carisinyal web banner retina

Cara Mengunci Aplikasi di HP vivo dan iQOO

Ditulis oleh Adam Duta Dwiguna

Jika Anda menggunakan HP vivo atau iQOO, Anda bisa mengunci aplikasi-aplikasi yang Anda anggap privat. Hal ini tentu dilakukan supaya aplikasi yang Anda gunakan tidak terlihat saat ponsel dipinjamkan ke orang.

Nah, bagi Anda yang tidak tahu cara mengunci aplikasi di ponsel vivo atau IQOO, Anda bisa melihat tutorialnya di artikel ini. Untuk uji tes tutorial ini, ponsel yang dipakai adalah iQOO Z9x 5G dengan OS Android 14.

Karena iQOO bagian dari vivo, tampilan antarmuka dan pengaturannya cenderung mirip. Sehingga tutorial kali ini juga bisa diterapkan juga bagi Anda pemakai ponsel merek vivo.

Cara yang perlu Anda lakukan untuk mengunci aplikasi di HP vivo dan iQOO cukup mudah. Anda bahkan tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya. Anda bisa menyimak caranya dengan mengikuti urutannya di bawah ini.

1. Buka Menu “Privacy & app encryption”

cara mengunci aplikasi hp vivo

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka atau mengakses menu “Privacy & app encryption”.

Anda bisa membukanya melalui Settings dengan cara menekan ikon gerigi di status bar atau aplikasinya langsung. Setelah itu, silakan pilih menu “Security”, kemudian Anda akan melihat menu “Privacy & app encryption”.

cara mengunci aplikasi hp vivo

Selain melalui Setting, Anda juga bisa menemukan menu “App encryption” melalui aplikasi iManager. Aplikasi ini merupakan bawaan dari HP vivo dan iQOO jadi Anda tidak perlu mengunduhnya terlebih dahulu.

Silakan cari aplikasi iManager di HP vivo dan iQOO Anda. Setelah itu, pilih kolom “Utility tools” di bagian bawahnya. Di kolom tersebut, Anda akan langsung melihat menu “App encryption” dengan ikon gembok di bagian atas.

2. Pilih Aplikasi yang Akan Dikunci

cara mengunci aplikasi hp vivo

Setelah berhasil menemukan menu “Privacy & app encryption” di Setting atau “App encryption” di iManager, silakan buka menu tersebut. Jika ini pertama kali Anda membukanya, Anda akan diminta untuk membuat PIN baru terlebih dahulu.

Setelah berhasil membuatnya, silakan pilih menu “App encryption”. Di halaman selanjutnya, Anda bisa bebas memilih aplikasi mana yang akan dienkripsi atau dikunci. Anda hanya perlu menekan toggle yang ada di samping aplikasi-aplikasi tersebut.

Anda juga bisa mengatur kapan aplikasi akan terkunci pada “App lock time”, misalnya 1 menit setelah layar terkunci atau aplikasi tertutup.

3. Buka Aplikasi Terkunci dengan Fingerprint atau Face Unlock

Setelah memilih beberapa aplikasi yang akan dikunci, Anda kini harus memasukkan PIN yang sebelumnya dibuat agar bisa membuka aplikasi tersebut. Namun, jika Anda merasa memasukkan PIN membutuhkan waktu lama dan sedikit merepotkan, ada alternatif lain yang bisa digunakan misalnya dengan fingerprint atau face unlock.

Agar bisa membuka aplikasi terkunci dengan fingerprint atau face unlock, Anda perlu menambahkannya terlebih dahulu. Silakan buka kembali menu Settings dan masuk ke “Privacy”.

cara mengunci aplikasi hp vivo

Silakan buka menu “Fingerprint” yang ada di halaman tersebut. Registerkan fingerprint Anda dengan menyentuh tombol power sesuai arahan hingga berhasil, tekan tombol “Start enrolment” untuk memulainya.

Setelah prosesnya berhasil, aktifkan toggle di samping “Privacy & app encryption” agar bisa membuka aplikasi terkunci dengan fingerprint.

cara mengunci aplikasi hp vivo

Masih di dalam halaman “Privacy”, silakan buka menu “Face” untuk membuat face unlock. Tekan tombol “Start enrolment” untuk mulai melakukan pemindaian wajah. Setelah berhasil, aktifkan toggle di samping “Privacy & app encryption” agar bisa membuka aplikasi terkunci dengan face unlock.

4. Cara Membuat Aplikasi Tidak Terkunci

Jika Anda berubah pikiran dan ingin menghapus kunci keamanan pada aplikasi tertentu, Anda bisa melakukannya dengan cukup mudah. Anda hanya perlu mengikuti beberapa cara sebelumnya, misalnya membuka menu “Privacy & app encryption” melalui Setting atau “App encryption” melalui iManager.

cara mengunci aplikasi hp vivo

Setelah itu, lanjut membuka menu “App encryption” yang ada di dalamnya. Di sini, Anda harus melakukan hal yang sebaliknya. Tekan toggle di samping aplikasi terkunci hingga berwarna abu-abu agar aplikasi tersebut tidak terkunci lagi. Setelah itu, Anda hanya perlu kembali dan aplikasi tersebut sudah tidak terkunci.

Nah, itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengunci aplikasi di HP vivo dan iQOO. Cara ini cukup efektif agar aplikasi yang berisi data penting atau privasi tidak bisa dibuka oleh orang lain. Anda juga bisa melakukan alternatif lain seperti menyembunyikan aplikasi di HP vivo agar orang lain tidak bisa menemukan aplikasi tersebut.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram