carisinyal web banner retina
Untuk update harga HP terbaru klik di sini
Carisinyal / Tips Trik / Inilah Cara Mengubah Tampilan YouTube Menjadi Hitam di PC

Inilah Cara Mengubah Tampilan YouTube Menjadi Hitam di PC

Ditulis oleh Ananda Ganesha M - Diperbaharui 25 Desember 2020

Di zaman sekarang, siapa sih yang tidak suka menonton YouTube? Anda bisa menonton semua jenis konten video dari A sampai Z secara gratis, hanya perlu modal kuota saja. Akan tetapi, keseringan melihat layar laptop atau PC tentu akan membuat mata cepat lelah. Solusinya adalah dengan menurunkan tingkat kecerahan layar.

Ternyata, hal ini malah membuat tulisan dan konten video jadi terlalu gelap untuk dibaca. Lantas, apa dong solusinya? Ya tentu saja Dark Mode. Istilah ini memiliki arti "mode gelap" dan berfungsi untuk mengubah mayoritas tampilan layar menjadi warna hitam dengan font putih. Alhasil, mata pun tidak silau namun masih tetap bisa membaca tulisan dengan baik.

Untung saja YouTube sudah memiliki fitur bawaan Dark Mode, tidak seperti dulu yang mengharuskan pengguna untuk menambahkan kode ataupun menggunakan extension. Nah, bagi Anda yang belum tahu caranya, Carisinyal akan jabarkan beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengaplikasikan Dark Mode ke YouTube pada PC.

Kelebihan Dark Mode pada YouTube

dark mode

Sebelum berlanjut pada tutorial membuat tampilan YouTube menjadi hitam, sebaiknya ketahui dulu apa saja benefit atau kegunaan yang akan Anda rasakan setelah Dark Mode diaktifkan.

1. Bagus untuk Kesehatan

Sebelumnya sudah kami jelaskan kalau Dark Mode itu lebih terasa nyaman di mata. Tapi efeknya kepada badan tidak berhenti di mata saja, lho! Situs Harvard Health Publishing menyatakan bahwa ada kaitan antara penerangan cahaya di malam hari dengan hormon melatonin pada tubuh.

Jika terus menerus melihat layar terang saat di malam hari, Anda kemungkinan akan merasa sulit tidur karena kadar melatonin menjadi rendah. Tidak itu saja, paparan cahaya di malam hari juga berkaitan dengan meningkatnya resiko diabetes dan juga kanker.

Dengan mengaktifkan Dark Mode pada layar, ini bisa mengurangi paparan sinar biru yang berbahaya dan akan mengurangi dampak buruk bagi kesehatan.

2. Terlihat Lebih Kece

Tidak hanya lebih bagus untuk kesehatan, tampilan YouTube pada Dark Mode juga terlihat lebih kece, lho! Pasalnya, setiap tampilan website selalu didominasi oleh warna putih pada background-nya.

Setidaknya dengan tampilan Dark Mode, Anda akan disuguhkan dengan tampilan yang lebih unik dan tidak biasa seperti kebanyakan situs pada umumnya. Terlebih lagi, tampilan hitam akan memberikan kesan elegan dan sophisticated dan akan semakin membuat siapapun puas dalam menjalankan aktivitas menonton YouTube.

3. Lebih Hemat Baterai

Apabila layar ponsel Anda merupakan panel OLED? Jika iya, ini artinya Anda akan lebih menghemat baterai apabila menggunakan Dark Mode pada YouTube. Pasalnya, layar OLED tidak akan memancarkan cahaya sama sekali pada piksel yang memperlihatkan warna hitam sesungguhnya, dan hal ini tentu akan membantu perangkat agar tidak terlalu memakan daya baterai.

Tidak hanya pada layar OLED saja, bahkan untuk Anda yang menggunakan Dark Mode di layar PC pun akan tetap merasakan ketahanan baterai yang sedikit lebih lama ketimbang memakai mode terang biasa.

Kekurangan Dark Mode pada YouTube

dark mode 1

Terlepas dari manfaat yang Anda rasakan, ada juga beberapa pemandangan kontra mengenai penggunaan Darki Mode di YouTube yakni sebagai berikut.

1. Keterbacaan Menurun

Memang, saat YouTube menggunakan Dark Theme, tulisan-tulisan akan dibuat kontras dengan mengubahnya menjadi warna putih atau abu-abu. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri juga bahwa tulisan bisa lebih sulit dibaca, terutama saat kondisi pencahayaan sekitar Anda cukup terang.

2. Tampilan yang Tidak Alami

Ini masih ada kaitannya dengan poin sebelumnya. Manusia selama ini selalu melihat kertas putih yang diisi dengan tulisan berwarna hitam. Dengan adanya Dark Mode, pengguna pun akan melihat tampilan yang tidak alami dan ini bisa saja berpengaruh buruk pada pengalaman pengguna secara keseluruhan.

3. Tidak Bagus untuk Penderita Astigmatisme

Astigmatisme mengacu pada kondisi mata silindris yang kesulitan melihat garis lurus. Dilansir dari CNN Indonesia yang mengutip dari penelitian University of British Columbia, pengguna PC yang mengidap kondisi ini akan cenderung merasa kesulitan membedakan warna dan lebih sensitif terhadap cahaya.

Artinya, justru bagi orang pada kondisi mata silindris, menggunakan mode gelap akan membuat pengalaman pengguna menjadi lebih tidak nyaman.

Cara Mengubah Tampilan YouTube Jadi Hitam di PC

Nah setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan penggunaan Dark Mode, apakah Anda tetap ingin coba melakukannya? Apapun pilihan Anda, kami tetap akan menyediakan langkah-langkah mudah untuk mengaktifkan mode gelap tersebut, sebagai berikut.

1. Kunjungi Laman YouTube

dark mode langkah 1

Ini merupakan langkah pertama yang cukup kentara – Anda harus mengunjungi laman YouTube terlebih dahulu pada PC, menggunakan browser manapun.

Tidak masalah apakah itu Google Chrome, Mozila Firefox, Safari, ataupun Internet Explorer sekali pun. Pokoknya semua browser yang bisa dipakai membuka YouTube dengan nyaman tetap mendukung Dark Mode di YouTube. Pasalnya, Anda tidak akan menggunakan konfigurasi yang hanya didukung oleh browser tertentu, jadi silakan pakai browser manapun.

2. Klik Simbol Titik Tiga atau Foto Profil

dark mode langkah 2

Langkah ini sebenarnya opsional, karena Anda tetap bisa mengubah tampilan YouTube menjadi hitam tanpa harus terhubung ke akun YouTube Anda. Apabila Anda tidak sedang ingin melakukan log in, maka menu dark theme bisa dimunculkan dengan mengklik simbol titik tiga di sebelah tombol Sign In. Apabila Anda sudah masuk ke akun YouTube, Anda bisa memunculkan menu ini dengan mengklik foto profil.

3. Ganti Menu Appearance dari Light jadi Dark

dark mode langkah 3

Setelah mengklik simbol titik tiga vertikal atau foto profil, Anda akan melihat jajaran menu yang berkaitan dengan penggunaan YouTube. Cari dan klik pada menu Appearance: Light.

Nah, kemudian akan muncul tiga opsi yang terdiri dari Light Theme, Device Theme, dan Dark Theme. Pilihlah menu Dark Theme dan tampilan YouTube akan otomatis berubah menjadi hitam. Selesai! Untuk mengembalikannya ke semula, tinggal lakukan lagi tahapan yang sama tapi kali ini ubah dari Dark Theme menjadi Light Theme.

Keputusan untuk menggunakan Dark Theme pada YouTube di PC adalah milik Anda. Jika selama ini merasa lebih sering sulit tidur, kemungkinan dikarenakan sinar yang terpancar dari layar.

Kalau memang lebih suka tampilan YouTube pada Dark Theme, ya boleh-boleh saja menggunakannya. Tapi ingat! Kalau mata Anda justru kesulitan membaca saat mode gelap, segera kembalikan ke mode terang ya agar kesehatan Anda tidak terpengaruh.

Tapi yang pasti, penggunaan Dark Mode di YouTube akan menambah pada pengalaman bagi Anda yang suka menonton saat kondisi lampu mati. Tetap perhatikan pada kondisi pencahayaan lingkungan dan pastikan tidak ada rasa pusing ataupun efek samping yang dirasakan saat mengaktifkan Dark Mode yang cukup banyak digembor-gemborkan oleh berbagai platform dan sistem operasi Android.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram