Carisinyal / Aplikasi Bisnis / Tutorial Cara Menggunakan Mobile Banking BCA di Android

Tutorial Cara Menggunakan Mobile Banking BCA di Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 Maret 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Saat ini jaman sudah semakin modern dan alat-alat pun semakin canggih. Salah satu alat elektronik yang sangat dibutuhkan dan juga alat semakin canggih adalah Bank. Seperti yang kita tahu bahwa hampir setiap orang menggunakan jasa Bank untuk bertransaksi. Namun, seiring dengan perkembangan jaman, Anda tidak perlu repot lagi bertransaksi dengan harus mengunjungi Bank.

Saat ini Bank telah menyediakan alat elektronik yang canggih dan dapat digunakan oleh siapapun. Mobile Banking merupakan salah satu alat canggih yang memudahkan para nasabah untuk melakukan transasksi tanpa haru mengunjungi Bank.

Salah satu Bank yang telah menerapkan Mobile Banking adalah Bank BCA. Namun, tidak semua pengguna atau nasabah mengerti cara menggunakan mobile banking BCA. Berikut kali ini Carisinyal akan membahas cara menggunakan Mobile Banking BCA mulai dari registrasi sampai pemakaian di setiap fiturnya:

Mengenal BCA Mobile

1 cara menggunakan Mobile Banking BCA

BCA mobile merupakan suatu aplikasi untuk bertransasksi seperti bertransaksi langsung mengunjungi Bank BCA hanya saja melalui smartphone. Dan tentu saja Anda membutuhkan pulsa kuota internet untuk mengakses dan menggunakan BCA Mobile.

Sebelum Anda mengetahui cara menggunakan Mobile Banking BCA, perlu diketahui bahwa Mobile Banking BCA adalah salah satu fitur yang terdapat pada aplikasi BCA Mobile. BCA mobile sendiri memiliki 3 fitur yaitu m-BCA, KlikBCA, dan InfoBCA. Nah, karena kali ini Carisinyal akan membahas cara menggunakan mobile banking BCA, maka akan hanya difokuskan pada fitur m-BCA saja.

Registrasi dan aktivasi Mobile Banking BCA

Sebelum Anda mengetahui cara menggunakan Mobile Banking BCA, Anda terlebih dahulu mengaktifkan dan meregistrasi rekening Anda untuk dapat melakukan transaksi dengan Mobile Banking BCA. Caranya sangat mudah, bawalah KTP, buku tabungan dan smartphone Anda ke Bank BCA terdekat.

Kemudian Anda mengambil nomor antrean untuk menuju ke bagian CS (Customer Service). Setelah itu, informasikan kepada petugas CS bahwa Anda ingin menggunakan Mobile Banking BCA. Lalu, petugas CS BCA akan meminta Anda melakukan download dan install aplikasi BCA Mobile di Play Store atau Anda bisa klik di sini.

Setelah Anda mendownload dan melakukan instalasi aplikasi M-Banking BCA, maka petugas akan melakukan proses registrasi dan aktivasi Mobile Banking BCA Anda. Petugas akan meminta Anda untuk mengisikan atau membuat sebuah kode akses.

Kode akses ini berupa 6 alphanum yang artinya Anda harus membuat kode akses berupa angka dan huruf dengan total 6 alphanum. Kode akses inilah yang akan menjadi kode saat Anda pertama kali mengakses Mobile Banking BCA. Setelah itu, petugas akan memproses dan jika sudah selesai petugas akan menginformasikannya kepada Anda. Mudah bukan?

Mulai masuk ke Mobile Banking BCA

2

Setelah Anda melakukan registrasi, aktivasi, dan sudah memiliki aplikasi BCAmobile, maka langkah selanjutnya adalah mausk ke dalam aplikasi tersebut. Pertama, masuklah ke aplikasi dan klik pada fitur “m-BCA.”

3

Setelah anda mengklik m-BCA, maka akan muncul sebuah notifikasi untuk memasukan kode akses. Anda bisa memasukan kode akses yang sebelumnya sudah Anda buat pada saat melakukan aktivasi dan registrasi. Kemudian klik “login.”

4

setelah Anda melakukan Login, akan muncul lima fitur lainnya yaitu m-info, m-Transfer, m-Payment, m-Commerce, dan m-Admin. Setiap fitur tersebut memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing. Berikut cara menggunakan mobile banking BCA beserta fitur-fiturnya.

Cara mengetahui informasi saldo

5

Pertama Anda masuk ke dalam fitur m-Info, kemudian pilihlah atau klik “info saldo.” Setelah itu, akan ada sebuah notifikasi yang mengharuskan Anda memasukan PIN m-BCA Anda. PIN m-BCA adalah PIN ATM yang Anda miliki. Masukan PIN ATM Anda dan kemudian klik “OK” maka akan muncul secara rinci tentang saldo yang Anda miliki.

6

Cara mendaftarkan no rekening untuk transfer

Cara menggunakan Mobile Banking BCA lainnya adalah cara transfer. Hampir semua nasabah melakukan transfer, baik ke sesama Bank BCA maupun ke Bank lainnya. Transfer dengan cara menggunakan Mobile Banking BCA sangatlah mudah.

7

Pertama, setelah Anda masuk ke dalam aplikasi BCAmobile, pilihlah menu m-Transfer. Namun, sebelum Anda melakukan transfer, Anda harus memasukan atau mendaftarkan nomor rekening tujuan transfer Anda terlebih dahulu.

8

Untuk mendaftarkannya pilihlah salah satu fitur yang ada pada “Daftar Transfer.” Jika anda ingin melakukan transfer dengan Bank lain selain BCA, maka pilihlah “Antar Bank” dan jika Anda ingin melakukan transfer dengan sesama pengguna BCA, maka pilihlah “Antar Rekening.”

Jika Anda memilih untuk melakukan transfer ke antar bank atau ke bank selain BCA maka akan muncul untuk memasukan no rekening dan pilihlah Bank yang Anda tuju. Setelah itu Anda klik “send” yang ada di pojok kanan atas.

9

Jika Anda memilih fitur atau melakukan transfer ke sesama Bank BCA / Antar rekening, maka akan muncul “no. rekening tujuan.” Anda bisa mengisi tiga nomor rekening sekaligus atau hanya satu persatu kemudian klik “send” yang ada di pojok kanan atas.


Perlu Anda ketahui bahwa, setiap Anda melakukan pendaftaran nomor rekening ada biaya dengan memotong pulsa Anda. Biaya pemotongan pulsa tidak terlalu mahal sekitar 1.500 rupiah. Dan Anda hanya bisa bertransaksi atau hanya bisa melakukan pendaftaran nomor rekening jika simbol kotak yang ada di bagian pojok kanan atas sudah berwarna hijau.

Cara Transfer

10

Setelah Anda mendaftarkan no rekening tujuan Anda sebelumnya, maka Anda saat ini bisa melakukan transfer ke no rekening yang sudah Anda daftarkan sebelumnya. Masih pada fitur m-Transfer dan lihatlah pada menu “transfer.”

11

Jika Anda ingin melakukan transfer dengan sesama nasabah BCA, klik “Antar Rekening.” Kemudian Anda perhatikan bagian “Ke rekening” klik dan pilihlah rekening yang sudah Anda daftarkan sebelumnya dan juga masukan jumlah uang yang akan Anda transfer. Setelah itu klik “send.” Dan Anda berhasil melakukan Transfer.

Namun, Jika Anda ingin melakukan transfer ke bank lain, maka pilihlah menu “Antar Bank” dan ikuti cara seperti melakukan transfer ke sesama nasabah BCA. Cara menggunakan Mobile Banking BCA mudah bukan?

Cara melakukan pembayaran

12

Cara menggunakan Mobile Banking BCA salah satunya adalah Anda dapat melakukan pembayaran. Jika Anda menggunakan kartu kredit BCA, kartu Pasca Bayar, asuransi, dan yang lainnya Anda bisa melakukan pembayaran dengan cara menggunakan Mobile Banking BCA.

Pertama Anda masuk ke dalam aplikasi BCAmobile dan pilihlah menu m-payment. Dalam m-payment tersebut tersedia berbagai macam pembayaran yang anda butuhkan seperti kartu kredit, handphone, telepon, publik, asuransi, internet, pinjaman, dan yang lainnya.

Pilihlah salah satu fitur yang Anda butuhkan dan BCAmobile akan mengarahkan atau menjelaskan langkah-langkah pembayaran yang mudah dan praktis.

Cara membeli pulsa handphone

13

Mobile Banking BCA juga memiliki fitur untuk membeli pulsa ponsel Anda. Cara menggunakna Mobile Banking BCA untuk membeli pulsa sangatlah mudah. Pertama Anda masuk ke dalam aplikasi m-BCA, kemudian pilihlah menu m-commerce.

14

Setelah itu, Anda pilihlah menu “Voucher Isi Ulang.” Kemudian Anda pilihlah jenis Voucher atau kartu yang Anda gunakan dan jangan lupa untuk memilih nominal pulsa atau nominal voucher sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah semua selesai Anda klik “send.”

Nah itulah beberapa cara menggunakan Mobile Banking BCA. Bagaimana menurut Anda? Apakah menggunakan Mobile Banking BCA mempermudah Anda?

Artikel Terkait

Baca Juga

15 Responses

  1. Saya sudah mndownload banking bca tpi stelah memasukan no atm ko gk bsa membuka halaman brikut.y. .. Kenapa?????

    1. Halo Ani, Mungkin Kamu belum mendaftarkan atau menginformasikan ke pihak BCA, karena m-banking BCA hanya bisa digunakan ketika Kamu sudah mendaftarkan diri ke pihak BCA secara langsung untuk mendapatkan akun m-banking 🙂

  2. Mohon pencerahan nya .ne saya bru buka rekening .dan saya mw pakai mbca .kok gk bisa .padahal udh masukin 16 digit nomor rekening yg ada cuman loding aj ..mohon bantuan nya min….

    1. Sama saya juga mengalami seperti itu kira2 kenapa ya?

  3. Mohon pencerahan nya .ne saya bru buka rekening .dan saya mw pakai mbca .kok gk bisa .padahal udh masukin 16 digit nomor rekening yg ada cuman loding aj ..mohon bantuan nya min….

    1. Sama, saya juga mengalami seperti itu, kira2 kenapa ya?

  4. Bantu jawab : Sebelumnya didaftarkan ke cs bca nya , lalu sim card untuk data seluler berada pada sim 1 . pastikan memiliki pulsa dan sinyal yg bagus untuk mendaftarkan 16 digit pada langkah awal .

  5. Sudah saya lakukan semua itu, tetapi setelah mendaftarkan 16 digit pada langkah awal kemudian mengirim sms dan setelah itu tidak ada tanggapan dari aplikasi nya. Kira2 kenapa ya?

  6. Itu sistem androidnya error, aku dulu jg gitu, reset ke setelan awal pabrik di sistem

  7. Beli Kouta di aplikasi bca mobik kok kouta lokalnya gak bisa dipakek

  8. Maaf sy mo tanya,dalam mbca ada fitur klik bca, di dalamnya ada permintaan isikan user id. Nah user id inilah yg sy bingung,untuk hal ini mohon penjelasan!, karena sy dah coba beberapa kali gak masuk2 ini user id yg mana?

  9. Kalo hp saya tidak ada nfc bisa ga menggunakan Mobile banking Di HP?

  10. Jika perlu bantuan Hubungi Cs Via WhatsApp:082181497224.BCA MOBEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *