carisinyal web banner retina

Begini Cara Menghapus Grup WhatsApp Secara Permanen

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 24 Mei 2021

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan singkat yang paling populer di seluruh dunia. Data Digital Report di tahun 2019 menyebutkan bahwa dari semua pengguna internet di Indonesia, tercatat 83% penggunanya menggunakan WhatsApp.

WhatsApp menyajikan berbagai kemudahan dalam berkirim pesan. Terlebih dengan hadirnya grup WhatsApp, informasi bisa lebih tersebar dengan lebih cepat dan praktis. Alur berkomunikasi pun jadi lebih banyak, tidak hanya dua arah.

Tapi terkadang ada alasan tertentu yang membuat kita harus menghapus grup WhatsApp. Sebelum kamu menghapus grup WhatsApp, ada baiknya kita telaah lagi manfaat adanya grup WhatsApp di akun WhatsApp kita.

Manfaat Adanya Grup WhatsApp

Begini Cara Menghapus Grup WhatsApp Secara Permanen 1Sumber: pixabay.com

Sebelum adanya grup WhatsApp, alur berkomunikasi hanya antara pengirim dan penerima. Ketika seseorang ingin mengirimkan pesan ke banyak penerima, si pengirim harus mengirimkan pesan broadcast dan menandai kontak yang dituju.

Ini sebenarnya tidak begitu merepotkan. Tapi ada yang lebih praktis, yaitu dengan membuat grup. Mengirim informasi ke grup terasa lebih efektif dan hemat waktu, karena hanya dengan mengirim pesan satu kali kontak-kontak yang tergabung langsung menerima pesan tersebut. Nah, manfaat lainnya tidak kalah banyak, seperti berikut ini.

1. Kenal dengan Orang-orang Baru

Tergabung di dalam grup WhatsApp membuat kita mengenal banyak orang baru yang bukan dari lingkaran pertemanan kita. Misalnya grup alumni sekolah angkatan tertentu, alumni kampus, kelompok bermain, teman yang mempunyai satu minat, dan sebagainya.

Dengan tergabung di dalam grup kita bisa mengenal orang-orang yang mungkin dulu belum sempat berkenalan. Silaturahmi terjalin dan jaringan pertemanan kita jadi lebih luas.

2. Media Promosi

WhatsApp grup menjadi media alternatif dalam mempromosikan produk kita. Dalam sekali mengirim pesan, produk kita bisa diketahui oleh orang-orang yang ada di dalam kontak.

Memang tidak menjadi jaminan bahwa promosi di dalam grup WhatsApp efektif untuk mendongkrak penjualan. Akan tetapi, setidaknya akan meningkatkan brand awareness terhadap produk kita. Produk akan semakin dikenal dan orang akan tahu bahwa kamu adalah seseorang yang memproduksi atau yang menjual produk tersebut.

3. Media Hiburan

Hayo ngaku, kamu pasti pernah ketawa sendiri saat membaca isi grup WhatsApp, bukan? Nah itulah salah satu manfaat yang akan terasa dengan adanya grup WhatsApp. Grup WhatsApp bisa menjadi sarana hiburan.

Percakapan di dalam grup WhatsApp tidak melulu berisi tentang hal-hal yang serius dan pembicaraan khusus saja. Terkadang anggota-anggota grup WhatsApp melontarkan guyonan yang membuat suasana lebih mencair. Tentunya itu akan membuat anggota grup merasa terhibur.

Terlebih sekarang ini ada beragam meme lucu, video, gambar dan teks yang bisa digunakan untuk membuat guyonan. Kalau sudah begini anggota lain pasti akan terpancing dan ikut membalas dengan meme yang tidak kalah unik dan menggelitik.

Cara Menghapus Grup WhatsApp

Begini Cara Menghapus Grup WhatsApp Secara Permanen 3Sumber: technographx.com

Meskipun ada beragam manfaat yang bisa kita ambil dalam grup WhatsApp, tapi tidak menutup kemungkinan kamu merasa terganggu ada hal-hal bersifat teknis yang membuatmu harus menghapus WhatsApp.

Kamu bisa kok menghapus grup WhatsApp agar kamu tidak lagi dimasukan ke grup tersebut. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan grup hilang dari akun WhatsApp-mu. Yuk dilanjut membaca artikelnya.

1. Cara Menghapus Grup WhatsApp Sebagai Admin.

Membuat grup di WhatsApp memang mudah, tapi menghapusnya pun tidak kalah mudah. Ada anggapan bahwa ketika seorang admin keluar dari grup WhatsApp, maka grup akan otomatis terhapus. Atau ketika admin mengganti nomor, maka grup akan hilang.

Anggapan ini tidak tepat. Ketika admin keluar, grup WhatsApp akan tetap ada.Ketika admin keluar, grup akan tetap ada dan anggota lain di dalam grup tersebut akan menjadi adminnya. Nah, jika kamu sebagai admin dan berencana keluar dari grup dan menghapus grup dari akunmu, kamu bisa ikuti langkah ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke halaman pengaturan grup.
  • Keluarkan seluruh anggota grup terlebih dahulu, caranya adalah dengan Pilih Kontak Anggota > Remove > OK.
  • Setelah semua anggota dihapus dari grup. Pilih Exit di menu pengaturan.
  • Selanjutnya akan muncul notifikasi apakah kamu sebagai admin ingin menghapus grup atau report as spam. Pilih Delete Group jika kamu ingin menghapus grupnya.
  • Selesai. Kini grup WhatsApp sudah tidak ada lagi.

2. Cara Menghapus Grup WhatsApp Sebagai Anggota

Menjadi bagian dari sebuah grup WhatsApp memang menyenangkan, jika interaksi di dalam grup kondusif dan grupnya digunakan secara efektif. Namun, ada kalanya grup membuat kita merasa terganggu dan akhirnya kamu terpaksa menghapus grup tersebut.

Jika kamu sebagai anggota, kamu bisa juga kok menghapus grup dari akunmu sehingga kamu tidak akan diundang lagi ke grup tersebut. Begini langkahnya:

  • Buka grup WhatsApp di ponselmu.
  • Ketuk info grup yang ada di bilah atas.
  • Pada halaman berikutnya, gulirkan ke bawah sampai kamu menemukan opsi keluar dari grup. Ketuk opsi tersebut.
  • Setelah itu, akan muncul notifikasi yang menanyakan apakah kamu akan mengkonfirmasi keputusanmu. Ketuk opsi Keluar Dari Grup jika kamu sudah bulat ingin menghapus keluar dari grup.
  • Pada halaman yang sama kamu akan melihat bahwa tombol keluar sudah berganti tombol hapus grup. Ketuk opsi tersebut agar grup tidak ada lagi di akun WhatsApp.

Ketika kamu ingin keluar dari grup, sebenarnya komunikasimu sudah terhenti di grup tersebut. Hanya saja, file chat, foto, video dan dokumen yang pernah kamu kirim dan pernah kamu terima masih ada di dalamnya.

Menghapus grup dengan mengetuk tombol Delete akan menghapus grup dan riwayat chat di dalamnya, berikut semua file-file yang pernah kamu kirim dan kamu terima selama menjadi anggota grup tersebut.

Namun, saat kamu menghapus grup, obrolan di dalam grup tidak akan terpengaruh. Bahkan historis dan file di dalamnya masih utuh. Hanya saja ketika kamu keluar dari grup anggota grup akan menerima notifikasi bahwa kamu telah meninggalkan grup.

Penghapusan di Grup WhatsApp

Begini Cara Menghapus Grup WhatsApp Secara Permanen 5Sumber: pixabay.com

Meskipun menghapus grup WhatsApp adalah hal yang mudah, tapi bisa disimpulkan bahwa yang mempunyai kewenangan untuk menghapus grup WhatsApp secara permanen adalah admin. Meskipun anggota grup bisa menghapus grup, tapi penghapusan itu tidak membuat grup hilang secara permanen.

Itu hanya berlaku untuk akun pribadinya. Dan grup tidak akan terpengaruh dengan hal tersebut. Jika ada beberapa admin di dalam sebuah grup WhatsApp, maka semua admin mempunyai wewenang yang sama untuk menghapus grup.

Oh iya, meskipun seorang admin mempunyai kewenangan untuk mengelola grup, seperti memasukkan kontak baru ke dalam grup, mengeluarkan anggota dari grup dan membatasi interaksinya, namun seorang admin tidak bisa menghapus pesan yang dikirimkan oleh anggota di dalam grup.

Penghapusan pesan dan file lainnya seperti foto, video atau dokumen hanya bisa dilakukan oleh si pengirim pesan tersebut. Bisa saja kamu menghapus sebuah pesan di dalam grup tapi itu hanya berlaku pada perangkatmu saja, sementara di perangkat lain pesan tersebut masih ada.

Itulah cara-cara menghapus grup WhatsApp yang bisa kamu coba. Dengan menghapus grup secara permanen semua file di dalamnya ikut lenyap. Jadi sebelum kamu menghapus sebuah grup, pertimbangkan kembali keputusanmu tersebut.

Dan jika kamu sebagai anggota dan ingin menghapus grup, sebaiknya pamit terlebih dahulu kepada anggota lain di dalam grup tersebut. Terlebih jika grup tersebut berisi orang-orang yang dekat denganmu. Kemukakan alasan yang logis agar teman-teman di dalam grupmu bisa memahaminya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram