carisinyal web banner retina

Simak 4 Cara Menghidupkan HP tanpa Tombol Power

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 19 Maret 2021

Semua benda elektronik lambat laun akan mengalami kerusakan, entah itu secara software ataupun hardware. Ini memang sebuah fakta yang tak dapat terelakkan, apalagi untuk barang seperti ponsel yang selalu digunakan setiap saat. Yang sangat mengganggu, adalah ketika ada tombol yang rusak pada HP, apalagi kalau fungsinya cukup penting seperti tombol Power.

Tombol Power yang rusak mungkin saja masih bisa berfungsi kalau ditekan dengan sekuat tenaga. Tapi masa sih kamu rela membuat jari pegal setiap kali mau menyalakan HP? Bisa-bisa jari kamu encok, lho. Toh kamu juga sedang tidak berlatih untuk turnamen panco ayam-ayaman, bukan?

Jangan khawatir, Carisinyal telah rangkum beberapa cara yang bisa dicoba supaya HP-mu bisa menyala sekalipun tombol Power-mu sedang rusak.

1. Colokkan HP ke Casan

colokkan hp ke casan

Kamu telah mencoba menyalakan ponsel dengan tombol Power, tapi tidak berhasil juga? Jangan buru-buru dibawa ke tempat servis, siapa tahu tombol Power-mu sebenarnya tidak kenapa-napa. Terkadang, saat smartphone habis baterai, dia tidak menunjukkan tanda apapun saat berusaha dinyalakan. Inilah yang membuat sebagian orang berpikir kalau tombol Power tidak berfungsi.

Jadi, cobalah untuk mencolokkan kabel casan ke HP dan cari tahu apakah HP kamu tercas atau tidak. Di beberapa kasus, mungkin saja ponsel akan otomatis menyala saat dicolokkan ke kabel casan. Namun jika tidak, kamu bisa coba tunggu beberapa saat hingga baterai terisi sebagian lalu nyalakan dengan tombol Power.

2. Gunakan Kombinasi Tombol Fisik

kombinasi tombol fisik

Keluaran HP terkini sih sebenarnya sudah jarang yang menawarkan tombol Home secara fisik (terkini dalam artian tahun 2020 ke atas). Well, mungkin pengecualian bagi iPhone SE (2020) yang bentukan bodinya masih seperti HP ala-ala 2017.

Nah, kalau kamu kebetulan punya HP jadul yang masih pakai tombol Home fisik, kamu bisa coba gunakan kombinasi tombol Volume + Home untuk menyalakan ponsel. Tapi syaratnya, usahakan baterai ponsel terisi hingga penuh dan colokkan ke PC. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Tekan dan tahan tombol Volume atas dan bawah menggunakan tangan kiri secara bersamaan.
  2. Sambil ditahan, hubungkan ponsel ke PC melalui kabel USB.
  3. Masih menahan kedua tombol Volume, tekan dan tahan tombol Home selama beberapa saat sampai muncul menu.
  4. Setelah menu muncul, lepaskan semua tombol dan gunakan tombol Volume untuk melakukan navigasi.
  5. Pilih opsi untuk nyalakan ponsel.
  6. Selesai.

Cukup ribet, ya? Memang. Cara ini bahkan lebih rumit ketimbang berusaha menekan tombol Power sampai berhasil menyala. Maka dari itu, kamu hanya perlu gunakan cara ini apabila tombol Power benar-benar rusak total dan sama sekali tidak bisa digunakan.

3. Colokkan Benda Tajam pada Lubang di Tombol Power

Simak 4 Cara Menghidupkan HP tanpa Tombol Power 3

Kerusakkan pada tombol Power punya jenis yang beragam. Bisa jadi tombolnya masih ada namun tidak responsif, atau bisa saja tombol tersebut sudah benar-benar copot. Nah, ada solusi bagi kamu yang tombol Power-nya sudah copot. Kamu bisa gunakan benda tajam seperti alat pencabut slot SIM Card atau tusuk gigi ke dalam lubang Power.

Dengan begini, sekalipun tombolnya sudah lepas, kamu masih bisa menekan tombol Power untuk menyalakan ponsel. Tapi ingat, jangan ditekan keras-keras agar pin di dalam tombol tidak ngedol, ya!

4. Ganti Tombol Power dengan yang Baru

Simak 4 Cara Menghidupkan HP tanpa Tombol Power 5

Kalau Anda sudah coba berbagai cara namun tidak berhasil juga, solusi paling simpel yang bisa dilakukan adalah mengganti tombol Power rusak dengan yang baru. Kamu bisa kunjungi tempat servis HP terpercaya di dekat Anda, atau sekaligus mengunjungi tempat pusat servis HP seperti di BEC (Bandung Electronic Mall).

Biasanya, tidak dibutuhkan waktu lama untuk menggantinya. Paling hanya dibutuhkan 2 hingga 3 jam saja, jadi bisa selesai pada hari itu juga. Pada kebanyakan kasus, kamu juga sekaligus harus mengganti kedua tombol Volume juga. Soalnya, tombol Power memang menyatu dengan tombol Volume. Harganya pun tidak begitu mahal, kamu bisa menyervis tombol Power dengan mengeluarkan modal sebesar Rp150 ribuan saja.

Itulah 4 cara yang bisa dilakukan untuk menyalakan ponsel tanpa tombol Power. Tapi kamu harus tahu, bahwa keempat cara tadi tidak selamanya berhasil untuk semua ponsel. Cara paling aman tentu dengan membawa HP-mu ke tempat servis dan mengganti komponen tombol dengan yang baru. Untuk ponsel Android tertentu, harga mengganti tombol tidak terlalu mahal dan tidak akan makan waktu lebih dari beberapa jam.

Jadi, kamu sudah pakai cara yang mana saja, nih? Beritahukan kami ya kalau ada yang tidak berhasil. Dan kalau kamu tahu cara lain yang berhasil, yuk bagikan di kolom komentar agar pembaca lain jadi terbantu.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram