Carisinyal / Tips Trik / 10 Cara Menghabiskan Kuota yang Berlebihan dengan Mudah

10 Cara Menghabiskan Kuota yang Berlebihan dengan Mudah

Ditulis oleh

Pernah mengalami yang namanya kelebihan kuota hingga berpuluh-puluh GB? Padahal masa aktifnya sebentar lagi. Mubadzir rasanya jika kuota masih banyak tapi terbuang dengan percuma hanya karena masa aktif kuota sudah mau habis.

Nah, jika Anda pernah atau sedang mengalami hal ini, Carisinyal punya tips jitu untuk cara menghabiskan kuota yang berlebihan. Jadi, Anda tidak perlu merasa rugi lagi. Mau tahu 10 cara menghabiskan kuota yang berlebihan? Yuk, langsung baca terus artikelnya sampai akhir!

10 Cara Menghabiskan Kuota yang Efektif

1. Download Film

Viu – Movies, Music & TV Shows

Cara menghabiskan kuota yang paling efektif bisa dengan mendownload film sebanyak-banyaknya. Jika Anda punya kuota berlebih, tak ada salahnya mendownload film beresolusi sangat besar agar kuota cepat habis. Jangan download film beresolusi 360p atau 480p, minimal Anda mendownload film dengan resolusi 720p. Kalau ada, sih, langsung download saja film beresolusi 4K, dijamin kuota Anda bisa langsung ludes dengan mudah.

Jangan takut memori HP penuh, karena setelah mendownload film-film tersebut, Anda bisa langsung memindahkannya ke PC / laptop. Dengan begitu, memori HP Anda tidak akan full dan bisa download film lainnya. Jangan lupa download subtitle-nya jika Anda merasa memerlukannya, ya!

2. Download Video

cara menghabiskan kuota Download Video

* sumber: www.pcmag.com

Manfaatkan kuota berlebih dengan cara mendownload video, baik itu video dari Youtube, Dailymotion, dan lain-lain. Apapun bentuk videonya, kami sarankan untuk mendownload dengan resolusi paling besar. Kalau Anda mendownload di Youtube, pastikan Anda memilih resolusi terbesar, biasanya 4K adalah resolusi terbesar, namun tidak semua video Youtube memiliki video beresolusi 4K.

Nah, sekarang banyak cara mudah untuk download video dari Youtube. Anda bisa mengandalkan sebuah software atau bisa juga dengan mengandalkan website tertentu yang melayani jasa download video Youtube. Salah satu website yang bisa mendownload video Youtube dengan resolusi besar adalah savefrom.net. Website tersebut juga bisa diandalkan untuk download video di Dailymotion, ya.

3. Download Lagu

* sumber: www.pcmag.com

Selain download video, Anda juga bisa memanfaatkan kuota berlebih untuk mendownload lagu-lagu favorit Anda. Memang, sih, lagu tidak memakan banyak kuota, jadi kami sarankan untuk mendownload lagu dengan kapasitas besar.

Lagu juga punya kapasitas yang besar dengan kualitas suara yang lebih jernih. Nah, pastikan Anda mendownload lagu-lagu berkualitas suara jernih, karena pastinya akan menyedot kuota Anda secara cepat dan instan. Jadi, kuota Anda bisa cepat habis dan tidak perlu merasa mubadzir lagi, deh.

Oh iya, kalau Anda bingung tempat mendownload lagu, Carisinyal pernah membahas 10 aplikasi download lagu secara gratis di artikel ini.

4. Download Game

Download Game

* sumber: jalantikus.com

 

Sudah download film, video, lagu, kuota masih sisa banyak? Kalau begitu, kenapa tidak coba download game saja? Ya, mendownload game menjadi salah satu cara menghabiskan kuota yang efektif. Anda bisa memilih game yang memiliki kapasitas besar dengan grafis yang cukup dewa.

Misalnya, Anda bisa download game Harry Potter yang memiliki kapasitas cukup berat. Intinya, Anda bisa pilih game-game yang punya kapasitas, kalau perlu grafis yang juga berat. Namun, pastikan HP Android Anda kuat untuk menjalankan game-game yang akan didownload, ya. Pastikan juga memori Anda tidak penuh dan ‘berdesakan’ dengan aplikasi lainnya.

Tapi, kalau Anda punya game online, seperti MOBA, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menghabiskan kuota berlebih. Pasalnya, game online ini cukup banyak menyedot kuota internet, lho. Apapun jenis game online-nya, mainkan saja untuk habisin kuota!

5. Streaming Video

* sumber: telko.id

Ada lagi cara menghabiskan kuota yang berlebihan yakni dengan cara streaming video. Jangan tanggung-tanggung, Anda bisa langsung pilih streaming video dengan resolusi 4K, jika ada. Ya, kalau tidak ada yang resolusi 4K, maka pilihlah minimal resolusi 720p.

Dengan begitu, kuota Anda dijamin akan tersedot secara drastis. Sebenarnya, streaming video diiringi dengan mendownload, akan menjadi cara yang sangat efektif untuk menghabiskan kuota. Oh iya, kalau Anda suka nonton film atau nonton drama Korea juga bisa dimanfaatkan untuk ngabisin kuota yang berlebih. Streaming saja kalau malas download!

6. Streaming Lagu

* sumber: www.thedrum.com

Punya aplikasi Spotify, Joox, atau aplikasi streaming lagu lainnya? Nah, Anda bisa memanfaatkan semua aplikasi streaming lagu untuk cara menghabiskan kuota. Streaming lagu ini bisa menyedot kuota Anda secara mudah dan sangat cepat, apalagi dibarengi dengan download lagu. Dijamin, deh, bonus kuota Anda bisa gampang habis.

7. Update Semua Aplikasi

Update Semua Aplikasi

Seperti yang kita ketahui bahwa mengupdate aplikasi yang ada di ponsel Android memang sangat banyak memakan internet. Nah, dengan alasan inilah Anda bisa menghabiskan kuota secara mudah dan paling efektif.

Anda bisa mengunjungi PlayStore dan cek My Apps, kemudian cek aplikasi apa saja yang harus Anda update. Namun, Kami sarankan untuk langsung klik update all yang artinya Anda mengupdate semua aplikasi yang butuh update terbaru.

Dengan begitu, kini Anda menghabiskan kuota dengan cara yang bermanfaat dan Anda tidak perlu mengupdate aplikasi untuk beberapa waktu ke depan. Oh iya, sekalian juga update sistem Android Anda, ya! Perlu diketahui juga, jika Anda mengupdate aplikasi dan sistem secara berkala, maka Anda akan terhindar dari yang namanya bug atau aplikasi error.

8. Video Call

video call android

Sosial media zaman sekarang, rata-rata, sudah dilengkapi yang namanya fitur video call. Perlu Anda ketahui juga bahwa melakukan video call adalah salah satu cara untuk menghabiskan kuota paling cepat. Dengan begitu, Anda bisa menghabiskan kuota secara mudah dengan melakukan video call kepada siapapun.

Anda bisa melakukan video call lewat Whatsapp, LINE, atau aplikasi video call lainnya untuk menghubungi teman, kerabat, keluarga, atau siapapun. Nah, jika Anda punya Instagram, bisa juga memanfaatkan live streaming IG untuk menghabiskan kuota yang berlebih. Melakukan update Instastory juga salah satu upaya dalam menghabiskan kuota, lho!

9. Tethering ke PC / Laptop

Punya kuota berlebih memang terkadang jadi boomerang, namun agar tidak mubadzir, kuota berlebih sebaiknya dihabiskan sebelum tenggat waktu yang sudah ditentukan oleh pihak operator. Carisinyal menyarankan untuk menghabiskan kuota dengan cara menjadikan HP Anda sebagai hotspot dan koneksikan ke PC / laptop Anda.

Anda bisa melakukan streaming video, lagu, film, dan lain sebagainya melalui PC / laptop. Anda juga bisa browsing di PC, mendownload gambar, buka twitter, e-mail, atau main game online yang ada di PC / laptop. Bisa juga Anda memanfaatkan tethering HP untuk melakukan update OS PC / laptop Anda, atau untuk update software-software yang ada di PC, misalnya update Photoshop.

10. Berbagi ke Perangkat Lain

Berbagi itu indah, jika Anda punya kelebihan kuota, kenapa Anda tidak membagikannya dengan teman, kerabat, atau keluarga? Anda bisa menjadikan HP Anda sebagai hotspot yang bisa digunakan oleh perangkat lainnya. Jika banyak perangkat yang menggunakan kuota internet Anda, secara otomatis kuota Anda juga akan cepat habis, kan?

Nah, itu tadi adalah serangkaian cara menghabiskan kuota yang berlebih dengan mudah dan efektif. Dengan cara-cara di atas, Anda tidak perlu lagi merasa ‘sayang’ dengan kuota yang berlebih dengan masa aktifnya yang mau habis. Pernah punya pengalaman kelebihan kuota? Bagikan ceritamu di kolom komentar, ya. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Listiorini
Do the Best Go Fight Win!

2 Comments

  1. Evin at - Reply

    Mau ganti account geogle gmana iya caraya nya

    Account yg lama lupa smua sama pasword nya
    Tlg dibantu kakak

  2. Tatliiiita at - Reply

    Caranya cuci hape anda pake daia, tiriskan, keringkan,hairdrayer terus buang mbak. Terus beli lagi deh dijaminn deh miskiin anda.

Leave A Comment