Carisinyal / Aplikasi / Tips Aplikasi / Tutorial Cara Mengirim Dokumen Lewat Email dengan Mudah

Tutorial Cara Mengirim Dokumen Lewat Email dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui

Email merupakan salah satu teknologi masa kini yang hampir setiap orang membutuhkannya, entah untuk keperluan pekerjaan ataupun sekolah. Nah, Email bukan hanya sekedar untuk mengirim surel elektronik saja. Dengan teknologi canggih ini, penggunanya bisa dengan mudah mengirim pesan berupa dokumen.

Dengan kemudahannya mengirimkan dokumen, tentu saja penggunanya pun bisa mengirimkan dokumen berupa word, excel, juga PDF. Penasaran ingin tahu cara mengirim dokumen lewat email dengan mudah? Anda bisa pantengin artikel berikut ini untuk cara mengirim dokumen lewat email, Gmail dan Yahoo. Stay tune, ya!

Cara Mengirim Dokumen Lewat Gmail

Mungkin kebanyakan orang membutuhkan akun Gmail untuk terkoneksi dengan berbagai macam akun lainnya, seperti Youtube misalnya. Nah, Gmail bukan hanya sekedar akun Email saja, pasalnya Anda juga bisa mengirim sebuah atau beberapa dokumen sekaligus dengan menggunakan Gmail.

Untuk cara mengirim dokumen lewat Email, Gmail, pun bisa lewat dokumen yang memang sudah ada di PC, di Google Drive, ataupun Google Photos. Ya, memang Gmail satu paket dengan Google Drive dan Google Photos. Ingin tahu caranya? Akan Kami berikan tutorial lengkapnya dengan langkah-langkah mudah dan simpel berikut ini.

Cara Attach File secara Umum

Sebelum memasuki tahap cara mengirim dokumen lewat Email dengan file dari Google Drive, Kami akan memberikan tutorial untuk memasukan dokumen secara umum terlebih dahulu. Anda bisa ikuti panduannya berikut ini:

1. Masuk dan buka akun Gmail Anda.
2. Jika sudah log in, Anda bisa langsung klik compose, di bagian kiri atas, seperti Anda akan mengirim Email.

Cara Attach File secara Umum 2

3. Secara otomatis, Gmail akan menampilkan sebuah kotak untuk Anda mengirim Email. Untuk mengirim dokumen, Anda bisa klik attach file yang ada di bagian bawah dengan simbol seperti jepitan kertas. 

Cara Attach File secara Umum 3

4. Setelah itu, Anda tinggal pilih dokumen mana yang ingin Anda kirim. Boleh satu dokumen ataupun lebih. Anda juga bisa mengirimnya sekaligus dalam satu waktu, kemudian klik open. Perlu diketahui juga, batasan mengirim dokumen pada Gmail maksimal adalah 25MB.

5. Terakhir, Anda hanya perlu menunggu semua dokumen diupload pada Gmail. Jika sudah diupload semua, jangan lupa untuk menuliskan alamat Email yang akan menerima dokumen Anda, lalu klik send.

Cara Attach File secara Umum 5

Cara Attach File dari Google Drive

Selain mengambil dokumen dari PC, Anda juga bisa mengirim dokumen yang ada pada Google Drive. Bagaimana caranya? Mudah, kok, Anda bisa ikuti beberapa langkahnya di sini:

1. Masuk dan buka akun Gmail Anda. Setelah itu, klik compose seperti cara sebelumnya.
2. Nah, untuk mengambil dokumen dari Google Drive, Anda bisa klik simbol Google Drive di samping attach file. 

Cara Attach File dari Google Drive 1

3. Kemudian, pilihlah dokumen yang ingin Anda kirimkan. Jangan lupa untuk klik Attachment agar Anda mengirimnya berupa dokumen bukan link. Jika sudah memilih, langsung klik Insert. 

Cara Attach File dari Google Drive 2

4. Last, dokumen Anda akan diupload pada Email dan jika sudah selesai, Anda bisa langsung kirim dengan klik Send. Tapi, jangan lupa untuk menuliskan alamat Email penerimanya ya!

Cara Attach File dari Google Photos

Jika Anda ingin mengirimkan dokumen berupa gambar / foto, Anda juga bisa mengirimnya dari Google Photos. Anda bisa ikuti langkah-langkah ini untuk mengirimkan dokumen dari Google Photos:

1. Masuk ke akun Gmail dan klik compose seperti akan mengirim sebuah Email.
2. Berikutnya, Anda bisa klik simbol seperti foto dengan sebutan insert photo. 

Cara Attach File dari Google Photos 1

3. Setelah itu, Anda bisa langsung memilih foto mana saja yang ingin dikirim. Jangan lupa untuk klik Attachment agar foto yang dikirim bisa berupa format dokumen. Jika sudah selesai memilih, langsung klik insert.

Cara Attach File dari Google Photos 2

4. Di akhir, Anda hanya perlu menunggu foto diupload ke Email dan kirimlah fotonya dengan klik send. Jangan lupa untuk menuliskan alamat Email penerima ya!

Cara Mengirim Dokumen Menggunakan Yahoo

Memang, pengguna Gmail cukup banyak, tapi ada juga yang menggunakan fasilitas Email dari Yahoo. Tak jauh berbeda dengan Gmail, Yahoo Mail juga bisa mengirim dokumen, baik dengan cara standar, dari Google Drive, juga Anda bisa mengirim foto.

Namun, untuk mengirim foto, Anda tidak bisa terhubung dengan Google Photos, ya. Ingin tahu cara mengirim dokumen lewat Email, Yahoo? Anda bisa ikuti petunjuknya berikut ini.

Cara Kirim Dokumen dengan Cara Umum

Di Yahoo Mail, Anda juga bisa dengan mudah mengirimkan Email berupa dokumen. Biasanya, dokumen / foto akan diambil dari PC dan ini adalah cara umum di Yahoo untuk mengirim Email berupa dokumen:

1. Buka dan masuk ke akun Yahoo Mail Anda, dan langsung klik Tulis yang ada di bagian samping kiri.
2. Setelah itu, klik pada simbol attachment files untuk kemudian Anda klik lampirkan file dari komputer. 

Cara Kirim Dokumen dengan Cara Umum 2

3. Kemudian, pilihlah dokumen-dokumen yang ingin dikirim. Jika sudah selesai memilih, Anda bisa langsung klik open.

4. Tunggulah beberapa saat sampai semua dokumen selesai diupload. Sudah selesai? Kini Anda bisa langsung mengirimnya dengan klik Kirim dan jangan lupa untuk menuliskan alamat Email penerimanya.

Cara Kirim Dokumen dengan Cara Umum 4

Cara Kirim Dokumen dari Cloud Storage

Bukan hanya Gmail saja yang bisa mengirim dokumen dari Google Drive, pasalnya Yahoo juga bisa mengirim dokumen dari Google Drive. Terlebih lagi, Anda juga bisa mengirim file yang ada di Dropbox Anda lho. Penasaran ingin tahu caranya? Coba cara berikut ini:

1. Langkah awal masih sama, Anda hanya perlu masuk ke akun Yahoo dan klik tulis.
2. Nah, jika Anda ingin mengirim Email dari Cloud Storage, maka klik Attachment file / lampirkan file. Setelah itu, Anda bisa klik bagikan file dari penyedia cloud. 

Cara Kirim Dokumen dari Cloud Storage 1

3. Selanjutnya, Anda pilihlah antara Dropbox atau Google Drive. Di sini Kami akan memilih Google Drive, maka dari itulah Kami mengklik Google Drive. 

Cara Kirim Dokumen dari Cloud Storage 2

4. Karena Kami memilih Google drive, otomatis harus masuk ke dalam akun Gmail. Nah, Anda tinggal masukan akun Gmail dan langsung klik allow. 

Cara Kirim Dokumen dari Cloud Storage 3

5. Setelah itu, Anda harus konfirmasi bahwa Google Drive Anda akan terhubung ke akun Yahoo. Kemudian, Yahoo akan mengirimkan Email ke akun Gmail Anda untuk konfirmasi. Jika sudah konfirmasi, maka kini Google Drive terhubung dengan akun Yahoo Mail Anda.

6. Anda hanya perlu memilih dokumen yang ingin dikirim, lalu klik drag and drop file yang ingin dikirim.

7. Jika sudah selesai, dokumen akan dikirim dalam bentuk Google Drive bukan attachment / file. Lalu, Anda bisa langsung klik kirim. Mudah, kan? 

Cara Kirim Dokumen dari Cloud Storage 6

Nah, itulah beragam cara mengirim dokumen lewat Email menggunakan Gmail dan Yahoo. Bagaimana, Anda sudah berhasil mencobanya? Jika Anda membutuhkan aplikasi untuk membuka Email di HP Android, bisa baca referensinya di sini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Listiorini
Do the Best Go Fight Win!

Leave A Comment