carisinyal web banner retina

Begini Cara Mengukur Jarak di Google Maps dengan Cepat

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 18 Mei 2021

Google Maps, aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan internasional Google ini sudah menjadi bagian dari aplikasi wajib para pengguna ponsel pintar, khususnya Android. Aplikasi ini memberikan layanan citra satelit, peta jalan, panorama 360 derajat, kondisi jalan dan perencanaan rute perjalanan bagi kamu yang hendak bepergian baik itu menggunakan mobil, motor atau jalan kaki.

Dengan menggunakan Google Maps kamu bisa mengukur berapa lama perjalanan yang akan kamu tempuh. Kamu juga bisa mengukur jarak antara dua lokasi yang berbeda. Ada cara yang bisa kamu lakukan untuk menentukan jarak yang akan kamu tempuh. Di dalam artikel ini akan dibahas lebih lengkap. Namun, sebelum itu, kita kenalan dulu yuk apa itu Google Maps dan kemudahan yang ditawarkan Google Maps.

Apa Itu Google Maps?

Begini Cara Mengukur Jarak di Google Maps dengan Cepat 1

Google Maps adalah layanan pemetaan digital yang menyajikan informasi detail mengenai wilayah geografis dan tempat-tempat di banyak tempat di seluruh dunia. Selain itu, ia juga menampilkan informasi lalu lintas, dan gambar satelit dari berbagai tempat dan lokasi.

Salah satu manfaat Google Maps adalah ia bisa membantu menentukan rute terbaik agar kamu tidak menghabiskan banyak waktu selama perjalanan. Dengan adanya Google Maps, kamu bisa menempuh perjalanan dengan rute tercepat sehingga perjalanan lebih terjadwal.

Google Maps bisa kamu andalkan untuk menentukan jarak antara satu titik dengan titik lainnya pada peta. Hal ini dapat memangkas waktu tempat sebab Google Map membantumu menemukan rute terbaik.

Google Maps semula adalah sebuah program desktop C++ yang dirancang oleh Lars dan Jens Eilstrup Rasmussen dan dikembangkan di perusahaan Where 2 Technologies sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada tahun 2004.

Google Map sendiri resmi diluncurkan tahun 2005. Layanan ini menawarkan penunjuk lokasi untuk berbisnis di perkotaan dan organisasi lainnya di seluruh dunia. Google Map Maker memungkinkan pengguna untuk bersama-sama mengembangkan serta memperbarui pemetaan di berbagai tempat.

Tampilan satelit Google Map sebagian besar adalah foto yang diambil dari pesawat pada ketinggian 240-460 meter dengan citra yang beresolusi tinggi. Di samping itu, gambar lain diambil dari citra satelit. Sebagian besar citra satelit yang ada adalah di lebih dari yang berusia tiga tahun.

Citra satelit ini diperbarui secara teratur. Layanan ini menggunakan varian dekat dari proyektor Mercator. Oleh sebab itu, Google tidak bisa menunjukkan daerah kutub secara akurat.

Pada tahun 2008, Google merilis Google Maps versi seluler. Sejak saat itu Google terus mengembangkan aplikasi ini sehingga menjadi lebih lengkap dan perlahan berhasil merebut perhatian pengguna di seluruh dunia karena fitur yang praktis dan sangat efektif yang dimilikinya.

Cara Mengukur Jarak di Google Maps dengan Fitur Arah

Begini Cara Mengukur Jarak di Google Maps dengan Cepat 3Sumber: Unsplash

Google Map adalah salah satu yang aplikasi yang banyak digunakan oleh para pengguna. Perannya sangat penting sebab aplikasi ini bisa membantu menavigasi dalam dunia nyata. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah ia mampu menentukan jarak di antara titik mana pun di peta.

Kamu tidak perlu mengukur jarak pada Google Map dengan menggunakan referensi skala yang terlihat di Google versi desktop untuk mendapatkan jarak perspektif yang tepat. Ada cara yang lebih efektif untuk mndapatkan hasil jarak yang spesifik. Cara pertama adalah dengan fitur arah. Ikut langkah-langkah berikut ini:

  • Buka situs Google Maps.
  • Klik Direction pada kotak getting around.
  • Pilih lokasi awal. Pada kotak dialog tentukan starting point, kamu harus mengklik petanya. Ketikan alamat, jalan, dan lokasi yang lain untuk titik awal.
  • Tekan Enter. Selain dengan cara tersebut, kamu juga bisa mengklik titik khusus pada peta.
  • Saat kamu sudah memasukan titik lokasi, Google Maps akan memberikan saran kemungkinan-kemungkinan lokasi yang terkait. Klik lokasi yang paling cocok sebagai lokasi awal.
  • Klik tombol (+) untuk memperbesar dan (-) untuk memperkecil peta. Jika kamu menggunakan tetikus, kamu bisa gunakan mata scroll untuk menggulirkan zoom in dan zoom out.
  • Klik dan seret peta untuk menggesernya.
  • Pilih lokasi tujuan. Pada bagian ini, kamu bisa memasukan alamat lengkap dengan nama jalan dan kota.
  • Tekan Enter atau masukan titik peta seperti yang telah dijelaskan pada poin di atas sebelumnya.
  • Pertimbangkan jaraknya. Pada sudut kanan atas arah (direction), Google Maps akan memberikan petunjuk jarak total dalam satuan mil yang sesuai dengan rute yang disarankan. Jika rute berbeda, jarak yang disarankannya pun tidak sama.
  • Jika sudah menemukan jarak yang kamu cari, kamu bisa menghapus pencarian yang kamu lakukan tadi. Di sudut kanan atas kotak ada tombol (x) yang bisa kamu gunakan untuk menghapus pencarian tadi dan mulai pencarian baru.

Cara Mengukur Jarak di Google Maps dengan Pengukur Jarak

Begini Cara Mengukur Jarak di Google Maps dengan Cepat 5Sumber: Unsplash

Seringkali kita dipusingkan dengan rute saat hendak bepergian. Cara yang paling praktis adalah dengan menggunakan Google Maps. Saat kita memasukan satu alamat tujuan, kamu akan diarahkan pada rute tercepat yang telah dipilihkan oleh Google Maps.

Adanya Google Maps kamu bisa menempuh perjalanan dengan rute bebas macet dengan jarak yang akurat. Selain dengan fitur direction yang dimiliki oleh Google Maps, kamu bisa gunakan cara berikut ini, yaitu dengan pengukur jarak. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka situs Google Maps.
  • Setelah halaman terbuka kamu akan melihat peta lokasi kamu berada. Tentukan titik awal pada peta yang muncul. Ketikan alamat yang meliputi nama area, nama kota dan negara sebagai tempat memulai mengukur jarak.
  • Tekan Enter. Setelah ini Google Maps akan melompat ke bagian titik tersebut sesuai dengan alamat yang kamu masukan. Jika ingin lebih cepat, kamu bisa memilih titik lain dipeta dengan mengklik dan menyeret petanya.
  • Klik tombol (+) untuk membuat titik lokasi menjadi lebih besar. Atau klik (-) untuk memperkecil ukuran petanya. Atau kamu juga bisa gunakan mouse dengan arah naik turun untuk melakukan zoom in dan zoom out pada Google Maps.
  • Tentukan titik awal. Klik kanan pada peta sebagai titik awal pilihanmu. Klik Measure Distance. Sebuah lingkaran putih akan ditambahkan pada peta sebagai titik awal penghitungan jarak. Jarak akan dimunculkan pada titik kedua yang kamu pilih.
  • Hasil penghitungan jarak dapat kamu lihat di kotak penelusuran Google Maps. Dan jarak tersebut dihitung dalam satuan mil dan km.
  • Untuk mengubah titik awal dan tujuan, klik dan seret titik awal atau tujuan yang kamu buat agar pengukurannya berubah.
  • Tambahkan titik jarak. Klik dan seret garis pengukur untuk mengubah bentuk garis tersebut dan menambahkan titik jarak yang lainnya. Untuk menambahkan titik jarak tersebut, kamu bisa mengklik peta di titik tersebut.
  • Hapus titik jarak dengan cara mengklik titik jarak yang kamu pilih.

Demikianlah informasi mengenai cara mengukur jarak di Google Maps. Cara praktis ini tidak akan membuatmu kesusahan ketika di perjalanan. Kamu bisa menerapkan cara tersebut melalui perangkat Android, iOS, atau Windows. Pastikan koneksi internet lancar agar kamu mendapatkan informasi yang baik. Sehingga rute yang ditunjukkan melalui aplikasi ini bisa lebih tepat dan jarak yang diberikannya pun tepat.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram