Anti Repot! Begini Cara Menggunakan Samsung Pay untuk Transaksi

Ditulis oleh Jihan Fauziah

Bagi sebagian orang, perkembangan teknologi membawa banyak manfaat. Tak terkecuali dengan kehadiran sebuah smartphone atau ponsel pintar. Ya, kini, sebuah smartphone bisa membantu penggunanya untuk melakukan apa pun. Tidak hanya sebatas berkomunikasi via telepon atau chat saja.

Beberapa hal penting lain, seperti menghadiri meeting, berbelanja, sekolah online,  bahkan melakukan pembayaran kini bisa dilakukan lewat smartphone saja. Anda dapat memanfaatkan fitur atau aplikasi dompet digital (e-wallet) yang saat ini sudah menjamur penggunaannya.

Beberapa brand smartphone bahkan memiliki sistem pembayarannya sendiri. Jika Apple punya Apple Pay, brand pesaingnya, Samsung, memiliki Samsung Pay yang siap memanjakan pengguna dengan fitur unggulan dan kemudahan yang ditawarkan.

Nah, pada kesempatan kali ini, tim Carisinyal akan mengulas tentang sistem pembayaran ini, serta bagaimana cara menggunakan Samsung Pay itu sendiri. Penasaran? Pembahasan selengkapnya mengenai fitur dan cara pakai Samsung Pay bisa Anda simak di bawah ini.

Fitur Menarik Samsung Pay

samsung pay_

Samsung Pay tentu saja memiliki beberapa fitur unggulan yang menarik. Anda dapat memasukkan kartu kredit atau debit dan menghubungkannya dengan Samsung Pay. 

Selain itu, Samsung Pay menawarkan keamanan yang terjamin berkat hadirnya lapisan keamanan ekstra. Anda akan memerlukan PIN, sidik jari, bahkan pemindaian iris mata. Hal ini bertujuan untuk menjaga dan menghindarkan Anda dari penipuan yang merugikan.

Pengguna Samsung Pay juga tak perlu takut dompetnya jebol karena akan selalu ada promo, gift card, dan penawaran menarik lain yang bisa didapatkan.

Cara Menggunakan Samsung Pay

Seusai membahas fitur menarik dari Samsung Pay, kini kami akan mengajak Anda untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan sistem pembayaran di smartphone Samsung ini. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti.

samsung pay 1-1_
  • Buka Samsung Pay di smartphone Anda. Jangan lupa centang kotak di bawah jika Anda sudah membaca Terms of Service aplikasinya. 
samsung pay 2-2_
  • Tentukan cara untuk mengaktifkan Samsung Pay. Sebagai contoh, kami memilih untuk mengaktifkan Samsung Pay di lock screen saja. Jika diperlukan, Anda dapat mencentang kedua pilihan yang tersedia, agar Samsung Pay bisa diakses di lock screen maupun home screen smartphone Samsung Anda. Tekan 'Set' jika sudah selesai memilih.
samsung pay 3-3_
  • Tekan ‘Next’. Lalu, beri izin aplikasi untuk mengakses beberapa fitur smartphone (termasuk lokasi Anda). Selanjutnya, tekan ‘Allow’ untuk mengizinkan akses.
samsung pay 4_
  • Dari sini, Anda akan dibawa ke laman wallet Samsung Pay. Nah, daftar kartu/e-wallet yang bisa Anda pakai akan muncul. Saat tulisan ini tayang, Samsung Pay baru mendukung integrasi dengan DANA dan beberapa kartu e-money seperti BRIZZI dan Flazz BCA. Silakan sambungkan kartu atau akun e-wallet Anda dengan Samsung Pay.
samsung pay 5-51_
  • Jika Anda ingin melakukan pembayaran dengan salah satu kartu, silakan pilih dulu kartunya. Contohnya, DANA.Untuk melakukan pembayaran, tekan tombol ‘Pay’ dan pindai QR code guna menyelesaikan transaksi. 
  • Sebagai opsi tambahan, Anda juga dapat menempelkan smartphone Samsung Anda dengan HP lain yang memiliki NFC untuk melakukan pembayaran langsung.
samsung pay 5-52_
  • Jika ingin menerima pembayaran atau kiriman uang, cukup tekan tombol ‘Receive’. Letaknya ada di sebelah tombol ‘Pay’. Setelah itu, biarkan orang lain memindai QR code yang tampak pada layar smartphone Anda.
samsung pay 6_
  • Cara yang lebih praktis untuk melakukan pembayaran dengan Samsung Pay adalah menggunakan kartu yang muncul di lock screen atau home screen. Cukup geser saja ikon kartu Samsung Pay yang muncul di layar HP Anda, baik di lock screen ataupun home screen. Geser kartu virtual tersebut ke bagian atas layar. Setelahnya, Anda akan dibawa langsung ke menu wallet untuk melakukan pembayaran.

Di menu yang sama terdapat beberapa tombol lain yang punya fungsi masing-masing. Contohnya, tombol dengan tulisan ‘History’. Tombol ini berguna untuk membawa Anda masuk ke laman berisi riwayat transaksi yang sudah dilakukan. 

Lalu, ada juga tombol ‘Top up’. Kalau Anda familiar dengan istilah ini, sudah pasti tahu artinya, ya. ‘Top up’ digunakan untuk mengisi ulang saldo e-wallet Anda.

Transaksi menggunakan e-money dan sistem pembayaran digital seperti Samsung Pay tentu sangat amat membantu. Terlebih, bila Anda tidak ingin ribet atau jarang membawa uang tunai saat bepergian. Apalagi, saat ini bagi sebagian orang membawa uang cash tergolong merepotkan.

Samsung Pay memang masih belum mendukung dan bekerjasama dengan aplikasi e-wallet lainnya. Namun, kehadiran salah satu e-wallet paling populer di Indonesia pun sudah dirasa cukup. Semoga saja kedepannya semakin banyak kartu dan e-wallet yang didukung penggunaannya oleh Samsung Pay, ya.

Sampai di sini pembahasan tim Carisinyal mengenai cara menggunakan Samsung Pay di smartphone Samsung Anda. Bagaimana, sangat mudah dan praktis, bukan? Oh iya, jika Anda memiliki rekomendasi sistem pembayaran digital yang ingin kami bahas cara pakainya, silakan rekomendasikan lewat kolom komentar.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram