carisinyal web banner retina

3 Cara Menggunakan Aplikasi Samsung Health

Ditulis oleh Jihan Fauziah
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Menjaga kesehatan tubuh tentu sangat penting. Anda bisa melakukan banyak cara agar tubuh tetap sehat, segar dan bugar. Termasuk dengan berolahraga dan menerapkan pola tidur yang baik.

Untuk mendukung pola hidup sehat, Anda dapat memanfaatkan kemajuan teknologi melalui HP. Ya, kini, sudah tersedia berbagai macam aplikasi untuk olahraga dan aplikasi kesehatan yang dapat diunduh. Bahkan, beberapa brand HP sudah menyematkan aplikasi kesehatan sebagai aplikasi bawaan.

Salah satunya adalah Samsung, dengan aplikasi Samsung Health-nya. Aplikasi ini membawa beberapa fitur menarik yang dapat mendukung pola hidup sehat tentunya. Kira-kira, apa saja fitur tersebut dan bagaimana cara menggunakan Samsung Health ini? Silakan simak pembahasan dari tim Carisinyal berikut.

Fitur Menarik Samsung Health

samsung health_

Layaknya sebuah aplikasi, tentu Samsung Health dibekali dengan ragam fitur unggulan. Fitur yang pertama adalah Exercise. Fitur ini akan membantu Anda untuk menentukan lokasi, jarak dan target Anda berolahraga. Misalnya, seperti bersepeda, lari, hiking, atau berenang.

Selain itu, fitur yang tersedia di Samsung Health adalah pemantau komposisi tubuh. Anda dapat mengetahui berat badan, lemak tubuh serta komposisi otot rangka. Anda pun diperbolehkan untuk menentukan target penurunan berat badan, atau menaikkan massa otot dengan fitur ini.

Nah, satu fitur lain yang bisa Anda coba di Samsung Health adalah pemantau tidur. Fitur ini akan menghitung skor tidur Anda; apakah skor tidurnya sudah sesuai dengan usia dan jenis kelamin Anda atau tidak. Skor tidur ini ditentukan oleh berapa lama Anda tidur serta bergerak sepanjang malam.

Belum cukup sampai di situ, fitur pemantau tidur juga akan membantu untuk menghitung kadar oksigen dalam darah Anda agar nantinya bisa digunakan sebagai bahan evaluasi kesehatan. Ditambah lagi, fitur ini dapat mendeteksi dengkuran yang Anda buat selama tidur. 

Samsung Health akan menghitung waktu Anda mendengkur, lho. Satu lagi, Anda dapat melakukan pelatihan tidur agar mendapatkan pola tidur yang sesuai.

Cara Menggunakan Samsung Health

Lepas membahas mengenai fitur unggulannya, kini tim Carisinyal akan membawa Anda pada pembahasan utama: cara menggunakan Samsung Health. Simak langsung saja pembahasannya di bawah ini.

Cara Pakai Fitur Exercise di Samsung Health

Pertama, tim Carisinyal akan membahas mengenai cara menggunakan fitur Exercise di Samsung Health. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, fitur ini akan membantu Anda untuk mencapai target workout. Entah itu tujuannya untuk menurunkan kalori, atau tanpa target spesifik sekalipun. Kira-kira bagaimana cara pakainya? Ikuti langkah-langkah berikut!

samsung health 1-side 1_
  • Buka aplikasi Samsung Health. Jika baru pertama kali memakainya, silakan tekan ‘Continue’ saja untuk melanjutkan, sampai Anda ada di laman/beranda aplikasi.
samsung health 3-side 1_
  • Pilih opsi ‘Exercise’ yang muncul di laman beranda Samsung Health
  • Tentukan jenis olahraganya. Sebagai contoh, tim Carisinyal memilih walking atau berjalan kaki.
samsung health 5-side 11__1
  • Silakan pilih target olahraga Anda. Apakah berdasarkan kalori, jarak atau durasinya. Sebagai contoh, tim Carisinyal memilih jarak. 
  • Tentukan jarak, waktu atau jumlah kalori sesuai dengan kebutuhan. Kalau sudah, tekan tombol ‘Start’ untuk mulai berolahraga.

Dari sini, aplikasi akan membantu memantau aktivitas olahraga Anda. Ada informasi mengenai durasi, jarak, serta jumlah kalori yang akan tampak.

Selama berolahraga, Anda boleh memutar lagu melalui Spotify atau YouTube Music. Jika ingin sambil mendengarkan lagu, cukup tekan ikon bergambar not balok di bagian kanan atas layar. Lalu, pilih platform streaming musiknya.

Selama fitur ini aktif, Anda bisa melakukan jeda atau langsung menekan tombol ‘Finish’ secara manual, sesuai dengan kebutuhan.

Menggunakan Fitur Komposisi Tubuh (Body Composition

Selanjutnya, kami akan membahas cara memakai fitur Komposisi Tubuh atau Body Composition. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakan fiturnya.

samsung health 7 1__1
  • Masuk ke halaman utama Samsung Health. Pilih opsi 'Body Composition' atau Komposisi Tubuh.
samsung health 8 1__1
  • Silakan tekan tombol ‘Record’ di opsi Komposisi Tubuh (Body Composition).
samsung health 9 1__1
  • Masukkan data mengenai tubuh Anda. Salah satunya adalah berat badan. Setelah selesai, tekan tombol ‘Save’.
samsung health 10-side 1__1
  • Jika Anda ingin mencoba menentukan target untuk menurunkan berat badan, kembali ke menu utama Komposisi Tubuh.
  • Tekan titik tiga di bagian kanan atas layar. Lalu, pilih ‘Set targets’
  • Tentukan berat badan ideal Anda. Jangan lupa atur berapa lama waktu dietnya juga. Di sini, tim Carisinyal memilih target menurunkan berat badan jadi 50 kg dalam empat minggu. Kalau sudah, tekan tombol ‘Save’ untuk menyimpan.

Nah, sekarang target diet Anda sudah ada di aplikasi Samsung Health. Data mengenai komposisi tubuh Anda juga sudah tersedia. Anda bisa melanjutkan aktivitas olahraga sampai target tercapai, ya.

Pakai Fitur Pemantau Tidur

samsung health 12--side 1_

Nah, kalau Anda ingin menerapkan pola tidur yang lebih baik, fitur pemantau tidur bisa jadi solusi. Anda dapat memasukkan jam tidur secara manual dengan menekan tombol ‘Record di menu ‘Sleep’ pada halaman utama Samsung Health. 

Setelahnya, Anda bisa langsung menyimpan data tersebut dengan menekan tombol ‘Save’. Masukkan data jam tidur Anda secara konsisten. Aplikasi akan menampilkan statistik mengenai waktu tidur Anda, serta berapa banyak jumlah kalori yang dibakar dalam tubuh saat tidur.

Selain ketiga fitur di atas, Samsung Health juga menyediakan program olahraga dan kesehatan yang bisa Anda ikuti. Salah satunya adalah kumpulan program olahraga untuk wanita. Bagaimana, Anda tertarik untuk semakin rajin menggunakan aplikasi ini?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram