Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Desember 2018

Karena penggunaan dalam jangka waktu yang cukup lama, casing Hp-mu bisa berubah warna atau tertempel noda. Bahkan tidak menutup kemungkinan setelah dipakai sebentar saja sudah ada noda yang menempel, baik itu di layar atau di casing hp. Adanya noda pada body Hp tentu akan membuatnya tidak nyaman saat digunakan, seperti menjadi lengket atau berbau tidak sedap.

Nah, permasalahan itu sering terjadi dalam keseharian kita di mana intensitas penggunaan Hp sangat tinggi. Noda-noda pada casing Hp bisa berasal dari tangan kita sendiri atau menempel dari benda lain. Hal itu bisa terjadi setelah selesai makan menggunakan tangan atau setelah aktivitas menulis (nodanya berupa tinta).

Apakah noda-noda itu bisa dibersihkan? Tentu saja. Kamu bisa mencoba cara-cara di bawah ini untuk menghilangkan noda pada casing Hp dan juga layarnya. Tidak perlu keluar banyak uang karena bahan-bahan yang diperlukan pasti ada di rumahmu. Apa saja caranya? Let’s check them out!

5 Cara Menghilangkan Noda di Casing HP

1. Minyak Kayu Putih

Minyak Kayu Putih

Selain sering digunakan untuk melindungi kulit dari gigitan nyamuk, mengobati gatal-gatal ringan, dan menghangatkan tubuh kita dari luar, minyak kayu putih juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan noda di casing Hp loh. Walaupun tidak semua jenis noda bisa dihilangkan dengan kayu putih, namun benda ini mampu membuat casing Hp-mu terlihat lebih kinclong.

Noda-noda ringan yang disebabkan oleh pemakaian sehari-hari, seperti sisa makanan yang menempel, bekas stiker, dan bekas double tip yang secara tidak sengaja tertempel pada permukaan casing, masih bisa dihilangkan oleh minyak kayu putih (hal ini berdasarkan pengalaman penulis juga). Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk membasmi noda pada casing hpmu dengan kayu putih.

  • Siapkan minyak kayu putih. Jika tidak punya, kamu bisa membelinya di warung-warung yang botol kecil. Harganya juga cukup murah dan bisa kamu gunakan berkali-kali. Atau, bisa beli di Bukalapak lewat link ini.
  • Siapkan tisu yang tidak mudah patah dan tidak berbulu. Jika tidak ada, kamu bisa menggunakan kain yang berjenis microfiber atau yang mirip dengan kain pembersih kacamata. Jika masih tidak ada, gunakan saja bajumu yang kotor biar nanti langsung dicuci (sebaiknya yang tidak berbulu, ya).
  • Kemudian, teteskan minyak kayu putih pada tisu atau kain dan langsung lap pada permukaan casing yang ada nodanya. Kamu tidak perlu melepaskan casing tersebut dari Hp-nya. Gosok-gosok dengan sedikit penekanan.
  • Jika masih kurang, kamu bisa memberikan beberapa tetes minyak kayu putih lagi agar noda-noda lebih mudah terangkat. Lakukan berkali-kali hingga noda di casing Hp hilang. Biasanya, noda-noda yang disebutkan di atas mampu diatasi oleh minyak kayu putih.
  • Jika sudah dirasa bersih, sekarang kamu gunakan tisu atau bagian kain lain untuk menyempurnakan pembersihan.
  • Jika layar Hp-mu juga terlihat berminyak, kamu juga bisa langsung mengelapnya menggunakan tisu atau kain tadi dengan satu tetes minyak kayu putih.
  • Selesai! Kini casing Hp-mu bisa terlihat lebih bersih dan kinclong serta bebas noda.

2. Hand Sanitizer

Hand S

Hand sanitizer juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan noda-noda ringan pada casing Hp. Selain jadi bebas kuman, casing atau layar Hp-mu juga bisa terlihat lebih bersih dan tentu saja lebih wangi (jika kamu habis makan pakai tangan dan langsung memegang hp, maka membersihkan casing Hp dengan cairan wangi ini bisa sangat membantu). Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Siapkan tisu atau kain (sama seperti di atas ya).
  • Siapkan hand sanitizer (beli di toko-toko, harganya cukup murah, sekalian kamu gunakan untuk membersihkan tangan. Kamu bisa juga beli di Bukalapak lewat link ini).
  • Berikan beberapa tetes cairan pembersih tangan pada tisu atau kain tersebut.
  • Mulailah mengelap permukaan casing Hp yang ternoda. Berikan sedikit penekanan agar noda yang mengering terangkat.
  • Lakukan beberapa kali hingga noda-noda pada casing Hp hilang.
  • Jika sudah, lap kembali permukaan casing dengan tisu kering. Selain wangi dan menyegarkan, kini casing Hp-mu bisa terbebas dari noda.

3. Pasta Gigi

Toothpaste

* sumber: www.pexels.com

Pasta gigi yang kita gunakan sehari-hari untuk membersihkan gigi dapat kamu manfaatkan untuk menghilangkan noda di casing Hp. Selain noda-noda ringan, pasta gigi ini mampu menghilangkan noda yang cukup kuat yang menempel pada casing, seperti tinta. Casing berwarna putih yang menguning juga bisa kamu coba putihkan kembali dengan pasta gigi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama, siapkan pasta gigi merk apa saja. Siapkan juga kain, sikat gigi bekas, dan kayu putih untuk penyempurnaan di bagian akhir.
  • Lepaskan casing Hp, lalu mulailah memberi pasta gigi pada casing tersebut dan meratakan ke seluruh permukaannya.
  • Setelah itu, kamu bisa mulai menggosoknya secara perlahan dengan sikat gigi bekas dan beri sedikit penekanan pada area casing yang paling ternoda. Kamu juga bisa menggunakan kain untuk menggosok-gosoknya agar lebih merata.
  • Jika dirasa sudah cukup bersih, kamu bisa membilas casing tersebut dengan air bersih. Lap hingga kering menggunakan lain atau tisu.
  • Untuk sentuhan akhir, kamu bisa menyempurnakannya dengan minyak kayu putih seperti pada cara pertama. Hal itu dilakukan agar casing Hp terlihat kinclong.
  • Sebelum memasang kembali casing pada Hp, pastikan semuanya sudah kering agar tidak ada air masuk ke dalam Hp. Jika sudah, lap juga layar Hp menggunakan kain bekas sentuhan akhir tadi.

Cara ini hanya bisa dilakukan bagi casing Hp yang bisa dibuka. Jika Hp-mu sudah anti air, kamu bisa mencoba cara ini untuk menghilangkan noda pada casing atau body belakangnya. Cover Hp berbahan plastik atau silikon yang sudah menguning juga bisa kamu coba bersihkan dengan cara ini.

4. Baking Soda

Baking Soda

* sumber: pixabay.com

Selain digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat makanan, baking soda juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda pada casing Hp loh. Bahkan dalam beberapa tips, baking soda juga bisa andalkan untuk memutihkan gigi atau (maaf) kulit ketiak yang hitam.

Bagaimana pengaplikasian baking soda untuk menghilangkan noda pada casing Hp? Langkah-langkahnya sangat mirip dengan cara nomor tiga. Hanya saja, di sini kamu harus mengubah baking soda menjadi pasta dulu. Caranya adalah dengan mencampur baking soda dengan air. Kamu bisa melakukannya di wadah kecil. Setelah pasta baking soda selesai dibuat, kamu bisa mengikuti cara nomor 3 untuk menghilangkan noda pada casing Hp-mu.

5. Cairan Pencuci Piring

Dish Soap

Cairan atau sabun yang biasa kita gunakan untuk mencuci piring juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan noda di casing Hp. Kamu cukup melepas casing dari Hp, kemudian mulai mencuci casing tersebut di tempat cuci piring. Berikan beberapa tetes sabun cuci piring dan gosoklah secara perlahan menggunakan sikat gigi bekas. Setelah dirasa bersih, bilas dengan air dan segera keringkan casing menggunakan kain microfiber agar sisa-sisa airnya cepat terserap.

Itulah cara-cara menghilangkan noda pada casing Hp dengan mudah dan murah. Jika noda cukup susah dibersihkan, coba kamu lakukan berkali-kali hingga tidak nampak lagi. Ingat, ya, jika harus sampai dibilas dengan air, lepas dulu casing Hp-nya. Jika kamu ingin membersihkan layar Hp dengan mudah, bisa cek artikel Cara Membersihkan Layar Hp yang Mudah ini.