin belajar online. Ya, Ruang Guru adalah aplikasi untuk belajar online mulai dari usia TK/Paud sampai jenjang perkuliahan lho.

Di sini, anak-anak akan diberikan bimbingan belajar secara intens melalui video, latihan soal, try-out, dan juga les privat. Bagaimana cara menggunakan aplikasi Ruang Guru? Mudah, Anda hanya membutuhkan smartphone Android saja.

Bagaimana cara daftar dan cara bayar untuk aplikasi Ruang Guru ini? Tak perlu bingung, di artikel ini, Kami akan bahas tutorial cara menggunakan aplikasi Ruang Guru termasuk untuk cara daftar dan cara bayar. Penasaran dan ingin juga memanfaatkan aplikasi Ruang Guru sebagai wadah belajar online? Simak berikut ulasannya.

Cara Download Aplikasi Ruang Guru

Cara Menggunakan Aplikasi Ruang Guru

Jika Anda belum memiliki aplikasi Ruang Guru, sebaiknya Anda mendownloadnya terlebih dahulu. Untuk cara mendownloadnya pun sangat mudah. Anda bisa ikuti tiga langkah di bawah ini:

  • Pilihlah aplikasi PlayStore dan bukalah aplikasi tersebut.
  • Kemudian, Anda bisa langsung cari aplikasi Ruangguru pada fitur mesin pencari di PlayStore.
  • Lalu, Anda bisa langsung klik Install.

Namun, jika ingin lebih praktis dan instan, Anda bisa langsung klik di sini untuk download aplikasi Ruang Guru.

Cara Daftar di Ruang Guru

Aplikasi Ruang Guru sudah terpasang di smartphone Anda? Nah, kini saatnya Anda mulai mengetahui cara menggunakan aplikasi Ruang Guru. Mulai dari mendaftarkan akun di aplikasi Ruang Guru. Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka dan masuk aplikasi Ruang Guru. Secara otomatis, akan muncul beberapa penjelasan. Jika Anda ingin langsung daftar, maka klik Lewati yang ada di bagian pojok kiri bawah.

Cara Daftar di Ruang Guru 1

  • Kemudian isi data diri anak yang ingin menggunakan aplikasi Ruang Guru. Ingat ya, data diri anak bukan data diri dari orang tua ataupun wali anak. Di sini Anda bisa daftar dengan Facebook, nomor HP, atau akun Google. Di sini, Kami mendaftarkan dengan akun Google maka kami klik Google di bagian bawah dan secara otomatis akan langsung didaftarkan.

Cara Daftar di Ruang Guru 2

  • Lalu, aplikasi Ruang guru akan meminta untuk melengkapi data orang tua seperti nama orang tua dan juga nomor HP dari orang tua. Jika sudah lengkap terisi, maka Anda bisa langsung klik SUBMIT FORM.

Cara Daftar di Ruang Guru 3

  • Jika sudah selesai mengisi data diri orang tua murid atau wali murid, kini Anda bisa langsung mendaftarkan diri dengan mengisi nomor HP, kelas (TK/SMP/SMA/dll), wilayah tempat tinggal, dan kota/kabupaten. Nah, selanjutnya Anda bisa langsung klik Lengkapi. Kini Anda sudah selesai terdaftar sebagai salah satu pengguna aplikasi Ruang Guru.

Cara Daftar di Ruang Guru 4

Cara Mendaftarkan Digital Bootcamp

Aplikasi Ruang Guru memiliki berbagai macam fitur yang memudahkan anak untuk belajar secara online, salah satu fiturnya adalah Digital Bootcamp. Ini adalah fitur dimana anak bisa belajar secara online bersama dengan siswa lainnya.

Tak hanya itu saja, bahkan anak juga bisa mengakses video pelajaran di ruangbelajar. Dan juga, materi yang ditawarkan pun cukup lengkap. Nah, sebelum menikmatinya, Anda harus mendaftarkan anak terlebih dahulu dan beginilah caranya:

  • Saat berada di Home pilihlah dan klik digitalbootcamp.

Cara Mendaftarkan Digital Bootcamp 1

  • Kemudian klik pelajari lebih lanjut.

Cara Mendaftarkan Digital Bootcamp 2

  • Lalu Anda bisa langsung klik Daftar Sekarang.

Cara Mendaftarkan Digital Bootcamp 3

  • Setelah itu, isilah data diri siswa dengan lengkap. Disarankan untuk mengisi e-mail orang tua karena perincian biaya dan pembayaran akan dikirimkan melalui e-mail. Jika sudah mengisi semua data diri dan memilih paket pelajarannya, maka Anda bisa langsung klik Daftar Sekarang.

Cara Mendaftarkan Digital Bootcamp 4

  • Nah, kini Anda selesai mendaftarkan diri dan rincian biaya akan dikirimkan melalui e-mail yang Anda berikan tadi. Atau jika Anda merasa masih bingung, maka Anda bisa langsung menghubungi nomor telepon yang tertera. Jangan lupa, cek e-mail Anda untuk konfirmasi pemesanan guru privat Anda.

Cara Mendaftarkan Digital Bootcamp 5

Cara Memanggil Guru Privat

Jika anak Anda merasa kurang nyaman belajar bersamaan secara online, maka Anda bisa memilih fitur ruangles. Ini merupakan fitur yang akan menyediakan guru les privat. Kelebihan dari fitur ruangles, Anda bisa menentukan lokasi belajar, waktu belajar, memilih pelajaran yang ingin diajarkan, dan juga memilih guru yang diinginkan. Mau memesan guru privat? Berikut tata cara pemesanannya:

  • Di menu home Anda bisa langsung klik dan pilih ruangles.

Cara Memesan Guru Privat 1

  • Berikutnya, Anda bisa klik PESAN GURU PRIVAT yang ada di bagian bawah.

Cara Memesan Guru Privat 2

  • Nah, di sini Anda bisa memilih untuk Cari Guru Sendiri atau Pilihkan Guru Untuk Saya, pilih salah satunya. Jika Anda ingin mencari guru sendiri sesuai dengan keinginan, maka pilihlah Cari Guru Sendiri. Namun, jika Anda merasa bingung untuk memilih guru, maka Anda bisa meminta bantuan Pilihkan Guru Untuk Saya.

Cara Memesan Guru Privat 3

  • Keduanya sama-sama harus mengisi data diri dan formulir. Untuk Cari Guru Sendiri Anda hanya perlu mengisi jenjang, mata pelajaran, dan kota/kabupaten. Jangan lupa juga untuk memilih kisaran harga. Jika sudah lengkap, langsung klik CARI GURU.

Cara Memesan Guru Privat 4

  • Namun bagi Anda yang memilih Pilihkan Guru Untuk Saya, maka ada beberapa formulir yang harus diisi. Di awal, Anda akan mengisi jenjang, mata pelajaran, hingga jumlah pertemuan. Jika sudah selesai, klik Selanjutnya.
  • Setelah itu isilah alamat atau lokasi belajar. Biasanya guru akan datang ke rumah Anda, jadi isilah alamat rumah secara lengkap. Setelah itu, Anda bisa langsung klik Selanjutnya.

Cara Memesan Guru Privat 5

  • Nah, kini Anda saatnya mengisi data diri berupa nama, e-mail, nomor HP, dan juga kelas. Sudah selesai? Klik Kirim.

Cara Memesan Guru Privat 6

  • Jika sudah selesai, maka Ruang Guru akan memberikan notifikasi bahwa formulir Anda sudah diterima dan akan mencarikan guru untuk Anda.

Cara Memesan Guru Privat 7

Cara Menanyakan PR Secara Online

Mungkin beberapa permasalahan siswa adalah PR (pekerjaan rumah). Ya, terkadang PR membuat bingung siswa. Nah, tak perlu khawatir, pasalnya anak Anda bisa chatting via online dengan guru dari Ruang Guru untuk membahas PR yang dirasa sulit. Caranya mudah, Anda hanya perlu ikuti beberapa tahap berikut ini:

  • Pada halaman home, pilih dan klik ruanglesonline.

Cara Menanyakan PR Secara Online 1

  • Sebelum memilih kelas, pastikan koin Anda cukup untuk ruanglesonline. Nah, Anda bisa klik beli koin untuk membeli koin.

Cara Menanyakan PR Secara Online 2

  • Di beli koin ada beberapa paket koin, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan pilihlah harga yang sesuai. Kisaran harga untuk koin mulai dari Rp 20.000 s/d Rp 400.000.

Cara Menanyakan PR Secara Online 3

  • Klik salah satu paket koin, kemudian langsung scroll down untuk klik PILIH METODE PEMBAYARAN.

Cara Menanyakan PR Secara Online 4

  • Berikutnya, ada beberapa cara membayar melalui bank, kartu kredit, indomaret, atau alfamart. Pilih salah satunya dan bayar. Mudah, kan?

Cara Menanyakan PR Secara Online 5

  • Kini Anda sudah memiliki koin, maka langsung saja pilih kelasnya untuk menanyakan PR secara online.

Cara Menanyakan PR Secara Online 6

Cara Melakukan Try-out di Ruang Guru

Nah, selain menyediakan fasilitas guru privat atau belajar online, Ruang Guru juga memiliki fitur untuk melakukan try-out secara online. Untuk mengikuti Try-out, Anda bisa ikuti tahap-tahap berikut ini:

  • Pada halaman home, Anda bisa langsung klik ruanguji.

Cara Melakukan Try-out di Ruang Guru 1

  • Kemudian, klik LIHAT PILIHAN TRYOUT.

Cara Melakukan Try-out di Ruang Guru 2

  • Lalu, Anda bisa langsung pilih kategori tryout sesuai dengan kebutuhan, klik salah satunya.

Cara Melakukan Try-out di Ruang Guru 3

  • Berikutnya, pilihlah tryout yang ingin dikerjakan.

Cara Melakukan Try-out di Ruang Guru 4

  • Nah, setelah itu Anda bisa klik Mulai Tryout.

Cara Melakukan Try-out di Ruang Guru 5

  • Selanjutnya, Anda klik MULAI.

Cara Melakukan Try-out di Ruang Guru 6

Berikut tadi adalah penjelasan mengenai tata acara menggunakan aplikasi Ruang Guru untuk belajar secara online. Nah, jika Anda membutuhkan aplikasi belajar berbagai pelajaran sekolah, bisa cek di sini. Semoga bermanfaat untuk Anda!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

3 pemikiran pada “Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Ruang Guru di Android”

  1. cara membuka aplikasi ruang guru

  2. Kalau smk gimana, di ruang belajar dll kok nggak ada adanya cuma x ipa dan x ips, sedangkan smk gak ada

  3. Ingin belajar

Tinggalkan komentar