Carisinyal / Tips Trik / Tips Android / Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi WeSing Dengan Mudah

Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi WeSing Dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui

Anda hobi bernyanyi? Pasti sering mengunjungi tempat karaoke untuk menyalurkan hobi Anda. Namun, jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk pergi ke tempat karaoke, Anda dapat memanfaatkan aplikasi karaoke di ponsel Android Anda.

Percaya atau tidak, sekarang banyak Aplikasi untuk berkaraoke ria yang bisa Anda download langsung dari Google Play Store. Salah satunya adalah WeSing Karaoke. Yup, aplikasi huburan yang diluncurkan oleh Tencent Music Entertainment Hongkong dapat menjadi pilihan alternatif bagi Anda. Kali ini saya ingin berbagi tutorial cara menggunakan aplikasi WeSing Karaoke. Penasaran? Mari simak pembahasannya.

Cara Download Aplikasi WeSing Karaoke

Cara Menggunakan Aplikasi

Nah, sebelum memulai berkaraoke ria, Anda harus men-download serta menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan ponsel Anda terhubung dengan koneksi intenet.
  • Masuk ke aplikasi Google PlayStore
  • Carilah aplikasi WeSing Karaoke melalui mesin pencari atau kolom search.
  • Setelah aplikasi ditemukan, klik tombol install dan tunggu hingga proses download selesai.
  • Bila proses download telah selesai, install aplikasi di ponsel Anda.

Nah itu dia cara men-download aplikasi WeSing Karaoke di Google PlayStore. Untuk lebih mudahnya lagi, kami sediakan link download aplikasinya. Anda bisa mengunduhnya secara langsung di sini. Selanjutnya, simak langkah-langkah cara menggunakan aplikasi WeSing berikut ini.

Cara Menggunakan Aplikasi WeSing Karaoke

 1. Login Menggunakan Akun Email Atau Sosial Media

 

WeSing_Register

Setelah proses download dan instal selesai, Anda dapat langsung menggunakan aplikasi WeSing Karaoke. Namun, Anda harus melewati proses login terlebih dahulu. Caranya mudah, Anda hanya perlu login menggunakan akun Google, Facebook ataupun Twitter milik Anda. Anda tinggal memilih salah satu di antara ketiganya dan voila, Anda dapat memulai menggunakan aplikasi WeSing Karaoke.

 2. Mencari Lagu yang Akan Dinyanyikan

WeSing_Search

Langkah selanjutnya dari tutorial cara menggunakan aplikasi WeSing Karaoke adalah mencari lagu yang akan dinyanyikan. Caranya mudah. Anda hanya perlu mengklik tombol ikon mic yang terletak di bagian bawah seperti yang tertera pada gambar diatas. Lalu, ketikkan judul lagu yang ingin Anda nyanyikan di kolom search. Anda juga dapat mencari lagu berdasarkan nama artisnya melalui fitur artist atau bahkan mencari lagu terpopuler lewat chart.

Cara Menggunakan Aplikasi WeSing_Local

Selain itu, Anda dapat memilih lagu yang ingin Anda nyanyikan di fitur Local seperti yang tertera pada gambar. Di dalam fitur ini, tersedia lagu-lagu yang sebelumnya yang telah Anda download.

3. Mengatur Posisi Kamera

WeSing_SwitchCamera

Sebelum mulai merekam video untuk bernyanyi, Anda dapat mengatur posisi kamera  ponsel Anda. Caranya mudah, setelah menemukan lagu yang akan dinyanyikan dan meng-klik tombol ‘Sing Now’, di layar akan muncul pilihan mode bernyanyi, pengaturan kamera dan juga menu untuk memilih filter wajah.

Untuk mengatur posisi kamera, Anda dapat mengklik ikon kamera seperti pada gambar. Jika ingin menggunakan kamera depan, Anda hanya perlu mengklik ikon kamera tersebut dan secara otomatis akan berubah ke mode kamera depan.

4. Menggunakan Filter Wajah

WeSing_FaceFilter

Sementara itu, untuk menambahkan filter wajah, Anda tinggal mengklik ikon bergambar wajah, lalu Anda tinggal memilih filter yang diinginkan. Mudah sekali bukan?

5. Memilih Mode Bernyanyi

WeSing_SingingMode

Dalam aplikasi WeSing, Anda dapat memilih mode bernyanyi. Ya, jika Anda ingin bernyanyi sendiri, Anda bisa langsung memilih mode solo. Jika Anda ingin berduet Anda dapat memilih mode duet dan mencari partner untuk menyanyikan lagu yang sama. Caranya, Anda tinggal mengklik tombol duet seperti yang tertera pada gambar. Nantinya, akan muncul daftar profil user yang dapat diajak berduet bersama.

WeSing_Acapella

Nah, jika Anda lebih suka menyanyikan sebuah lagu tanpa iringan musik, Anda dapat memilih mode acappella. Sayangnya, mode acappella hanya bisa dilakukan sendiri saja. Untuk memilih mode acappella, Anda dapat kembali ke menu songbook dengan cara mengklik tombol mic di bagian bawah.

6. Merekam Video Saat Bernyanyi

WeSing_Keynotes

Jika Anda sudah memilih lagu, mengatur posisi kamera serta memilih mode bernyanyi, Anda bisa langsung merekam video dan menyanyikan lagu yang Anda pilih. Aplikasi akan langsung memutar instrumental musik dan menampilkan lirik dari lagu yang Akan dinyanyikan akan tampil di layar.

Anda dapat mengatur kunci nada dengan cara mengklik tombol ‘key’ di bagian bawah layar  agar Anda dapat bernyanyi sesuai range vocal Anda sendiri. Jika Anda ingin mengulang perekaman video, Anda dapat mengklik ikon ‘restart’.

WeSing_Finish

Bila perekaman telah selesai, Anda dapat mengklik ikon ‘Finish’. Pastikan anda bernyanyi dengan baik dan memiliki skor bernyanyi yang cukup agar Anda dapat mem-posting video yang Anda rekam tadi.

7. Mengedit Video Hasil Rekaman

WeSing_MusicEffect1

Sebelum video tersebut Anda post di WeSing Karaoke, Anda dapat mengeditnya terlebih dahulu. Anda dapat mengubah efek suara pada musik pengiring menggunakan fitur remix misalnya dari mode karaoke atau KTV menjadi psychedelic 3D untuk menyesuaikan efek dengan genre lagu yang Anda nyanyikan.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan efek untuk suara Anda dengan cara menggunakan fitur voice effect. Untuk mengedit musik videonya, Anda dapat menggunakan fitur MV Settings.

8. Mem-posting Rekaman Video

WeSing_next

Nah, jika proses perekaman dan editing video serta audio telah selesai, Anda dapat mem-posting video karaoke yang Anda rekam dengan cara meng-klik tombol ‘Next’. Anda juga dapat menyimpan video dengan cara meng-klik ikon panah bertuliskan ‘Save’. Sebelum mem-posting, Anda juga dapat menambahkan pesan status untuk video yang akan Anda upload. Anda tinggal mengklik tombol post dan video Anda telah berhasil dibagikan.

9. Mengecek Video atau Lagu yang Tersimpan

WeSing_Downloads

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dalam aplikasi WeSing Karaoke, Anda dapat men-download lagu yang ingin Anda nyanyikan nanti. Selain lagu, Anda juga dapat menyimpan hasil rekaman video keseluruhan dalam aplikasi ini. Caranya mudah, Anda hanya tinggal membuka menu pengaturan profil saja. Lagu yang anda simpan Akan masuk ke menu ‘Download’.

WeSing_Local Records

Sedangkan videonya akan tersimpan di menu ‘Local Records’. Video hasil duet Anda dengan teman juga dapat Anda cek melalui menu pengaturan profil.

10. Mem-follow Sesama Pengguna Aplikasi

WeSing_Discover

Aplikasi WeSing Karaoke adalah salah satu aplikasi karaoke di ponsel Android yang memiliki cukup banyak pengguna. Anda dapat mem-follow pengguna lainnya dan berduet dengan mereka.

WeSing_FollowUser

Caranya gampang, Anda hanya perlu memilih ikon bergambar bola dunia seperti yang tertera pada gambar, untuk memasuki menu ‘Discover’. Setelah itu, Akan muncul daftar profil pengguna lain. Anda dapat mem-follow sesama pengguna lewat profilnya masing-masing.

Itulah tutorial cara menggunakan aplikasi WeSing yang dapat Anda praktikkan sendiri kapanpun dan dimanapun. Selain bisa menyalurkan hobi bernyanyi, lewat aplikasi ini juga Anda dapat menemukan teman, hingga mengikuti kompetisi. Menarik bukan? Nah, bagaimana, Anda siap untuk mencoba aplikasi WeSing Karaoke sekarang juga?

Selain WeSing karaoke, aplikasi berjenis hiburan lain yang dapat Anda coba adalah Smule. Ya, aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi hiburan berkonsep karaoke terpopuler di Indonesia dan memiliki banyak sekali pengguna.

Selain tutorial cara menggunakan aplikasi WeSing Karaoke, saya sarankan Anda untuk membaca artikel mengenai “Langkah-langkah Cara Menjadi VIP di Smule“, terutama jika Anda telah menggunakan aplikasi ini dan ingin beralih menjadi member VIP,

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Jihan Fauziah
Penikmat musik ber-genre alternative rock dan indie, pecinta kuliner dan (bukan) gamer sejati. Aktif menulis di blog pribadi sejak SMP hingga saat ini.

Leave A Comment