Carisinyal / Tips Trik / Cara Menghapus Riwayat di Google, Youtube, Firefox dan Lainnya

Cara Menghapus Riwayat di Google, Youtube, Firefox dan Lainnya

Ditulis oleh - Diperbaharui

Mungkin beberapa dari Anda lebih akrab bila mendengar kata history dibandingkan riwayat. Ya, sebenarnya kedua istilah tersebut memiliki makna yang sama. Nah, riwayat atau history akan muncul ketika Anda mencari informasi atau melakukan browsing di internet dengan bantuan browser seperti Google, Firefox, dan lainnya.

Bahkan tak jarang beberapa orang senang menonton video dari YouTube dengan mencarinya di mesin pencari YouTube. Terkadang, beberapa orang adalah pengguna Instagram yang hobi mencari foto, video, di fitur mesin pencarian yang ada di Instagram. Nah, semua yang Anda lakukan atau yang Anda cari tentunya akan disimpan ke dalam riwayat atau history pencarian.

Tak jarang, riwayat justru memberatkan, bahkan di dalam riwayat ada juga cache yang harus selalu dihapus secara berkala. Maka dari itulah, di artikel kali ini, Carisinyal akan memaparkan tutorial tentang cara menghapus riwayat di Google, Youtube, Firefox, dan lainnya.

Tentu saja caranya sangat mudah dan simpel. Nah, untuk Anda yang ingin mengetahui cara menghapus riwayat di Google, Youtube, Firefox, dan lainnya bisa simak terus ulasan di artikel berikut ini sampai akhir ya!

Cara Menghapus Riwayat Google Chrome

Pengguna Google Chrome memang sangat banyak di dunia, maka dari itulah di sini sebagai pembuka, Kami akan memberikan tutorial bagaimana cara menghapus riwayat di Google Chrome dengan cepat dan mudah. Namun, Kami akan membaginya menjadi dua cara yakni menghapus riwayat di PC dan di smartphone. Penasaran?

1. Menghapus Riwayat Google Chrome di PC

Bagi Anda yang doyan online atau berselancar internet di PC / laptop, Anda mungkin memiliki banyak riwayat pencarian. Untuk cara menghapus riwayat Google Chrome di PC maka Anda bisa ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Buka browser Google Chrome selayaknya Anda ingin internetan.
  • Kemudian, Anda bisa langsung klik simbol titik tiga yang berada di pojok kanan atas dan langsung saja Anda pilih History.

cara menghapus riwayat di google, youtube, firefox, dan lainnya Menghapus Riwayat Google di PC 1

  • Setelah itu akan muncul beberapa pilihan lagi, untuk selanjutnya klik History. Tips untuk Anda, jika terlalu ribet mengklik maka Anda bisa langsung tekan ctrl + H pada keyboard.

Menghapus Riwayat Google di PC 2

  • Langkah selanjutnya, Chrome akan menampilkan daftar riwayat pencarian Anda. Nah, untuk menghapus riwayat silahkan klik Clear Browsing Data di bagian kiri.

Menghapus Riwayat Google di PC 3

  • Lalu akan muncul sebuah perintah untuk menghapus riwayat. Nah, di sini Anda hanya perlu klik Clear Data.

Menghapus Riwayat Google di PC 4

  • Tunggulah beberapa saat sampai Chrome selesai melakukan penghapusan riwayat.

Menghapus Riwayat Google di PC 5

  • Jika sudah selesai maka akan muncul tampilan pemberitahuan bahwa Chrome sudah menghapus semua riwayat, selanjutnya Anda bisa langsung klik OK, I GOT IT.

Menghapus Riwayat Google di PC 6

Nah, kini semua riwayat Anda sudah terhapus di Chrome. Perlu diketahui bahwa Anda bukan hanya menghapus riwayatnya saja namun juga menghapus cache yang ada di Chrome. Bagaimana, sangat mudah dan simpel, kan?

2. Menghapus Riwayat Google Chrome di Smartphone

Sebenarnya menghapus riwayat Google Chrome di PC dan smartphone hampir mirip. Namun, jika Anda sudah menghapus riwayat di PC, otomatis riwayat Google Chrome di HP Anda juga akan ikut terhapus, begitupun sebaliknya.

Nah, bagi Anda yang lebih nyaman untuk menghapus riwayat Google Chrome di HP, berikut Kami memberikan tutorialnya secara mudah dan cepat. Di sini Kami menggunakan perangkat Smartphone Android. Ikuti langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi browser Google Chrome di HP.
  • Kemudian klik simbol titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas.

Menghapus Riwayat Google di Smartphone 1

  • Setelah itu, pilihlah bagian History.

Menghapus Riwayat Google di Smartphone 2

  • Lalu, Anda bisa langsung klik CLEAR BROWSING DATA.

Menghapus Riwayat Google di Smartphone 3

  • Selanjutnya, Anda bisa langsung klik CLEAR DATA yang ada di bagian pojok kanan bawah.

Menghapus Riwayat Google di Smartphone 4

  • Berikutnya, Anda bisa langsung klik CLEAR. Tunggulah beberapa saat sampai HP Anda selesai melakukan penghapusan riwayat Google.

Cara Menghapus Riwayat di Google Search

Masih dengan cara menghapus riwayat di Google, Youtube, Firefox, dan lainnya. Sebelumnya Anda sudah bisa menghapus history Google. Namun, bagaimana cara menghapus riwayat dalam Google Search? Tenang saja, caranya mudah dan Anda hanya cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka mesin pencari Google atau Google Search.
  • Kemudian, Anda bisa klik di bagian kolom pencarian sampai muncul beberapa pencarian yang sudah pernah Anda cari. Setelah itu, Anda bisa klik Remove.

Cara Menghapus Riwayat Google Search 1

  • Sudah klik remove, maka selanjutnya klik Web History.

Cara Menghapus Riwayat Google Search 2

  • Selanjutnya, Google akan menampilkan aktivitas pencarian Anda. Nah, di sini Anda hanya perlu klik Delete Activity by yang ada di bagian samping kiri.

Cara Menghapus Riwayat Google Search 3

  • Lalu, Google akan memberikan pilihan untuk melakukan penghapusan riwayat Google Search. Ada pilihan, Today, Yesterday, Last 7 days, Last 30 days, All Time, dan Nah, Anda hanya perlu klik salah satunya saja, di sini Kami akan memilih All Time.

Cara Menghapus Riwayat Google Search 4

  • Berikutnya, Anda bisa langsung klik Delete. Dan selesai, semua riwayat Google Search Anda sudah terhapus secara permanen.

Cara Menghapus Riwayat Google Search 5

Cara Menghapus Riwayat di Firefox

Mungkin beberapa dari Anda lebih memilih browser Firefox ketimbang Google Chrome. Sebenarnya, kedua browser tersebut memiliki fungsi dan tujuan yang sama. Nah, bagi Anda yang ingin menghapus riwayat di Firefox bisa ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Buka browser Firefox di PC Anda, kemudian klik tombol Firefox, lalu Anda bisa langsung buka menu History dan pilihlah Clear Recent History.
Cara Menghapus Riwayat di Firefox 1

* sumber: support.mozilla.org

  • Kemudian, klik Time range to clear untuk memilih jangka waktu riwayat yang ingin Anda hapus.
Cara Menghapus Riwayat di Firefox 2

* sumber: support.mozilla.org

  • Lalu, Anda juga bisa memilih riwayat mana saja yang ingin dihapus dengan klik Details. Setelah semuanya sudah Anda atur maka langsung klik Clear Now.
Cara Menghapus Riwayat di Firefox 3

* sumber: support.mozilla.org

Cara Menghapus Riwayat di Youtube

Masih dengan bahasan cara menghapus riwayat di google, Youtube, Firefox, dan lainnya. Kini yang akan dibahas adalah cara menghapus riwayat yang ada di Youtube. Caranya juga sangat mudah dan simpel, Anda bisa langsung ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Buka dan masuk ke dalam YouTube.
  • Kemudian, Anda bisa klik History yang ada di bagian samping kiri.

Cara Menghapus Riwayat di Youtube 1

  • Setelah itu YouTube akan menampilkan beberapa tipe riwayat di antaranya, Watch History, Search History, Comments, dan Community.
  • Untuk menghapus Watch History, Anda hanya perlu klik bagian bulat di samping watch history lalu tekan CLEAR ALL WATCH HISTORY.

cara menghapus riwayat di youtube 2

  • Jika ingin menghapus riwayat pencarian di YouTube, maka klik bagian Search History lalu Anda bisa langsung klik CLEAR ALL SEARCH HISTORY. Cara ini juga berlaku untuk menghapus riwayat comments dan juga community.

cara menghapus riwayat di youtube 3

Cara Menghapus Riwayat di Google Maps

Selain tutorial cara menghapus riwayat di Google, Youtube, Firefox, dan lainnya, Kami juga memberikan cara untuk menghapus riwayat pada Google Maps. Tidak sulit, Anda hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Google Maps di HP Anda, di sini Kami mendemonstrasikan penghapusan riwayat menggunakan HP Android.
  • Kemudian, klik simbol garis tiga yang ada di bagian pojok kiri atas.

Cara Menghapus Riwayat di Google Maps 1

  • Setelah itu scroll down untuk klik Settings.

Cara Menghapus Riwayat di Google Maps 2

  • Lalu, Anda langsung pilih menu Maps history.

Cara Menghapus Riwayat di Google Maps 3

  • Nah, selanjutnya klik simbol X yang ada di setiap riwayat lokasi Anda di Google Maps.

Cara Menghapus Riwayat di Google Maps 4

  • Selanjutnya, Anda bisa langsung klik Delete. Kini, riwayat Google Maps Anda sudah terhapus.

Cara Menghapus Riwayat di Google Maps 5

Cara Menghapus Riwayat di Instagram

Anda pengguna aplikasi Instagram yang aktif? Mungkin Anda sering mencari foto ataupun video di fitur pencarian Instagram, bukan? Nah, lantas bagaimana cara menghapus riwayat pencarian di Instagram? Tak perlu bingung, yuk langsung coba tutorial di bawah ini:

  • Buka aplikasi Instagram yang ada di HP Anda dan langsung ke profil IG, lalu klik simbol titik tiga yang ada di pojok kanan atas.

Cara Menghapus Riwayat di Instagram 1

  • Kemudian, Anda bisa langsung scroll down dan klik Clear Search History.

Cara Menghapus Riwayat di Instagram 2

  • Setelah itu klik Yes, I’m sure dan secara otomatis semua riwayat pencarian di Instagram Anda akan dihapus. Sangat mudah bukan?

Cara Menghapus Riwayat di Instagram 3

Begitulah cara menghapus riwayat di Google, Youtube, Firefox, dan lainnya. Hampir semua memiliki langkah yang sama dan sangat mudah dilakukan. Bagaimana, Anda sudah mencobanya? Jika Anda membutuhkan tutorial untuk cara download video di Instagram bisa cek tutorialnya di sini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Listiorini
Do the Best Go Fight Win!

Leave A Comment