carisinyal web banner retina
Carisinyal / Tips Trik / Tips Android / Beginilah Cara Menghilangkan Virus Pada HP Oppo Semua Tipe

Beginilah Cara Menghilangkan Virus Pada HP Oppo Semua Tipe

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 19 Maret 2021

Layaknya komputer, ponsel juga tidak bebas dari ancaman serangan virus yang bisa kapan saja masuk ke dalam perangkat. Virus yang masuk ke dalam sebuah perangkat dapat merusak sistem sehingga perangkat tidak bisa lagi digunakan semestinya. Lebih parahnya, sebuah virus dapat mencuri data pribadi penggunanya.

Namun, bagaimana bila ponsel Oppo kesayanganmu terlanjur terkena virus? Tenang, kamu masih bisa melakukan beberapa cara untuk menghilangkan virus pada HP Oppo yang terlanjur menjangkiti.

Sebelum itu ada baiknya kamu teliti dulu virus apa yang merusak ponselmu. Pasalnya terdapat beberapa jenis virus dengan akibat kerusakan yang berbeda. Setelah itu, kamu akan tahu penanganan yang tepat.

Jenis Virus Android

*Sumber: Pixabay

Perangkat lunak, baik itu pada komputer maupun ponsel selalu dibayang-bayangi oleh virus yang dapat merusak kerja perangkat dari dalam. Keberadaannya bisa dideteksi, namun kadang kita bisa saja lengah sehingga virus berhasil masuk ke dalam perangkat kita.

Virus Android yang berbahaya terdiri dari beberapa macam. Masing-masing virus punya keahlian merusak yang berbeda. Agar kamu lebih waspada, kenali jenis-jenis virus Android yang mungkin saja diam-diam masuk ke dalam perangkatmu.

1. Shedun, Shuanet, dan ShiftyBug

Virus Shedun merupakan salah satu keluarga virus Android yang merusak sistem. Virus tipe ini biasanya ditemukan pada perangkat Android yang dibuat di Tiongkok. Virus ini dapat secara otomatis melakukan rooting perangkat lalu membuka celah untuk aliran iklan pada perangkat.

Virus Shedun biasanya dikemas dalam bentuk aplikasi melalui situs unduhan pihak ketiga. Aplikasi-aplikasi ini biasanya berupa kloningan aplikasi umum yang banyak dikenal oleh masyarakat seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, Google Now, Candy Crush, dan Snapchat.

Agar virus hilang, kamu harus melakukan root dan reflash pada perangkat ponselmu. Proses ini bergantung pada jenis dan model firmware Android yang dimiliki.

2. Kloning Aplikasi

Coba ingat-ingat. Kamu pasti pernah melihat di Play Store ada dua aplikasi kembar yang muncul di hasil pencarian. Bisa jadi salah satu dari aplikasi yang serupa itu adalah aplikasi yang di dalamnya memuat virus. Aplikasi besar yang populer merupakan target empuk untuk menyisipkan virus di dalam aplikasinya.

Dengan teknik kloning aplikasi, peretas dan penipu akan mudah menyelundupkan virus. Setelah aplikasi diinstal pada sebuah perangkat maka otomatis virus akan ikut masuk dan ia akan leluasa melancarkan serangan yang merusak sistem.

3. Hummingbad

Hummingbad merupakan salah satu virus yang sangat berbahaya bagi ponsel Android kamu. Virus ini sempat menggegerkan jagat maya karena kemampuan merusaknya yang besar. Selain itu, virus ini mampu mencuri data pengguna. Perangkat yang terinfeksi virus ini dapat mengunduh aplikasi tanpa seizin kamu.

Hummingbad masuk lewat proses pengunduhan situs di browser. Untuk menyingkirkan virus ini dapat dilakukan dengan cara me-reset ponsel ke mode pabrik. Namun, apabila virus terlanjur masuk dan tertanam pada perangkat, kamu harus melakukan root perangkat lunak atau skenario terburuknya, beli ponsel baru.

4. Cyber.Police

Berhati-hatilah jika kamu mengakses sebuah situs p*r*o. Sebab kemungkinan besar situs tersebut dapat menyebarkan virus yang dapat merusak perangkat ponselmu. Saat ponsel Android-mu terjangkit virus Cyber.Police, kamu tidak akan bisa digunakan karena ia terkunci oleh pop up iklan yang terus muncul. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu berpikir ulang untuk mengakses sebuah situs seperti itu, kecuali kamu ingin ponselmu tidak bisa digunakan kembali.

Cara Menghilangkan Virus di HP Oppo

Oppo merupakan salah satu merek ponsel yang populer di Indonesia. Produk-produk yang dikeluarkan oleh perusahaan yang berasal dari China ini banyak diminati oleh masyarakat. Meskipun ponsel Oppo punya fitur virus scan yang dapat mendeteksi keberadaan virus, tapi terkadang ada virus yang berhasil masuk dan merusak perangkat. Jika salah satu virus tersebut terlanjur masuk ke ponsel Oppo, segera lakukan cara menghilangkan virus seperti yang akan diuraikan berikut ini.

1. Boot Ponsel dalam Safe Mode

*Sumber: Android Authority

Melakukan boot pada ponsel membuat ponsel mulai bekerja dengan sistem operasi awal tanpa mengaktifkan aplikasi pihak ketiga. Untuk melakukan ini kamu harus menekan tombol power dan ketika muncul opsi shutdown atau restart, tahan dan tekan tombol sampai ponsel mati dan opsi reset muncul.

Pada beberapa ponsel yang berbeda merek, cara boot ponsel ke safe mode ini pasti berbeda. Untuk lebih jelasnya pastikan kamu mencari informasi bagaimana melakukan boot ponsel pada merk ponselmu.

Setelah masuk ke dalam safe mode, masuk ke menu pengaturan aplikasi. Setelah itu pilih menu Apps. Di dalam menu Apps, kamu bisa memilih dan melepas aplikasi yang mencurigakan. Jika sudah selesai kamu bisa mulai restart ponsel dan masuk ke mode normal.

2. Install Aplikasi Anti Virus dan Virus Malware

*Sumber: Google Play

Salah satu bentuk perlindungan terhadap ponsel Oppo-mu adalah dengan menginstal antivirus dan anti malware. Misalnya Avast Mobile Security yang tersedia di Play Store. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang bisa kamu andalkan untuk melindungi ponselmu.


Jalankan aplikasi setelah ia terpasang, lalu tekan Get Started. Setelah ini maka akan muncul menu utama. Cari tombol Scan untuk memindai virus pada perangkat ponselmu. Dalam proses ini bukan cuma virus saja yang terdeteksi namun, jenis ancaman lainnya pun akan ketahuan pula.

Jika proses pemindaian selesai, Avast akan menampilkan hasil scanning yang ditemukan. Jika terdapat virus dan ancaman yang berpotensi merusak perangkat, selanjutnya tap Resolve untuk menyelesaikan masalah virus dan ancaman-ancaman tersebut.

3. Lakukan Factory Reset

*Sumber: Oppo Fans Club

Cara selanjutnya untuk membasmi virus yang mengancam ponselmu adalah dengan cara Factory Reset. Factory Reset adalah mode mengembalikan sistem ponsel ke sistem bawaan pabrik. Tindakan Factory Reset dilakukan jika ponsel sudah tidak bisa dipulihkan dengan cara-cara menghilangkan virus di atas.

Melakukan Factory Reset akan membuat semua data dan aplikasi yang terinstal pada ponsel terhapus termasuk virus dan ancaman-ancaman lainnya. Jadi sebelum melakukan Factory Reset, backup data terlebih dahulu. Ada tiga cara untuk melakukan Factory Reset, di antaranya:

  • Factory Reset (Soft Reset)

Buka menu Pengaturan, lalu pilih Buat Cadangan dan Setel Ulang (Backup & Reset). Setelah itu, pilih menu Kembalikan ke Setelah Pabrik (Factory Reset), selanjutnya akan muncul konfirmasi. Selanjutnya pilih apa saja yang akan kamu reset, kemudian masukan pin atau kata sandi ponsel Android kita.

Proses reset akan memakan waktu kurang lebih 3-10 menit. Setelah proses reset selesai ponselmu akan otomatis melakukan restart dan tampilan ponsel akan kembali ke tampilan awal saat ponsel dibuat.

  • Hard Reset (Wipe Data)

Tekan dan tahan tombol power dan tombol volume secara bersamaan sampai muncul menu Recovery. Setelah itu masuk ke menu Recovery dan Pilih Wipe Data/Factory Reset. Tunggu sampai proses Recovery selesai, setelah itu ponsel akan melakukan restart otomatis.

Ketika proses selesai, kamu akan mendapati ponselmu berada pada kondisi seperti awal. Perlu kamu ketahui bahwa cara me-reset ponsel beda-beda. Bergantung jenis dan tipe ponsel. Ketahui terlebih dahulu cara me-reset ponsel sebelum kamu memulai proses ini.

Itulah beberapa cara menghapus virus pada ponsel Oppo. Dengan cara-cara tersebut virus yang masuk dan merusak ponsel Oppo akan hilang. Agar ponsel Oppo awet lakukan pembersihan virus secara berkala sehingga virus bisa terdeteksi lebih dini.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram