Carisinyal / Tips Performa Android / Cara Menggunakan Clean Master di Smartphone Android

Cara Menggunakan Clean Master di Smartphone Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 September 2018

Salah satu aplikasi yang wajib dimiliki oleh para pengguna Android adalah Clean Master. Aplikasi buatan Cheetah Mobile tersebut mampu membersihkan berbagai sampah sehingga performa perangkat Android Anda akan kembali meningkat.

Aplikasi Clean Master ini sebenarnya sangat mudah untuk digunakan, karena menyuguhkan tampilan yang sangat bersahabat. Namun bagi Anda yang baru menggunakannya, mungkin akan sedikit kebingungan dengan berbagai fiturnya. Oleh karena itu, kali ini Carisinyal akan mengulas cara menggunakan Clean Master tersebut di perangkat Android Anda.

Download Aplikasi Clean Master

cara menggunakan clean master

Sebelum menggunakannya, pertama-tama silahkan download terlebih dahulu aplikasinya di Play Store. Aplikasi Clean Master ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis. Oleh karena, jangan mengunduh dari tempat yang lain karena dikhawatirkan mengandung virus yang berbahaya bagi perangkat Android Anda.

Aplikasi Clean Master ini akan bekerja dengan sangat baik apabila perangkat Android Anda sudah di-root. Namun jika belum, Anda juga tetap bisa menikmati berbagai fitur utamanya tanpa masalah. Silahkan unduh aplikasinya melalui Play Store di link ini.

Membersihkan File Sampah

Fitur pertama yang ditawarkan oleh aplikasi Clean Master ini adalah pembersihan junk file alias file sampah. Semakin banyak aplikasi yang diisntal, maka biasanya semakin banyak pula file sampah yang ada di Android kita. File-file tersebut tidaklah terlalu berguna sehingga lebih baik dimusnahkan. Caranya, silahkan buka aplikasi Clean Master lalu pilih opsi “Junk Files”.

1 Membersihkan File Sampah

Aplikasi ini kemudian aplikasinya secara otomatis akan melakukan pemindaian untuk mencari berbagai file sampah yang terdapat di Android Anda.

2 Membersihkan File Sampah

Anda bisa membersihkan beberapa junk files, seperti:

  • System cache.
  • Obsolete APK, yakni ‘mentahan’ aplikasi Android yang ada di perangkat Anda. File mentahan ini biasanya memiliki ukuran yang besar sehingga lebih baik untuk dihapus jika sudah tidak digunakan lagi.
  • File sisa dari aplikasi yang sudah dihapus. Berbagai file ini biasanya masih ada di perangkat Anda sehingga lebih baik dihapus saja agar tidak memakan kapasitas memori.

Silahkan tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai. Setelah selesai, silahkan periksa satu persatu file sampah apa saja yang ditemukan oleh aplikasi Clean Master ini untuk memastikan tidak ada file penting di dalamnya.

Jika Anda menemukan file yang masih berguna, silahkan hilangkan ceklis yang ada di sampingnya. Setelah yakin ingin menghapusnya, silahkan tekan tombol ‘Clean Junk’. Semua file sampah tersebut akan langsung dihapus dan memori perangkat Android Anda akan menjadi lebih lega dari sebelumnya.

Mendinginkan Android

Kebanyakan perangkat Android saat ini sudah dibekali dengan spesifikasi yang tinggi sehingga mampu memberikan performa yang sangat baik. Sayangnya, hal tersebut juga membuat perangkat Android cepat panas terutama ketika bermain game atau membuka banyak aplikasi.

1 Mendinginkan Android

Nah, untuk mendinginkannya kembali, aplikasi Clean Master ini menyediakan fitur yang bernama “CPU Cooler”. Caranya, silahkan pilih opsi ‘Phone Boost” di halaman utama, lalu pilih opsi ‘CPU Cooler’. Aplikasi ini kemudian akan melakukan pemindaian selama beberapa saat.

2 Mendinginkan Android

Setelah selesai, Anda akan melihat berapa suhu pada perangkat Android tersebut. Silahkan tekan tombol ‘Cool Down’ untuk mendinginkan sekaligus menutup berbagai aplikasi yang menyebabkan panas tersebut. Setelah itu, silahkan istirahatkan perangkat Android Anda selama 5 menit.

Membersihkan RAM

1 Membersihkan RAM

RAM Android yang sudah penuh biasanya akan membuat kinerja Android menurun, terutama dengan banyaknya ‘lag’ ketika bermain game atau menjalankan aplikasi. Untuk membersihkannya, Anda dapat kembali menggunakan opsi ‘Phone Boost’ yang ada di halaman utama.

2 Membersihkan RAM

Selanjutnya, Anda bisa langsung tekan tombol ‘Boost’ di bagian bawah untuk membersihkannya dan membuat Android Anda menjadi cepat kembali. Untuk cara membersihkan RAM yang lainnya, silahkan simak artikel ini.

Mempercepat Performa Game

Bagi Anda yang suka bermain game di Android, Clean Master sudah menyediakan fitur khusus untuk menunjang aktivitas Anda tersebut. Fitur tersebut akan mempercepat performa smartphone Anda ketika bermain game sehingga tidak akan terjadi lag atau penurunan performa lainnya.

clean master game

Cara mengaktifkannya, silahkan pilih opsi ‘Phone Boost’ di layar utama, lalu tekan ikon joystick yang ada di pojok kanan atas. Selanjutnya pilih opsi ‘Games Folder’ lalu tekan tombol ‘Create’. Sebuah folder berisi banyak game kemudian akan muncul di homescreen Android Anda.

Nah selanjutnya jika Anda ingin bermain game, maka jalankanlah game yang ingin dimainkan melalui folder tersebut. Game tersebut akan secara otomatis dioptimalisasi sehingga performanya akan meningkat hingga 30%.

Uninstall Aplikasi

Fungsi Clean Master yang selanjutnya adalah untuk menghapus berbagai aplikasi yang terpasang di perangkat Android Anda. Caranya, silahkan pilih ospi ‘App Manager’ di halaman utama lalu pilih aplikasi yang ingin dihapus dengan cara memberikan tanda centang di sampingnya.

Pastikan Anda memilih aplikasi yang memang sudah jarang digunakan atau tidak dibutuhkan lagi. Setelah memilihnya, silahkan tekan tombol ‘Uninstall’. Clean Master akan langsung menghapus berbagai aplikasi tersebut beserta dengan junk file yang dimilikinya.

Memindahkan Aplikasi Ke SD Card

* sumber: www.heyriad.com

Jika Anda memiliki perangkat Android dengan memori internal yang terbatas, tentu akan sangat merepotkan jika harus menginstal banyak aplikasi. Nah untuk menyiasatinya, Anda dapat memindahkan berbagai aplikasi tersebut ke SD card dengan bantuan Clean Master.

Cara menggunakan Clean Master untuk memindahkan aplikasi sangatlah mudah, pertama-tama silahkan pilih opsi ‘App Manager’ di layar utama. Setelah itu berpindahlah ke tab ‘Move’ lalu pilih berbagai aplikasi yang ingin dipindahkan. Setelah terpilih, silahkan tekan tombol ‘Move’ untuk memindahannya.

Perlu diingat, tidak semua aplikasi Android dapat dipindahkan ke SD card, terutama aplikasi bawaan dan aplikasi buatan Google. Selain itu, tidak semua perangkat Android juga mendukung fitur ini terutama pada perangkat dengan sistem operasi Jelly Bean dan KitKat.

Tips Menggunakan Clean Master

Tips Menggunakan Clean Master

Agar berbagai fitur yang disediakan oleh aplikasi Clean Master tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal, berikut kami akan memberikan berbagai tips yang dapat Anda terapkan dalam penggunaannya:

  • Lakukan pembersihan RAM satu kali setiap harinya.
  • Lakukan pembersihan file sampah dua hingga tiga kali dalam sebulan agar tidak terlalu banyak sampah yang menumpuk.
  • Gunakan fitur CPU Cooler di malam hari sebelum Anda tidur agar perangkat Android Anda tidak kepanasan sepanjang malam.
  • Jika perangkat Anda sudah diroot, berikanlah izin akses root agar penggunaan fiturnya semakin maksimal.

Nah itulah cara menggunakan Clean Master beserta aneka tips yang dapat Anda terapkan dalam penggunaannya sehari-hari. Untuk tips dan trik lainnya seputar cara mempercepat kinerja Android, silahkan simak ulasannya di artikel ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

2 pemikiran pada “Cara Menggunakan Clean Master di Smartphone Android”

  1. bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus akibat clean master

  2. Ada salah satu fael yg terubah saya di dalam clear master hingga menyebabkan hp saya berubah warna, sehingga gambar pun berubah seperti clise foto. Bagamana cara mengembalikan seperti semula

Tinggalkan komentar