carisinyal web banner retina
Mau nanya rekomendasi HP? klik di sini
Carisinyal / Tips Trik / Cara Menginstal Font di Windows 10 yang Aman dan Mudah!

Cara Menginstal Font di Windows 10 yang Aman dan Mudah!

Ditulis oleh M. Lukman Ardiansyah - Diperbaharui 6 Juli 2021

Bila kamu seorang mahasiswa mungkin sudah terbiasa bersentuhan dengan Powerpoint untuk membuat bahan presentasi. Saat membuat konten di sebuah slide juga sudah tidak asing dengan berbagai font yang ditawarkan oleh Microsoft Office pada sistem Windows 10 meliputi Times New Roman, Tahoma, Calibri, Segoe UI, dan masih banyak lagi.

Namun, terkadang penggunaan font default yang disuguhkan dari Windows 10 berujung membosankan dan monoton. Penggunaan font yang biasa, itu-itu saja, dan tidak ada faktor "wow" membuat audiens pun sering kali tidak begitu antusias dalam menyimak presentasi yang ingin disampaikan.

Lalu, bagaimana solusinya? Tenang, di dunia digital saat ini semua diberikan kemudahan dalam berbagai urusan. Sekarang kamu bisa memasang atau instal font unik dan keren sesuai preferensi atau kesukaanmu di laptop atau komputer berbasiskan Windows 10. Namun, perlu diingat! Mula-mula kamu terlebih dahulu harus mengunduh software atau perangkat lunak font.

Situs untuk Mengunduh Font

Untuk mengunduh atau mendapatkan font maka kamu harus mencarinya di mesin pencarian seperti Google. Kamu hanya perlu menuliskan kata "Font" pada kolom pencarian, maka secara otomatis nanti akan muncul ribuan font yang bisa dipilih dan diunduh oleh kamu sebelum memasangnya di laptop.

Banyaknya situs yang menawarkan berbagai jenis font pada hasil pencarian tatkala akan membuat bingung, bukan? Oleh karena itu, Carisinyal berbaik hati akan memberikan rekomendasi yang cocok bagi kamu untuk mengunduh font untuk dipasang pada laptop atau komputer bersistem Windows 10. Langsung saja saja simak berikut ini:

1. Google Font

Bagi kamu yang baru mengenal Google Font, situs ini adalah sebuah pustaka bagi ribuan lebih font gratis yang digarapkan oleh tim Google. Dengan kehadiran situs ini diharapkan dapat membantu para developer, desainer, pelajar atau bahkan masyarakat umum untuk menghasilkan desain yang menarik dan berbeda.

1. Google Font b

Adapun langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengunduh sebuah ponsel di situs Google Font, berikut uraian selengkapnya:

  • Tahap pertama yang harus kamu lakukan yaitu berkunjung ke halaman Google bisa menggunakan Chrome atau Mozilla.
  • Setelah itu, ketik di kolom pencarian "Google Font" atau kamu dapat langsung menuju ke tautannya di sini.
  • Ketika kamu sudah masuk ke laman Google Font, kamu akan bertemu dengan beberapa menu mulai dari bahasa, kategori, Font properties, kolom pencarian nama font, dan masih banyak lagi. Pilihlah font melalui kolom pencarian atau berdasarkan kategori.
  • Bila kamu sudah menemukan font yang diinginkan, dilanjutkan dengan mengkliknya sampai kamu akan diajak untuk mengenal lebih jauh tentang font tersebut, seperti jenis gaya font, Glyphs, tentang font, lisensi, dan pairings.
  • Selanjutnya untuk mengunduh font kamu tinggal mengklik kotak yang di dalamnya bertuliskan "Download Family".
  • Secara otomatis font yang kamu inginkan akan terunduh. Hasil dan proses unduh bisa kamu lihat di kiri bawah layar.

2. Dafont

Alternatif lain untuk mencari font-font menarik yang dapat dipasang di laptop berbasis Windows 10 kamu bisa mengunjungi situs bernama Dafont. Seperti halnya Google Font, Dafont menawarkan ratusan lebih font yang bisa diunduh secara percuma. Untuk cara mengunduh Dafont kamu bisa menyimak tahapannya berikut ini:

  • Bukalah terlebih dahulu mesin pencarian yang ada di laptop milikmu. Kemudian, ketik Dafont pada kolom pencarian atau kamu cukup mengunjungi di sini.
  • Selepas kamu masuk ke halaman Dafont, kamu akan berhadapan dengan ratusan jenis font yang tersedia di situs tersebut. Di halaman tersebut kamu akan menemukan berbagai kategori font mulai dari Fancy, Techno, Basic, Holiday, dan masih banyak lagi yang lainnya, pilihlah font yang ingin kamu gunakan.
  • Setelah memutuskan memilih font yang diinginkan, berikutnya kamu tinggal menekan kotak bertuliskan download maka perangkat lunak dari font tersebut akan terunduh secara otomatis dalam hitungan detik atau tergantung kecepatan internet.
  • File font tersebut bisa kamu temukan di folder Download pada laptop milikmu.

3. 1001fonts

Opsi terakhir untuk mendapatkan font gratis adalah dengan bertandang ke portal 1001fonts. Di situs ini kamu dapat menemukan banyak font yang sudah disusun berdasarkan kategori seperti general, style, modern, holiday, special, dan lain-lain. Gimana cara mengunduh font di 1001fonts? Simak penjabarannya berikut ini:

  • Seperti biasa kamu harus pergi ke mesin pencarian dan mengetik kata kunci "1001fonts" pada kolom pencarian.
  • Selanjutnya, kamu akan dihantarkan menuju halaman 1001fonts dan bersua dengan ratusan fonts yang sudah di-kategorisasi oleh sistem.
  • Berikutnya pilih font yang ingin kamu dapatkan dan unduh.
  • Terus tekan tombol Download yang berwarna hijau.
  • Voila! Font pun sudah terunduh dan siap dipasang pada laptop atau komputer berbasis Windows 10.

Pada dasarnya font yang ada di Google Font, Dafont atau 1001fonts tersebut dapat kamu unduh dan pasang di berbagai jenis laptop dan sistem operasi Windows versi apapun. Namun, sebagai contoh Carisinyal mencoba mengimplementasikannya di sebuah laptop atau komputer berlandaskan sistem operasi Windows 10.

Cara Menginstall atau Memasang Font di Windows 10

Sesaat setelah kamu mendapatkan perangkat lunak font yang sudah diunduh dari sebuah situs seperti Google Font, Dafont atau 1001fonts maka selanjutnya kamu bisa memasangkan aplikasi tersebut pada laptop milikmu yang berlandaskan sistem operasi Windows 10. Lalu, untuk langkah-langkahnya seperti apa? Berikut ini adalah pemaparannya:

  • Pergilah ke folder Download atau tempat penyimpanan file font yang sebelumnya diunduh di situs Google Font, Dafont atau 1001fonts.
  • Setelah menemukan font yang akan dipasang, selanjutnya klik kanan.
4 pasang font b
  • Saat diklik kanan kamu akan disuguhkan oleh beberapa pilihan dan salah satu pilihan yang harus kamu pilih adalah Extract Here.
  • File tersebut kemudian akan memunculkan tiga file lagi seperti gambar berikut ini.
  • Kliklah file yang ditandai kotak warna oleh Carisinyal. Secara otomatis akan keluar tampilan baru yang menunjukkan contoh tulisan dengan menggunakan font tersebut.
  • Di halaman tersebut kamu akan bertemu dengan dua menu yaitu Print dan Install. Untuk memasang font tersebut maka kamu tinggal menekan menu Install.
4 pasang font e
  • Selepas kamu menekan menu install nanti akan muncul sebuah kotak kecil yang menunjukkan proses pemasangan sedang berlangsung pada laptop berbasis Windows 10.
  • Untuk melihat apakah font tersebut sudah terpasang kamu bisa membuka Microsoft Powerpoint atau Word.
4 pasang font ff
  • Lalu, untuk memastikan apakah font tersebut bekerja seperti yang diharapkan, kamu bisa mengeceknya di kolom Font dan mulai menulis menggunakan font tersebut. Mudah bukan cara memasang font di laptop berbasiskan Windows 10?

Itulah tadi pembahasan mengenai cara memasang font sekaligus mengunduh font di sebuah laptop atau komputer yang bersistem operasi Windows 10. Apakah kamu punya metode lain untuk memasang font unik dan keren pada laptop Windows 10? Coba berbagi di kolom komentar!

Bagi kamu yang penasaran dan ingin mengetahui tips-tips lainnya, jangan lupa untuk ikuti Carisinyal yah! Penasaran untuk mengetahui screenshot atau tangkap layar di laptop ASUS? Carisinyal anjurkan untuk kamu membaca artikel bertemakan Cara Screenshot di Laptop ASUS.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram