Carisinyal / Media Sosial / Tutorial Cara Menggunakan Ask.fm yang Mudah untuk Pemula

Tutorial Cara Menggunakan Ask.fm yang Mudah untuk Pemula

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Belakangan ini ada sebuah media sosial yang sedang booming di Indonesia yakni Ask.fm. media sosial tersebut sangat digandrungi oleh para remaja Indonesia sehingga banyak yang mencantumkan profil ask.fm miliknya di biodata atau media sosial yang lain.

Ask.fm sendiri bukanlah sebuah media sosial yang baru karena sudah ada sejak tahun 2013 silam. Ask.fm menyuguhkan sebuah wadah tanya jawab bagi para penggunanya. Di sini Anda dapat bertanya ke pengguna yang lain ataupun menjawab pertanyaan dari orang lain.

Tidak hanya bertanya saja, terkadang ada juga pengguna yang meminta pengguna lain untuk melakukan sesuatu seperti memposting foto dan sejenisnya. Anda juga dapat memberikan like terhadap pertanyaan dan jawaban yang diajukan oleh para pengguna Ask.fm ini.

Jika Anda baru memiliki akun Ask.fm ini, Anda mungkin akan sedikit kebingungan dengan berbagai fitur dan istilah yang dimilikinya. Maka dari itu, kali ini Carisinyal akan mengulas cara menggunakan Ask.fm ini agar Anda dapat dengan cepat memahami fitur-fiturnya.

Cara Membuat Akun Ask.fm

Sebelum mengulas berbagai fitur dan cara menggunakannya, mari kita bahas terlebih dahulu langkah-langkah cara mendaftar di Ask.fm ini. Cara mendaftarnya tidaklah sulit karena Anda hanya memerlukan email atau akun media sosial yang lain. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka situs Ask.fm lalu klik tombol “Join Now” atau bisa juga langsung membuka halaman ini.

Cara Membuat Akun Ask fm 1

2. Silahkan isi berbagai kolom data yang disediakan seperti username, password, dan lainnya. Setelah itu klik tombol Sign up.

3. Anda akan diminta untuk menghubungkan akun Ask.fm dengan Facebook agar bisa mencari teman yang sudah terdaftar. Jika tidak ingin melakukannya, silahkan tekan tombol Skip.

4. Sekarang Anda akan langsung dibawa ke beranda dan dapat langsung menggunakan akun Ask.fm tersebut.

Cara Membuat Akun Ask fm 2

Selain mendaftar menggunakan email, Anda juga dapat mendaftar dengan menggunakan akun media sosial yang lainnya seperti Facebook, Twitter, dan Vk. Nantinya Ask.fm akan langsung mengambil biodata Anda dari media sosial tersebut sehingga Anda tidak perlu memasukannya secara manual.

Cara Bertanya Ke Teman

cara menggunakan ask.fm

Untuk bertanya sesuatu ke teman Anda sangatlah mudah, Anda hanya tinggal membuka beranda lalu klik tombol “Tanyakan ke teman” yang ada di sebelah kanan atas. Selanjutnya silahkan ketik pertanyaannya di kolom yang tersedia. Anda hanya dapat membuat pertanyaan dengan maksimal 300 karakter saja.

Setelah itu silahkan pilih teman yang ingin diajukan pertanyaan tersebut. Anda dapat mengajukan pertanyaan tersebut untuk satu teman atau beberapa teman sekaligus. Maksimal teman yang dapat diajukan pertanyaan secara bersamaan adalah 50 orang.

Setelah itu, Anda dapat memilih untuk menampilkan identitas atau menyembunyikannya dengan cara menceklis opsi “Sembunyikan nama saya”. Jika Anda menyembunyikannya, maka Anda akan bersifat anonim sehingga teman Anda tidak akan tahu siapa yang mengajukan pertanyaan.

Setelah semuanya diatur, silahkan klik tombol “Tanyakan” untuk mengirim pertanyaan tersebut. Selain dengan cara di atas, Anda juga dapat mengajukan pertanyaan secara langsung jika mengunjungi profil teman Anda tersebut.

Cara Menjawab Pertanyaan

menjawab pertanyaan ask.fm

Untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh teman Anda, silahkan klik menu pertanyaan yang ada di bagian atas. Pada halaman tersebut Anda akan melihat daftar pertanyaan dari teman Anda. Untuk menjawabnya, silahkan klik opsi “Jawab” yang ada di bawah masing-masing pertanyaan tersebut.

Silahkan ketik jawabannya pada kolom yang disediakan. Anda juga dapat menambahkan gambar dengan cara mengklik tombol kamera yang ada di bawahnya. Jika ingin membagikan jawaban yang Anda buat, silahkan ceklis opsi media sosial yang ada di samping tombol kamera. Setelah itu, klik tombol “Jawab” untuk mengirim jawabannya.

Selain menjawab dengan teks dan gambar, Anda juga dapat menjawab pertanyaan yang diajukan dengan merekam video. Caranya, klik opsi “Rekam video jawaban” di bawah setiap pertanyaan. Setelah itu, Anda dapat langsung merekam video jawabannya dengan menggunakan webcam di PC atau laptop Anda.

Selain pertanyaan dari teman, setiap harinya Anda juga akan mendapatkan pertanyaan umum dari Ask.fm yang bisa Anda jawab atau abaikan. Selain itu, Anda juga dapat meminta Ask.fm untuk mengirimkan pertanyaan acak dengan cara mengklik tombol “Dapatkan pertanyaan acak” di sebelah kanan atas.

Cara Memberikan Like

Cara Memberikan Like

Jika Anda menyukai jawaban yang diberikan oleh teman atau pengguna Ask.fm lainnya, maka Anda dapat memberikan like dengan cara mengklik tombol hati yang ada di sebelah kanan bawah dari jawaban tersebut. Namun ingat, setelah memberikan like maka Anda tida bisa melakukan unlike untuk jawaban tersebut.

Cara Membuat Polling

Cara Membuat Polling

Selain bisa memberikan pertanyaan, Ask.fm juga menyediakan fitur dimana Anda bisa membuat polling. Dengan fitur ini, Anda bisa melemparkan dua pilihan untuk kemudian dipilih oleh teman-teman pengguna Ask.fm lainnya. Misalnya, Anda sedang bingung memilih foto profil yang cocok.

Nah, Anda bisa manfaatkan fitur polling ini. Biarlah teman Ask.fm Anda memilih foto yang cocok untuk Anda. Di fitur polling ini juga, Anda bisa melihat hasil polling / voting terbanyak dari teman Ask.fm Anda. Cara menggunakan fitur Polling sangat mudah.

Pertama, Anda klik tanda “+” lalu  pilih “create poll.” Kemudian, Anda akan diminta untuk mengupload dua gambar yang akan dijadikan polling. Klik pada bagian “Choice 1” untuk gambar pertama, dan “Choice 2” untuk gambar kedua. Jangan lupa sertakan kata-kata agar teman Ask.fm memvoting suaranya untuk Anda. Jika sudah selesai, langsung klik simbol “panah.”

Cara Melihat Followers dan Following

follower ask.fm

Untuk melihat followers yang Anda miliki, silahkan klik menu profil. Di sana akan ditampilkan berapa followers atau pengikut yang Anda miliki. Sayangnya Anda hanya bisa melihat jumlahnya saja dan tidak bisa melihat siapa saja yang menjadi followers Anda tersebut.

Sedangkan untuk melihat daftar following atau orang-orang yang Anda ikuti, maka Anda hanya tinggal mengklik menu Teman. Di sana akan ditampilkan para pengguna Ask.fm yang sudah Anda ikuti. Namun meskipun Anda sudah mengikutinya, mereka tidak akan mengetahui bahwa Anda sudah menjadi pengikutnya.

Cara Melihat Penanya Anonim

Cara Melihat Penanya Anonim

Seperti tergambar dari namanya, penanya anon atau anomin merupakan penanya rahasia yang menyembunyikan identitasnya. Dengan begitu kita tidak akan bisa mengetahui siapa pengguna Ask.fm yang mengajukan pertanyaan tersebut.

Agar tidak ada yang memberikan pertanyaan anonim di kemudian hari, maka Anda dapat mengaturnya secara mudah. Caranya, buka menu pengaturan / setting lalu scroll down dan jangan beri tanda checklist pada pilihan “Allow Anonymous questions.” Secara otomatis, Anda tidak akan menerima penanya anonim lagi.

Cara Menghapus Akun Ask.fm

nonaktifkan akun ask.fm

Jika Anda ingin menghapus akun Ask.fm karena satu dan lain hal, maka Anda hanya tinggal mengunjungi halaman ini. Di sana silahkan baca beberapa informasi penting yang diberikan, lalu isis kode captcha, dan terakhir klik tombol “Meninggalkan Ask.fm”.

Setelah menekan tombol tersebut akun Anda masih akan disimpan di server Ask.fm selama 30 hari sehingga Anda dapat mengaktifkannya kembali sebelum batas waktu tersebut. Namun jika sudah lebih dari 30 hari, maka akun Anda akan dihapus secara permanen.

Jika tidak ingin menghapus, maka Anda dapat menonaktifkan akun untuk sementara saja. Caranya,  Anda hanya tinggal membuka menu Pengaturan lalu klik opsi “Nonaktifkan Akun” yang terletak di pojok kanan bawah.

Setelah itu silahkan masukan password lalu klik tombol “Nonaktifkan akun”. Akun Anda langsung dinonaktifkan namun Anda bisa mengaktifkannya kembali kapan saja. Anda juga tidak usah khawatir akun tersebut akan dihapus oleh pihak Ask.fm.

Istilah-Istilah Populer di Ask.fm

askFM

Setelah mengulas cara menggunakan Ask.fm, sekarang mari kita membahas beberapa istilah atau kosakata gaul yang biasa digunakan oleh para pengguna Ask.fm. Berbagai kosakata tersebut sering digunakan untuk bertegur sapa atau untuk meminta sesuatu. Nah, berikut adalah beberapa istilahnya:

  • PAP: Singkatan dari “post a picture”, artinya si penanya meminta kita untuk mengunggah foto atau gambar tertentu.
  • VR: Singkatan dari “video record” yang berarti si penanya meminta kita untuk menjawab dengan cara merekan video.
  • ToD: Singkatan dari “truth or dare”, yakni si penanya ingin kita menjawab dengan jujur atau melakukan sesuatu yang diminta.
  • Tbh: Singkatan dari “to be honest” yang berarti si penanya meminta kita untuk menjawab secara jujur.
  • Liker get … : Banyak sekali variasi dari kosakata ini, namun intinya orang yang memberikan like akan mendapat sesuatu. Sebagai contoh, “liker get like” artinya orang yang memberikan like akan mendapatkan like balik.

Sebenarnya masih banyak istilah lainnya yang digunakan oleh pengguna Ask.fm, namun terlalu banyak jika dibahas semuanya di sini. Namun dengan rajin mengikuti diskusi di Ask.fm, maka Anda akan sendirinya mengerti berbagai istilah tersebut.

Nah itulah beragam fitur serta cara menggunakan Ask.fm yang dapat kami ulas kali ini. Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai fitur ataupun istilah lainnya yang tidak Anda mengerti, silahkan ajukan melalui kolom komentar di bawah ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

5 pemikiran pada “Tutorial Cara Menggunakan Ask.fm yang Mudah untuk Pemula”

  1. Gmna caranya supaya timeline home saya hanya berisikan orang2 yg ada di daftar friendlist saya? Saya tdak suka ada bnyk orang yg gak dkenal muncul di timeline saya karna itu sangat menggaggu

  2. Gan mau tanya, kalo misalkan kita kirim pesan keorang lain lupa dibuat jd anonim trus panik langsung menonaktifkan akun kita, pertanyaannya Apakah pesan kita tadi tetep kebaca sm yang nerima?

  3. Gan mau tanya, kalo misalkan kita kirim pesan keorang lain lupa dibuat jd anonim trus panik langsung menonaktifkan akun kita, pertanyaannya Apakah pesan kita tadi tetep kebaca sm yang nerima?

Tinggalkan komentar