Carisinyal / Aplikasi Ojek Online / Cara Menggunakan Uber Taxi Melalui Smartphone Android

Cara Menggunakan Uber Taxi Melalui Smartphone Android

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Februari 2019

Bagi Anda yang berdomisili di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, dan Denpasar pasti sudah tidak asing ketika mendengar nama “Uber Taxi” Namun, bagi Anda yang belum pernah mendengar nama “Uber Taxi” sebelumnya, izinkan Carisinyal untuk menjelaskan cara menggunakan Uber Taxi serta apa sebenarnya yang dimaksud Uber Taxi.

Uber Taxi adalah sebuah aplikasi penyedia transportasi yang menghubungkan pengemudi kendaraan sewaan dengan penumpangnya. Aplikasi yang berasal dari San Fransisco, California, ini baru masuk ke Indonesia pada awal tahun 2016.

Kehadiran Uber Taxi langsung memperoleh sambutan positif bagi para pengguna transportasi umum. Pasalnya, selain cara memesannya sangat modern, tarif yang ditawarkan oleh Uber Taxi cenderung lebih murah dibanding taksi konvensional.

Berbeda dengan taksi konvensional yang menggunakan kendaraan perusahaan yang berplat kuning, armada Uber Taxi berupa kendaraan pribadi yang berplat hitam. Sama seperti GrabCar, Anda akan merasa seperti sedang naik kendaraan pribadi ketika menumpang Uber. Nah, tertarik untuk menggunakan Uber Taxi? Simak caranya berikut ini.

Cara Menggunakan Uber Taxi

Tentang Uber Cara Menggunakan Uber Taxi

Jika Anda memiliki smartphone dengan sistem operasi iOS atau Android, maka Anda sudah bisa menggunakan aplikasi Uber ini di smartphone Anda. Berikut adalah cara menggunakan Uber Taxi melalui smartphone.

  1. Buka App Store atau Google Play Store dari smartphone Anda
  2. Cari aplikasi “Uber”, lalu install aplikasi ini di smartphone Anda
  3. Setelah Anda berhasil menginstall aplikasi ini, segera buka aplikasi Uber
  4. Pilih “Sign Up” karena Anda harus membuat akun Uber terlebih dahulu
  5. Isi semua data yang diminta secara lengkap dan benar
  6. Tunggu beberapa saat karena Uber akan mengirimkan kode verifikasi di nomor telepon yang Anda daftarkan
  7. Masukkan kode verifikasi yang sudah Anda terima via SMS ke aplikasi Uber
  8. Setelah berhasil membuat akun Uber, silakan pilih metode pembayaran yang ingin Anda gunakan, yakni dengan Cash (Tunai) atau Credit Card

Cara Pesan Uber Taxi

Uber Car Cara Pesan Uber Taxi

Sama seperti ketika Anda memesan taksi konvensional, Uber Taxi juga akan menjemput Anda di lokasi yang sudah Anda tentukan. Jika Anda adalah pengguna Uber yang masih pemula, mungkin Anda akan sedikit kebingungan saat harus menjalankan aplikasi ini. Berikut ini adalah cara pesan Taksi Uber melalui aplikasi yang sudah diinstall sebelumnya.

  1. Buka aplikasi Uber di smartphone Anda
  2. Periksa ketersediaan armada Uber di sekitar Anda melalui aplikasi ini. Bila Anda menemukan tulisan “… Min SET PICKUP LOCATION”, itu artinya ada armada Uber di sekitar Anda. Anda hanya perlu melihat berapa menit perkiraan Uber Taxi tersebut sampai ke tempat Anda. Jika tidak armada Uber di sekitar Anda maka tulisan di layar smartphone Anda adalah “NO CARS AVAILABLE”
  3. Untuk mengecek estimasi tarif dari lokasi penjemputan ke lokasi tujuan, scroll layar ke bawah dan klik GET FARE ESTIMATE, lalu masukkan lokasi tujuan Anda. Uber akan menghitung perkiraan tarif perjalanan untuk menuju ke lokasi tujuan. Namun, ini hanyalah estimasi tarif saja, bukan tarif yang harus Anda bayarkan seperti di GrabCar
  4. Jika ada taksi Uber yang tersedia, segera klik SET PICK UP LOCATION, Anda juga bisa memesan Uber di lokasi lainnya dengan cara mencari jalan, gedung, atau alamat di kolom PICKUP LOCATION
  5. Setelah itu klik tombol Request Uber, maka aplikasi akan segera mencarikan pengemudi Uber terdekat dari tempat Anda
  6. Jika Uber sudah menemukan pengemudi, Anda akan memperoleh informasi berupa jenis mobil, plat nomor, serta nama dan foto pengemudi
  7. Segera hubungi pengemudi Uber yang menerima order Anda untuk memastikan order. Anda pun bisa membatalkan pesanan sebelum 5 menit dari waktu pengemudi menerma order Anda, karena jika Anda membatalkan order setelah 5 menit Anda akan dikenakan denda Rp 30.000. Denda akan masuk ke tagihan kartu kredit (bila menggunakan metode pembayaran kartu kredit) atau ditagihkan saat order selanjutnya (bila menggunakan metode pembayaran tunai)
  8. Pantau pengemudi Uber melalui GPS yang ada di aplikasi ini, Uber juga akan memberikan notifikasi jika si pengemudi sudah sampai di tempat Anda

Tak perlu ragu untuk naik Uber, karena tarif yang harus Anda bayarkan akan muncul di smartphone pengemudi jika Anda telah menyelesaikan perjalanan. Pengemudi Uber juga akan memperlihatkan tarif yang harus Anda bayarkan melalui ponselnya. Cara menggunakan Uber Taxi yang sangat mudah dan modern ini membuat banyak orang tertarik untuk mencoba transportasi berbasi online ini.

Perbedaan Uber Taxi dengan GrabCar

Perbedaan Uber Taxi dengan GrabCar

GrabCar adalah kompetitor terbesar bagi Uber. Meskipun Uber lebih dulu hadir di Indonesia, tetapi GrabCar juga sudah berkembang sangat pesan dalam waktu yang terbilang singkat. Perbedaan antara Uber Taxi dan GrabCar terletak pada perhitungan tarif.

GrabCar menawarkan perhitungan tarif total di awal, sehingga penumpang hanya perlu membayar tarif yang tertera di aplikasi ini saat memulai pemesanan.Sementara itu, Uber Taxi hanya memberikan tarif estimasi saja. Dengan kata lain, tarif tersebut bisa lebih murah atau lebih mahal.

Sejumlah faktor yang dapat membuat tarif perhitungan Uber lebih mahal adalah kemacetan lalu lintas atau pengemudi mengambil rute yang lebih jauh alias tidak sama dengan yang dipandu oleh GPS Uber. Perbedaan lain atara Uber Taxi dengan GrabCar bisa Anda lihat di ulasan Carisinyal mengenai GrabCar beberapa waktu lalu.

Tentang Uber

Uber adalah aplikasi yang sudah lebih dulu terkenal di Amerika Serikat dan negara-negara lain. Aplikasi ini baru masuk ke Indonesia tahun 2016. Di Jakarta, Uber memberikan beberapa pilihan layanan, pertama adalah Uber X yang merupakan layanan taksi online dengan kendaraan pribadi (MPV atau Family car) dengan tarif premium.

Uber Black adalah layanan dengan kendaraan yang lebih berkelas, bahkan kendaraan yang dianggap “terjelek” di kelas Uber Black ini adalah Toyota Kijang Innova. Mobil lain yang biasa digunakan untuk Uber Black adalah Toyota Alphard, Mercedes Benz, dan masih banyak lagi.

Selain Uber X dan Uber Black, di Jakarta juga terdapat Uber Pool. Ini adalah layanan yang mencocokkan 2 atau lebih penumpang dengan tujuan yang sama. Jadi, di dalam satu mobil yang sama Anda akan berpergian dengan penumpang lain yang juga memiliki tujuan yang sama dengan Anda. Tarif Uber Pool ini digadang-gadang lebih murah dari Uber X.

Kehadiran Uber di Indonesia mendapat protes keras dari para pengemudi dan perusahaan taksi konvensional. Pasalnya, Uber dinilai sebagai transportasi umum yang tidak membayar pajak seperti perusahaan taksi konvensional pada umumnya. Bahkan, tarif Uber diklaim lebih murah berkali-kali lipat dibandingkan taksi biasa.

Terlepas dari kontroversi Uber, aplikasi ini tetap dicintai oleh banyak pengguna transportasi umum karena dianggap murah dan lebih nyaman. Cara menggunakan Uber Taxi yang modern juga dinilai praktis dan sangat maju.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Satu pemikiran pada “Cara Menggunakan Uber Taxi Melalui Smartphone Android”

  1. cukup bagus keteranganya semoga saya bisa menjalankanya dgn aplikasi ini

Tinggalkan komentar