Carisinyal / 5 Cara Menghemat Baterai iPhone dan iPad pada iOS 7

5 Cara Menghemat Baterai iPhone dan iPad pada iOS 7

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Setelah muncul pertama kali bersama dengan iPhone 5S dan iPhone 5C, sistem operasi iOS 7 terus mendapatkan berbagai macam kritikan dari penggunanya. Salah satu kritikan tersebut mengarah kepada daya tahan baterai yang berkurang cukup signifikan jika dibandingkan dengan iOS 6. Nah jika Anda merupakan salah satu pengguna iPhone dan iPad yang mengalami masalah tersebut, kali ini Carisinyal akan memberikan beberapa cara menghemat baterai iPhone dan iPad pada iOS 7. Cara-cara tersebut sangatlah ampuh untuk memperpanjang usia baterai, namun tentu saja mengorbankan beberapa fitur pada perangkat Anda.

cara menghemat baterai iphone

Matikan Background App Refresh

Pada iOS 7, Apple mencoba untuk menyelaraskan proses yang berjalan di background tanpa perlu banyak mengorbankan daya baterai melalui fitur yang bernama Background App Refresh. Fitur ini akan berjalan sesuai dengan kebiasaan Anda menggunakan iPhone atau iPad. Sebagai contoh, jika Anda selalu membaca berita pada pukul 8 pagi, maka aplikasi ini akan memperbaharui berita sebelum jam tersebut.

Secara sekilas fitur tersebut memang sangatlah berguna, namun tetap saja akan memakan banyak daya baterai. Oleh karena itu, Anda dapat mematikannya agar fitur tersebut sama sekali tidak memakan daya baterai Anda. Caranya, bukalah menu Settings > General > Background App Refresh, kemudian Anda dapat mematikan fitur ini secara keseluruhan atau untuk sebagian aplikasi saja.

AirDrop, Bluetooth & Brightness

Jika Anda memiliki iPhone 5, 5C, 5S, dan iPad terbaru yaitu iPad air dan iPad Mini with Retina Display, maka Anda dapat melakukan transfer file ke perangkat iOS lain secara wireless dengan menggunakan fitur AirDrop. Karena fitur tersebut berjalan secara terus menerus, maka otomatis hal tersebut akan memakan banyak kapasitas baterai Anda. oleh karena itu, jika Anda memang tidak terlalu sering melakukan pertukaran file, maka lebih baik fitur AirDrop tersebut dimatikan saja. Hal tersebut juga berlaku untuk Bluetooth dan juga kecerahan layar yang bisa dikurangi untuk semakin memaksimalkan umur baterai Anda.

Matikan Parallax

Efek Parallax merupakan salah satu fitur terbaik yang ada di iOS 7 karena memberikan efek kedalaman layar ketika Anda memiringkan perangkat Anda. Banyak orang yang menyukai fitur ini, namun tidak sedikit pula yang membencinya karena dapat menguras daya baterai. Oleh karena itu, Anda dapat mematikan fitur ini melalui menu Settings > General > Accessibility.

Matikan Notifikasi dan Siri

Cara menghemat baterai iPhone dan iPad selanjutnya adalah dengan cara mematikan notifikasi. Walaupun fitur ini sangatlah penting, namun sayangnya cukup banyak menguras tenaga baterai. Oleh karena itu Anda dapat mematikan seluruh notifikasi atau beberapa notifikasi saja melalui menu Settings > Notification Centre.  Hal lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan cara mematikan fitur Siri jika memang Anda jarang atau bahkan tidak pernah menggunakannya. Cara mematikannya dapat Anda lakukan melalui menu Settings > General > Siri.

Restore As New

Cara menghemat baterai iPhone selanjutnya mungkin terdengar cukup aneh, namun ternyata bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan baterai. Caranya yaitu dengan memanfaatkan fitur “Restore As New” pada iTunes sehingga menjadikan perangkat iPhone dan iPad Anda menjadi seperti baru kembali. Dengan membuatnya seperti baru lagi, maka otomatis berbagai data yang tidak berguna akan terbuang sehingga dapat menghemat penggunaan baterai Anda. Namun ingat, sebelum menggunakan cara ini Anda harus terlebih dahulu membackup semua data menggunakan iCloud agar Anda tidak kehilangan semua data penting yang ada.

Sumber: MakeUseOf

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *