Carisinyal / Cara Mengubah Partisi Hard Disk dari MBR ke GPT Secara Mudah

Cara Mengubah Partisi Hard Disk dari MBR ke GPT Secara Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 September 2018

Bagi Anda yang sering bergelut dengan partisi hard disk, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah GPT. Ya, GPT atau GUID partition table merupakan sebuah format partisi terbaru yang mulai populer belakangan ini. GPT mulai menggeser format MBR (Master boot record) yang sebelumnya banyak digunakan untuk partisi hard disk.

Popularitas tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, format GPT memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan MBR. Salah satunya adalah kemampuan untuk membuat lebih dari 4 partisi primer sekaligus. Selain itu jika Anda memiliki hard disk dengan kapasitas lebih dari 2 TB, maka secara otomatis Anda juga harus menggunakan partisi GPT karena partisi MBR tidak mendukungnya.

Bagi pemilik hard disk baru mungkin cukup mudah untuk memilih langsung format GPT untuk hard disknya. Namun bagaimana dengan pemilik hard disk lama yang sudah menggunakan format MBR dan ingin beralih ke format GPT? Pasti pusing tujuh keliling.

Windows memiliki fitur Windows Disk Management yang memungkinkan Anda untuk mengubah format partisi dari MBR ke GPT. Namun sayangnya, Anda harus menghapus semua data terlebih dahulu sebelum merubahnya. Jika tidak ingin kehilangan data, maka Anda harus membackup-nya terlebih dahulu ke hard disk yang lain. Sangat merepotkan bukan?

Lantas adakah cara mengubah partisi hard disk  dari MBR ke GPT tanpa perlu kehilangan data di dalamnya? Tentu saja ada. Ya, saat ini ada software dari EaseUs yang dapat melakukan hal tersebut yakni EaseUS Partition Master Free. Dengan software tersebut Anda bisa dengan mudah mengubah partisi MBR ke GPT tanpa khawatir akan kehilangan data.

Nah bagi Anda yang penasaran dengan cara kerja dari software tersebut, berikut Carisinyal akan memberikan langkah-langkah mudah mengubah partisi MBR ke GPT menggunakan EaseUS Partition Master Free.

  • Langkah 1:

Download dan install program EaseUS Partition Master Free.

  • Langkah 2:

easeus 1

Jalankan EaseUS Partition Master Free. Klik kanan pada disk yang ingin diubah lalu pilih opsi “Covert MBR to GPT”.

  • Langkah 3:

easeus 2

Klik tombol “Apply” di toolbar sebalah kiri atas. Klik kembali tombol “Yes” pada box konfirmasi yang muncul. Proses konversi dari MBR ke GPT akan segera berlangsung. Silakan tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.

Nah bagaimana, sangat mudah bukan? Kini Anda tidak perlu lagi khawatir akan kehilangan data jika ingin mengubah hard disk dari format MBR ke GPT. Sebagai catatan, EaseUS Partition Master Free juga bisa digunakan untuk mengubah format GPT ke MBR. Sedangkan jika Anda menginginkan fitur yang lebih lengkap, maka Anda juga bisa membeli versi premium dari EaseUS Partition Master dengan harga yang terjangkau.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Satu pemikiran pada “Cara Mengubah Partisi Hard Disk dari MBR ke GPT Secara Mudah”

  1. Hirens 2018 New Generation Support HDD GPT + UEFI-CSM READY!
    cobain open source project rancangan ane gan >

    IT Tools Pack Solution

    (Tersedia Acronis 2018 + Norton Ghost + Minitool Partition Wizard Technician 9.1 + DLL)

    #SalamSatuTeknologi

Tinggalkan komentar