Ditulis oleh - Diperbaharui 6 September 2018

Pengguna iPhone kerap kali dipusingkan dengan penuhnya memori penyimpanan. Jelas saja bingung, sebab iPhone tidak menyuguhkan memori eksternal, tidak seperti Android yang rata-rata memiliki slot untuk menambah memori eksternal.

Lantas, bagaimana cara mengatasi permasalahan ketika memori penyimpanan di iPhone sudah penuh? Masa, sih, harus menghapus data-data penting? Tentu saja tidak, Anda bisa menghapus data aplikasi yang ada di iPhone. Bagaimana caranya? Anda bisa langsung simak berikut cara menghapus data aplikasi di iPhone untuk melonggarkan memori penyimpanan Anda.

Sebenarnya untuk cara menghapus data aplikasi di iPhone, Anda hanya perlu melakukan 4 cara saja. Anda bisa mencobanya dengan menghapus cache Safari, kemudian menghapus data aplikasi, lalu melakukan restart pada perangkat iOS, terakhir adalah mendownload aplikasi cleaner khusus iOS.

Sangat mudah, kan? Atau Anda masih merasa bingung? Tenang saja, Carisinyal akan memaparkan secara jelas dan detail untuk setiap langkah dalam cara menghapus data aplikasi di iPhone. Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini, ya!

4 Cara Menghapus Data Aplikasi di iPhone

1. Menghapus Cache Safari

Menghapus Cache Safari

Langkah awal untuk cara menghapus data di iPhone dengan mudah adalah, pastikan Anda sudah menghapus cache Safari terlebih dahulu. Dan perlu Anda ingat bahwa pada saat Anda menghapus cache Safari, maka semua akun yang ada di iPhone akan di-logout secara otomatis.

So, pastikan Anda mengingat semua password akun Anda ya, terutama akun sosial media. Nah, beginilah cara untuk menghapus cache Safari di perangkat iOS:

  • Pertama, Anda bisa kunjungi settings di iPhone dan scroll down sampai pada di bagian grup ke-lima ada aplikasi Safari, di mana ada Accounts & Password di bagian atasnya. Setelah menemukannya, Anda bisa langsung klik Safari.
  • Langkah selanjutnya, Anda bisa gulir lagi ke bawah dan klik pada opsi Clear History and Website Data. Nah, di sini Anda mulai melakukan proses penghapusan cache Safari.
  • Kini saatnya Anda benar-benar menghapus cache Safari. Anda bisa langsung klik Clear History and Data. Selesai sudah, kini semua cache Safari Anda sudah terhapus dan memori penyimpanan perangkat iOS Anda pun akan terasa lebih longgar. Mudah, kan?

2. Menghapus Data Aplikasi

cara Menghapus Data Aplikasi di iphone

Jika Anda sudah selesai menghapus cache Safari yang ada pada di perangkat iOS, kini saatnya Anda juga bisa menghapus data aplikasi di iPhone. Cara yang satu ini juga tergolong mudah, tidak ribet, dan tentunya akan melonggarkan kapasitas atau ruang penyimpanan di perangkat iOS Anda. Berikut adalah beberapa langkah mudah untuk cara menghapus data aplikasi di iPhone:

  • Langkah pertama, Anda bisa langsung klik Settings > General > kemudian iPhone Storages. Lantas bagaimana untuk pengguna iPad? Tenang saja, langkahnya sama seperti tadi, hanya saja di akhir Anda klik iPad Storages.
  • Sesudahnya, di bagian bawah, Anda akan melihat semua aplikasi yang ada di perangkat iOS Anda. Di sana juga tertera informasi detail setiap aplikasi yang Anda miliki, mulai dari tanggal terakhir aplikasi digunakan sampai dengan kapasitas aplikasinya. Nah, kini saatnya Anda memilih dan klik aplikasi yang paling banyak memakan ruang penyimpanan iOS Anda.
  • Jika Anda sudah memilih aplikasi yang memakan banyak ruang, kini saatnya Anda lihat kapasitas yang ada di bagian Documents & Data, jika melebihi dari 500MB maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menghapus aplikasinya untuk kemudian Anda install kembali.
  • Sudah yakin untuk menghapusnya? Kini Anda bisa klik Delete App. Nah, aplikasinya sudah dihapus dan jika Anda masih membutuhkannya bisa didownload kembali di App Store. Cara ini lebih efektif untuk menghapus data aplikasi di iPhone.

3. Restart Perangkat iOS

cara restart iphone melalui sistem

Ada cara menghapus data aplikasi di iPhone yang lebih efektif, yakni dengan melakukan restart pada perangkat iOS yang Anda miliki. Ini berlaku baik untuk iPhone maupun iPad. Jika Anda merasa iPhone / iPad memiliki memori terlalu penuh, coba saja untuk melakukan restart.

Menurut informasi dari Macworld, dengan melakukan restart pada perangkat iOS adalah cara yang baik untuk menghapus sebagian memori yang tersimpan di dalam perangkat iOS. Juga, cara ini termasuk aman lho. Nah, untuk cara melakukan restart di iPhone pun berbeda-beda, Anda bisa cek cara restart iPhone selengkapnya di artikel ini.

Namun, umumnya perangkat iOS bisa di-restart secara mudah dengan langkah-langkah yang akan Kami paparkan berikut ini:

  • Tekan tombol Sleep / Wake yang biasanya ada di bagian samping iPhone. Nah, setelah itu tunggulah sampai muncul slide to power off.
  • Setelah itu, Anda bisa langsung swipe tombol power off yang sudah muncul.
  • Berikutnya, Anda harus menunggu beberapa saat hingga perangkat iOS Anda benar-benar mati. Jika sudah, Anda bisa tekan tombol Sleep / Wake lagi untuk menyalakan perangkat iPhone Anda. Simpel, kan?

4. Install Aplikasi Cleaner

Ada cara mudah lainnya untuk menghapus data aplikasi di iPhone, yakni Anda bisa menggunakan aplikasi cleaner. Ini adalah cara yang akan membutuhkan PC atau Mac, karena beberapa aplikasi cleaner akan membersihkan data aplikasi Anda melalui PC / Mac. Ingin tahu bagaimana cara menggunakan aplikasinya? Bisa simak berikut ulasannya.

  • PhoneClean

PhoneClean

Ini adalah salah satu aplikasi yang bisa diandalkan untuk menghapus data aplikasi yang ada di perangkat iOS, Anda bisa download aplikasinya di sini dan ikuti beberapa langkah ini:

  1. Jika Anda sudah mendownload dan install aplikasinya, Anda bisa langsung menghubungkan iPhone ke Mac dengan menggunakan kabel USB.
  2. Kemudian, buka aplikasi PhoneClean dan klik Scan.
  3. Setelah Scan sudah selesai, maka bisa langsung klik clean.
  • iMyFone Umate

iMyFone Umate

Jika PhoneClean hanya bisa dihubungkan pada Mac, lain halnya dengan iMyFone Umate di mana Anda bisa menggunakan aplikasi ini di PC berbasis Windows. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini dengan download di sini. Berikut langkah-langkah cara menggunakan iMyFone Umate:

  1. Hubungkan iPhone dengan Mac / PC Anda menggunakan kabel USB.
  2. Buka aplikasi iMyFone Umate, lalu klik Scan.
  3. Kemudian bersihkan junk dan temporary files.
  4. Juga, Anda bisa langsung menghapus dan membersihkan data-data yang terlalu besar di iPhone.

Selesai sudah bahasan kali ini mengenai cara menghapus data aplikasi di iPhone. Nah, semua cara di atas tergolong mudah dan tidak ribet, kan? Mana cara termudah menurut Anda? Atau, punya cara lain yang lebih mudah? Bisa langsung share di kolom komentar. Semoga membantu!